Bank Soal Sekolah Try Out Usbn Bahasa Indonesia Sd/Mi Terbaru 2018/2019

Bank Soal Sekolah Try Out Usbn Bahasa Indonesia Sd/Mi Terbaru 2018/2019

Bank Soal Sekolah Try Out Usbn Bahasa Indonesia Sd/Mi Terbaru 2018/2019

Lengkap - Bank Soal Sekolahku Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019 - Halo sahabat Bank Soal Sekolahku.com dimana saja berada, bagaimana kabarnya? mudah2an sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini Bank Soal Sekolahku akan membagikan Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI. Karena sebentar lagi adik adik akan memasuki ujian yang bahwasanya yaitu ujian nasional 2019. Nah admin juga telah menciptakan tips menghadapi ujian nasional 2019 dan telah menyiapkan beberapa soal untuk ujian nasional. Semoga dengan soal Bahasa Indonesia ini sanggup membatu para guru dalam mencetak generasi muda yang berkwalitas. Selalu semangat.
 Bank Soal Sekolahku Try Out USBN Bahasa Indonesia SD  Bank Soal Sekolah Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019
Bank Soal Sekolahku Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019

Lengkap - Bank Soal Sekolahku Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru 2018/2019 - Nah Bagi para adik adik yang ingin mencari refrensi wacana soal Bank Soal Sekolahku Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru. Disini boleh adek adek nikmati. Jangan lupa pantau terus artikel Bank Soal Sekolahku.com Insya Allah akan update setiap harinya. Dengan Soal Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI ini diharapkan sanggup membatu para guru dan adik adik dalam mencari refrensi. Semoga Bermanfaat.


Berikut ini Contoh Soal Try Out USBN Bahasa Indonesia SD/MI Terbaru sanggup di unduh dengan GRATIS di bawah ini :

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !

Teks bacaan untuk soal nomor 1—5.

Bahaya Zat Pewarna pada Makanan
Rhodamin B dan Metanil Yellow ialah pewarna buatan. Sebenarnya itu bukan pewarna kuliner tetapi pewarna kain dan kertas. Sayangnya, banyak pengusaha kuliner yang nakal. Meraka memakai kedua pewarna itu untuk makanan. Alasan pertama lantaran harga pewarna tersebut jauh lebih murah dibandingkan pewarna makanan. Alasan kedua pewarna ini sanggup menciptakan warna merah dan kuning menyala dan menggugah selera.
Pewarna alami tidak sanggup menciptakan warna jadi sangat menyala. Coba perhatikan, kerupuk, es sirup, manisan, permen, dan kue-kue di sekitarmu. Kalau warnanya sangat jelas dan harganya murah, kita perlu hati-hati. Kemungkinan besar kuliner itu mengandung pewarna berbahaya. O ya, rasa kuliner dengan pewarna itu biasanya agak pahit.
Apakah kau tahu ancaman di balik warna-warni kuliner itu? Pewarna kain dan kertas tidak sanggup dicerna tubuh kita. Semakin sering kita makan, zat beracunnya makin banyak. Akibatnya mulai dari gangguan hati, keracunan, iritasi paru-paru, iritasi mata, tenggorokan, hidung, usus, bahkan kanker.
(Dikutip dengan perubahan dari majalah Kreatif No. 08/2007)

1. Apa ciri  pewarna kuliner alami?
A. Makanan dengan pewarna alami  biasanya agak pahit.
B. Harga pewarna alami jauh lebih murah dari pewarna kain.
C. Pewarna alami tidak sanggup menciptakan warna jadi sangat menyala.
D. Pewarna kuliner tidak sanggup dicerna tubuh kita

2. Mengapa  kita perlu berhati-hati terhadap jajanan berwarna sangat jelas dan harganya murah?
A. Kemungkinan besar kuliner itu memakai pewarna alami.
B. Rasa kuliner yang warnanya sangat jelas biasanya agak pahit.
C. Kemungkinan besar kuliner itu mengandung pewarna berbahaya.
D. Makanan tersebut sanggup mengakibatkan gangguan hati dan keracunan.

3. Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf pertama ialah ...
A. Bagaimana cara menggunakan  pewarna buatan?
B. Bagaimana cara menciptakan pewarna buatan?
C. Mengapa harga pewarna buatan lebih murah?
D. Mengapa banyak pengusaha kuliner yang nakal?

4. Ide pokok dari paragraf  ketiga ialah . . .
A. Pewarna kain dan kertas tidak sanggup dicerna tubuh kita.
B. Sering makan menjadikan gangguan kesehatan.
C. Bahaya di balik zat pewarna kuliner bagi kesehatan.
D. Banyak kuliner yang mengandung zat beracun.

5. Kalimat yang sesuai dengan paragraf kedua ialah . . .
A. Jajanan di sekitar kita  mengandung pewarna berbahaya .
B. Pewarna alami banyak dipakai pada es sirup dan permen.
C. Kita  perlu pilih-pilih  terhadap  jajanan di sekitar  kita.
D. Rasa kuliner dengan pewarna alami biasanya agak pahit.

 Perhatikan!

6. Berdasarkan gambar tersebut, hukum minum obat untuk anak berusia empat tahun ialah . . . .
A. 2 X 1 sedok teh
B. 2 X 2 sedok the
C. 2 X 1 sendok makan
D. 2 X 2 sendok makan

7. Perhatikan penggunaan produk di bawah ini
1. Tancapkan steker blender ke stopkontak.
2. Tekan tombol off kalau semua materi sudah halus.
3. Masukkan bahan-bahan yang akan dihaluskan ke dalam blender.
4. Tutup rapat blender dan tekan tombol on.
5. Tunggu hingga semua materi menjadi halus

Urutan petunjuk penggunaan blender yang sempurna ialah ....
A. 1 – 3 – 4 – 5 – 2
B. 1 – 4 – 3 – 5 – 2
C. 3 – 1 – 2 – 5 – 4
D. 3 – 1 – 5 – 4 – 1

8. Perhatikan rubrik berikut!
Saya ialah mantan pasien Rumah Sakit Sehat Jasmani. Saya ingin memberi masukan kepada petugas potongan registrasi di rumah sakit tersebut. Hendaknya petugas bersikap lebih ramah kepada pasien. Jika tidak sanggup memperlihatkan pelayanan yang baik, lebih baik Rumah Sakit Sehat Jasmani ditutup saja!

Kalimat saran untuk surat pembaca di atas adalah....
A. Sebaiknya surat pembaca menyerupai itu tidak perlu dipublikasikan saja lantaran tidakbaik!
B. Sebaiknya dalam surat pembaca tersebut dicantumkan rumah sakit itu berada di wilayah mana.
C. Urusan rumah sakit menjadi tanggung jawab pemerintah jadi kita tidak perlu menulis surat pembaca.
D. Keburukan rumah sakit tersebut belum tentu benar oleh lantaran itu jangan diberitakan!

9. Pengumuman
Dalam rangka memeringati Hari Lingkungan Hidup, SD Insan Mutiara akan mengadakan penghijauan. Semua siswa diharapkan membawa sebuah tumbuhan untuk ditanam di lereng yang gundul. Penghijauan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Maret 2012.
Isi pengumuman di atas adalah...
A. Penghijauan yang akan dilaksanakan di lereng  gundul pada hari Sabtu, 15 Maret 2012.
B. Penghijauan yang dilaksanakan di lereng gundul dalam rangka Hari Lingkungan Hidup.
C. Dalam rangkan memperingati Hari Lingkungan Hidup, SD Insan Mutiara akan mengadakan penghijauan.
D. Peringatan Hari Lingkungan Hidup dengan membawa sebuah tumbuhan untuk penghijauan

Untuk soal nomor 10-12
Bapak  : (duduk di teras rumah) “Selamat ya, Dan, kau juara bulu tangkis.”
Dani : “Terima kasih, Pak.”
Paman : “Di mana ia berlatih? Di balai RW?”
Fani  : “Bukan, Om. Kak Dani sering berlatih di lapangan kelurahan.”
Dani : “Ini lantaran latihan keras.”
Bapak : “Ya, benar!”

10. Tokoh utama pada teks drama di atas adalah....
A. Fani
B. Paman
C. Bapak
D. Dani

11. Latar teks drama  di atas adalah....
A. lapangan kelurahan
B. teras rumah
C. balai RW
D. sekolah

12. Amanat drama di atas adalah....
A. Keberhasilan sanggup diraih dengan kerja keras.
B. Menjadi juara satu ialah impian semua orang.
C. Berlatih badminton lebih baik dilakukan di sekolah.
D. Anak yang berhasil, harus diberi ucapan selamat.

13. Hari ini Siwi tampak murung. Senyum yang semestinya mengembang dari kedua bibirnya tidak tampak. Hatinya begitu gundah. Ia memikirkan ibunya yang terbaring sakit.
Kalimat utama paragraf di atas ialah ...
A. Anak manis ini sedang dirundung kesedihan.
B. Hatinya galau lantaran memikirkan ibunya yang sedang sakit.
C. Senyum yang semestinya mengembang dari kedua bibirnya pun tak ada.
D. Hari ini Siwi tampak murung

14. Perhatikan percakapan berikut!
Ayah  : “Sudah dengar Pak Anton sakit, Bu?”
Ibu   : “Belum, Pak. Sakit apa?”
Ayah  : “Katanya sih demam berdarah, Bu.”
Ibu   : “Kasihan, kapan kita sanggup menengoknya?”
Isi percakapan di atas ialah ....
A. Ibu belum mendengar kalau Pak Anton sakit
B. Pak Anton menungggu kedatangan Ibu
C. kabar wacana Pak Anton sakit
D. usul ayah untuk menengok Pak Anton

15. Untuk soal nomor 15 – 17
Aku segera berlari pulang. Kulihat jam dinding di rumahku memperlihatkan pukul 17.30. Ternyata hari sudah sore, sebentar lagi matahari segera menyembunyikan diri ke peraduan. Aku bergegas ke kamar mandi. Air yang hambar segera menyegarkan tubuhku yang kegerahan sehabis bermain sepak bola.
Kalimat yang maknanya sesuai dengan isi paragraf di atas ialah ...
A. Sore itu badanku kotor berkeringat.
B. Aku sangat rajin menjaga kebersihan diri.
C. Matahari pada siang hari terasa panas.
D. Kamar mandiku luas dan sangat bersih.

16. Makna kata bergegas dalam paragraf di atas adalah...
A. cepat mencari
B. segera berlari
C. segera meninggalkan
D. bergerak menuju

17. Antonim kata puas dalam paragraf tersebut ialah ...
A. gembira
B. bosan
C. ceria
D. sinis

18. Naning, anak gres di kelasku itu mulai menyebalkan. Bagaimana tidak! Ia selalu mengobral kata ke sana ke mari. Ia selalu menceritakan wacana dirinya yang selalu jadi juara di sekolahnya. Padahal semuanya tidak terbukti. Bahkan lima kali ulangan pada  ahad ini, nilainya semua di bawah lima. Prestasi yang benar-benar jelek bagi kami.
A. Sepandai-pandai bajing melompat kesudahannya jatuh juga.
B. Bagai pungguk merindukan bulan.
C. Bagai telur di ujung tanduk.
D. Tong kosong nyaring bunyinya.

19. Diana banyak teman. Dia supel dan suka membantu. Dengan bahagia hati ia membantu sahabat yang membutuhkan. Bahkan tanpa diminta pun, ia sering membantu orang lain.
Ungkapan yang sesuai dengan perilaku Diana yaitu ...
A. kaki tangan
B. tangan hampa
C. ringan tangan
D. tangan panjang

20. Bunga melati semerbak wangi,
mekar berseri di dalam taman.
Hilangkan congkak dan iri hati
banyak sahabat hidup pun nyaman.

Amanat yang terkandung dalam pantun tersebut ialah....
A. Hindarkan kita dari rasa congkak dan iri hati semoga dipuji banyak teman
B. Anak yang congkak dan iri hati,hidupnya nyaman serta banyak teman
C. Jangan  iri hati terhadap sahabat yang hidupnya nyaman dan banyak teman
D. Jangan congkak dan iri hati semoga hidup nyaman dan banyak teman

21. Teks 1
Manusia beraktivitas membutuhkan energi. Untuk mendapat energi, insan harus makan kuliner yang bergizi. Makanan bergizi juga bermanfaat bagi pertumbuhan,  kecerdasan otak,  dan menjaga ketahanan tubuh manusia.

Teks 2
Tumbuhan membutuhkan kuliner untuk berkembang, bertumbuh, dan mempertahankan hidupnya. Tumbuhan memperoleh kuliner dari tanah yang diserap oleh akar. Tumbuhan akan layu atau mati bila tidak memperoleh makanan.

Persaman kedua teks bacaan tersebut ialah...
A. makhluk hidup membutuhkan makanan
B. gizi kuliner sangat dibutuhkan manusia
C. insan dan tumbuhan ialah sama
D. semua makhluk hidup akan mati


Untuk soal nomor 22 dan 23
Jadwal Perjalanan Kereta Api

22. Pernyataan yang sesuai dengan agenda perjalanan kereta api tersebut ialah…
A. Kereta Api Bima berangkat dari Stasiun Balapan menuju Jakarta pukul 21.10.
B. Pukul 08,00 Kereta Api Argolawu jurusan Jakarta tiba di Stasiun Balapan.
C. Kereta Api Senja Utama Solo dari Jakarta menuju Stasiun Balapan pukul 22.36.
D. Pukul 20.00 Kereta Api Argodwipangga berangkat dari Jakarta.

23. Menurut agenda tersebut, kereta api yang berangkat paling awal ialah kereta api..
A. Argodwipangga
B. Argolawu
C. Gajayana
D. Senja Utama Solo

24. Bacalah!
Ayah, engkau sungguh hebat
Walau bebanmu sungguh berat
Bekerja keras tak pernah penat
Kau ingin saya jadi orang hebat
Maksud puisi tersebut ialah…
A. Ayah bekerja tak mengenal waktu lantaran berat bebannya berat.
B. Seorang ayah yang bekerja keras lantaran anaknya hebat.
C. Beban berat seorang ayah lantaran bekerja keras.
D. Seorang ayah bekerja keras demi keberhasilan anaknya.

25. Kejuaraan pekan seni pelajar tingkat sekolah dasar sudah di ambang pintu. Rani dan Ranu diutunjuk untuk mewakili lomba cabang seni tari. Setiap sore mereka rajin berlatih di ruang kelas. Hari yang ditunggu telah tiba. Mereka menghadapi lomba dengan penuh semangat. Akhirnya, mereka berhasil meraih juara pertama dalam lomba tari itu.
Kesimpulan dari penggalan dongeng di atas ialah ...
A. Rani dan Ranu berhasil menjadi juara menari.
B. Rani dan Ranu ialah sahabat satu kelas.
C. Rani dan Ranu ulet berlatih menari.
D. Rani dan Ranu sama-sama kelas IV.

26. Untuk nomor  26 dan 27.
Liburan kemudian kami berkunjung ke Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang. Kunjungan itu diikuti oleh 40 siswa. Berangkat kami pukul 06.30. Banyak yang kami ketahui di sana. Salah satunya stupa Candi Borobudur.
Isi cuplikan laporan di atas ialah ...
A. Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang.
B. Belajar sejarah ke Candi Borobudur di Magelang.
C. Saat liburan berkunjung Candi Borobudur.
D. Peserta yang berkunjung sebanyak 40 siswa.

27. Sususnan kalimat bercetak miring dalam teks tersebut seharusnya ...
A. Kami pukul 06.30 berangkat.
B. Pukul 06.30 kami berangkat.
C. Kami berangkat pukul 06.30.
D. Pukul 06.30 berangkat kami.

28. Perhatikan percakapan berikut!


Rudi : “Ini tolong pegangi, Ton!”
Tono : “Untuk apa bambu ini?”
Rudi : “Memperbaiki pagar, itu!”
Tono : “Baiklah.”
Rudi : “O, ya pakunya?”
Tono : “Biar saya mengambil sekalian dengan palu.”
Rudi : “Baik saya tunggu.”
Topik percakapan di atas ialah ...
A. kerja kelompok
B. bakti sosial
C. bakti masyarakat
D. gotong royong

untuk soal nomor 29 – 31
Musim hujan telah tiba. Air tidak gampang meresap ke dalam tanah lantaran banyak tanah gundul. Banjir pun melanda di mana-mana. Rumah penduduk banyak yang terendam air. Gedung sekolah juga tak luput dari banjir. Akibatnya, bawah umur sekolah tidak sanggup mencar ilmu dengan nyaman.

29. Ringkasan paragraf di atas ialah ...
A. Banjir mulai melanda ketika ekspresi dominan hujan datang.
B. Anak-anak sekolah tidak sanggup bersekolah.
C. Musim hujan mengakibatkan terjadi banjir.
D. Rumah penduduk terendam air dikala banjir.

30. Tema paragraf di atas adalah...
A. banjir bandang
B. ekspresi dominan hujan
C. hujan lebat
D. peristiwa melanda

31. Pesan yang terkandung dalam paragraf di atas adalah...
A. Jangan panik bila terjadi banjir.
B. Jagalah kebersihan lingkungan.
C. Sayangi binatang di sekitar kita.
D. Jangan tebangi pohon sembarangan.

Untuk nomor 32 dan 33
Untung tak sanggup diraih,
malang tak sanggup ditentang
Malapetaka tiba tanpa diundang,
gempa tiba mengguncang
Membawa nyawa beribu melayang

Baca Juga Soal Try Out UASBN Paket 3

32. Parafrase yang sempurna untuk puisi di atas adalah...
A. Untung tidak sanggup diraih, begitu pula malang tidak sanggup ditolak. Bencana alam gempa bumi tiba tiba-tiba mengakibatkan banyak korban jiwa.
B. Siapa pun tidak sanggup meraih untung dan menolak malang. Bencana alam tiba menyerupai diundang. Goncangan gempa mengakibatkan korban berjatuhan.
C. Untung tidak sanggup diraih. Sedangkan malang harus ditentang semoga ancaman tidak selalu tiba menyerupai gempa yang membawa banyak korban.
D. Untung sanggup diraih dengan berusaha. Sedangkan malang sanggup ditolak semoga musibah tidak terjadi lagi.

33. Makna kata melayang pada puisi di atas ialah ...
A. terbang tinggi
B. pergi jauh
C. meninggal dunia
D. naik ke awan

34. Petunjuk penggunaan pompa angin
1. Injak penahan keseimbangan semoga pompa dalam posisi berdiri.
2. Dorong tangkai pompa ke bawah.
3. Masukkan ujung selang pompa ke lubang ban yang kempes.
4. Tarik tongkat pompa ke atas.
5. Lakukan berulang-ulang hingga ban sepeda cukup terisi angin.
Urutan petunjuk tersebut yang benar ialah adalah ...
A. 1 – 3 – 4 – 2 – 5
B. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
C. 3 – 1 – 4 – 2 – 5
D. 4 – 2 – 3 – 1 – 5

35. Perhatikan!
1. Semua itu dilakukan lantaran ia bersyukur telah lulus ujian.
2. Ira membeli dua buah buku.
3. Sebuah buku dongeng dan sebuah lagi buku kumpulan puisi.
4. Buku dongeng dan buku puisi itu akan disumbangkan ke perpustakaan.
Agar menjadi paragraf yang baik harus disusun menjadi ....
A. 2 – 3 – 4 – 1
B. 3 – 4 – 2 – 1
C. 4 – 3 – 2 – 1
D. 4 – 2 – 3 – 1

36. Perhatikan!
Ayah mencuci mobil.
Ibu menjahit baju.
Penggabungan kedua kalimat di atas yang sempurna ialah ...
A. Ayah mencuci kendaraan beroda empat ketika ibu menjahit baju.
B. Ayah mencuci kendaraan beroda empat kalau ibu menjahit baju.
C. Ayah mencuci kendaraan beroda empat lantaran ibu menjahit baju.
D. Ayah mencuci kendaraan beroda empat meskipun ibu menjahit baju.

37. Dengan ... tali itu kesudahannya terpotong juga.
A. selembar belati
B. sebuah pisau
C. sebuah sabit
D. sebilah pisau

38. ...
Kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada:
Hari, tanggal : Senin, 17 Februari 2012
Waktu  : 08.00-selesai
Tempat  : Ruang  kelas VI
Acara  : Rapat  wali murid
...
Kalimat epilog yang sempurna untuk melengkapi  surat tersebut adalah....
A. Demikian surat ini, kami ucapkan beribu terimakasih.
B. Atas perhatian Bapak Ibu, kami ucapkan terimakasih.
C. Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.
D. Demikian surat ini, kalau ada kesalahan kami mohon maaf.


39.
blora 17 mai 2011

Yth. Pembina Pramuka
di SD Tunas Bangsa

Salam Pramuka,

Bagian surat yang bercetak miring seharusnya ...
A. Blora, 17 Mai 2011
B. Blora; 17 Mai 2011
C. Blora 17 - Mai 2011
D. Blora, 17 Mai 2011.

40. Pengumuman.
... Sehubungan dengan hal itu, maka siswa SD KADIREJO 01  diharapkan tiba ke sekolah.
Kalimat berkata depan dengan sempurna untuk melengkapi pengumuman tersebut yang benar ialah ...
A. Diumumkan untuk seluruh siswa SD KADIREJO 01, dalam rangka Bulan Bahasa, sekolah akan mengadakan lomba baca puisi.
B. Diumumkan begi seluruh SD KADIREJO 01, dalam rangka Bulan Bahasa, sekolah akan mengadakan lomba baca puisi.
C. Diumumkan kepada seluruh SD KADIREJO 01, dalam rangka Bulan Bahasa, sekolah akan mengadakan lomba baca puisi.
D. Diumumkan di seluruh SD KADIREJO 01, dalam rangka Bulan Bahasa, sekolah akan mengadakan lomba baca puisi.

41. Perhatikan!
Latif    :”Mengapa kemarin tidak masuk?”
Risa     :”Ibu sakit.”
Sinta    :”....?”
Risa     :”Panas dan selalu muntah.”
Latif    :”O, begitu.”
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi percakapan di atas adalah...
A. Sakit apa, Sin?
B. Sakit apa, Sa?
C. Sudah berapa hari?
D. Dimana sekarang?

42. Perhatikan!
Ratih Kumala Dewi yang lahir di Salatiga, 21 Oktober 2000 itu sangat gemar membaca. Anak Pak Hendra Hikayat ini rencananya tanggal 12 Maret 2012, akan mendaftarkan diri  menjadi anggota perpustakaan umum di Jalan Mawar Bandung. Dia tinggal di Jl Diponegoro 08 Bandung.
FORMULIR PENDAFTARAN
ANGGOTA PERPUSTAKAAN UMUM
Yang bertanda tangan dibawah ini.
1. Nama   : 1
2. Jenis kelamin : 2
3. Tempat tanggal lahir : 3
4. Agama  : 4
5. Alamat  : 5
Mohon dicatat sebagai anggota perpustakaan umum Bandung.

Berdasarkan data tersebut, nomor 1 dan 3 pada formulir seharusnya diisi dengan...
A. Ratih Kumala Dewi, Salatiga 21 Oktober 2000
B. Ratih Kumala Dewi,  Bandung 12 Maret  2012
C. Hendra Hikayat, Salatiga 21 Oktober 2000
D. Hendra Hikayat, Bandung 12 Maret  2012

43. Perhatikan!
.... Kegiatan perkemahan ini merupakan ajang mencar ilmu kemandirian siswa. Oleh lantaran itu saya nasehatkan kepada bawah umur semoga semua sanggup mengikuti kegiyatan perkemahan ini.
Kalimat yang sempurna untuk mengawali teks pidato di atas adalah...
A. Kami berharap semua siswa-siswa mengikuti dengan seksama.
B. Saya mewakili para panitia-panitia mengucapkan terimakasih.
C. Saya mengharap kegiatan ini berjalan lancar tanpa halangan.
D. Sekolah kita akan mengadakan kegiatan perkemahan.

44. Perbaikan ejaan untuk kalimat bercetak miring dalam teks tersebut yaitu ....
A. Oleh lantaran itu saya nasihatkan kepada anak-anak, semoga semua sanggup mengikuti kegiatan perkemahan ini.
B. Oleh lantaran itu, saya nasehatkan kepada bawah umur semoga semua sanggup mengikuti kegiatan perkemahan ini.
C. Oleh lantaran itu, saya nasihatkan kepada bawah umur semoga semua sanggup mengikuti kegiyatan perkemahan ini.
D. Oleh lantaran itu, saya nasihatkan kepada bawah umur semoga semua sanggup mengikuti kegiatan perkemahan ini.

45. Perhatikan!
Yth. Ibu Nur Indah Susanti, S.Pd.
di Cilacap

Dengan hormat,
Dalam rangka hari ulang tahun ke-50 SD Cahaya Intan, kami akan mengadakan pentas seni. Kami mohon  untuk menampilkan seni drama pada program tersebut. Atas kesediaan mu, kami mengucapkan terima kasih.

Perbaikan penulisan potongan surat yang ditulis miring yaitu . . .
A. kesedian Ibu
B. kesediannya
C. kesediaan Anda
D. sedian kamu


46. Perhatikan!
Laporan Kegiatan
Nama Kegiatan ; penjelajahan hutan
Tujuan          ; mengenal tumbuhan di hutan

Pembetulan penulisan potongan yang bercetak miring yang benar ialah ...
A. Nama Kegiatan  ; Penjelajahan hutan
Tujuan                     ; Mengenal tumbuhan di hutan
B. Nama Kegiatan  : Penjelajahan hutan
Tujuan                     : Mengenal tumbuhan di hutan
C. Nama Kegiatan  : Penjelajahan Hutan
Tujuan                     : Mengenal Tanaman Di Hutan
D. Nama Kegiatan  : penjelajahan hutan
Tujuan                     : mengenal tumbuhan di hutan

47. Perhatikan!
      - Kegiatan          : Mengamati kegiatan di Perpusda Cilacap
     - Objek pengamatan :  Perpustakaan.
    - Waktu pengamatan :  Selasa, 15 November 2011
     - Situasi                  :  - Perpustakaan ramai
                                                   - Minat membaca meningkat
Kalimat laporan yang sesuai data di atas   adalah . . .
A. Perpustakaan di Cilacap jauh dari keramaian kota.
B. Perpustakaan ramai dikunjungi pada hari Selasa, 15 Oktober 2011.
C. Orang berdatangan ke perpustakaan untuk meminjam buku cerita.
D. Perpusda Cilacap ramai dikunjungi para peminat baca.

48. Pagar kawat pagar berduri
Berdiri kokoh menjaga taman
. . .
. . .
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pantun tersebut ialah . . . .
A. Ayo kita bertanam melati,
semoga taman menjadi nyaman.
B. Bunga mawar bunga melati,
sungguh indah menawan.
C. Belajarlah selagi dini,
jangan hanya suka berteman
D. Berjuang selalu semenjak dini,
semoga sukses di masa depan.

49. Perhatikan!

Paragraf yang sesuai dengan isi gambar tersebut adalah..
A. Seorang gembala meniup harmonika dengan riang gembira. Sementara ia bergembira, domba-domba itu menyebah ke mana-mana.
B. Seorang gembala sedang menggembalakan domba. Untuk menyenangkan hati, ia tiup seruling. Ia lakukan itu di bawah pohon sambil mengawasi dombanya.
C. Seorang gembala  membisu di bawah pohon. Ia duduk mengawasi dombanya. Tanpa terasa domba-domba itu telah jauh dan hilang ke dalam hutan.
D. Seorang gembala meniup seruling dengan hati yang sedih. Ia duduk di bawah pohon seorang diri. Ia sedih lantaran seluruh dombanya hilang.

50.. . . . Di antaranya untuk penyimpanan air dan daerah hidup hewan. Selain itu  juga menghasilkan kayu-kayu yang sanggup dimanfaatkan untuk materi bangunan. Hutan juga dapat  menghasilkan oksigen dan menyuburkan tanah.

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas ialah . . .
A. Hutan merupakan paru-paru dunia.
B. Hutan dibutuhkan oleh manusia.
C. Hutan memiliki banyak manfaat.
D. Hutan perlu dijaga kelestariannya.




K U N C I    J A W A B A N
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Jenjang Pendidikan  : Sekolah Dasar

1.  C 14. C 27. C 40. C
2.  B 15. A 28. D 41. B
3.  D 16. D 29. A 42. A
4.  C 17. B 30. B 43. D
5.  D 18. D 31. D 44. D
6.  A 19. C 32. A 45. A
7.  A 20. D 33. C 46. B
8.  B 21. A 34. C 47. D
9.  C 22. A 35. A 48. D
10. D 23. B 36. A 49. B
11. B 24. D 37. D 50. C
12. A 25. A 38. B
13. D 26. C 39. A

            Selamat mengerjakan

Pencarian yang sama :
  • soal usbn bahasa indonesia sd 2018/2019
  • soal try out kelas 6 2018/2019 dan kunci tanggapan bahasa indonesia
  • soal try out sd 2018/2019 matematika
  • soal try out bahasa indonesia kelas 6 2018/2019 
  • soal try out bahasa indonesia kelas 6 2018/2019
  • soal try out sd 2018/2019 bahasa indonesia
  • soal usbn sd 2018/2019 
  • download soal try out sd 2018/2019
Sumber : anekapendidikan.com
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser