Faktorisasi aljabar adalah salah satu sub topik dalam bab Aljabar yang sangat penting karena biasanya sering sekali keluar dalam Ulangan Harian, Ulangan Semester atau Unjian Nasional(UN).
Dengan berlatih dan memahami bentuk bentuk soal yang sering keluar tentang faktorisasi aljabar ini, kalian akan lebih mudah menjawab soal soal apapun yang dikeluarkan nantinya....
Cara Mudah Mejawab Soal Perkalian Aljabar Kelas 8 SMP
Soal Latihan dan Pembahasan Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar
Bank Soal kelas 8 SMP Tentang Aljabar
Baca Juga
Cara Mudah Mejawab Soal Perkalian Aljabar Kelas 8 SMP
Soal Latihan dan Pembahasan Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar
Bank Soal kelas 8 SMP Tentang Aljabar
Agar lebih paham dengan cara memfaktorkan, maka kita perlu latihan. Untuk itu jawablah soal soal berikut dengan benar ya.....
Soal 1
Pemfaktoran dari
adalah . . . .
A. (2x - 1) (2x - 3)
B. (2x + 1) ( 2x + 3)
C. (2x + 1) (2x - 3)
D. (2x - 1) ( 2x + 3)
Soal 2
Faktor dari bentuk aljabar
adalah . . . .
A. 4 (2x - y)(x - 2y)
B. 3 (2x - y)(x - 2y)
C. 4 (2x - y)( x + 2y)
D. 3 (2x - y)( x + 2y)
Soal 3
Pemfaktoran dari
adalah . . . .
A. (3a - 4b)(3a - 4b)
B. (3a - 4b)(3a + 4b)
C. (3a - 2b)(3a - 8b)
D. (3a - 2b)(3a + 4b)
Soal 4
Hasil pemfaktoran dari
adalah . . . .
A. (x+ 2)(x + 7)
B. ( x - 2)( x + 7)
C. (x - 2)(x - 7)
D. (x + 2) (x - 7)
Soal 5
Bentuk faktor dari
adalah . . . .
A. (a + 1) ( a - 7)
B. (a + 1) (a + 6)
C. (a - 1) (a + 7)
D. (a - 1) ( a - 6)
Soal 6
Penyederhanaan dari
adalah . . . .
A.
B.
C.
D.
Soal 7
Salah satu faktor dari
adalah . . . .
A. ( -3x - 1)
B. ( -2x + 5)
C. (2x + 5)
D. (3x + 1)
Soal 8
Faktorisasi dari
adalah . . . .
A. (2x + y) (2x - 6y)
B. (2x + 3y) (2x - 2y)
C. (4x + y) (x - 6y)
D. (4x + 3y) (x - 2y)
Soal 9
Bentuk sederhana dari
adalah . . . .
A.
B.
C.
D.
Soal 10
Bentuk sederhana dari
adalah . . . .
A.
B.
C.
D.
Sekian dulu postingan kali ini ya...jangan lupa banyak banyak berlatih dan semangat dalam belajar agar kalian jadi orang yang pintar...jangan lupa di like dan di share postingan ini ya....
Dengan berlatih dan memahami bentuk bentuk soal yang sering keluar tentang faktorisasi aljabar ini, kalian akan lebih mudah menjawab soal soal apapun yang dikeluarkan nantinya....
Pembahasan
Nah untuk menjawab soal diatas, kita perlu mengelompokkan suku suku diatas mana yang kiranya mempunyai variabel yang sejenis atau koefisien variabel yang sama.
Perhatikan bahwa suku 4ax dan - 8ay memiliki variabel yang sama yaitu a dan koefisiennnya juga memiliki kesamaan dimana ada angka 4 (pada angka 8 juga mengandung angka 4 dari faktor 8 = 4 x 2).
=
Kita kelompokkan sedemikian rupa sehingga bentuknya tidak berubah
=
=+10b(-2y+x))
Nah sampai pada tahap ini, kita susun kembali bentuk aljabarnya sehingga menjadi :
=+10b(x-2y))
Kemudian jika kita lihat bentuk aljabar diatas, ada yang sama sehingga kita bisa keluarkan, dan bentuk akhirnya menjadi :
=(4a+10b))
Jawaban : B
Nah untuk menjawab soal diatas, kita perlu mengelompokkan suku suku diatas mana yang kiranya mempunyai variabel yang sejenis atau koefisien variabel yang sama.
Perhatikan bahwa suku 4ax dan - 8ay memiliki variabel yang sama yaitu a dan koefisiennnya juga memiliki kesamaan dimana ada angka 4 (pada angka 8 juga mengandung angka 4 dari faktor 8 = 4 x 2).
=
Kita kelompokkan sedemikian rupa sehingga bentuknya tidak berubah
=
=
Nah sampai pada tahap ini, kita susun kembali bentuk aljabarnya sehingga menjadi :
=
Kemudian jika kita lihat bentuk aljabar diatas, ada yang sama sehingga kita bisa keluarkan, dan bentuk akhirnya menjadi :
=
Jawaban : B
Soal 2 : Menfaktorkan Bentuk Aljabar
dengan a = 1
Pemfaktoran dari
adalah . . . .
A. (x - 13) (x -7)
B. (x - 13) (x + 7)
C. (x + 13) (x - 7)
D. (x + 13) ( x + 7)
Baca JugaPemfaktoran dari
A. (x - 13) (x -7)
B. (x - 13) (x + 7)
C. (x + 13) (x - 7)
D. (x + 13) ( x + 7)
Cara Mudah Mejawab Soal Perkalian Aljabar Kelas 8 SMP
Soal Latihan dan Pembahasan Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar
Bank Soal kelas 8 SMP Tentang Aljabar
Pembahasan
Langkah pertama adalah mencari faktor dari c, yang jika kita jumlahkan hasilnya adalah b
c = - 91
b = - 6
Faktor dari 91 adalah 13 x 7, dimana c nya bernilai negatif sehingga salah satu faktor harus negatif (karena hanya dengan perkalian beda tanda yang menghasilkan bilangan negatif).
Yang mana yang negatif, kita harus sesuaikan dengan nilai b, karena syaratnya tadi jika faktor dari c kita jumlahkan hasilnya adalah b.
- 13 + 7 = - 6 ( sesuai dengan nilai b pada bentuk aljabar diatas
13 + (-7) = 6
Sehingga bentuk pemfaktorannya adalah :
=
=(x-13))
Langkah pertama adalah mencari faktor dari c, yang jika kita jumlahkan hasilnya adalah b
c = - 91
b = - 6
Faktor dari 91 adalah 13 x 7, dimana c nya bernilai negatif sehingga salah satu faktor harus negatif (karena hanya dengan perkalian beda tanda yang menghasilkan bilangan negatif).
Yang mana yang negatif, kita harus sesuaikan dengan nilai b, karena syaratnya tadi jika faktor dari c kita jumlahkan hasilnya adalah b.
- 13 + 7 = - 6 ( sesuai dengan nilai b pada bentuk aljabar diatas
13 + (-7) = 6
Sehingga bentuk pemfaktorannya adalah :
=
=
Soal 3 : Memfaktorkan bentuk
dengan a tidak sama dengan 1
Faktor dari bentuk
adalah . . . .
A. (2x - 2) (x + 1)
B. (2x + 1) ( x - 3)
C. (2x + 3) ( x - 1)
D. (2x - 1) (x + 6)
Faktor dari bentuk
A. (2x - 2) (x + 1)
B. (2x + 1) ( x - 3)
C. (2x + 3) ( x - 1)
D. (2x - 1) (x + 6)
Pembahasan
Untuk memfaktorkan bentuk yang a nya tidak sama dengan 1, kita harus kalikan terlebih dahulu a dan c nya, kemudian mencari faktor dari hasil perkalian itu dan mengambil faktor yang jika kita jumlahkan hasilnya adalah b. Ikutilah langkah langkah berikut:
Mengalikan a x c
= 2 x ( - 3) = - 6
Mencari faktor dari 6 yang jika kita jumlahkan hasilnya adalah b = - 1, faktor ini salah satunya harus negatif karena hasil kali a dan c nya adalah negatif.
= 2 x (-3) = - 6 (hasil kali a x c)
= 2 + (-3) = - 1 (nilai dari b)
Nah, sampai pada tahap ini, perhatikan langkah selanjutnya ya....
=
=x-3)
=
=-(3x+3))
=-3(x+1))
=(2x-3))
Untuk memfaktorkan bentuk yang a nya tidak sama dengan 1, kita harus kalikan terlebih dahulu a dan c nya, kemudian mencari faktor dari hasil perkalian itu dan mengambil faktor yang jika kita jumlahkan hasilnya adalah b. Ikutilah langkah langkah berikut:
Mengalikan a x c
= 2 x ( - 3) = - 6
Mencari faktor dari 6 yang jika kita jumlahkan hasilnya adalah b = - 1, faktor ini salah satunya harus negatif karena hasil kali a dan c nya adalah negatif.
= 2 x (-3) = - 6 (hasil kali a x c)
= 2 + (-3) = - 1 (nilai dari b)
Nah, sampai pada tahap ini, perhatikan langkah selanjutnya ya....
=
=
=
=
=
=
Baca Juga
Cara Mudah Mejawab Soal Perkalian Aljabar Kelas 8 SMP
Soal Latihan dan Pembahasan Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar
Bank Soal kelas 8 SMP Tentang Aljabar
Agar lebih paham dengan cara memfaktorkan, maka kita perlu latihan. Untuk itu jawablah soal soal berikut dengan benar ya.....
Soal 1
Pemfaktoran dari
A. (2x - 1) (2x - 3)
B. (2x + 1) ( 2x + 3)
C. (2x + 1) (2x - 3)
D. (2x - 1) ( 2x + 3)
Soal 2
Faktor dari bentuk aljabar
A. 4 (2x - y)(x - 2y)
B. 3 (2x - y)(x - 2y)
C. 4 (2x - y)( x + 2y)
D. 3 (2x - y)( x + 2y)
Soal 3
Pemfaktoran dari
A. (3a - 4b)(3a - 4b)
B. (3a - 4b)(3a + 4b)
C. (3a - 2b)(3a - 8b)
D. (3a - 2b)(3a + 4b)
Soal 4
Hasil pemfaktoran dari
A. (x+ 2)(x + 7)
B. ( x - 2)( x + 7)
C. (x - 2)(x - 7)
D. (x + 2) (x - 7)
Soal 5
Bentuk faktor dari
A. (a + 1) ( a - 7)
B. (a + 1) (a + 6)
C. (a - 1) (a + 7)
D. (a - 1) ( a - 6)
Soal 6
Penyederhanaan dari
A.
B.
C.
D.
Soal 7
Salah satu faktor dari
A. ( -3x - 1)
B. ( -2x + 5)
C. (2x + 5)
D. (3x + 1)
Soal 8
Faktorisasi dari
A. (2x + y) (2x - 6y)
B. (2x + 3y) (2x - 2y)
C. (4x + y) (x - 6y)
D. (4x + 3y) (x - 2y)
Soal 9
Bentuk sederhana dari
A.
B.
C.
D.
Soal 10
Bentuk sederhana dari
A.
B.
C.
D.
Sekian dulu postingan kali ini ya...jangan lupa banyak banyak berlatih dan semangat dalam belajar agar kalian jadi orang yang pintar...jangan lupa di like dan di share postingan ini ya....