Bank Soal Sekolahku Himpunan Matematika Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo adik yang sedang duduk dikelas 7 SMP. Pada kesempatan kali ini abang ingin membuatkan lagi mengenai beberapa pola soal Himpunan Matematika kelas 7 SMP, Soal ini sudah abang susun sedemikian sehingga tersusun sebanyak 25 soal yang sudah termasuk dengan kunci jawabannya. Ini akan memudahkan adik adik dalam mengerjakan soal soal nantnya. Semangat yaa.
Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP
Bank Soal Sekolahku Himpunan Matematika Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP ini, adik adik sanggup menguduh bahan ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B yakni ....
A. {3}
B. {1, 2, 3, 4}
C. {1, 3}
D. {2, 4}
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) yakni ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) yakni ....
A. {0, 1, 2, 3, 4, 5}
B. {1, 2, 3, 4, 5}
C. {-1, 0, 1, 2, 3, 4}
D. {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) yakni ....
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
5. Diketahui S= {bilangan orisinil kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac yakni ....
A. {1, 2, 3, .... , 9}
B. {0, 1, 3, 5, 7, 9}
C. {2, 4, 6, 8}
D. {1, 3, 5, 7, 9}
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q yakni ....
A. P
B. Q
C. {0}
D. Ø
7. Diketahui P = {bilangan orisinil kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) yakni ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) yakni ....
A. 18
B. 19
C. 20
D. 21
9. Perhatikan diagaram Venn berikut !
A ∩ B yakni ....
A. {4, 8, 10}
B. {1, 2, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {3, 4, 5, 7, 8, 10}
D. {3, 5, 7}
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B yakni ....
A. {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
B. {1, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {0, 1, 3, 5, 6, 7}
D. {3, 9}
11. Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan asli}. Semua bilangan lingkaran x yakni ....
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {0, 1, 2, 3}
C. {-1, 0, 1, 2}
D. {1, 2}
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bab dari B yakni ....
A. 4
B. 8
C. 16
D. 32
13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L yakni ....
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {-1, 0, 1, 2}
C. {-1, 0, 1}
D. {2, 3, 5}
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac yakni ....
A. {3, 5, 7}
B. {0, 1, 6, 8, 9, 10}
C. {0, 6, 8, 9, 10}
D. {0, 1, 6, 8, 10}
15. Perhatikan diagram Venn berikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B yakni ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
16. Diketahui himpunan kalau A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. Dengan mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) yakni ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) yakni ....
A. 80
B. 100
C. 120
D. 140
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C yakni ....
A. {1,2,3,4,5}
B. {5}
C. {2,4}
D. {1,2,3,4}
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc yakni ....
A. {0,18,19,20}
B. {18,19,20}
C. {0,18}
D. {0}
20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) yakni ....
A. {11, 12} dan {10, 11, 12, 13}
B. {11, 12} dan {8, 9, 14}
C. {10, 13} dan {10, 11, 12, 13}
D. {10, 13} dan {8, 9, 14}
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Setelah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya yakni .... anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat yakni .... anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca yakni .... anak.
A. 10
B. 12
C. 14
D. 16
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya yakni ....
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
25. Survei pertanda 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya akseptor yang mengikuti survei yakni .... anak.
A. 30
B. 31
C. 32
D. 33
Bagaimana pola soal himpunan matematika yang ada di blog ini? Mudah-mudah apa terlalu sulit? Kalau dirasa sulit, jangan khawatir. Simak pembahasan soal berikut ini.
Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Himpunan Kelas 7
1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B yakni ....
Pembahasan
Diket:
- A = {2, 3, 4}
- B = {1, 3}
Maka, A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
Jawaban: B
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) yakni ....
Pembahasan
Diket:
- M = {a, i, u, e, o}
- N = {a, u, o}
M ∪ N = {a, i, u , e, o}
Maka, n(M ∪ N) = 5
Jawaban: A
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) yakni ....
Pembahasan
X = {x | x < 6, x є bilangan asli)
= {1, 2, 3, 4, 5}
Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}
= {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
(X ∩ Y) = {1, 2, 3, 4, 5}
Jawaban: B
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) yakni ....
Pembahasan
n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8
n(A ∪ B) = n(A) + n(B) - n(A ∩ B)
= 10 + 8 – 8
= 10
Jawaban: C
5. Diketahui S= {bilangan orisinil kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac adalah
Pembahasan
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
A = {2, 4, 6, 8}
Ac = {1, 3, 5, 7, 9}
Jawaban: D
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q yakni ....
Pembahasan
Diket:
- P = {1, 5}
- Q = {1, 3, 5, 7}
Maka, P ∪ Q = {1, 3, 5, 7}
Jadi, {1, 3, 5, 7} = Q
Jawaban: B
7. Diketahui P = {bilangan orisinil kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) yakni ....
Pembahasan
P = {bilangan orisinil kurang dari 5}
= {1, 2, 3, 4}
Q = {bilangan cacah kurang dari 6}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5}
R = {bilangan ganjil kurang dari 6}
= {1, 3, 5}
(Q ∩ R) = {1, 3, 5}
P – (Q ∩ R) = ({1, 2, 3, 4} - {1, 3, 5})
n(P – (Q ∩ R)) = 4 – 3
= 1
Jawaban: A
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) yakni ....
Pembahasan
A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}
= {-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15}
n(A) = 21
Jawaban: D
9. Perhatikan diagaram Venn berikut !
A ∩ B yakni ....
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 6, 7, 9}
B = {2, 3, 5, 7}
A ∩ B = {3, 5, 7}
Jawaban: D
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B yakni ....
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 7, 9}
B = {0, 3, 6, 9}
A ∪ B = {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
Jawaban: A
11. Diketahui : {x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan orisinil }. Semua bilangan lingkaran x yakni ....
Pembahasan
Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan orisinil }
: {1, 2}
Jawaban: D
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bab dari B yakni ....
Pembahasan
n(B) = 4
Banyaknya himpunan bab = 2n
24 = 16
Jawaban: C
13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L yakni ....
Pembahasan
K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat}
= {-1, 0, 1, 2, 3}
L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}
= {1, 2, 3, 5}
K – L = ({-1, 0, 1, 2, 3} - {2, 3, 5})
= {-1, 0, 1}
Jawaban: C
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac yakni ....
Pembahasan
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7}
B = {1, 3, 5, 7, 9}
Ac = {0, 1, 6, 8, 9, 10}
Jawaban: B
15. Perhatikan diagram Venn berikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B yakni ....
Pembahasan
n(S) = n(A) – x + n(A ∩ B) + n(B) + x
50 = 15 – x + x + 27 + x
50 = 42 + x
8 = x
Jawaban: D
16. Diketahui himpunan kalau A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. Dengan mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) yakni ....
Pembahasan
A = {bilangan cacah kurang dari 8}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
B = {faktor dari 6}
= {2, 3}
A ∪ B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
n(A ∪ B) = 8
Jawaban: D
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) yakni ....
Pembahasan
n(P)= 100, n(Q)= 120, dan n(P ∩ Q)= 80
n(A ∪ B) = n(P) + n(Q) - n(P ∩ Q)
= 100 + 120 – 80
= 140
Jawaban: D
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C yakni ....
Pembahasan
A = {1, 2, 3, 4}
B = {2, 4}
C = {1, 2, 3, 4, 5}
A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
(A ∪ B) ∩ C = {5}
Jawaban: B
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc yakni ....
Pembahasan
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20}
B = {x | x < 18, x є bilangan asli}
= {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17}
Jawaban: A
20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) yakni ....
Pembahasan
A = {10, 11, 12, 13}
B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}
= {11, 12, 13, 14}
C = {x | 8 ≤ x ≤ 12, x є bilangan asli}
= {8, 9, 10, 11, 12}
A – (B ∩ C) = ({10, 11, 12, 13} – {11, 12})
= {10, 13}
A – (B ∪ C) = ({10, 11, 12, 13} – {8, 9, 10, 11, 12, 13, 14})
= {8, 9, 14}
Jawaban: D
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Setelah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya yakni .... anak.
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- M = menyukai pelajaran matematika
- B = menyukai pelajaran biologi
- T = tidak menyukai keduanya
Diket:
- n(S) = 35 anak
- n(M) = 21 anak
- n(B) = 20 anak
- n(M ∩ B) = 10 anak
Dit: Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya...?
Jawab: n(S) = (n(M) + n(B) – n(M ∩ B)) + n(T)
35 = (21 + 20 - 10) + n(T)
35 = 31 + n(T)
4 = n(T)
Jawaban: B
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat yakni .... anak.
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- P = gemar makan permen
- C = gemar makan coklat
- T = tidak gemar makan keduanya
Diket:
- n(S) = 35 anak
- n(P) = (25 – x)
- n(C) = (18 – x)
- n(T) = 7 anak
Dit: Banyaknya anak yang gemar makan coklat...?
Jawab: n(S) = n(P) + n(C) + n(P ∩ C) + n(T)
35 = (25 - x) + (18 – x) + x + 7
35 = 50 – x
x = 15
n(C) = (18 – x)
= 18 – 15
= 3
Jawaban: A
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca yakni .... anak.
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- A = suka menulis
- B = suka membaca
- T = tidak suka keduanya
Diket:
- n(S) = 40 anak
- n(A) = 16 anak
- n(B) = 22 anak
- n(T) = 12 anak
Dit: Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca...?
Jawab: n(S) = n(A) + n(B) + n(A ∩ B) + n(T)
40 = 16 + 22 + x + 12
40 = 50 – x
x = 10
Jawaban: A
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya yakni ....
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- G = suka menggambar
- H = suka menyanyi
- G ∩ H = suka keduanya
- T = tidak suka keduanya
Diket:
- n(S) = 30 anak
- n(G) = 15 anak
- n(H) = 20 anak
- n(G ∩ H) = 8 anak
Dit: Banyaknya anak yang tidak suka keduanya...?
Jawab: n(S) = (n(G) + n(H) - n(G ∩ N)) + n(T)
30 = (15 + 20 – 8) + n(T)
30 = 27 + n(T)
3 = n(T)
Jawaban: A
25. Survei pertanda 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya akseptor yang mengikuti survei yakni .... anak.
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- Uu = suka Upin Ipin
- Ss = suka Shaun the Seep
- Uu ∩ Ss = suka keduanya
Diket:
- n(Uu) = 30 anak
- n(Ss) = 20 anak
- n(Uu ∩ Ss) = 19 anak
Dit: n(S)...?
Jawab: n(S) = n(Uu) + n(Ss) - n(Uu ∩ Ss)
n(S) = 30 + 20 - 19
n(S) = 31
Jawaban: B
Demikianlah info yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Bank Soal Sekolahku Himpunan Matematika Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Bank Soal Sekolahku Himpunan Matematika Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP ini, adik adik sanggup menguduh bahan ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B yakni ....
A. {3}
B. {1, 2, 3, 4}
C. {1, 3}
D. {2, 4}
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) yakni ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) yakni ....
A. {0, 1, 2, 3, 4, 5}
B. {1, 2, 3, 4, 5}
C. {-1, 0, 1, 2, 3, 4}
D. {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) yakni ....
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
5. Diketahui S= {bilangan orisinil kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac yakni ....
A. {1, 2, 3, .... , 9}
B. {0, 1, 3, 5, 7, 9}
C. {2, 4, 6, 8}
D. {1, 3, 5, 7, 9}
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q yakni ....
A. P
B. Q
C. {0}
D. Ø
7. Diketahui P = {bilangan orisinil kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) yakni ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) yakni ....
A. 18
B. 19
C. 20
D. 21
9. Perhatikan diagaram Venn berikut !
A ∩ B yakni ....
A. {4, 8, 10}
B. {1, 2, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {3, 4, 5, 7, 8, 10}
D. {3, 5, 7}
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B yakni ....
A. {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
B. {1, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {0, 1, 3, 5, 6, 7}
D. {3, 9}
11. Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan asli}. Semua bilangan lingkaran x yakni ....
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {0, 1, 2, 3}
C. {-1, 0, 1, 2}
D. {1, 2}
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bab dari B yakni ....
A. 4
B. 8
C. 16
D. 32
13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L yakni ....
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {-1, 0, 1, 2}
C. {-1, 0, 1}
D. {2, 3, 5}
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac yakni ....
A. {3, 5, 7}
B. {0, 1, 6, 8, 9, 10}
C. {0, 6, 8, 9, 10}
D. {0, 1, 6, 8, 10}
15. Perhatikan diagram Venn berikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B yakni ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
16. Diketahui himpunan kalau A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. Dengan mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) yakni ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) yakni ....
A. 80
B. 100
C. 120
D. 140
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C yakni ....
A. {1,2,3,4,5}
B. {5}
C. {2,4}
D. {1,2,3,4}
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc yakni ....
A. {0,18,19,20}
B. {18,19,20}
C. {0,18}
D. {0}
20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) yakni ....
A. {11, 12} dan {10, 11, 12, 13}
B. {11, 12} dan {8, 9, 14}
C. {10, 13} dan {10, 11, 12, 13}
D. {10, 13} dan {8, 9, 14}
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Setelah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya yakni .... anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat yakni .... anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca yakni .... anak.
A. 10
B. 12
C. 14
D. 16
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya yakni ....
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
25. Survei pertanda 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya akseptor yang mengikuti survei yakni .... anak.
A. 30
B. 31
C. 32
D. 33
Bagaimana pola soal himpunan matematika yang ada di blog ini? Mudah-mudah apa terlalu sulit? Kalau dirasa sulit, jangan khawatir. Simak pembahasan soal berikut ini.
Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Himpunan Kelas 7
1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B yakni ....
Pembahasan
Diket:
- A = {2, 3, 4}
- B = {1, 3}
Maka, A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
Jawaban: B
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) yakni ....
Pembahasan
Diket:
- M = {a, i, u, e, o}
- N = {a, u, o}
M ∪ N = {a, i, u , e, o}
Maka, n(M ∪ N) = 5
Jawaban: A
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) yakni ....
Pembahasan
X = {x | x < 6, x є bilangan asli)
= {1, 2, 3, 4, 5}
Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}
= {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
(X ∩ Y) = {1, 2, 3, 4, 5}
Jawaban: B
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) yakni ....
Pembahasan
n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8
n(A ∪ B) = n(A) + n(B) - n(A ∩ B)
= 10 + 8 – 8
= 10
Jawaban: C
5. Diketahui S= {bilangan orisinil kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac adalah
Pembahasan
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
A = {2, 4, 6, 8}
Ac = {1, 3, 5, 7, 9}
Jawaban: D
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q yakni ....
Pembahasan
Diket:
- P = {1, 5}
- Q = {1, 3, 5, 7}
Maka, P ∪ Q = {1, 3, 5, 7}
Jadi, {1, 3, 5, 7} = Q
Jawaban: B
7. Diketahui P = {bilangan orisinil kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) yakni ....
Pembahasan
P = {bilangan orisinil kurang dari 5}
= {1, 2, 3, 4}
Q = {bilangan cacah kurang dari 6}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5}
R = {bilangan ganjil kurang dari 6}
= {1, 3, 5}
(Q ∩ R) = {1, 3, 5}
P – (Q ∩ R) = ({1, 2, 3, 4} - {1, 3, 5})
n(P – (Q ∩ R)) = 4 – 3
= 1
Jawaban: A
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) yakni ....
Pembahasan
A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}
= {-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15}
n(A) = 21
Jawaban: D
9. Perhatikan diagaram Venn berikut !
A ∩ B yakni ....
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 6, 7, 9}
B = {2, 3, 5, 7}
A ∩ B = {3, 5, 7}
Jawaban: D
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B yakni ....
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 7, 9}
B = {0, 3, 6, 9}
A ∪ B = {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
Jawaban: A
11. Diketahui : {x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan orisinil }. Semua bilangan lingkaran x yakni ....
Pembahasan
Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan orisinil }
: {1, 2}
Jawaban: D
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bab dari B yakni ....
Pembahasan
n(B) = 4
Banyaknya himpunan bab = 2n
24 = 16
Jawaban: C
13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L yakni ....
Pembahasan
K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat}
= {-1, 0, 1, 2, 3}
L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}
= {1, 2, 3, 5}
K – L = ({-1, 0, 1, 2, 3} - {2, 3, 5})
= {-1, 0, 1}
Jawaban: C
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac yakni ....
Pembahasan
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7}
B = {1, 3, 5, 7, 9}
Ac = {0, 1, 6, 8, 9, 10}
Jawaban: B
15. Perhatikan diagram Venn berikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B yakni ....
Pembahasan
n(S) = n(A) – x + n(A ∩ B) + n(B) + x
50 = 15 – x + x + 27 + x
50 = 42 + x
8 = x
Jawaban: D
16. Diketahui himpunan kalau A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. Dengan mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) yakni ....
Pembahasan
A = {bilangan cacah kurang dari 8}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
B = {faktor dari 6}
= {2, 3}
A ∪ B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
n(A ∪ B) = 8
Jawaban: D
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) yakni ....
Pembahasan
n(P)= 100, n(Q)= 120, dan n(P ∩ Q)= 80
n(A ∪ B) = n(P) + n(Q) - n(P ∩ Q)
= 100 + 120 – 80
= 140
Jawaban: D
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C yakni ....
Pembahasan
A = {1, 2, 3, 4}
B = {2, 4}
C = {1, 2, 3, 4, 5}
A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
(A ∪ B) ∩ C = {5}
Jawaban: B
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc yakni ....
Pembahasan
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20}
B = {x | x < 18, x є bilangan asli}
= {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17}
Jawaban: A
20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) yakni ....
Pembahasan
A = {10, 11, 12, 13}
B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}
= {11, 12, 13, 14}
C = {x | 8 ≤ x ≤ 12, x є bilangan asli}
= {8, 9, 10, 11, 12}
A – (B ∩ C) = ({10, 11, 12, 13} – {11, 12})
= {10, 13}
A – (B ∪ C) = ({10, 11, 12, 13} – {8, 9, 10, 11, 12, 13, 14})
= {8, 9, 14}
Jawaban: D
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Setelah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya yakni .... anak.
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- M = menyukai pelajaran matematika
- B = menyukai pelajaran biologi
- T = tidak menyukai keduanya
Diket:
- n(S) = 35 anak
- n(M) = 21 anak
- n(B) = 20 anak
- n(M ∩ B) = 10 anak
Dit: Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya...?
Jawab: n(S) = (n(M) + n(B) – n(M ∩ B)) + n(T)
35 = (21 + 20 - 10) + n(T)
35 = 31 + n(T)
4 = n(T)
Jawaban: B
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat yakni .... anak.
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- P = gemar makan permen
- C = gemar makan coklat
- T = tidak gemar makan keduanya
Diket:
- n(S) = 35 anak
- n(P) = (25 – x)
- n(C) = (18 – x)
- n(T) = 7 anak
Dit: Banyaknya anak yang gemar makan coklat...?
Jawab: n(S) = n(P) + n(C) + n(P ∩ C) + n(T)
35 = (25 - x) + (18 – x) + x + 7
35 = 50 – x
x = 15
n(C) = (18 – x)
= 18 – 15
= 3
Jawaban: A
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca yakni .... anak.
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- A = suka menulis
- B = suka membaca
- T = tidak suka keduanya
Diket:
- n(S) = 40 anak
- n(A) = 16 anak
- n(B) = 22 anak
- n(T) = 12 anak
Dit: Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca...?
Jawab: n(S) = n(A) + n(B) + n(A ∩ B) + n(T)
40 = 16 + 22 + x + 12
40 = 50 – x
x = 10
Jawaban: A
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya yakni ....
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- G = suka menggambar
- H = suka menyanyi
- G ∩ H = suka keduanya
- T = tidak suka keduanya
Diket:
- n(S) = 30 anak
- n(G) = 15 anak
- n(H) = 20 anak
- n(G ∩ H) = 8 anak
Dit: Banyaknya anak yang tidak suka keduanya...?
Jawab: n(S) = (n(G) + n(H) - n(G ∩ N)) + n(T)
30 = (15 + 20 – 8) + n(T)
30 = 27 + n(T)
3 = n(T)
Jawaban: A
25. Survei pertanda 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya akseptor yang mengikuti survei yakni .... anak.
Pembahasan
Misal:
- S = himpunan semesta
- Uu = suka Upin Ipin
- Ss = suka Shaun the Seep
- Uu ∩ Ss = suka keduanya
Diket:
- n(Uu) = 30 anak
- n(Ss) = 20 anak
- n(Uu ∩ Ss) = 19 anak
Dit: n(S)...?
Jawab: n(S) = n(Uu) + n(Ss) - n(Uu ∩ Ss)
n(S) = 30 + 20 - 19
n(S) = 31
Jawaban: B
Soal Himpunan Matematika Kelas 7 SMP File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal himpunan kelas 7 doc
- soal himpunan kelas 7 pdf
- soal himpunan kelas 7 pilihan ganda
- soal himpunan kelas 7 dan pembahasannya
- soal ulangan harian matematika kelas 7 himpunan
- soal himpunan kelas 7 kurikulum 2013
- kumpulan soal himpunan kelas 7 smp
- contoh soal himpunan bab dan penyelesaiannya kelas 7 pdf 2018,2019,2020,2021,2022