Soal Ujian Us/Usbn Bahasa Indonesia Kelas 6 Dan Kunci Jawaban

Soal Ujian Us/Usbn Bahasa Indonesia Kelas 6 Dan Kunci Jawaban

Soal Ujian Us/Usbn Bahasa Indonesia Kelas 6 Dan Kunci Jawaban

 Berikut ini yakni rujukan soal ujian sekolah US Soal Ujian US/USBN Bahasa Indonesia Kelas 6 dan Kunci Jawaban
Berikut ini yakni rujukan soal ujian sekolah US/USBN mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SD dan MI kelas 6 terbaru lengkap dengan kunci jawaban. Soal US Bahasa Indonesia tingkat SD tahun pemikiran 2017/2018 ini menurut kisi-kisi dan kurikulum 2013 (K13) sehingga sanggup memudahkan sekaligus pembelajaran dan persiapan untuk menghadapi soal-soal ujian sekolah (US).

Soal US Bahasa Indonesia SD/MI 2018

Materi soal ujian sekolah didapat dari soal harian, soal try out, buku paket pelajaran bahasa Indonesia, soal ujian (US) tahun sebelumnya yang sanggup kalian pelajari biar sanggup membantu dalam menjawab soal-soal ujian bahasa Indonesia yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Dibawah ini yakni Soal US Bahasa Indonesia dengan jumlah 50 soal pilihan ganda dan kunci jawaban dimana soal pertanyaan dan soal isian singkat tidak ada dalam setiap ujian USBN.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1–4! 

Listrik untuk Kehidupan

   Kita memerlukan energi listrik untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. Namun, energi listrik merupakan salah satu sumber daya yang terbatas. Meskipun Indonesia mempunyai banyak sumber pembangkit listrik, penggunaan energi listrik harus tetap dihemat. Hal tersebut dikarenakan energi listrik yang dihasilkan belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan negara terhadap listrik. Akhirnya, agenda pemadaman bergilir pun dilakukan pemerintah di beberapa wilayah sebagai upaya pemerataan pemakaian energi listrik.

Banyak cara yang sanggup kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam menghemat energi listrik. Misalnya, mematikan lampu dikala akan tidur dan mematikan televisi jikalau tidak ditonton.

Mematikan barang elektronik sesudah dipakai sanggup memperlihatkan efek besar bagi orang lain. Saat kita menghemat pemakaian energi listrik, listrik tersebut sanggup disalurkan ke daerah lain yang belum mendapat atau kekurangan pasokan energi listrik. Dengan demikian, kita juga turut membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan energi listrik.

1. Kalimat utama paragraf ketiga adalah.........
A. Mematikan barang elektronik sesudah dipakai sanggup memperlihatkan efek besar bagi orang lain.
B. Banyak cara yang sanggup kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam menghemat energi listrik.
C. Kebiasaan menghemat energi listrik sanggup berdampak besar dalam kehidupan.
D. Kita hanya perlu menghemat energi listrik untuk membantu pemerintah.

2. Ide pokok paragraf pertama adalah.........
A. Pentingnya listrik dalam kehidupan manusia.
B. Meningkatnya tugas listrik untuk kehidupan.
C. Dasar diterapkannya pemadaman bergilir.
D. Menumbuhkan sikap menghemat listrik. 

3. Simpulan paragraf ketiga adalah.........
A. Persediaan listrik belum mencukupi untuk beberapa wilayah di Indonesia.
B. Mematikan lampu dikala akan tidur merupakan salah satu upaya menghemat listrik.
C. Pemerataan pemakaian energi listrik merupakan faktor dilakukannya pemadaman bergilir.
D. Menghemat listrik sebagai upaya menolong orang lain dalam memenuhi kebutuhan energi listrik.

4. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf pertama adalah.........
A. Salah satu cara menghemat listrik yakni mematikan barang elektronik.
B. Listrik sanggup dibangkitkan dengan tenaga surya dan tenaga angin.
C. Penyebaran pembangkit listrik masih belum merata.
D. Listrik merupakan sumber daya yang terbatas.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!

Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Virus tersebut menyerang kanal pernapasan sehingga menjadikan sakit tenggorokan. Kebanyakan sakit tenggorokan sanggup sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu meringankan rasa sakit, minumlah air hangat yang diberi perasan lemon dan madu.

5. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yakni . . .
A. Berapa banyak dosis lemon dan madu yang diharapkan untuk meringankan rasa sakit? 
B. Siapa yang sanggup menangani virus yang menyerang kanal pernapasan? 
C. Apa yang dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan?
D. Bagaimana cara mencegah penyakit tenggorokan?

6. Bagaimana cara mengurangi rasa sakit di tenggorokan?
A. Minum air hangat dicampur air perasan lemon dan madu.
B. Membasuh tenggorokan memakai air perasan lemon.
C. Meminum madu dicampur dengan lemon secukupnya.
D. Mengompres potongan tenggorokan dengan air hangat.

7. Bacalah paragraf berikut!
Taman nasional merupakan daerah konservasi yang dimanfaatkan untuk melestarikan serta melindungi binatang dan flora langka. Taman nasional berfungsi untuk mempertahankan habitat orisinil binatang dan flora yang hidup di dalamnya, sehingga ekosistem yang terbentuk tetap terjaga. Keberadaan taman nasional sanggup mengendalikan perburuan binatang liar yang kerap dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, konflik lingkungan yang kerap terjadi antara insan dan binatang liar sanggup dihindari.

Hal yang mungkin terjadi jikalau tidak ada taman nasional adalah.........
A. binatang dan flora langka tetap terjaga kelestariannya dan semakin banyak jumlahnya seiring dengan kepedulian insan terhadap keberadaan binatang dan flora langka
B. terjadi konflik lingkungan antara binatang dan insan yang disebabkan oleh rusaknya ekosistem dan habitat orisinil binatang tersebut
C. pemburu binatang langka akan dijerat eksekusi yang setimpal lantaran sudah merusak ekosistem dan habitat orisinil binatang langka
D. banyak wisatawan yang tiba berkunjung dan ikut berperan dalam melestarikan binatang dan flora langka

8. Bacalah ilustrasi berikut!
SD Pertiwi mengadakan penggalangan dana untuk membantu korban banjir di Garut. Kepala sekolah mengimbau setiap siswa untuk memperlihatkan sumbangan berupa uang atau sembako secara sukarela. Setelah sumbangan terkumpul, pihak sekolah menghitung jumlah uang dan menimbang sembako. Sumbangan berupa uang terkumpul sebesar Rp2.350.000,00. Sumbangan beras terkumpul 50 kg. Sumbangan gula terkumpul 35 kg. Sumbangan telur terkumpul 12 kg. Sumbangan minyak goreng terkumpul 28 kg.

Perhatikan tabel yang memuat isu penting dari ilustrasi tersebut.

Informasi yang sempurna untuk melengkapi tabel tersebut adalah.........
A. (a) 35 kg, (b) 12 kg, dan (c) 50 kg
B. (a) 50 kg, (b) 35 kg, dan (c) 12 kg
C. (a) 50 kg, (b) 12 kg, dan (c) 28 kg
D. (a) 50 kg, (b) 12 kg, dan (c) 35 kg

9. Bacalah paragraf berikut!
          Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan anggota masyarakat lainnya. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu kewajiban insan dalam bermasyarakat. Melaksanakan kewajiban menjaga kebersihan sanggup memelihara hubungan antarmasyarakat. Menjaga kebersihan lingkungan berarti menghargai hak orang lain untuk mendapat kenyamanan tinggal di lingkungan yang bersih. Oleh lantaran itu, diharapkan sikap peduli, tanggung jawab, dan empati untuk mewujudkan kebersihan lingkungan. Sinonim kata yang dicetak tebal adalah.........

A. mengacuhkan
B. mengabaikan
C. memperbaiki
D. mengetahui

10. Bacalah percakapan berikut!
Yusuf : Nis, kau sudah membaca pengumuman?
Nisa  : Pengumuman perihal apa, Suf?
Yusuf  : Sekolah kita akan mengadakan persami pada tanggal 22 April 2018.
Nisa  : Wah, niscaya seru! Memangnya dalam rangka apa sekolah kita mengadakan kegiatan tersebut, Suf?
Yusuf : Kegiatan persami diadakan untuk memperingati Hari Bumi, Nis. Tujuannya biar kita peduli terhadap lingkungan dan menyatu dengan alam.
Nisa : Aku jadi tidak sabar ingin ikut persami bersama teman-teman.
Yusuf : Ya, saya juga sudah tidak sabar ingin mengikuti persami itu.

Topik percakapan di atas adalah.........
A. Nisa tidak membaca pengumuman di mading sekolah lantaran dikala itu banyak teman-teman yang melihat pengumuman.
B. Yusuf memberikan pengumuman kepada Nisa perihal persami yang akan dilaksanakan oleh sekolah.
C. Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi, sehingga perlu diadakan kegiatan alam.
D. Rencana persami yang akan dilaksanakan pada bulan April 2017 di bumi perkemahan.

11. Bacalah teks laporan berikut! 

Dalam satu tahun terakhir, SD Melati mendapat banyak penghargaan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memperlihatkan akta kantin sehat sekolah terbaik tingkat provinsi. Dinas Olahraga juga memperlihatkan medali emas cabang karate. Selain itu, tim tari sekolah juga mendapat piala dari Gubernur. Beberapa siswa juga berhasil meraih gelar siswa kreatif pada lomba kreativitas pelajar. Penghargaan tersebut tidak diperoleh dengan mudah. Kerja keras dan latihan rutin yang dipandu oleh guru-guru yang berkompeten, serta pemberian orang tualah yang menjadi faktor utama kesuksesan mereka. Tidak heran bila kini SD Melati menjadi sekolah favorit para orang renta untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Isi paragraf tersebut yang sempurna adalah.........
A. Prestasi sanggup diraih dengan kerja keras, latihan, dan pemberian dari semua pihak.
B. Gubernur memperlihatkan penghargaan berupa sertifi kat kepada sekolah berprestasi.
C. Guru-guru yang kompeten selalu berlatih rutin untuk mendapat penghargaan.
D. Sekolah mendapat banyak penghargaan lantaran kerja keras beberapa siswa.

Bacalah paragraf kode berikut untuk menjawab soal nomor 12–14!

Para petani di Desa Permai mengalami gagal panen disebabkan sawah mereka dilanda
Hama wereng. Selain itu, air sungai sering meluap lantaran pendangkalan dan kanal air Yang tersumbat sampah. Akibatnya, sawah yang siap panen terendam air selama berhari-hari. Oleh  lantaran itu, Kepala Desa mengimbau para petani untuk rajin menyemprotkan cairan pembasmi hama biar wereng tidak lagi datang. Kepala Desa juga mengingatkan biar warga harus menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

12. Tanggapan yang sesuai dengan paragraf kode tersebut adalah.........
A. Warga sebaiknya tidak membuang sampah di sungai, lantaran akan merugikan para petani jikalau air sungai meluap dan menggenangi sawah.
B. Warga tidak perlu melaksanakan penanaman padi kembali untuk mengganti kegagalan panen yang tengah dialami.
C. Kepala Desa sebaiknya membelikan cairan pembasmi hama untuk seluruh petani di Desa Permai.
D. Warga sebaiknya beralih pada penanaman singkong dan ubi di ladang.

13. Makna kata bercetak tebal adalah.........
A. proses sungai menjadi dangkal
B. keadaan sungai yang dangkal
C. perlu mendangkalkan sungai
D. keadaan sungai yang dalam

14. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kode tersebut adalah.........
A. Kepala Desa bersedia menyediakan cairan pembasmi hama.
B. Para warga melaksanakan demonstrasi untuk menuntut kebijakan.
C. Para warga beralih mendaur ulang sampah daripada membuangnya.
D. Kepala Desa memberi imbauan kepada warga untuk mengusir hama dan menjaga kebersihan.

15. Bacalah teks klarifikasi berikut!

Sepulang sekolah, kau sebaiknya pribadi pulang ke rumah. Jika ingin pergi ke tempat lain, mintalah izin terlebih dahulu kepada orang renta atau guru. Berhati-hatilah dikala berada di jalan menuju rumah. Berjalanlah di trotoar biar lebih aman. Sesampainya di rumah, ucapkan salam biar orang-orang di dalam rumah mengetahui kedatanganmu.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah.........
A. Bel pulang sekolah berbunyi pada siang hari pukul 13.00.
B. Meminta izin sebaiknya dilakukan sebelum bepergian.
C. Menyeberang jalan raya lebih kondusif di zebracross
D. Trotoar ada di sebelah kanan dan kiri jalan raya.

16. Bacalah kutipan teks pidato berikut!

Pada kesempatan kali ini, atas nama sekolah, saya mengucapkan selamat kepada ananda Fadila yang telah berhasil menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional. Saya berharap ananda Fadila tetap rendah hati dan semangat meraih cita-cita. Mudah-mudahan, prestasi dari ananda Fadila ini akan terus berlanjut dan sanggup menjadi motivasi bagi siswa-siswa lain untuk berprestasi dan membanggakan orang tua.

Isi kutipan pidato tersebut adalah.........
A. Ucapan selamat dan doa atas keberhasilan Fadila menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.
B. Ucapan selamat tiba kepada Fadila yang gres saja pulang mengikuti Lomba Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.
C. Kepala Sekolah mengajak seluruh warga sekolah untuk mengikuti jejak Fadila menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.
D. Kepala sekolah meminta seluruh siswa ulet berguru untuk mengikuti Olimpiade Matematika Tingkat Nasional menyerupai yang dilakukan Fadila.

17. Bacalah paragraf berikut!

Lingkungan merupakan potongan dari kehidupan kita. Kita melaksanakan semua kegiatan di lingkungan. Oleh lantaran itu, kita berkewajiban menjaga lingkungan biar tetap higienis dan sehat. Marilah kita menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempatnya. Kita dihentikan membuang sampah di kanal air atau sungai. Selain itu, kita juga harus rajin melaksanakan kerja bakti bersama warga lain untuk membersihkan lingkungan.

Jenis paragraf tersebut adalah.........
A. eksposisi
B. deskripsi
C. persuasi
D. narasi

18. Bacalah paragraf berikut!

Devi tinggal bersama ibunya di Kota Kalimantan Timur. Ayah Devi tinggal di Ibu Kota Sumatera Barat dan bekerja sebagai teknisi di pertambangan kerikil bara. Devi dan ibunya hanya sanggup bertemu ayah enam kali dalam satu tahun. Devi akan mengikuti kejuaraan badminton tingkat nasional di Solo. Devi ingin menelepon ayahnya ke nomor 894573 untuk hadir dalam kejuaraan tersebut. (Kode nomor telepon Surabaya 031, Solo 0271, Padang 0751, Banjarmasin 0511).

Angka pada telepon yang harus ditekan Devi untuk menghubungi ayahnya adalah.........
A. 0271-894573 
B. 0751-894573
C. 0511-894573
D. 031-89457319.

Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1
Beberapa wilayah di Indonesia dilanda tragedi banjir. Hampir setiap tahun tragedi tersebut datang. Salah satu penyebab banjir yakni penebangan hutan secara berlebihan. Padahal pohon-pohon tersebut mempunyai tugas yang sangat penting, yaitu sebagai penyangga tanah dan pengatur keseimbangan air. Melihat keadaan tersebut, pemerintah pun mencanangkan gerakan sejuta pohon. Maksudnya, kita semua diajak untuk menanam banyak sekali jenis pohon di lingkungan masing-masing.

Teks 2
Pohon di sekitar kita menciptakan udara menjadi segar. Sebagai contoh, pohon-pohon di tengah kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota. Pohon-pohon ini akan menyerap gas karbon dioksida. Sebaliknya, pohon-pohon ini akan menghasilkan gas oksigen yang dibutuhkan manusia. Semakin banyak pohon akan menciptakan kita semakin sehat. Oleh lantaran itu, marilah kita jaga pohon yang sudah ada dan kita tanami lingkungan sekitar kita dengan pohon.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah...............
A. teks 1 berisi perihal manfaat air bagi pohon, sedangkan teks 2 berisi perihal manfaat pohon bagi manusia
B. teks 1 berisi agenda penanaman sejuta pohon, sedangkan teks 2 berisi agenda penanaman beberapa pohon C. teks 1 berisi sikap insan yang merusak pohon, sedangkan teks 2 berisi sikap insan yang menanam pohon
D. teks 1 berisi manfaat pohon untuk mengatasi banjir, sedangkan teks 2 berisi manfaat pohon sebagai paru-paru kota

20. Bacalah pantun berikut!
Bunga kenanga di atas sumur
Daun suji banyak dimakan gulma
Tiada guna sombong dan takabur
Hanya sanggup melukai hati sesama

Isi pantun tersebut adalah...............
A. Orang sombong akan dijauhi dan dikucilkan oleh masyarakat.
B. Memiliki sikap sombong dan takabur sanggup menyakiti hati sesama.
C. Sombong yakni sikap membanggakan diri sendiri di hadapan orang lain. 
D. Orang yang sombong akan mendapat kesialan, lantaran merugikan orang lain.

Bacalah kisah berikut untuk menjawab soal nomor 21–23!

Musim Layang-layang 
Rudi membuka jendela kamarnya. Di luar tampak puluhan layang-layang berwarna-warni beterbangan. Rudi hanya sanggup memandangnya saja. Sudah dua hari ini Rudi tidak masuk sekolah lantaran sakit. Rudi tidak bisa berjalan. Kaki Rudi diperban. Rudi kembali teringat insiden dua hari yang lalu. Waktu itu, Rudi bersama teman-temannya sedang mengejar layang-layang yang putus. Rudi terus saja mengejarnya. Rudi berlari sambil mendongakkan kepala ke atas memperhatikan layang-layang. Rudi tidak memperhatikan keadaan sekelilingnya. Rudi terjatuh. Rudi merintih menahan sakit lantaran kakinya terkilir. Rudi dibantu teman-temannya dan seorang pedagang buah. Rudi pun segera diantar pulang ke rumah.

21. Mengapa Rudi tidak masuk sekolah selama beberapa hari?
A. Rudi tidak mempunyai layang-layang sehingga Rudi tidak bisa bermain bersama teman-temannya di lapangan.
B. Rudi mengikuti teman-temannya mengejar layang-layang yang putus dan melewati jalan raya.
C. Rudi mengalami kecelakaan dikala mengejar layang-layang yang menimbulkan kakinya terkilir.
D. Rudi terjatuh dikala bermain layang-layang.

22. Watak tokoh Rudi dalam kisah tersebut adalah...............
A. pemberani
B. sombong
C. ceroboh
D. jujur

23. Amanat yang terkandung dalam kisah tersebut adalah...............
A. Kita harus berhati-hati dikala bermain.
B. Bermain sebaiknya dihindari lantaran akan membahayakan diri sendiri.
C. Kita harus tetap berhati-hati di mana saja biar terhindar dari bahaya, terutama dikala bermain.
D. Jagalah diri baik-baik dikala sedang menjalankan acara di luar maupun di dalam rumah bersama teman-teman.

Bacalah kisah berikut untuk menjawab soal nomor 24–26!

Jambean yakni seorang gadis manis yang bermetamorfosis menjadi keong mas. Seorang nenek renta menemukan Jambean yang berwujud keong mas dikala mencari ikan di sungai. Nenek renta itu belum mengetahui wujud orisinil keong mas. Nenek renta itu hanya tahu bahwa setiap hari di meja makannya selalu tersedia masakan yang lezat. Nenek renta itu ingin tau dari mana asal masakan enak itu. Nenek itu merasa ada yang aneh di rumahnya sesudah ia memelihara keong mas.

Suatu hari, nenek sengaja tidak pergi mencari kayu bakar atau berdagang di pasar. Ia ingin mencari tahu yang terjadi di rumahnya.  Nenek itu berpura-pura pergi dari rumah, tetapi beberapa waktu kemudian kembali lagi ke rumah dengan diam-diam. Dari arah dapur terdengar bunyi orang sedang memasak. Nenek itu mengintip dari celah bambu rumahnya dan mendapati seorang gadis manis sedang menyiapkan makanan. Nenek itu terkejut sambil terbatuk-batuk. Jambean pun terkejut melihat nenek yang masih berada di rumah.

Jambean meminta maaf kepada nenek lantaran membuatnya terkejut. Jambean juga meminta maaf lantaran sudah memakai perabotan dapur di rumah nenek tanpa izin. Nenek itu justru berterima kasih kepada Jambean lantaran sudah berbaik hati menyediakan masakan untuk nenek setiap hari. Jambean menyampaikan bahwa tindakannya tersebut merupakan ungkapan terima kasih, lantaran nenek telah memelihara Jambean dengan baik.

24. Latar tempat dalam kisah tersebut adalah...............
A. rumah
B. istana
C. hutan
D. pasar

25. Tema kisah tersebut adalah.............
A. akal baik dibalas dengan kebaikan pula
B. kepercayaan seorang nenek kepada cucunya
C. kebaikan hati nenek memanjakan keong mas
D. pembalasan akal seorang nenek kepada keong mas

26. Maksud kalimat bercetak miring dalam kisah tersebut adalah............
A. Nenek ingin mengetahui siapa yang telah menyiapkan masakan enak di rumahnya.
B. Jambean menutupi wujud aslinya dengan cara bermetamorfosis menjadi seekor keong mas.
C. Jambean tidak ingin nenek mengetahui bahwa dirinya yakni seorang bidadari yang bermetamorfosis menjadi keong mas.
D. Nenek sudah mengetahui bahwa keong mas tersebut yakni seorang gadis manis yang selalu menyediakannya makanan.

Kunci Jawaban

Dibawah ini yakni 25 kunci jawaban dari soal-soal US bahasa Indonesia diatas sebagai materi perbandingan atau patokan dengan jawaban yang telah kalian pilih.

  1. A
  2. C
  3. D
  4. D
  5. C
  6. A
  7. B
  8. B
  9. A
  10. A
  11. A
  12. A
  13. A
  14. D
  15. B
  16. A
  17. C
  18. B
  19. D
  20. B
  21. C
  22. C
  23. C
  24. A
  25. A
  26. A
Demikian uraian soal ujian sekolah US/USBN Bahasa Indonesia untuk tingkat SD (SD) Kelas 6 Tahun Ajaran 2017/2018 yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Jika ingin mendapat soal ujian sekolah ini secara lengkap silahkan download versi pdf-nya. Selamat Belajar
Download Soal US/USBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD  
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser