Penilaian terhadap hasil berguru penerima didik merupakan salah satu acara rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil berguru dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan penerima didik, memonitor perkembangan berguru penerima didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai penerima didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut sanggup dipakai aneka macam bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis hingga dikala ini masih merupakan instrumen yang mayoritas dipakai dalam menilai hasil berguru penerima didik.
Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan tanggapan (non-constructed response test), penerima didik hanya menentukan dari tanggapan yang Disediakan, dan tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test), penerima didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan tanggapan sering dikritik alasannya dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan tanggapan sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, kalau tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya
mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.
Oleh alasannya penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan dibutuhkan sanggup memperlihatkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup dipakai untuk menilai hasil berguru penerima didik dan memberi informasi yang valid.
Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini yaitu penulisan soal tes tertuliskhususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh alasannya itu bentuk evaluasi lain ibarat portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk evaluasi tersebut tidak penting.
Di dalam buku Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama veris 2017 di jelaskan secara detail wacana Panduan atau Pedoman Penulisan Soal Pilihan Ganda, Panduan atau Pedoman Penulisan Soal Uraian / Isian, dan Pedoman Penulisan Soal HOTS. Berikut ini Tampilan buku Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama veris 2017 yang sanggup dijadikan sebagai Panduan/pedoman penulisan soal US dan USBN SMP.
Bagaimana adik-adik? biar sukses ya. Jangan lupa komentar dan saran dibawah ini. Jika ingin menghubungi saya bisa lewat Sosial media dan konta pesan email dan klik unduh untuk menguduh file pdf diatas
Panduan Penulisan Soal US dan USBN Sekolah Menengah Pertama Versi 2017 PAS dan PAT |
Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan tanggapan (non-constructed response test), penerima didik hanya menentukan dari tanggapan yang Disediakan, dan tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test), penerima didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan tanggapan sering dikritik alasannya dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan tanggapan sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, kalau tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya
mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.
Oleh alasannya penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan dibutuhkan sanggup memperlihatkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup dipakai untuk menilai hasil berguru penerima didik dan memberi informasi yang valid.
Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini yaitu penulisan soal tes tertuliskhususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh alasannya itu bentuk evaluasi lain ibarat portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk evaluasi tersebut tidak penting.
Di dalam buku Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama veris 2017 di jelaskan secara detail wacana Panduan atau Pedoman Penulisan Soal Pilihan Ganda, Panduan atau Pedoman Penulisan Soal Uraian / Isian, dan Pedoman Penulisan Soal HOTS. Berikut ini Tampilan buku Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama veris 2017 yang sanggup dijadikan sebagai Panduan/pedoman penulisan soal US dan USBN SMP.
Video Tutorial PenulisanKisi-kisi Soal
Video Tutorial PenulisanSoal Pilihan Ganda (1)
Video Tutorial PenulisanSoal Pilihan Ganda (2)
Video Penulisan Soal Pilihan Ganda (3)
Video Tutorial PenulisanSoal Uraian
Video Tutorial PenulisanSoal Isian
Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Tingkat KognitifHOTS
Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Kareateristik Soal HOTS
Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Bank Soal Sekolahku HOTS
Bagaimana adik-adik? biar sukses ya. Jangan lupa komentar dan saran dibawah ini. Jika ingin menghubungi saya bisa lewat Sosial media dan konta pesan email dan klik unduh untuk menguduh file pdf diatas