Pengertian Router, Jenis Router, Fungsi Dan Manfaat Router Lengkap

Pengertian Router, Jenis Router, Fungsi Dan Manfaat Router Lengkap

Pengertian Router, Jenis Router, Fungsi Dan Manfaat Router Lengkap

Istilah router sering kali digunakan di dalam dunia jaringan komputer. Ya, router memang merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan komputer yang luas. Dengan router, sebuah jaringan komputer sanggup dihubungkan dengan jaringan komputer lainnya sehingga cakupan jaringan komputer sanggup diperlebar / diperluas.

Istilah router sering kali digunakan di dalam dunia jaringan komputer Pengertian Router, Jenis Router, Fungsi dan Manfaat Router Lengkap
Pengertian Router, Jenis Router, Fungsi dan Manfaat Router Lengkap
Bagi orang – orang yang berasal dari dunia jaringan komputer, istilah router tentunya bukanlah istilah yang asing atau pun aneh, akan tetapi bagi kebanyakan orang awam istilah router tentunya bukan lah istilah yang familiar. Hal ini dikarenakan istilah router memang sangat jarang digunakan dalam acara sehari – hari, sehingga masuk akal saja kalau orang awam tidak mengetahuinya.

Lantas apa sih bantu-membantu pengertian router itu?

Definisi dan Pengertian Router

Istilah router intinya berasal dari Bahasa Inggris yaitu kata “Route” yang artinya “trayek” atau pun “mengarahkan perjalanan melalui” yang ditambahi dengan imbuhan “er” yang maknanya pelaku. Sehingga, kalau diartikan dari asal katanya, maka router sanggup diartikan sebagai sebuah perangkat yang digunakan untuk mengarahkan signal pada jaringan komputer.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian router merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk membuatkan atau pun membagikan signal. Sebuah perangkat router bertugas untuk menangkap, menguatkan, dan membagikan signal

Fungsi Router 

Router berfungsi sebagai penghubung 2 jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch, switch merupakan suatu jalan, sedangkan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang mempunyai alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan banyak sekali macam alat, dimana masing-masing alat mempunyai alamat IP sendiri pada sebuah LAN.

Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan teladan utama dari sebuah jaringan yang mempunyai banyak router IP. Router sanggup digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang memakai media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia sanggup menghubungkan komputer dengan memakai radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, menyerupai halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Router juga sanggup digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi menyerupai halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line menyerupai T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya mempunyai fungsi firewall untuk melaksanakan penapisan paket menurut alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang mempunyai fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir kemudian lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga sanggup mencegah adanya broadcast storm yang bisa memperlambat kinerja jaringan.

Jenis – jenis Router

Router Aplikasi
Pengertian router aplikasi yaitu sebuah aplikasi (software) yang digunakan untuk menanamkan kemampuan perangkat router pada perangkat komputer biasa. Beberapa teladan router aplikasi yang banyak digunakan oleh para pengguna komputer yaitu WinGate, Winroute, SpyGate, WinProxy, dan lain – lain.

Router Hardware
Router hardware merupakan sebuah perangkat keras yang mempunyai kemampuan dasar untuk menangkap dan membuatkan signal. Router hardware biasanya lebih dikenal dengan isitilah router saja. Berbeda dengan router aplikasi yang tidak mempunyai bentuk fisik sama sekali, router hardware mempunyai bentuk fisik yang faktual layaknya perangkat keras lainnya.

Router PC
Router PC merupakan sebuah perangkat personal komputer biasa yang dimodifikasi sehingga sanggup digunakan untuk membuatkan signal layaknya sebuah router. Router PC sanggup dibentuk dari perangkat komputer berspesifikasi rendah sekalipun (min spec. Pentium dua, hard drive 10 GB dengan ram 64 mb). Untuk mengakibatkan perangkat komputer menjadi sebuah router, perangkat komputer perlu diinstal sistem operasi khusus router menyerupai salah satunya sistem operasi Mikrotik.

Jenis-jenis router yang Lain

Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
  1. static router (router statis): yaitu sebuah router yang mempunyai tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para direktur jaringan.
  2. dynamic router (router dinamis): yaitu sebuah router yang mempunyai dan menciptakan tabel routing dinamis, dengan mendengarkan kemudian lintas jaringan dan juga dengan saling berafiliasi dengan router lainnya.

Jenis Router dalam Jaringan Komputer

Jenis router dalam jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 2 jenis :
  1. Router statis yaitu router yang di setting manual oleh direktur sehingga mempunyai tabel routing statis
  2. Router dinamis yaitu router yang mempunyai dan menciptakan tabel routing dinamis dengan melihat sinyal kemudian lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya.

Manfaat Router

Manfaat Router yaitu sebagai penyampai data yang dikirimkan oleh user atau perangkat yang digunakan biar bisa mengakses jaringan lain sesuai dengan input yang dilakukan si user. Selain untuk mengakses internet yang mendunia, router juga biasa digunakan untuk jaringan local (local area network).

Pemasangan Router

Biasanya router berada di antara perangkat komputer dengan jaringan telepon, jadi input data yang dimasukkan oleh perangkat komputer akan diterima oleh router terlebih dahulu, gres kemudian disampaikan kepada host host yang menjadi tujuannya, kemudian server atau host yang mendapatkan pesan yang disampaikan akan menunjukkan tanggapan.
Selain untuk internet, router juga bisa dipergunakan untuk memparalelkan line telepon. Misalkan kalau suatu perusahaan mempunyai banyak sekali ruangan, tetapi ingin mempunyai satu nomor telepon rumah.. maka jawabannya yaitu memasang router untuk memparalelkannya.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router ini dinamakan routing yang mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data atau warta sesuai rute perjalanan menuju host baik dari sesama network atau berbeda network. Logikanya sederhana, kalau data/informasi ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network tersebut. Namun, kalau data/informasi ditujukan pada host dalam satu network, maka router akan menghalangi data/informasi itu keluar dari network.
Dibawah ini ada ilustari cara kerja router dalam komputer jaringan

Cara Kerja Router menurut gambar ilustrasi di atas :
  1. Ada 2 buah network yang terhubung dengan 1 router.
  2. Network sebelah kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan network sebelah kanan terhubung ke port 2 router = 192.155.2.0.
  3. Jika komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data tersebut k network lain. Sama dengan kalau komputer E mengirimkan data ke komputer F dan banyak sekali pola dalam satu network.
  4. Namun, kalau komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer B melalui jaringan lain (network 2 menuju network 1)
Berdasarkan uraian klarifikasi dan gambar diatas, anda niscaya sudah memahami alur dari pengertian router, fungsi dan cara kerjanya. Nah, kini tinggal anda mencoba mempraktekkan atau memahaminya.

Perbedaan Router dengan Bridge

Cara kerja router menyerupai dengan bridge jaringan, yakni mereka sanggup meneruskan paket data jaringan dan sanggup juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan), dan memakai sketsa pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, menyerupai halnya alamat IP. Sementara itu, bridge jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan data-link), dan memakai sketsa pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni MAC address.

Sedangkan Bridge, sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang sama (sebagai contoh: segmen jaringan berbasis IP dengan segmen jaringan IP lainnya). Selain itu, bridge juga sanggup digunakan saat di dalam jaringan terdapat protokol-protokol yang tidak bisa melaksanakan routing, menyerupai halnya NetBEUI. Sementara itu, router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang berebeda (seperti halnya untuk menghubungkan segmen jaringan IP dengan segmen jaringan IPX.) Secara umum, router lebih cerdas dibandingkan dengan bridge jaringan dan sanggup meningkatkan bandwidth jaringan, mengingat router tidak meneruskan paket broadcast ke jaringan yang dituju. Dan, penggunaan router yang paling sering dilakukan yaitu saat kita hendak menghubungkan jaringan kita ke internet.

Produsen router

Beberapa produsen router termasuk:

  • 2Wire (www.2wire.com)
  • 3Com (www.3com.com)
  • Adtran (www.adtran.com)
  • Alcatel (www.alcatel.com)
  • Apple Computer (termed 'AirPort Base Stations')
  • Asus (www.asus.com)
  • Belkin (www.belkin.com)
  • Buffalo Technology (www.buffalotech.com)
  • Billion (www.billion.com)
  • CANYON (www.canyon-tech.com)
  • CISCO SYSTEMS, INC. (www.cisco.com)
  • Cyclades Corporation (www.cyclades.com)
  • D-Link Systems (www.dlink.com)
  • Draytek (www.draytek.com)
  • Enterasys Networks (www.enterasys.com)
  • Ericsson AB (www.ericsson.com)
  • Extreme Networks (www.extremenetworks.com)
  • Funkwerk Enterprise Communications GmbH (www.bintec.net)
  • Foundry Networks (www.foundrynet.com)
  • Hawking Technologies (www.hawkingtech.com)
  • Hewlett-Packard (www.hp.com)
  • Huawei Technologies (www.huawei.com)
  • ImageStream (www.imagestream.com)
  • Juniper Networks (www.juniper.net)
  • Lightning MultiCom (www.lightning.ch)
  • LINKSYS (www.linksys.com)
  • Lucent Technologies (www.lucent.com)
  • Marconi (www.marconi.com)
  • Mikrotik (www.mikrotik.com)
  • Motorola (www.motorola.com)
  • MRV Communications (www.mrv.com)
  • NetComm (www.netcomm.com)
  • NETGEAR (www.netgear.com)
  • Nortel (www.nortel.com)
  • PacketFront (www.packetfront.com)
  • Pivotal Networking (global.acer.com)
  • Redback Networks (www.redback.com)
  • Siemens AG (www.siemens.com)
  • SMC Networks (www.smc.com)
  • Tellabs (www.tellabs.com)
  • TP-LINK (www.tp-link.com)
  • U.S. Robotics (www.usr.com)
  • Zoom Telephonics (www.zoom.com)
  • Trendware (www.trendware.com)
  • ZyXEL (www.us.zyxel.com)

Pencarian yang paling banyak dicari

  • apa itu router wifi
  • contoh router
  • jenis router
  • kelebihan dan kekurangan router
  • perbedaan router dan modem
  • manfaat router
  • materi router
  • artikel router
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser