Bahan Bimbing Pkn Kelas 2 Semester 2 Terbaru

Bahan Bimbing Pkn Kelas 2 Semester 2 Terbaru

Bahan Bimbing Pkn Kelas 2 Semester 2 Terbaru

 SD dan Mi terbaru dengan materi pokok acara musyawarah dan menghormati bunyi terbanyak Bahan Ajar PKn Kelas 2 Semester 2 Terbaru
Bahan bimbing Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) BAB 1 untuk kelas 2 SD dan Mi terbaru dengan materi pokok acara musyawarah dan menghormati bunyi terbanyak serta mau mendapatkan kekalahan. Adapun kompetensi dasar yang harus ditunjukkan yaitu bagaimana mengenal acara bermusyawarah, bagaimana menghargai bunyi terbanyak (mayoritas) dan menampilkan sikap mendapatkan saat mengalami kekalahan.

Dalam materi atau materi bimbing PKn yang telah disebutkan diatas dibutuhkan siswa sanggup bermusyawarah di sekolah sesuai dengan asas kekeluargaan, mendapatkan dan melakukan keputusan bermusyawarah serta menghormati pendapat orang lain dalam hal ini sobat sekelas atau sobat diluar sekolah atau lingkungannya.

A. Mengenal Kegiatan Musyawarah


Musyawarah merupakan salah satu cara menuntaskan setiap perselisihan atau perbedaan. Dalam musyawarah selalu ada pihak yang baiklah dan tidak baiklah terhadap suatu rancangan keputusan. Namun, sesudah adanya tukar pikiran dan pertimbangan yang matang, maka pihak yang baiklah dan tidak baiklah akan mencapai titik temu.

Semua penerima musyawarah harus mengutamakan kepentingan bersama danpada kepentingan pribadi atau golongan. Bila musyawarah telah mencapai mufakat, maka hasil permufakatan menjadi keputusan bersama. Keputusan bersama merupakan ketentuan, ketetapan, dan penyelesaian yang dilakukan sekelompok orang terhadap suatu hal atau permasalahan.

Semua pihak harus mendapatkan keputusan bersama dengan ikhlas, bertanggung jawab, dan lapang dada. Tujuan musyawarah yaitu semoga tercipta ketenteraman dan ketertiban dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini yaitu beberapa acara yang harus diperhatikan dalam pengambilan keputusan bersama atau musyawarah : 


  1. Peserta musyawarah harus lapang dada, mendapatkan kritik, usul, atau saran.
  2. Peserta musyawarah menyadari bahwa keputusan yang dihasilkan merupakan keputusan yang terbaik.
  3. Peserta musyawarah mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan.
  4. Peserta musyawarah memahami dengan baik duduk masalah yang dimusyawarahkan.
  5. Peserta musyawarah menghargai dan menghormati perbedaan pendapat.
  6. Peserta musyawarah bisa menahan diri.
Pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama berbeda dengan pengambilan keputusan untuk kepentingan perorangan, alasannya pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama melibatkan banyak orang, baik secara eksklusif maupun tidak langsung.

Dalam Demokrasi Pancasila, pengambilan keputusan bersama didasarkan atas asas musyawarah untuk mufakat dan semangat kekeluargaan. Tetapi apabila tidak terjadi mufakat, keputusan bersama sanggup diambil menurut bunyi terbanyak.

B. Bagaimana Cara Menghormati Suara Terbanyak dan Mau Menerima Kekalahan


Dalam kehidupan sehari-hari hasil keputusan dengan bunyi terbanyak dalam musyawarah sanggup kita temui pada lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Keputusan bersama di lingkungan keluarga contohnya berbelanja kebutuhan sehari-hari, rekreasi, kerja bakti, dan sebagainya.

Sedangkan pada lingkungan sekolah, keputusan bersama menyangkut peraturan dan tata tertib sekolah yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh guru dan murid.

Di lingkungan masyarakat, keputusan bersama menyangkut peraturan yang mengikat seluruh warga masyarakat, menyerupai gotong-royong, menjaga keamanan lingkungan, dan sebagainya.

Hasil keputusan bunyi terbanyak harus dilaksanakan dengan nrimo dan dilandasi hati yang jujur.  Dalam keputusan bersama tidak ada pihak yang kalah. Semua pihak yaitu pemenang, alasannya keputusan bersama merupakan penyelesaian duduk masalah untuk kepentingan bersama.


Melaksanakan hasil keputusan bersama harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.
  2. Mempertanggungjawabkan secara tabiat pada Tuhan
  3. Nilai-nilai kebenaran dan keadilan. 

Melaksanakan hasil keputusan juga harus tetap menurut pada asas kekeluargaan. Asas kekeluargaan merupakan semangat untuk memikirkan dan memperhatikan kepentingan orang lain atau kepentingan bersama. Kekeluargaan merupakan sikap yang mencerminkan kerukunan dan kebersamaan, baik suka maupun duka.
'Semakin banyak mencar ilmu akan semakin berilmu"

Untuk menguji kemampuan kalian untuk menjawab soal-soal ulangan yang berkaitan dengan materi bimbing diatas silahkan merujuk pada artikel khusus kelas 2 sd/mi sebagai berikut :


Demikian ulasan ihwal materi bimbing mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pada penggalan 1 untuk kelas 2 sd semester genap/2 yang terkait dengan musyawarah dan bagaimana cara menghormarti serta mendapatkan kekalahan. JUJUR ! Apakah ini bermanfaat ? Jika IYA tolong bantu share yah adik-adik.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser