Soal Essay Pai Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Essay Pai Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Essay Pai Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya - Sahabat Student Society. Bagaimana kabarnya? semoga sehat ya, nah pada kesempatan yang baik ini, lagi lagi abang akan memperlihatkan Soal latihan sebanyak 75 soal yang dibahas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, soal ini sudah abang susun dalam bentuk Essay dan merupakan soal terbaru dari kurikulum 2013. Oiya Pengertian pendidikan itu bermacam-macam, hal ini disebabkan lantaran perbedaan falsafah hidup yang dianut dan sudut pandang yang memperlihatkan rumusan perihal pendidikan itu.
 lagi lagi abang akan memperlihatkan Soal latihan sebanyak    Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



MATERI PENDIDIKAN ISLAM

Materi pendidikan Islam meliputi beberapa bidang studi, isi kegiatan setiap bidang studi yaitu materi pengajaran yang diuraikan dalam bentuk pokok bahasan (topik) yang dilengkapi dngan sub-pokok bahasan. Isi kegiatan bidang studi ini ditetapkan berdasarkan tujuan-tujuan kurikuler dan tujuan-tujuan instruksional (Haitami,2012:207).

Setiap mata pelajaran mempunyai karakteristik tertentu yang membedakannya dengan mata pelajaran lain. Adapun karakteristik mata pelajaran Agama Islam yakni sebagai berikut (Choirul Anam,2011:30-31):

  1. Secara umum mata pelajaran Agama Islam, merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agam Islam, yang terdapat dalam kitab suci al-Qur’an dan Hadits. Untuk kepentingan pendidikan, dengan melalui proses Ijtihad, para ulama menyebarkan materi agama Islam pada tingkat yang lebih rinci. Sebagaimana dalam al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 64; “Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al Quran) ini, melainkan biar kau sanggup menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman”.
  2. Mata pelajaran Agama Islam tidak hanya mengantarkan penerima didik untuk menguasai aneka macam ilmu perihal Islam, tetapi yang lebih penting yakni bagaimana penerima didik mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran Agama Islam menekankan kebutuhan dan keterpaduan antara ranah kognitif, afektif dan psikomotornya.



Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA


Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya - Bagi sobat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !


1. Apakah yang dimaksud dengan Iman kepada kitab-kitab Allah?
jawaban: Iman yakni mempercayai sepenuh hati bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitabnya kepada nabi dan rasul yang berisi wahyu untuk disampaikan kepada umatnya.

2. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara kitab dan suhuf?
jawaban: Persamaan kitab dan suhuf yaitu sama-sama wahyu dari Allah SWT
Perbedaannya: a. isi kitab lebih lengkap dari isi suhuf
b. kitab dibukukan sedangkan suhuf tidak dibukukan.

3. Jelaskan isi kandungan dalam Al-Qur'an surah Al-Fath ayat: 29!
jawaban: Dalam suah Al-Fath ayat 29 Allah menandakan kepada kita bahwa Muhammad Saw yakni utusan Allah dan orang-orang yang bersamanya dan dia yakni keras terhadap orang kafir tetapi berkasih sayang sesama mereka.

4. Jelaskan alasan dalam menghormati dan menghargai karya orang lain dan tidak boleh membeda-bedakan.?
jawaban: menghormati dan menghargai karya orang lain harus dilakukan tanpa memandang derajat status, warna kulit atau pekerjaan orang tersebut, lantaran hasil usaha mereka pencerminan kepribadiannya.

5. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara khutbah dengan dakwah?
jawaban: perbedaannya adalah:
khutbah:
a. dilakukan secara rutin
b. ada rukun dan syraratnya
c. ada mimbar
d. waktunya terbatas

dakwah:
a. dilaksanakan kapan saja
b. tidak ada rukun dan syarat
c. tidak ada mimbar
d. waktu tidak dibatasi.

6. Tuliskan terjemahan Q.S Ar Rum[30] :41!
Jawaban: Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan lantaran perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki biar mereka mencicipi sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, biar mereka kembali (ke jalan yang benar)

7. Jelaskan kandungan makan Q.S. Ar Rum[30]:41-42!
Jawaban: kandungan maknanya yakni sebagai berikut:
a. Melalui ayat ini diperoleh pemahaman bahwa kerusakan berupa musibah, peristiwa dan malapetaka yang terjadi di permukaan bumi baik di darat maupun di maritim disebabkan ulah insan itu sendiri.

b. Faktor yang menjadi penyebab kerusakan antara lain: kelalaian di bidang manajemen, benar-benar diabaikannya aturan Allah SWT., dan tidak mengindahkan keseimbangan alam.

c. Alasan Allah menambahkan peristiwa akhir ulah insan tersebut yakni sebagai azab atas perbuatan jahat mereka dan sebagai ujian bagi kaum mukminin.

d. Seorang mukmin harus pintar mengambil pelajaran dari sejarah umat-umat terdahuu dan menjadikannya sebagai cermin kehidupan sehingga sanggup meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta menjauhkan diri dari perusakan dan kemungkaran.

8. Kerusakan yang terjadi di dunia ini sanggup dikelompokkan menjadi lima bidang kehidupan. Sebutkan!
Jawaban:
a. kerusakan di bidang keimanan
b. kerusakan dalam bidang mental dan intelektual
c. Kerusakan dalam bidang training mental dan intelektual
d. Kersuakan dalam bidang martabat manusia
e. Kerusakan dalam bidang material dan sumber daya alam

9. Tulislah Q.S. Al A’raf[7] lengkap beserta terjamahannya!
Jawaban:  Dan jangalah kau berbaut kerusakan di bumi sehabis (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat erat kepada orang yang berbuat kebaikan.

10. Sebutkan beberapa pelajaran dalam Q.S. Al A’raf[7]:56!
Jawaban:
a. Larangan berbuat kerusakan di bumi
b. Perintah biar berdoa kepada Allah dengan rasa takut
c. Anjuran untuk berbuat kebajikan
d. Kabar gosip bahwa rahmat Allah sangat erat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan.

11. Bagaimana Allah menumbuhkan flora dan buah-buahan di bumi ini? Jelaskan!
Jawaban: Allah meniupkan angin yang membawa awan mendung dan tebal. Kemudian, awan mendung itu (awan yang mengandung air hujan itu) dihalau ke suatu kawasan yang tidak ada tetumbuhannya guna menyuburkannya, kemudian Allah turunkan di kawasan itu hujan, maka Allah keluarkan dengan lantaran hujan itu aneka macam macam buah-buahan.

12. Tulislah terjemahahan Q.S. Sad[38]: 27!
Jawaban: Dan Kami tidak membuat langit dan bumi dan apa yagn yang ada di antaranya keduanya dengan sia-sia. Itu anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang yang kafir itu lantaran mereka akan masuk neraka.

13. Apa pesan yang hendak disampaikan oleh Allah kepada hamba-Nya dalam Q.S. Al A’raf[7]:58? Jelaskan!
Jawaban: Allah swt. menjelaskan bahwa tanah yang baik yakni tanah yang subur. Tanaman-tanamanya tumbuh subur serta tumbuh dengan baik. Hal ini merupakan perumpamaan bagi orang mukmin yang mau mendengar dan mengamalkan ajaran-ajaran yang bersumber kepada Alquran dan hadis yang disampaikan kepadanya kemudian mengambil manfaat dan mengamalkannya dalam kehidupannya. Bagi orang mukmin, hidup ini tidak lain yakni untuk beribadah kepada Allah swt...

14. Jelaskan kandungan makna Q.S. Sad[38]:27!
Jawaban: Q.S. Sad[38]:27 merupakan bantahan terhadap pandangan kaum kafir yang memandang langit dan bumi serta segala sesuatu yang berada di dalamnya sebagai sesutu yang sia-sia. Dalam ayat ini juga Allah menegaskan bahaya kecelakaan (siksa neraka) bagi kaum kafir lantaran pandangan sesatnya itu.

15. Sebutkan beberapa tumpuan sikap yang mencerminkan pengalaman kandungan Q.S. Ar Rum[30]: 41-42, Q.S. Al A’raf[7]: 56-58, dan Q.S. Sad[38]:27!
Jawaban:
a. Selalu peduli dan berusaha menjaga kelestarian laam.
b. Selalu berusaha mengambil pelajaran dari semua kejadian yang ditampakkan oleh Allah
c. Senantiasa memelihara tatanan non fisik, contohnya pedoman agama, norma, dan tabiat isitadat setempat sehingga tercapai kebahagiaan hakiki (jasmani dan rohani).
d. Senantiasa berhati-hati dalam menjalani kehidupan di bumi.
e. Selalu berusaha untuk menjaga diri (menghindari) dari perbuatan dosa (maksiat) dan kemusyrikan
f. Selalu mengharapkan rahmat dan kasih sayang Allah swt, dengan selalu berperilaku dan berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari.
g. Selalu mengingat mati dan menyadari bahwa kita pati akan mati
h. Selalu meningkatkan keimanan dan rasa syukur atas semua yang dianugerahkan Allah swt.
i. Senantiasa mengadakanpenelitian perihal kegunaan/manfaat masing-masing ciptaan Allah swt.,
j. Memanfaatkan dan mengelola dengan benar semua yang telah berikan (sediakan) di bumi ini.
k. Berbaik sangka terhadap semua kejadian yang terjadi pada diri kita.
l. Senantiasa bersyukur kepada Allah swt. lantaran Allah swt. telah membuat aneka macam makhluk dengan faedah yang berbeda-beda.

16. Apa yang dimaksud dengan kitabullah? Jelaskan!
Jawaban: Kitabullah yakni kumpulan wahyu-wahyu Allah swt. yang mengandung petunjuk dan kebenaran.

17. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada kitab-kitab Allah? Jelaskan!
Jawaban: Beriman kepada kitab-kitab Allah artinya memercayai dan meyakini bahwa Allah benar-benar telah menurunkan kitab-kitab tersebut, percaya dan yakin bahwa kitab-kitab tersbut, percaya dan yakin bahw kitab-kitab tersebut bukan buatan manusia, kemudian menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

18. Setiap muslim wajib beriman kepada kitab-kitab Allah. Apakah wajib juga untuk mempelajari semua isi kitab Allah tersebut? Apakah wajib juga mengamalkannya?
Jawaban: Memang benar bahwa setiap muslim wajib beriman kepada kitab-kitab Allah. Namun, tidak semua kitab Allah tersebut wajib dipelajari dan diamalkan, lantaran yang wajib dipelajari dan diamalkan oleh umat Islam kiamat hanyalah Alquran. Adapun semua isi kitab sebelumnya semuanya sudah dijelaskan dalam Alquran

19. Bagaimana kedudukan Alquran terhadap kitab-kitab Allah sebelumnya?
Jawaban:
a. Sebagai pedoman insan dalam berafiliasi dengan Allah swt..
b. Sebagai pedoman hidup insan dalam memandang dan memposisikan diri sendiri.
c. Sebagai pedoman hidup insan dalam korelasi dengan sesama manusia
d. Sebagai pedoman hidup insan dalam korelasi dengan alam dan lingkungannya.

20. Apa fungsi kitab-kitab Allah swt. dalam kehidupan sehari-hari? Sebutkan!
Jawaban:
a. Pedoman dalam kehidupan pribadi, yaitu:
1) Pedoman dalam menerima sumber asasi guna mengatur kehidupan insan dalam meningkatkan kebudayaannya, cara berpikirnya dan tindak tanduknya.
2) Pedoman dalam mencari petunjuk dalam kehidupannya.
b. Pedoman kehidupan bermasyarakat
c. Pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
d. Pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

21. Sebutkan beberapa hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah!
Jawaban:
a. Dampak menemukan petunjuk, jalan keluar dari jalan yang sesat menuju jalan yang diridai Allah swt...
b. Mendapatkan ketenangan jiwa
c. Mendapatkan kabar bangga dan peringatan untuk selalu berada di jalan yang benar.
d. Mendapatkan rahmat Allah

22. Bagaimana kedudukan Alquran terhadap kitab-kitab Allah sebelumnya?
Jawaban:
a. Menjadi saksi perihal kebenaran kitab-kitab Allah swt. sebelumnya
b. Menjawab dan menuntaskan perbedaan-perbedaan pendpat para penganut agama
c. Mengoreksi kitab Allah swt. yang sudah diubah oleh insan yang ingkar, misalnya:
- perihal pedoman Trinitas;
- perihal Isa a.s.;
- perihal penyaliban Nabi Isa a.s.;
- perihal Nabi Luth a.s.;
- perihal Nabi Harun a.s.;
- Tentang Nabi Sulaiman a.s.;

23. Seseorang yang sudah menghayati fungsi kepercayaan kepada kitab-kitab Allah swt. akan melahirkan sikap tanggung jawab yang terlihat dalam sikap dan perilakunya, contohnya tanggung jawab terhadap agama. Jelaskan maksudnya!
Jawaban: seseorang yang sudah mengimanani kitabullah akan meyakini bahwa agama yang benar yakni Islam menyerupai ditegaskan dalam Q.S. Ali Imran[3]: 19 dan 85, kemdian mempelajari pedoman agama dengan baik, kemudian diamalkan dalam kehidupannya, mendakwahkannya terhadap sesama menyerupai perintah Q.S. An Nahl[16]: 125, serta menjaga martabat dan kemuliaan agama.

24. Sebutkan beberapa tumpuan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap kitabullah!
Jawaban:
a. Membaca Alquran setiap kesempatan
b. Mendengarkan dan merenungkan kandungan Alquran
c. Membaca Alquran hingga khatam (tamat).
d. Belajar dan mengajarkan Alquran
e. Mengamalkan isi kandungan Alquran

25. Jelaskan maksud kandungan ayat dalam Q.S. Al Hijr[15]: 9!
Jawaban: ayat tersebut menjelaskan bawha Alquran itu benar-benar merupakan wahyu Allah dan terjamin kemurniannya hingga kapan pun lantaran Allah sendiri yagn menjaga kemurniannya.

26. Apa yang dimaksud dengan hak cipta? Jelaskan!
Jawaban: Hak cipta yakni terminologi aturan yang menggambarkan hak-hak yang diberikan kepada pencipta untuk karya-karya mereka dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra.

27. Sebutkan beberapa tumpuan karya yang hak ciptanya dilindungi oleh undang-undang!
Jawaban:
a. Buku, kegiatan komputer, pamflet, susunan perwajahan karya tulis yang diterbitkan dan hasil karya ciptaan lain.
b. Ceramah, kuliah, pidato, dan ciptaan lainnya yang diwujudkan dengan cara diucapkan.
c. Alat peraga yang dibentuk untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan.
d. Ciptaan lagu atau musik dengan tanpa teks, termasuk kerawitan dan rekaman suara
e. Drama, tari, pewayangan, pantomim
f. karya pertunjukan
g. Karya siaran
h. Seni rupa dalam segala bentuk menyerupai seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, seni terapan yang berupa seni kerajinan tangan.
i. Arsitektur
j. Peta
k. Seni Batik
l. Sinematografi
m. Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rantai dan karya-karya lainnya dari hasil perwujudan cipta dan karya.

28. Apa yang dimaksud menghargai hasil karya orang lain?
Jawaban: Menghargai karya orang lain yakni sikap menilai, menghormatai, atau menganggap penting hasil karya orang lain dengan mengakui kelebihan orang lain dan menyadari kelemahan yang dimilikinya.

29. Bagaimana cara menghargai hasil karya orang lain?
Jawaban: cara menghargai hasil karya orang lain diantaranya sebagai berikut:
a. memperlihatkan penilaian
b. Menghormati karya orang lain
c. Menjaga, melestarikan, atau tidak merusaknya
d. Memanfaatkan dengan sebaik-baiknya
e. Memberi saran yang membangun
f. Tidak membajak hasil karya orang lain
g. Tidak merekayasa hasil karya orang lain dan mengakui sebagai karyanya sendiri

30. Tulislah terjamah Q.S. An-Nisa[4]: 29
Jawaban: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kau saling memakan harta sesamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu.

31. Jelakan arti ayat diatas berkenaan dengan hak ekonomi dalam sebuah hak cipta!
Jawaban: pemegang hak cipta mempunyai untuk mengambil laba dari kegiatan ekonomi terhadasp ciptaan tersebut. Oleh lantaran itu, jikalau pihak lain akan memanfaatkan hasil karyanya, tenntunya harus diperoleh dengan cara ang saling menguntungkan.

32. Apa yang dimaksud dengan memperlihatkan evaluasi terhadap sebuah hasil karya dan bagaimana bentuk evaluasi tersebuat? Jelaskan!
Jawaban: memperlihatkan evaluasi terhadap sebuah karya artinya memperlihatkan respon terhadap karya tersebut. Penilaian itu pun berbeda, ada evaluasi sepintas atau sederhana, menyerupai ungkapan “Wah, anggun nih!”, Wow, sempurna”!”, “Kayaknya kurang di belahan ini”, atau ungkapan lain. Ada juga evaluasi yang lebih mendalam atau biasa disebut interpretasi. Dalam hal ini, orang yang memperlihatkan evaluasi akan menyidik apa latar belakang munculnya karya tersebut, dan sebagainya. Dengan kata lain, dalam evaluasi yang kedua ini ada proses analisis terhdap suatu karya yang ada.

33. Bagaimana tindakan yang tepat jikalau ingin memanfaatkan hasil karya orang lain yang memang diciptakan untuk diambil keuntungannya oleh khalayak umum?
Jawaban: jikalau kita ingin memanfaatkan hasil karya orang lain yang memang diciptakan untuk diambil keuntungannya oleh khalayak umum, sebaiknya kita memanfaatkan hasil karya tersebut sesuai dengan tujuan awal penciptaannya, tidak digunakan secara menyimpang, apalagi digunakan untuk hal-hal yang mengandung kemaksiatan dan merugikan orang lain.

34. Seperti apa rekayasa terhadap hasil karya orang lain yang dikataklan lebih jelek dari pada pembajakan? Jelaskan!
Jawaban:  Rekayasa hasil karya orang lain yang dikatakan lebih jelek daripada pembajakan yakni rekayasa yang dilakukan terhadap sebuah karya orang lain dan kemudian sebagai hasil karya sendiri. Jika membajak suatu hasil karya itu hanya berkaitan dengan mengambil manfaat dari karya orang lain dan merugikan orang lain yang seharusnya mendapatkan laba dari pemanfaatan karya tersebut. Adapun merekayasa dan mengakui sebagai hasil karya sendiri, selain mengambil manfaat, juga terjadi prampasan terhadap hak paten yang dimiliki kreatornya.

35. Sebutkan beberapa hikmah sikap menghargai hasil karya orang lain!
Jawaban: Hikmah sikap menghargai hasil karya orang lain antara lain memperoleh manfaat dari sebuah karya dengan berkah, memotivasi untuk melahirkan karya-karya baru, menimbulkan perbaikan bagi beberapa karya yang memang perlu penyempurnaan, dan tidak adanya sikap yagn merugikan pihak pembuat sebuah karya.

36. Apa pengertian dosa secara formal dan secara psikologis?
Jawaban: secara formal, dosa yakni segala perbuatan yang dihentikan oleh Allah swt. dan rasul-Nya yang tercantum dalam Alquran dan hadis. Adapun secara psikologis pengertian dosa yakni sesuatu yang merisaukan hati.

37. Apa yang dimaksud dengan dosa besar dan dosa kecil? Jelaskan!
Jawaban: Dosa besar yakni suatu perbuatan dosa yang pelakunya menerima laknat Allah swt. di dunia dan disiksa di darul abadi berupa bahaya api neraka. Adapun dosa kecil yakni perbuatan dosa yang sanggup menimbulkan kerusakan atau kerugian bagi insan dan perbuatan ini dibenci Allah swt. tetapi tidak diancam dengan api neraka. Jika dosa kecil terebut terus-menerus dikerjakan dengan sadar dan disengaja, lambat-laun akan menjadi dosa besar lantaran dosa-dosa besar biasanya dimulai dengan melaksanakan dosa kecil.

38. Sebutkan ciri-ciri dosa besar!
Jawaban:
a. Setiap dosa yang Allah memperlihatkan bahaya siksa (atasnya) dalam Alquran;
b. Setiap dosa yang hukumannya telah Allah tentukan dalam Alquran, menyerupai dosa merampok, membunuh, dan berzina;
c. Setiap dosa yang memperlihatkan ketidakpedulian terhadap agama;
d. Setiap dosa yang keharaman dan besar (dosa) nya telah diterangkan dengan argumentasi yang pasti; dan
e. Setiap dosa yang pelakunya mendapatkan bahaya dalam Alquran dan hadis.

39. Apa yang dimaksud dengan syirik?
Jawaban: Syirik yakni perbuatan menyekutukan Allah swt. dengan sesuatu selain-Nya, baik dalam zat-Nya, sifat-Nya, perbuatan-Nya, maupun dalam ketaatan yang seharusnya hanya ditujukan kepada-Nya.

40. Bagaimana trik biar terhindar dari dosa syirik?
Jawaban: trik biar terhindar dari dosa syirik yakni sebagai berikut.
a. Banyak mengingat Allah swt.
b. Ikhlas dalam melaksanakan amal kebaikan.

41. Tuliskan ayat Al-quran yang menjelaskan larangan membunuh!
Jawaban: Tulis ayat alquran Q.S. Al Isra[17]:33

42. Jelaskan pengertian Riddah secara bahasa dan istilah!
Jawaban: Secara bahasa riddah artinya kembali atau balik, sedangkan berdasarkan istilah, riddah yakni kembali lagi kepada kekafiran sehabis memeluk agama Islam.

43. Tulislah ayat Al-quran yang menjelaskan larangan zina!
Jawaban: tulis Q.S. Al Isra[17]:32

44. Bagaimana cara biar terhindar dari dosa besar?
Jawaban:
a. memperbanyak ingat kepada Allah swt. (zikir)
b. Berusaha untuk memeperdalam ilmu agama Islam
c. Mengetahui hal-hal yang akan menjerumuskannya pada perbuatan dosa dan mengetahui bagaimana caranya untuk menjauhinya.
d. Menempatkan dirinya berada di tempat-tempat yang akan mendorong selalu berbuat baik
e. Menghindari dan meninggalkan tempat-tempat yagn akan menjerumuskan pada perbuatan dosa
f. Tidak bergaul dengan orang-orang yang terbukti suka melaksanakan perbuatan dosa besar
g.  Mengetahui dan memahami akhir jelek yang ditimbulkan dari perbuatan dosa tersebut.

45. Apa maksud hadis berikut?
كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَِكُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ ( رواه أبو داود )
Jawaban: Setiap yang memabukkan termasuk khamar dan setiap khamar hukumnya haram.

46. Apa yang sebaiknya kita lakukan jikalau menjumpai orang yang dalam keadaan sakaratul maut?
Jawaban: Jika kita menjumpai orang yang sedang dalam keadaan sakratul matu, kita dituntut untuk melaksanakan talqin (bimbingan) kepadanya dengan mencucapkan kalimat tahudi “La ilaha illallah” biar ia tetap sebagai muslim hingga simpulan hayatnya.

47. Apa yang harus dilakukan ketika seorang muslim telah dipastikan meninggal dunia?
Jawaban: Apabila seorang muslim telah dipastikan meninggal dunia, wajib bagi orang yang ada didekatnya untuk melaksanakan hal-hal berikut ini.
a. menutup kedua mata si mayat menyerupai Rasulullah menutup kedua mata Abu Salamah ketika wafat.
b. Melemaskan seluruh persendian si mayar biar tidka mengaeras serta  meletakkan sesuatu di atas perutnya biar tidak mengembung
c. Menutup sekujur jasad si mayat dengan kain
d. Menyegerakan penyelenggaraan jenazahnya, penyalatan, dan penguburannya
e. Mengubur mayat di kota tempatnya meninggal dunia, esbba pada dikala Perang Uhud, Rasululah saw. memerintahkan para sobat biar menguburkan para syuhada yang gugur di tempatnya masing-masing, tidka perlu di pindah ke tempat lain

48. Siapa orang yang berhak memandikan jenazah?
Jawaban:
a. Orang Islam yang arif sehat dan balig
b. Jenis kelamin sama, mayat pria dimandikan oleh laki-laki, mayat wanita dimandikan oleh perempuan, kecuali suami istri atau mahramnya jenazah.
c. Keluarga yang mengetahui tata cara dan bisa memandikan jenazah
d. Dapat menjaga kerahasiaan mayat (amanah).

49. Jelaskan tata cara memandikan jenazah!
Jawaban: Tata cara memandikan mayat yakni sebagai berikut.
a. Jenazah dibaringkan di tempat yang lebih tinggi (balai-balai) terhindar dari hujan, matahari, dan tertutup (tidak terlihat kecuali oleh orang yang memandikan dan mahramnya).
b. Jenazah dipakaikan kain biar auratnya tertutup.
c. Membersihkan kotoran dan najis yang menempel pada anggota tubuh jenazah, mengeluarkan kotoran belahan dalam perut dengan cara menekan belahan bawah perut dan mengangkat sedikit belahan kepala dan tubuh supaya kotoran yang mungkin ada di dalam perut sanggup keluar.
d. Menyiram air ke seluruh tubuh secara merata dari kepala hingga ke kaki (disunahkan tiga kali atau lebih), dengan mendahulukan anggota tubuh sebelah kanan kemudian belahan sebelah kiri.
e. Mewujudkan mayat sebagaimana wudu akan salat sehabis semuanya bersih.
f. Terakhir disirami dengan larutan kapur barus dan harum-haruman

50. Tulislah terjemah hadis berikut!

عَنْ جَا بِرٍ اَنَّ النَّبِيَّ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُفِى قَتْلَى اَحُدٍ بِدَفْنِهِمْ وَلَمْ يُغَسَّلُوْا وَلَمْ يُصَلُّ عَلَيْهِمْ (رواه البخاري

Jawaban: Dari Jabir, sesungguhnya Nabi Muhammad saw. telah memerintahkan terhadap orang-orang yang gugur dalam Perang Uhud supaya dikuburkan dengan darah mereka, tidak dimandikan dan tidak disalatkan. (H.R. Bukhari).

51. Tulislah dalil yang mengisyarakatan sunahnya menyalatkan mayit dalam tiga saf!
Jawaban:
عَنْ مَلِكِ ا بْنَ هُبَيْرَةَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ٠ مَا مِنْ مُّؤْ مِنٍ يَمُوْتُ فَيُصَلِّى عَلَيْهِ اُمَّةٌ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ يَبْلُغُوْنَ اَنْ يَكُوْنُوْاثَلَا ثَةَ صُفُوْفٍ اِلاَّ غَفِرُلَهُ (رواه الخسة ال النسائي


52. Jelaskan rangkaian cara salat jenazah!
Jawaban: Rangkaian salat mayat yakni sebagai berikut.
a. Berdiri dengan niat melaksanakan salat jenazah. Jika jenazahnya laki-laki, hendaknya berdiri menghadap mayat sejajar dengan kepalanya, sedangkan jikalau jenazahnya perempuan, maka berdiri sejajar dengan belahan tengah si mayat.
b. Takbiratuliharm (takbir pertama), kemudian membaca surat Al Fatihah
c. Takbir yang kedua, kemudian membaca salawat atas Nabi Muhammad saw.
d. Takbir ketiga, kemudian mendoakan jenazah
e. Takbir yang keempat, kemudian membaca doa untuk keluarga mayit
f. Membaca salam dengan memalingkan muka ke kanan dan ke kiri.

53. Tulislah doa untuk mayat anak-anak!

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِوَالِدَيْهِ وَاجْعَلْهُ لَهُمَا اَجْرًا وَدَخْرًا

54. Apa tujuan takziah? Jawaban:
a. Memberikan dukungan moril dan materil untuk mengurangi kesulitan bagi hebat mayit
b. Memberi hiburan dan nasihat aar hebat mayit tabah dan tabah mendapatkan musibah.
c. Mendoakan yang meninggal biar diampuni segala dosanya.
d. Sebagai pelajaran dan koreksi diri bahwa setiap yang bernyawa niscaya mati

55. Apa yang dimaksud dengan ziarah kubur?
Jawaban: Ziarah kubur yakni mengunjungi kuburan kaum muslimin/muslimat dengan tujuan sanggup melihat, membersihkan kubur, dan mendoakan hebat kubur.

56. Apa yang dimaksud dengan khotbah? Jelaskan!
Jawaban: khotbah berdasarkan bahasa artinya pidato, sedangkan secara istilah, khotbah artinya memberikan pedoman Islam kepada yang hadir dengan mengajak untuk berbuat baik dan menjauhi perbuatan mungkar.

57. Apa sajakah syarat-syarat khotbah? Sebutkan!
Jawaban: syarat khotbah yakni sebagai berikut.
a. Disampaikan sehabis masuk waktunya, menyerupai khotbah jumat disampaikan sehabis masuk waktu zuhur pada hari jumat
b. Disampaikan dengan berdiri sehingga orang-orang yang mendengarkan khotbah sanggup melihat dengan terperinci khatib, kecuali jikalau khatib tidak bisa berdiri, boleh berkhotbah sambil duduk.
c. Disampaikan dengan bunyi terperinci dan tegas, sekurang-kurangnya terdengar oleh yang hadir
d. Disampaikan menggunakan bahasa yang sanggup dipahami dan dimengerti oleh orang-orang yang hadir

58. Sebutkan rukun-rukun khotbah!
a. Mengucapkan puji-pujian kepada Allah.
b. Membaca selawat untuk Rasulullah saw..
c. Mengucapkan syahadat
d. Berwasiat dengan takwa. Mengajak orang-orang yang hadir untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt..
e. Mengajar untuk melaksanakan amar makruf nahi mungkar, baik mengenai agama maupun dunia sesuai dengan situasi waktu itu.
f. Membaca ayat Alquran pada salah satu kedua khotbah.
g. Mendoakan mukminin dan mukminat pada khotbah kedua.

59. Tulislah terjemah hadis berikut!

كَانَ رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَخْطُبُ قَ ئِمًا وَيَجْلِسُ بَيْنَ الْخُطْبَتَيْنِ

Jawaban: Rasulullah saw. berkhotbah dengan berdiri dan dia duduk di antara dua khotbah

60. Apa yang dimaksud dengan dakwah? Jelaskan!
Jawaban: Menurut bahasa, dakwah berasal dari bahasa Arba yaitu da’a-yad’u-udu aan dan wa da’watan yang artinya memanggil, menyeru, dan mengajak. Adapun berdasarkan istilah, dakwah yaitu mengajak orang lain untuk meyakini kebenaran pedoman Islam dan menjalankan syariatnya, yang terlebih dahulu diyakini dan diamalkan oleh pendakwahnya.

61. Apa tujuan dakwah?
Jawaban: Tujuan dakwah islamiah sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. An Nur[24]: 55 yaitu mengajak segenap insan untuk senantiasa:
a. Beriman benar-benar hanya kepada Allah swt. (bertauhid)
b. Menyembah hanya kepada Allah swst. (Ikhlas)
c. Sama sekali tidak mempersekutukan Allah swt. denga siapa saja dan barang apa saja.
d. Mengerjakan ama saleh dalam arti yang seluas-luasnya.
e. Berakhlak mulia dengan tolak ukur tabiat Rasulullah saw.

62. Apa persamaan antara khotbah dan dakwah?
Jawaban:
a. Sama-sama mengajak insan untuk bertakwa kepada Allah swt.
b. Sama-sama mengajak insan untuk menjalankan syariat Islam
c. Sama-sama memberi kabar bangga kepada yang bertakwa dan bahaya kepada yang ingkar (basyiran wa naziran).

63. Apa perbedaan antara khotbah dan dakwah?
Jawaban:
a. Khotbah terikat oleh syarat dan rukun, sedangkan dakwah tidak terikat syarat dan rukun.
b. Khotbah tempatnya di masjid atau tempat salat jumat atau salat Idain, sedangkan dakwah sanggup dilakukan dimana saja.
c. Khotbah medianya terbatas, sedangkan dakwah sanggup menggunakan media apa saja.

64. Apa yang dimaksud dengan tablig? Jelaskan?
Jawaban: Tablig berdasarkan bahasa artinya menyampaikan, bersungguh-sungguh, dan fasih. Adapun yang dimaksud tablig di sini yakni berbicara di depan orang-orang dan memberikan undangan untuk berbuat baik dan melarang insan melaksanakan perbuatan mungkar sesuai dengan tuntunan Alquran dan hadis

65. Tulislah struktur penyusunan teks dakwah secara formal!
Jawaban:
a. Pembukaan, terdiri atas:
- puji syukur kepada Allah swt.;
- syahadat; dan
- selawat kepada nabi Muhammad saw..

b. Isi, terdiri atas;
- Sekilas maksud dan tujuan dakwah; dan
- Materi dakwah, yang bersumber dari Alquran dan hadis.

c. penutup

66. Siapa sajakah hebat filsafat yang muncul pada perkembangan Islam periode klasik fase pertama?
Jawaban: Al Kindi, al Farabi, Ibnu Sina, dan Ibnu Maskawaih

67. Dalam perkembangan Islam periode pertengahan ada yang dikenal dengan fase tiga kerjaan besar. Kerajaan apakah yang dimaksud?
Jawaban: Tiga kerajaan besar yang dimaksud  yakni kerajaan Usmani di Turki, Kerajaan Syafawi d Persia dan Kerajaan Mogul di India.

68. Gerakan pembaharuan Islam (modernisme) diawali oleh gerakan pemurnian Islam yang dipelopori oleh Muhammad Ibnu Abdul Wahab (1703-1778). Apa pokok pedoman Muhammad Ibnu Abdul Wahab tersebut?
Jawaban: Pokok pedoman Muhammad Ibnu Abdul Wahab (Wahabi) yakni menentang semua bidah dan khurafat dan kembali kepada pedoman pokok Alquran dan hadis

69. Seorang tokoh pembaharu Islam berpandangan bahwa salah satu faktor kemunduran Islam yakni adanya paham kejumudan yang tidak mau mendapatkan adanya perubahan yang dipengaruhi oleh aneka macam macam bid’ah yang membuat umat Islam lupa akan pedoman Islam yang sebenarnya, yaitu Alquran dan hadis. Siapakah tokoh pembaruan Islam yang menyoroti faktor kemunduraan Islam tersebut?
Jawaban: Muhammad Abduh

70. Siapakah pencetus inspirasi pembaharauan di India dan Pakistan?
Jawaban:  Syekh Waliyullah

71. Siapakah yang dikenal dengan sebutan kaum Padri yang menghembuskan inspirasi pembaharauan Islam di Indonesia?
Jawaban: Haji Miskin dan kawan-kawannya

72. Sebutkan beberapa organisasi Islam di Inggris!
Jawaban:
a. The Islamic Council of Europe (Majelis Islam Eropa)
b. The Union of Moslem Organization (Persatuan Organisasi Islam Inggris).
c. The Association for British Moslem’s (Perhimpunan Muslim Inggris)
d. Islamic Foundation dan Moslem Institute, keduanya bergerak di bidang penelitian. Angota-anggotanya terdiri dari orang-orang Inggris dan imigran.

73. Kapan umat Islam Roma mengajukan permohonan untuk mendirikan sebuah sentra kebudayaan Islam kepada Vatikan?
Jawaban: tahun 1973

74. Mengapa perkembangan pedoman Islam di Yunani tidak sepesat di negara-negara Eropa lainnya?
Jawaban: perkembangan pedoman Islam di Yunani tidak sepesat di negara-negara Eropa lainnya lantaran kurangnya dukungan dan perhatian, baik dari pihak penguasa maupun dari umat Islam sendiri.

75. Sebutkan beberapa sikap yang mencerminkan penghayatan sejarah perkembangan Islam masa modern!
Jawaban:
a. Mempertahankan kebiasaan usang yang baik, sekaligus mengambil sesuatu yang gres yang lebih baik
b. Mempunyai motivasi untuk mempelajari Islam dari sumber aslinya, yaitu Alquran dan hadis
c. Meneruskan usaha yang telah dirintis oleh para ulama terdahulu yang populer dengan ulama salaf.
d. Menjauhkan diri dari segala sesuatu yang bertentangan dengan Alquran dan hadis
e. Berusaha memberantas paham yang bertentangan dengan Alquran dan hadis




Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 lagi lagi abang akan memperlihatkan Soal latihan sebanyak    Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay PAI Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal pai kelas 11 semester 2
    • soal agama islam kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban
    • soal pai sma
    • soal uts pai kelas xi semester 2
    • soal uas pai sma
    • soal agama islam kelas 11 dan kunci jawaban
    • soal dan tanggapan agama islam kelas 11
    • soal pai kelas xii semester 1 beserta jawabannya
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser