1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo Sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada. Pada kesempatan yang baik ini admin ingin membuatkan Bank Soal Sekolahku yang mungkin bisa dijadikan refrensi untuk membuat soal Kelas 11 SMA/MA. Soal kali ini yaitu Soal Essay Bahasa Indonesia untuk yang sedang duduk dibangku Kelas 11 SMA/MA pada semester ganjil atau semester satu. Soal ini sudah admin sediakan dalam format doc. sehingga bisa adik adik print dirumah. Oiya Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya ialah membelajarkan peserta didik perihal keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Menurut Atmazaki (2013), mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan semoga peserta didik mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan adat yang berlaku, baik secara ekspresi maupun tulis, menghargai dan besar hati menggunakan bahasaIndonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk aneka macam tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, akal pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual insan Indonesia.

 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas  1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Untuk mengimplementasikan tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut, maka pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 disajikan dengan menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks sanggup berwujud teks tertulis maupun teks lisan. Teks merupakan ungkapan pikiran insan yang lengkap yang di dalamnya mempunyai situasi dan konteks. Dengan kata lain, berguru Bahasa Indonesia tidak sekadar menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, tetapi perlu juga mengetahui makna atau bagaimana menentukan kata yang tepat yang sesuai tatanan budaya dan masyarakat pemakainya.

Mahsun (2014: 39) menyatakan, dalam pembelajaran Bahasa ada dua komponen yang harus dipelajarai, yaitu problem makna dan bentuk. Kedua unsur tersebut harus hadir secara stimulant dan keduanya harus ada. Namun pemakai bahasa harus menyadari bahwa komponen makna menjadi unsur utama dalam pembentuk bahasa, dan lantaran itu bahasa menjadi sarana pembentukan pikiran manusia. Untuk itu guru perlu menyadari, bahwa kemampuan berpikir yang harusnya dibuat dalam bahasa ialah kemampuan berpikir sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis. Secara stipulatif kemampuan berpikir tersebut disebut dengan berpikir metodologis yang hanya sanggup dicapai melalui pembelajaran teks menurut pendekatan ilmiah/saintifik.

Pada kesempatan lain Mahsun (2013) menyatakan , kehadiran konteks budaya, selain konteks situasi yang melatarbelakangi lahirnya suatu teks memperlihatkan adanya kesejajaran antara pembelajaran berbasis teks (konsep bahasa) dengan filosofi pengembangan Kurikulum 2013. Khusus yang terkait dengan rumusan kebutuhan kompetensi peserta didik dalam bentuk kompetensi inti (KI) atas domein sikap, pengetahuan, dan keterampilan (sebagai penguatan sanggup dilihat dalam Standar Isi Permen dikbud Tahun 2014). Kompetensi inti yang menyangkut sikap, baik perilaku spiritual (KI: 1 ) maupun perilaku sosial (KI: 2) terkait dengan konsep kebahasaan perihal nilai, norma kultural, serta konteks sosial yang menjadi dasar terbentuknya register (bahasa sebagai teks); kompetensi inti yang menyangkut pengetahuan (KI: 3) dan keterampilan (KI: 4) terkait pribadi dengan konsep kebahasaan yang berafiliasi dengan proses sosial (genre) dan register (bahasa sebagai teks). Selain itu, antarkompetensi dasar (KD) yang dikelompokkan menurut KI tersebut mempunyai korelasi pendasaran satu sama lain. Ketercapaian KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 ditentukan oleh ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4. KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 bukan untuk diajarkan melainkan implikasi dari ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4.

Hal lain yang perlu dicermati oleh guru, bahwa karakteristik pembelajaran terkait erat dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi. Standar Kompetensi Lulusan menawarkan kerangka konseptual perihal sasaran pembelajaran yang harus dicapai, dan Standar Isi menawarkan kerangka konseptual perihal kegiatan berguru dan pembelajaran yang dikembangkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi. Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran meliputi pengembangan domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mempunyai karakteristik berbeda untuk masing-masing mata pelajaran.

Domain Sikap diperoleh melalui kegiatan menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Domain pengetahuan diperoleh melalui kegiatan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Domain keterampilan diperoleh melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Pencapain kompetensi tersebut berkaitan erat dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk itu, guru harus merencanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang mendorong kemampuan peserta didik untuk melaksanakan penyingkapan/penelitian, serta sanggup menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok..

Dengan memahami keterkaitan masing-masing kompetensi dalam pembelajaran, khusunya pembelajaran bahasa Indonesia dengan pembelajaran berbasis teks akan bisa mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik secara kreatif dan kritis. Di samping itu, pembelajaran Bahasa Indonesia sanggup berperan sebagai penghela dan pengintegrasi ilmu lain.


Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan tanggapan yang benar !


1. Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang kita harus tempuh untuk mencapai suatu tujuan....
Jawaban: teks prosedur

2. Bagian yang berisikan maksud dari penulis untuk menentukan hasil final yang akan dicapai....
Jawaban: tujuan

3. Bagian yang berisi cara-cara atau urutan proses dalam melaksanakan satu hal, biasanya pada penggalan ini terdapat kata pengurutan seperti, pertama, kedua, ketika, selanjutnya, sehabis itu, dan lain-lain....
Jawaban: langkah-langkah

4. Seseorang yang berpartisipasi dalam melaksanakan sesuatu....
Jawaban: partisipan manusia

5. Kalimat yang dipakai untuk melarang atau memerintahkan pembaca untuk melaksanakan sesuatu....
Jawaban: kalimat imperative

6. Kalimat yang menyatakan sebuah pernayataan yang berfungsi untuk menawarkan informasi atau insiden perihal sesuatu....
Jawaban: kalimat deklaratif

7. Kalimat yang berisi pertanyaan....
Jawaban: kalimat interogatif

8. Prosedur yang sanggup ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja....
Jawaban: teks, mekanisme sederhana

9. Prosedur dan langkah-langkah nya tidak terlalu ketat/rumit dan gampang dipahami....
Jawaban: protokol

10. Prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya....
Jawaban: mekanisme kompleks

11. Teks mekanisme berisi ….
Jawaban: Tujuan dan langkah langkah

12. Teks yang berisi langkah langkah/ tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan….
Jawaban: teks prosedur

13. Menurut artinya, kalimat imperatif  ialah ….
Jawaban: kalimat yang mengandung perintah

14. konjungsi yang mengacu pada urutan waktu disebut konjungsi ….
Jawaban: temporal

15. kata ganti yang dipakai untuk penyebutan berikutnya disebut …
Jawaban: pronominal

16. “Dapatkah Anda memastikan tuduhan pelanggaran?” merupakan pola dari kalimat ….
Jawaban: interogatif

17. Partisipasi yang ada pada teks mekanisme kompleks ialah ….
Jawaban: manusia

18. “Tutuplah pintu itu!”, kalimat ini termasuk kalimat ….
Jawaban: imperatif

19. Teks mekanisme ada tiga macam, yaitu ….
Jawaban: kompleks, sederhana, dan protocol

20. Menurut fungsi nya, kalimat diklasifikasikan menjadi …. Kalimat.
Jawaban: 3

21. Sebutkan ciri kebahasaan teks prosedur!
Jawaban:
a. partisipan insan secara umum ibarat penulis, teknisi, anda dan banyak pola lainnya. Intinya patisipan insan itu ialah seseorang yang berpartisipasi dalam melaksanakan sesuatu.
b. verba material sebuah kata kerja yang berimbuhan pada sebuah tindakan yang dilakukan oleh fisik orang yang melakukan. Contohnya: memeluk, menendang, memukul dan lainnya.
c. verba tingkah laku, sebuah kata kerja yang mengacu pada tinddakan yang dilakukan dengan ungkapan. Contohnya: menolak, mendukung, merasa dan lainnya.
d. Konjungsi temporal, kata penghubung yang berafiliasi dengan waktu. Contoh: jika, apabila, seandainya, sebelumnya, selanjutnya.
e. Kalimat imperatif, kalimat yang dipakai untuk melarang atau memerintahkan pembaca untuk melaksanakan sesuatu.
f. Kalimat deklaratif, kalimat yang menyatakan sebuah pernyataan yang berfungsi untuk menawarkan informasi atau insiden perihal sesuatu.
g. Kalimat interogatif, kalimat yang berisi pertanyaan.

22. Apa yang dimaksud verba material?
Jawaban: sebuah kata kerja yang berimbuhan pada sebuah tindakan yang dilakukan oleh fisik orang yang melaksanakan .

23. Sebutkan pola kata verba material!
Jawaban: memeluk, menendang, memukul dan lainnya.

24. Tuliskan pengertian verba tingkah laku!
Jawaban: sebuah kata kerja yang mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

25. Jelaskan pengertian konjungsi temporal!
Jawaban: Kata penghubung yang berafiliasi dengan waktu.

26. Tulislah pola judul teks mekanisme kompleks!
Jawaban: Contoh. Prosedur perihal terkena tilang.

27. Apa yang dimaksud protokol?
Jawaban: Prosedur yang langkah-langkah nya tidak terlalu ketat/ rumit dan gampang dipahami.

28. Sebutkan kalimat yang terdapat teks prosedur!
Jawaban: Dalam teks prosedur  terdapat kalimat yaitu kalimat imperatif, kalimat deklaratif dan kaliamat interogatif .

29. Apa yang dimaksud kalimat imperatif!
Jawaban: kalimat impertaif ialah kalimat yang mengandung perintah

30. Apa yang dimaksud kalimat interogatif?
Jawaban: kalimat interogatif ialah kalimat yang berisi pertanyaan. Fungsinya ialah untuk meminta informasi perihal sesuatu.

31. Sebutkan manfaat teks prosedur!
Jawaban: Teks mekanisme mempunyai manfaat antara lain sebagai berikut.
a. Memeudahkan penyususnan petunjuk kerja atau perintah secara lengkap
b. mempermudah penempatan penggalan yang terpenting
c. menghindari adanya perintah ganda
d. mmbantu menafsirkan isi perintah secara lengkap atau sempurna

32. Tuliskan macam-macam teks prosedur!
Jawaban:
a. Teks mekanisme sederhana
b. Teks mekanisme kompleks
c. Protokol

33. Apa yang dimaksud teks mekanisme sederhana?
Jawaban: Prosedur yang sanggup ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja.

34. Sebutkan satu judul yang tepat untuk teks mekanisme sederhana!
Jawaban: Prosedur mengoperasikan setrika

35. Jelaskan pengertian teks mekanisme kompleks!
Jawaban: mekanisme yang terdiri atas banyak langkah dan langkah langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

36. eksplanasi artinya …
Jawaban: Penjelasan

37. Teks eksplanasi memuat informasi-informasi berupa ….
Jawaban: Fakta

38. Informasi sanggup diketahui di ….
Jawaban: media cetak atau media elektronik

39. Teks yang berisi statemen atau pernyataan umum perihal suatu topik yangakan dijelaskan proses keberadaanya, proses terjadinya, atau proses terbentuknya disebut ….
Jawaban: pernyataan umum

40. Interpretasi artinya ….
Jawaban: kesimpulan

41. Konjungsi yang menghubungkan dua peristiwa, deskripsi benda, atau kualitas di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks disebut ….
Jawaban: konjungsi eksternal

42. Konjungsi yang menghubungkan argument atau inspirasi yang terdapat di antara dua klausa simpleks atau dua kelompok klausa disebut ….
Jawaban: konjungsi internal

43. Konjungsi internal juga sanggup dibagi ke dalam empat kategori makna, yaitu ….
Jawaban: penambahan, perbandingan, waktu dan lantaran akibat

44. Teks eksplanasi membahas suatu fenomena yang bersifat ….
Jawaban: keilmuan atau ilmu pengetahuan

45. Teks eksplanasi mempunyai sequence markers ibarat ….
Jawaban: pertama, kedua, ketiga dsb atau pertama, berikutnya, terakhir

46. Menjelaskan korelasi waktu antara dua hal atau peristiwa....
Jawaban: konjungsi waktu

47. Menjelaskan bahwa suatu insiden terjadi lantaran suatu lantaran tertentu....
Jawaban: konjungsi kausal

48. Bagian yang sering juga disebut sebagai urutan lantaran akhir dari suatu fenomena....
Jawaban: deretan penjelas

49. Bagian final atau epilog dari teks eksplanasi yang berisi intisari atau kesimpulan dari topik atau proses yang dibahas....
Jawaban: interpretasi

50. Kata kerja aktif.....
Jawaban: verba relasional

51. Memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan....
Jawaban: faktual

52. Memuat informasi menurut fakta....
Jawaban: aktual

53. Kalimat yang subjeknya dikenai suatu perbuatan atau aktifitas....
Jawaban: kalimat pasif

54. Sesudah, setelah, sebelum, sehabis, sejak, selesai, ketika, tatkala, sementara, sambil, seraya, selagi, selama, sehingga, sampai. ( …. )
Jawaban: g. korelasi waktu

55. Kata yang menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya....
Jawaban: konjungsi antar kalimat

56. Tulislah langkah-langkah penulisan teks eksplanasi!
Jawaban:
berikut langkah-langkah penulisan teks eksplanasi.
a. Menentukan topic
b. Membuat kerangka karangan
c. Menyusun tulisan
d. Menyunting tulisan

57. Jelaskan pengertian pernyataan umum!
Jawaban: berisi perihal klarifikasi umum perihal fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa citra secara umum perihal apa, mengapa, dan bagaiman proses alam tersebut bisa terjadi.

58. Terangkan mengenai deretan penjelasan!
Jawaban: berisi perihal klarifikasi proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari suatu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akhir dari sebuah musibah yang terjadi.

59. Apa yang dimaksud dengan interpretasi?
Jawaban: teks epilog yang bersifat pilihan bukan keharusan. Teks epilog yang dimaksud ialah teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas.

60. Tulislah tujuan teks eksplanasi!
Jawaban: teks eksplanasi ialah suatu teks atau bacaan yang disusun dengan tujuan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya fenomena.

61. Sebutkan unsur kebahasaan teks eksplanasi!
Jawaban: kata serapan, konjungsi, korelasi sebab-akibat

62. Sebutkan konjungsi yang terdapat dalam teks eksplanasi!
Jawaban: konjungsi eksternal dan konjungsi internal

63. Apa yang dimaksud dengan konjungsi eksternal?
Jawaban: konjungsi eksternal merupakan konjungsi yang menghubungkan dua peristiwa, deskripsi benda, atau kualitas  di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks.

64. Tulislah empat kategori makna konjungsi eksternal!
Jawaban: penambahan (contoh: setelah, sebelum, sejak, ketika) dan lantaran akhir (contoh: sehingga, karena, sebab, jika, walaupun, meskipun).

65. Sebutkan pola konjungsi eksternal!
Jawaban: Banjir terjadi di kota Jakarta sehabis hujan turun dua hari tanpa henti.
Kecelakaan kemudian lintas sering terjadi lantaran pengguna jalan tidak tertib kemudian lintas.

66. Apa yang dimaksud dengan verba material?
Jawaban: verba material ialah kata kerja berimbuhan yang mengacu pada tindakan fisik, atau pun perbuatan yang dilakukan secara fisik oleh partisipan.

67. Mengapa teks eksplanasi harus bersifat faktual?
Jawaban: lantaran teks eksplanasi menjelaskan suatu insiden sesungguhnya.

68. Sebutkan pola kata konjungsi waktu?
Jawaban: jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian

69. Apa yang dibahas dalam teks eksplanasi?
Jawaban: hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau korelasi dengan ilmu pengetahuan.

70. Bagaimana sifat teks eksplanasi?
Jawaban: sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.

71. Pesan yang bertujuan menawarkan nasehat dan petunjuk-petunjuk disebut ….
Jawaban: ceramah

72. Ceramah mempunyai tujuan yang ….
Jawaban: jelas

73. Dalam teks ceramah, isinya mengandung ….
Jawaban: kebenaran

74. Audien artinya ….
Jawaban: pendengar

75. Gagasan pokok yang mendasari suatu permasalahan disebut ….
Jawaban: tema

76. Salam sejahtera merupakan …. Dalam pendahuluan teks ceramah.
Jawaban: salam pembuka

77. Dalam isi ceramah yang dibahas ialah ….
Jawaban: materi atau materi ceramah

78. ungkapan epilog contohnya ….
Jawaban: ungkapan terimakasi atas perhatiannya.

79. Ceramah bersifat informatif. Informatif ialah ….
Jawaban: pemberi informasi

80. Argumentatif bertujuan untuk ….
Jawaban: meyakinkan atau mengajak pembicara

81. Ceramah yang bertujuan untuk peringatan hari besar keagamaan disebut...
Jawaban: ceramah khusus

82. Pidato yang bertujuan untuk menawarkan nasehat kepada khalayak umum atau masyarakat luas disebut....
Jawaban: ceramah umum

83. Sebelum menjadi penceramah perlu mengetahui apa kiprah dari penceramah, modal dan bekal itu sendiri atas apa yang harus dimiliki oleh seseorang penceramah atau seorang....
Jawaban: Da’i

84. .......Sebagai peserta nasehat-nasehat.
Jawaban: audien

85. Sebuah metode dengan memberikan informasi dan pengetahuan secara ekspresi kepada audien yang pada umumnya mengikuti secara pasif adalah....
Jawaban: metode ceramah

86. Alat yang dipakai untuk memberikan materi ceramah kepada audien disebut....
Jawaban: Media

87. Menyampaikan pikiran dalam bentuk kata-kata yang disampaikan kepada banyak orang disebut....
Jawaban: pidato

88. Metode ceramah yang melaksanakan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali disebut metode....
Jawaban: metode impromptu

89. Dalam metode ini pembicara mempunyai waktu yang cukup untuk merencanakan, membuat naskah, dan menghafal naskah. Disebut metode....
Jawaban: metode menghafal

90. Seorang pembicara yang mempunyai reputasi kepandaian berpidato dalam jangka waktu usang disebut....
Jawaban: orator

91. Sebutkan pola teks ceramah khsuus!
Jawaban: Contoh: Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) ibarat is’ra miraj, maulid nabi, bulan puasadan lain-lain

92. Tulislah ciri-ciri ceramah!
Jawaban:
Adapun ciri-ciri ceramah antara lain sebagai berikut.
a. Tujuannya jelas
b. isinya mengandung kebenaran
c. cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar
d. membuat suasana yang efektif  dengan pendengar
e. penyampaiannya terperinci dan menarik
f. menggunakan intonasi, artikulasi, an volume yang jelas

93. Sebutkan unsur-unsur ceramah!
Jawaban: unsur-unsur dalam berpidato ialah pembicara, materi atau materi pembicaraan, objek atau pendengar, dan tema.

94. Terangkan yang dijelaskan dalam penggalan isi teks ceramah!
Jawaban:
Bagian isi memuat materi pokok yang dibahas dalam ceramah. Materi harus di jelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif. Untuk menguatkan pendapat dalam materi yang disampaikan, dibutuhkan rujukan atau materi bacaan pemanis lainnya.

95. Apa saja poin-poin yang mendukung epilog dalam teks ceramah!
Jawaban:
Dalam epilog terdapat poin-poin yang mendukung, antara lain sebagai berikut:
a. Kesimpulan materi yang telah disampaikan
b. Ungkapan epilog contohnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf  bila terdapat kesalahan.
c. salam penutup

96. Sebutkan ciri kebahasaan teks ceramah!
Jawaban: Adanya informatif, argumentatif, persuasif, rekreatid, dan konjungsi

97. Apa yang dimaksud argumentatif!
Jawaban:
Argumentatif merupakan salah satu jenis paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membajak membaca.

98. Jelaskan pengertian persuasif!
Jawaban:
Kalimat persuasif ialah kalimat yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengajak, membujuk, pendengar sehingga pendengar diharapkan sanggup terpengaruh untuk mengikuti impian penulisan.

99. Terangkan yang dimaksud kalimat rekreatif!
Jawaban:
Kalimat rekreatif ialah kalimat yang berisi perihal hiburan.

100. Tuliskan pengertian konjungsi!
Jawaban:
Konjungsi ialah suatu kata kiprah atau kata penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah klausa, kalimat, paragraf atau lebih.

101. Apa yang harus dilakukan sebelum menawarkan ceramah di depan umum?
Jawaban:
Sebelum menawarkan ceramah di depan umum, ada baiknya untuk melakuka persiapan berikut ini.
a. wawasan pendengar ceramah secara umum.
b. mengetahui usang waktu atau durasi ceramah yang akan dibawakan
c. menyusun kata-kata yang gampang dipahami dan dimengerti
d. mengetahui jenis ceramah dan tema acara.
e. menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan ceramah, dsb

102. Jelaskan yang dimaksud ceramah sambutan!
Jawaban:
Ceramah sambutan yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu program kegiatan atau insiden tertentu yang sanggup dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.

103. Bagaimana melaksanakan ceramah dengan baik?
Jawaban:
Ceramah yang baik ialah suatu pidato sanggup menawarkan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut.kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik sanggup membantu dan meraih jenjang karir yang baik.

104. Sebutkan ciri-ciri ceramah yang baik!
Jawaban:
a. mempunyai tujuan yang jelas
b. isinya mengandung kebenaran
c. cara penyampaiannya sesuai dengan para pendengar
d. membuat suasana efektif dengan pendengar
e. penyampaiannya terperinci dan juga menarik
f. menggunakan intonasi, artikulasi, dan volume yang jelas

105. Apa yang dimaksud dengan artikulasi?
Jawaban:
Artikulasi merupakan bagaimana cara melafalkan suara bahasa.

106. Cerita pendek biasanya mempunyai kata yang kurang dari …… kata.
Jawaban: 10.000

107. Alur sanggup juga disebut ….
Jawaban: plot

108. Cara pandang pengarang dalam memandang suatu insiden di dalam dongeng disebut ….
Jawaban: sudut pandang

109. Latar menawarkan pijakan dongeng secara ….
Jawaban: konkret (nyata) dan jelas

110. Biografi biasanya berisikan perihal ….
Jawaban: riwayat hidup pengarang

111. Cerpen biasanya juga diterbitkan dan dibukukan dalam bentuk kumpulan yang disebut ….
Jawaban: buku kumpulan cerpen

112. Nilai-nilai dalam cerpen yang berkaitan dengan aturan atau anutan yang bersumber dari agama tertentu disebut ….
Jawaban: nilai agama

113. Nilai moral dalam cerpen sanggup berupa nilai moral ….
Jawaban: yang baik atau buruk.

114. Biografi, pendidikan, pekerjaan termasuk unsur ….
Jawaban: ekstrinsik

115. Nilai sosial ditunjukan dengan penggambaran ….
Jawaban: antartokoh di dalam masyarakatnya

116. Jelaskan yang dimaksud tema!
Jawaban:
Tema ialah sebuah gagasan pokok atau inti-inti yang mendasari dari jalan dongeng sebuah cerpen.

117. Terangkan mengenai tokoh dan penokohan!
Jawaban:
Tokoh ialah individu rekaan, hasil imajinasi pengarang, yang berperan dalam sebuah cerita. Penokohan ialah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan tokoh yang diciptakannya.

118. Tulislah beberapa cara yang sanggup dipakai oleh penulis dalam menggambarkan rupa, watak, dan pribadi tokoh cerita!
Jawaban:ada beberapa cara yang sanggup dipakai oleh penulis dalam menggambarkan rupa, watak, dan pribadi tokoh cerita, antara lain sebagai berikut:
a. Phisical description (melukiskan bentuk lahir dari pelakon)
b. Portrayal of thought stream or of conscious thought (melukiskan jalan pikiran pelakon atau apa yang melintas dalam pikirannya)
c. Reaction to events (melukis bagaimana reaksi pelakon itu terhadap kejadian-kejadian)
d. Dyrect author analysis (pengarang dengan pribadi menganalisis tabiat pelakon).
e. Discussion of environment (pengarang melukiskan keadaan sekitar pelakon)
f.  Reaction of other to character (pengarang melukiskan bagaimana pandangan-pandangan pelakon lain dalam suatu dongeng terhadap pelakon utama)
g. Conversation of other about character (pelakon-pelakon lainnya dalam suatu dongeng memperbincangkan keadaan pelakon utama).

119. Jelaskan yang dimaksud pot!
Jawaban:
Alur ialah rangkaian dongeng disusun menurut aturan sebab-akibat (kausalitas). Alur sanggup juga disebut plot atau jalan dongeng yang artinya jalinan insiden dalam karya sastra.

120. Sebutkan jenis-jenis sudut pandang!
Jawaban:
Berikut jenis-jenis sudut pandang pengarang.
a. Sudut pandang orang pertama pelaku utama
b. Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
c. Sudat pandang orang ketiga serbatahu
d. Sudut pandang orang ketiga pengamat

121. Jelaskan yang dimaksud latar dalam teks dongeng pendek!
Jawaban:
Latar dalam sebuah dongeng menunjuk pada pengertian tempat, korelasi waktu, dan lingkungan sosial kawasan terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar ,membuat pijakan dongeng secara konkret (nyata) dan jelas. Hal ini penting untuk menawarkan kesan realistis kepada pembaca, dan membuat suasana tertentu yang seakan-akan sungguh-sungguh ada dan terjadi.

122. Sebutkan Jenis-jenis latar dalam teks dongeng pendek!
Jawaban:
Latar sanggup dibedakan menjadi tiga yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

123. Terangkan pengrtian gaya bahasa!
Jawaban:
Gaya bahasa ialah cara khas penyusunan dan penyampaian dalam bentuk goresan pena dan lisan. Ruang lingkup dalam goresan pena meliputi penggunaan kalimat, pemilihan diksi (pilihan kata), penggunaan majas, dan penghematan kata. Jadi, gaya merupakan seni pengungkapan seorang pengarang terhadap karyanya.

124. Tulislah isi dalam amanat!
Jawaban:
Amanat merupakan sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarang dongeng tersebut kepada pembaca semoga pembaca sanggup bertindak atau melaksanakan sesuatu.

125. Sebutkan langkah-langkah mengidentifikasi unsur intrinsik karya sastra!
Jawaban:
Guna mengidentifikasi unsur intrinsik suatu karya sastra, anda sanggup mempraktikkan langkah-langkah berikut:
a. membaca dan memahami karya sastra dengan seksama
b. untuk memahami tema, sanggup menyimpulkan dari hal yang paling banyak dipaparkan pengarang atau dibicarakan oleh tokoh.
c. mengidentifikasi tokoh utama dengan melaksanakan cara melihat dan membandingkan tokoh yang paling banyak ditampilkan oleh pengarang.
d. Alur sanggup diketahui dengan melihat darimana dongeng dimulai
e. mengidentifikasi sudut pandang cukup mudah, tinggal melihat siapa tokoh utamanya, pola bila tokoh utama “aku” berarti sudut pandang orang pertama.
f. latar cukup gampang diidentifikasi, cukup dengan melihat kapan, dimana dan dalam suasana apa dongeng tersebut.
g. pesan atau amanat sanggup diketahui lewat pemahaman dan perenungan terhadap cerita.

126. Jelaskan pengertian unsur ekstrinsik cerpen!
Jawaban:
Unsur ekstrinsik cerpen merupakan sebuah unsur yang membentuk cerpen dari luar, berbeda dengan unsur intrinsik cerpen yang membentuk cerpen dari dalam.

127. Sebutkan unsur-unsur ekstrinsik teks dongeng pendek!
Jawaban:
Berikut unsur intrinsic teks cerpen.
a. latar belakang masyarakat
b. latar belakang pengarang

128. Jelaskan yang dimaksud latar belakang masyarakat!
Jawaban:
Latar belakang masyarakat yaitu suatu efek dari kondisi latar belakang masyarakat terhadap terbentuknya sebuah jalan cerita. Pemahaman tersebut sanggup berupa pengkajian ideologi negara, kondisi politik, sosial masyarakat, hingga dengan kondisi ekonomi pada masyarakat itu sendiri.

129. Apa saja yang terdapat dalam latar belakang pengarang?
Jawaban:
Berikut hal yang terdapat dalam latar belakang pengarang:
a. biografi
b. kondisi psikologi
c. aliran sastra

130. Tuliskan isi dalam biografi!
Jawaban:
Biografi biasanya berisikan perihal riwayat hidup pengarang dongeng tersebut yang ditulis secara keseluruhan.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas  1 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 37Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta tanggapan 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser