Berikut ini yakni contoh latihan soal ujian USBN Matematika untuk SD Kelas 6 dan kunci balasan sesuai dengan kisi-kisi terbaru 2018. Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mata pelajaran Matematika kelas 6 SD ini yakni sebagai teladan untuk adik-adik yang akan menghadapi Ujian Sekolah (US) atau pun USBN.
Materi soal USBN Matematika ini terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian/essai yang sesuai dengan kisi-kisi dan kurikulum terbaru berikut dengan kunci jawabannya.
Soal USBN SD Matematika Kelas 6
Dibawah ini yakni kumpulan soal USBN SD kategori soal pilihan ganda sebagai pembelajaran dan uji kompetensi bagi adik-adik tingkat SD kelas 6.
1. Hasil dari 9.835 +(-4.649) - 3.756 adalah.........A. 1.034
B. 1.340
C. 2.140
D. 1.430
2. Di perpustakaan sekolah terdapat 24 rak buku. Setiap rak berisi 85 buku. Buku-buku tersebut dikelompokkan dalam kategori komik, ensiklopedia, novel, cerpen, agama, dan majalah. Berapa banyak buku dalam setiap kategori, bila jumlah buku untuk setiap kategori sama banyak?
A. 2.040 buku.
B. 1.040 buku.
C. 340 buku.
D. 34 buku.
3. Faktor komplotan terbesar (FPB) dan 42, 56, dan 76 adalah.........
A. 2
B. 4
C. 7
D. 14
4. Suhu Kebun Raya Bogor di pagi hari (pukul 7 )13°C,semakin siang suhu naik setiap 1 jam naik 2°C. Suhu Kebun Raya pada pukul 12 adalah.........
A. -18
B. -28
C. 18
D. 23
5. Perbandingan uang tabungan Alvin dan Albert 5 : 3. Jika selisih tabungan mereka Rp 2.000.000,00 maka besar tabungan Alvin adalah.........
A. Rp 3.000.000,00
B. Rp 4.000.000,00
C. Rp 6.000.000,00
D. Rp 5.000.000,00
6. Pada permainan clap of seven yang diikuti oleh 30 siswa kelas VI mempunyai hukum sebagai berikut:
- Seluruh siswa membentuk bulat dan guru berada di tengah lingkaran
- Guru menunjuk seorang siswa untuk menerima giliran pertama.
- Siswa yang ditunjuk mengucapkan angka yang diminta guru diikuti siswa di sebelah kanannya mengucapkan angka berikutnya, begitu seterusnya berputar sesuai lingkaran
- Siswa yang menerima giliran mengucapkan angka 7 dan kelipatannya, dilarang mengucapkan angkanya tetapi diwajibkan bertepuk tangan.
Sebagai contoh angka pertama yang diminta yakni angka 7. Siswa pertama yang ditunjuk seharusnya mengucapkan 7 tetapi diganti dengan bertepuk tangan. Tepuk - 8 - 9 - 10 - 11 - 12 - 13 - tepuk - 15 - 16 - 17 - 18 - 19 - 20 - tepuk — 22, dan seterusnya. Jika Andi yakni salah satu siswa kelas VI yang mengikuti permainan clap of seven ditunjuk guru sebagai siswa pertama yang mengucapkan angka 21 sedangkan Roni berada pada urutan ke dua puluh delapan, angka yang seharusnya diucapkan Roni adalah.........
A. 28
B. 42
C. 48
D. 49
7. Hasil dari 1⅗ x 1,5 : 20% adalah.........
A. 0,12
8. 1,2
C. 12
D. 120
8. Ahmad mempunyai 4 lusin kelereng. Pada ketika bermain Ahmad mendapatkan 10 kelereng dan Ade. Di selesai permainan Ahmad kalah 9 kelereng.Banyak kelereng Ahmad kini adalah.........
A. 27
B. 49
C. 37
D. 39
9. Riri mempunyai 3 tali, masing-masing panjangnya ¾ meter, 5 ½ meter dan 3,75 meter. Sepanjang 7,25 meter dipakai untuk menyambung tongkat pramuka. Sisa tali yang dimiliki Riri adalah.........
A. 2 ¾ meter
B. 2 ¼ meter
C. 4 ¼ meter
D. 5 meter
10. Banyak balon berwarna merah 24. Jumlah seluruh balon 40. Perbandingan balon yang tidak berwarna merah dengan balon berwarna merah adalah.........
A. 2 : 3
B. 2 : 5
C. 3 : 2
D. 3 : 5
11. Dalam lomba suatu tim akan menerima nilai 5 kalau menang, -2 kalau kalah dan 0 kalau seri. Jika tim main 15 kali, menang 6 kali, dan kalah 3 kali maka nilai tim tersebut adalah.........
A. 14
B. 15
C. 18
D. 24
12. Untuk mempersiapkan program syukuran Bu Rita menyiapkan 500 kg telur . 32% dipakai untuk menciptakan camilan bagus ⅖ bab dipakai untuk rolade dan 0,25 bab dipakai membungkus lemper. Sisa telur tersebut adalah.........
A. 15 kg
B. 50 kg
C. 485 kg
D. 403 kg
13. Hasil dari 4,12 hm + 6.000 dm adalah.........
A. 41,8 meter
B. 418 meter
C. 1.012 meter
D. 11.012 meter
12. Perhatikan gambar
(gambar bulat d = 42 m)
Keliling Iingkaran tersebut adalah.........cm
A. 66
B. 99
C. 123
D. 132
15. Suatu berdiri datar memhliki empat sisi sama panjang, dua pasang sudut berhadapan sama besar dan 2 simetri lipat. Bangun yang dimaksud adalah.........
A. Persegi
B. Jajar genjang
C. Persegi panjang
D. Belah ketupat
16. Perhatikan gambar!
(gambar kubus P 22 cm, T 12 cm, L 7 cm)
Luas permukaan berdiri tersebut adalah
A. 1.004 cm2
B. 1.400 cm2
C. 1.800 cm2
D. 1.848 cm2
17. Perhatikan bidang koordinat berikut!
Koordinat titik P dan Q adalah.........
A. (-2,1) dan (1,2)
B. (-1,3) dan (1,3)
C. (-1,3) dan (1,2)
D. (2,-1) dan (2,1)
18. Pak andi mempunyai bak renang berukuran panjang 15 meter, lebar 8 meter,dan tinggi 2 meter. Pak Andi akan mengisi bak tersebut dengan air higienis sampai ⅔ dari tingginya.Volume air higienis tersebut adalah.........
A. 60m3
B. 160 m3
C. 180 m3
D. 150 m3
19. Sebuah gudang penyimpanan beras mempunyai persediaan 1,5 ton beras. Keesokan harinya sebanyak 7,2 kuintal beras dibagikan kepada masyarakat. Kemudian untuk menambah persediaan beras, pengelola membeli lagi 490 kg beras. Berapa kuintal persediaan beras dalam gudang sekarang?
A. 12,7 kuintal.
B. 12,1 kuintal.
C. 13,6 kuintal.
D. 27,1 kuintal
20. Perhatikan gambar!
(gambar bulat 60 cm)
Luas Iingkaran adalah........
A. 94,2 cm2
B. 188,4 cm2
C. 2.526 cm2
D. 2.826 cm2
Silahkan download pdf Soal USBN Matematika SD Kelas 6 ini untuk mendapatkan soal pilihan ganda dan soal uraian matematika ini secara lengkap.
Kunci Jawaban
Berikut ini yakni kunci balasan soal USBN Matematika SD Kelas 6 yang sanggup dijadikan materi perbandingan dengan kunci balasan yang telah kalian pilih sebelumnya.
- D
- C
- A
- D
- D
- D
- C
- B
- A
- A
- D
- A
- C
- D
- D
- A
- C
- B
- A
- D
- C
- A
- C
- B
- D
- C
- C
- D
- A
- D
Demikian uraian contoh kumpulan soal latihan ujian USBN mapel Matematika SD Kelas 6 yang sesuai dengan kisi-kisi dan kurikulum terbaru. Jadikan materi soal USBN matematika ini menjadi lebih bermanfaat dengan cara share ke teman lainnya.
Download Pdf Soal USBN Matematika SD Kelas 6