100+ Bahan Soal Uas/Ukk Ipa Kelas 4 Sd Semester 2 Dan Kunci Tanggapan

100+ Bahan Soal Uas/Ukk Ipa Kelas 4 Sd Semester 2 Dan Kunci Tanggapan

100+ Bahan Soal Uas/Ukk Ipa Kelas 4 Sd Semester 2 Dan Kunci Tanggapan

 dan kunci tanggapan pelajari sebagai pola ketika akan menghadapi ulangan kenaikan kelas se 100+ Materi Soal UAS/UKK IPA Kelas 4 SD Semester 2 dan Kunci Jawaban
Materi Soal latihan ulangan UAS/UKK Mata Pelajaran IPA untuk kelas 4 SD Semester 2 terbaru 2018 dan kunci tanggapan pelajari sebagai pola ketika akan menghadapi ulangan kenaikan kelas semester genap. Soal ulangan ini merujuk pada kisi-kisi dan mata pelajaran kurikulum terbaru 2013, maka kemungkinan soal-soal ini sanggup muncul pada dikala ulangan simpulan semester tahun anutan 2017/2018.

Soal UAS/UKK IPA Kelas 4 SD Semester 2

Sebelum ulangan kenaikan kelas dilaksanakan admin selalu menciptakan rangkuman materi/bahan soal ulangan IPA untuk menghadapi UKK. Rangkuman soal Ilmu Pengetahuan Alam ini terdiri dari Bab pertama hingga Bab simpulan dimana sanggup kalian gunakan untuk menghadapi ulangan UTS dan UAS pada semester 1 dan 2.
  1. Tulang-tulang yang tersusun secara teratur membentuk rangka. Tulang penyusun kerangka insan cukup umur jumlahnya kurang lebih 206 tulang.
  2. Tulang insan berafiliasi satu sama lain. Hubungan antar tulang disebut sendi.
  3. Berdasarkan sifat geraknya, sendi sanggup dibedakan atas sendi mati, sendi kaku, dan sendi gerak.
  4. Berdasarkan arah geraknya, sendi gerak ada 5 macam, yaitu sendi engsel, sendi geser, sendi pelana, sendi peluru, dan sendi putar.
  5. Berdasarkan zat penyusunnya, tulang dibedakan atas tulang keras dan tulang rawan.
  6. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tulang pendek, tulang pipa, dan tulang pipih.
  7. Rangka tubuh insan dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.
  8. Gerakan tulang juga ditentukan oleh otot yang menempel padanya. Otot dalam kehidupan sehari-hari disebut daging.
  9. Rangka tubuh insan berfungsi untuk: a. memberi bentuk dan menegakkan tubuh,b. daerah melekatnya otot, c. melindungi alat-alat tubuh yang penting dan lunak.
  10. Gangguan penyakit yang berafiliasi dengan rangka, antara lain lordosis, kifosis, skoliosis, osteoporosis, fraktura (patah tulang), TBC tulang, rematik, dan rakitis.
  11. Zat-zat yang diharapkan oleh tulang biar tumbuh tepat terdapat pada kuliner kita, antara lain kalsium, fosfor, dan Vitamin D.
  12. Manusia mempunyai 5 alat indra, yaitu indra penglihat (mata), indra pendengar (telinga), indra pembau (hidung), indra pengecap (lidah), dan indra peraba dan perasa (kulit).
  13. Mata mempunyai bagian-bagian luar dan dalam. a. Bagian luar mata terdiri atas alis mata, kelopak mata, kelenjar air mata, dan bulu mata. b. Bagian dalam mata terdiri atas kornea, iris, pupil, lensa mata, retina, otot mata, dan saraf mata.
  14. Telinga insan terdiri atas tiga bagian, yaitu indera pendengaran luar, indera pendengaran tengah, dan indera pendengaran dalam.
  15. Indra pembau terletak pada selaput lendir di dalam rongga hidung. Pada selaput lendir terdapat serabut saraf pembau yang berafiliasi ke otak.
  16. Lidah sanggup mencicipi manis, pahit, asin, masam sebab di permukaan pengecap terdapat bintil-bintil (papilla) yang mengandung ujung-ujung saraf pengecap.
  17. Pada kulit terdapat ujung saraf yang peka terhadap rangsang sentuhan, suhu (panas, dingin), tekanan, dan rasa nyeri.
  18. Bagian-bagian flora mencakup akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
  19. Berdasarkan jenisnya, akar flora sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu akar serabut dan akar tunggang.
  20. Akar bagi flora berkhasiat untuk: a. menunjang berdirinya tumbuhan; b. menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah; c. menyimpan cadangan makanan, ibarat pada wortel dan singkong; d. bernapas di dalam tanah; e. sumber kuliner (ubi kayu, wortel); materi obat-obatan (jahe, kunyit); bumbu kuliner (kunyit, laos).
  21. Batang flora dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu batang basah, batang berkayu, dan batang rumput.
  22. Batang bagi flora berkhasiat untuk: a. mengangkut air dan zat hara dari akar ke daun; b. menyimpan cadangan makanan, contohnya pada flora kentang dan ketela rambat; c. daerah tumbuhnya daun, bunga, dan buah; d. sumber kuliner (sagu, asparagus); materi industri (tebu, bambu), dan materi perabot rumah tangga (kayu jati).
  23. Bagian-bagian daun terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun.
  24. Bentuk susunan tulang daun terdiri atas: tulang daun menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar.
  25. Ada dua jenis daun menurut jumlah helai daun pada tangkai daun, yaitu daun tunggal dan daun majemuk.
  26. Daun bagi flora berkhasiat untuk: a. daerah berlangsungnya proses pembuatan kuliner flora (fotosintesis); b. daerah penguapan tumbuhan; c. alat pernapasan pada tumbuhan, yaitu melalui stomata (mulut daun); d. turut berperan dalam proses perembesan air dan zat hara dari dalam tanah; e. daerah penyimpanan cadangan makanan, contohnya pada bawang merah dan lily.
  27. Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan. Bunga tepat mempunyai lima bagian, yaitu tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.
  28. Buah merupakan cuilan flora yang berfungsi untuk melindungi biji.
  29. Biji merupakan cuilan flora yang berkhasiat untuk alat perkembangbiakan flora secara generatif.
  30. Makanan bagi binatang sanggup berasal dari flora dan binatang lain.

Materi soal ulangan yang diatas dan dibawah ini ialah sanggup kalian gunakan untuk menghadapi Ulangan UTS dan UAS pada semester 1. Sekarang kita lanjutkan dengan materi soal ukk berikutnya :

  1. Bagian tubuh flora yang paling banyak dimakan hewan ialah daun, batang, dan nektar.
  2. Hewan yang paling sering menjadi mangsa binatang lain adalah herbivora dan binatang bertubuh kecil, contohnya serangga.
  3. Hewan dikelompokkan menjadi tiga golongan menurut jenis makanannya, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.
  4. Herbivora adalah binatang yang makanannya berasal dari flora saja, contohnya kelinci, kambing, sapi, dan kuda.
  5. Kelompok binatang pemakan daging atau pemakan binatang lain disebut karnivora. 
  6. Contoh binatang karnivora ialah bangsa binatang buas (harimau, singa, dan serigala); bangsa reptil (buaya, ular, komodo, dan biawak); bangsa burung (elang); dan bangsa ikan (hiu dan arwana). Hewan karnivora ada juga yang memakan bangkai, contohnya biawak. Bentuk tubuh biawak lebih kecil daripada komodo. Indra pembau biawak ialah lidahnya yang bercabang untuk mencium bangkai yang menjadi makanannya.
  7. Omnivora ialah binatang yang makanannya berasal dari flora dan hewan, contohnya ayam, itik, tikus, dan beruang.
  8. Sapi, kerbau mempunyai gigi geraham berukuran lebar dan bergerigi biar sanggup dipakai untuk menggiling sejumlah rumput dan dedaunan yang keras.
  9. Kucing merobek mangsa, maka taringnya tajam.
  10. Tikus makan apa saja, sehingga taringnya tajam, gerahamnya rata.
  11. Daur hidup ialah rangkaian tahapan yang dilalui suatu makhluk hidup.
  12. Dalam daur hidupnya, binatang ada yang mengalami metamorfosis dan ada yang tidak.
  13. Hewan yang tidak mengalami metamorfosis, contohnya ayam, kucing, kanguru, dan singa.
  14. Beberapa binatang pada proses daur hidupnya ada yang mengalami perubahan bentuk yang disebut metamorfosis.
  15. Tahap perubahan bentuk yang dialami binatang semenjak menetas hingga menjadi binatang cukup umur disebut metamorfosis.
  16. Ada dua jenis metamorfosis, yaitu metamorfosis tepat dan metamorfosis tidak sempurna.
  17. Metamorfosis tepat terjadi pada kupu-kupu, lalat, nyamuk, dan katak.
  18. Metamorfosis tidak tepat terjadi pada kecoak (lipas), jangkrik, belalang, dan capung.
  19. Daur hidup kupu-kupu : telur → ulat → kepompong → kupu-kupu
  20. Daur hidup nyamuk : telur → jentik-jentik → pupa → nyamuk
  21. Daur hidup lalat : telur → belatung → pupa → lalat
  22. Daur hidup kecoak : telur → nimfa → kecoak
  23. Daur hidup katak : telur → kecebong → katak muda → katak dewasa
  24. Setiap orang yang memelihara binatang harus merawatnya dengan benar.
  25. Hewan liar ialah binatang yang hidup bebas di alam, contohnya harimau di hutan.
  26. Hewan peliharaan ialah binatang yang sengaja dipelihara sebab manfaatnya, contohnya burung perkutut dipelihara sebab indah suaranya.
  27. Hewan ternak ialah binatang yang dipelihara sebab hasilnya, contohnya sapi dipelihara untuk diambil kesannya berupa daging, susu, dan kulitnya.
  28. Hewan peliharaan tidak bebas, maka perlu diperhatikan kandang, makanan, minum, dan perawatannya.
  29. Kehidupan bersama antara dua jenis makhluk hidup disebut simbiosis.
  30. Kehidupan bersama antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan disebut simbiosis mutualisme, contohnya kupu-kupu dengan tumbuhan bunga.

Dari uraian soal-soal ukk ipa diatas, admin mencontohkan materi pokok untuk soal pertanyaan maupun pilihan ganda yang telah diberi cetak tebal. Untuk materi pokok lainnya silahkan kalian tandai sendiri yah biar menerima kunci jawabannya secara tepat dan benar, dengan metode ibarat itu admin yakin kalian sanggup menjawab semua soal ulangan dan menerima nilai ulangan yang tinggi.

Jika ingin membuka kembali soal-soal UAS dan UTS Kelas 4 yang terkait dengan mata pelajaran IPA silahkan kalian ikuti tautan dibawah ini :
Kalian sanggup Download pdf materi/bahan asuh soal ipa kelas 4 lainnya secara lengkap dan gratis. Demikian uraian materi soal ulangan kenaikan kelas (ukk) IPA untuk tingkat sekolah dasar kelas 4 yang mengandung soal dan kunci jawaban. Sebelum download jangan lupa dibagikan/share keteman yang membutuhkan yah !
Download Pdf Materi Soal UAS/UKK IPA Kelas 4 SD/MI  
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser