Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Adik adik yang baik hati, hari ini admin ingin memebagikan soal Essay sebanyak 50 soal yang siap dijadikan materi latihan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas 10 SMA/MA beserta dengan kunci jawabannya. Oiya Induksi yaitu budi sehat yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus, kemudian menarik kesimpulan secara umum yang meliputi semua insiden tadi.
Contoh :
Setelah dioberikan penilaian dari seluruh karangan bawah umur kelas XII, ternyata karangan Tomy, Iwan, Hera dan Susi mendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat nilai 7. Hanya Manaf yang mendapat nilai 6, dan tidak seorangpun yang mendapat nilai kurang. Boleh dikatan, bawah umur kelas XII cukup pintar mengarang.
Penalaran induksi terbagi menjadi tiga macam:
Generalisasi
Penalaran generalisasi dimulai dengan mengemukakan peristiwa-peristiwa khusus untuk mengambil kesimpulan secara umum.
Contoh sama dengan induksi.
Setelah diberikan penilaian dari seluruh karangan bawah umur kelas XII, ternyata karangan Tomy, Iwan, Hera dan Susi mendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat nilai 7. Hanya Manaf yang mendapat nilai 6, dan tidak seorangpun yang mendapat nilai kurang. Boleh dikatan, bawah umur kelas XII cukup pintar mengarang.
Analogi
Analogi yaitu budi sehat yang membandingkan dua hal yang berbeda, tetapi mempunyai aneka macam persmaan. Berdasarkan persamaan-persamaan tersebut, ditariklah suatu kesimpulan.
Contoh :
Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung. Sewaktu mendaki, ada saja rintangan menyerupai jalan yang licin,yang menciptakan seseorang jatuh. Ada pula semak belukar yang sukar dilalui. Dapatkah seseorang melaluinya? Begitu pula bila menuntut ilmu, seseorang akan mengalami rintangan menyerupai kesulitan ekonomi, kesulitan memahami pelajaran, dan sebagainya. Apakah beliau sanggup melaluinya? Jadi, menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung untuk mecapai puncaknya.
Sebab-akibat atau Akibat-Sebab
Sebab-akibat yaitu budi sehat yang dimulai dengan mengemukakan fakta berupa alasannya kemudian disusul dengan kesimpulan yang berupa akibat.
Contoh : sebab-akibat
Hujan berturut-turut mengguyur desa kami. Air sungai berangsur-angsur naik. Jalan dan halaman rumah kami pun mulai digenangi air. Akhirnya, banjir pun melanda desa kami.
Akibat-sebab yaitu budi sehat yang dimulai dengan mengemukakan fakta berupa tanggapan kemudian disusul dengan kesimpulan yang berupa sebab.
Contoh : akibat-sebab
Kemarin Hasan tidak masuk kantor. Hari ini pun tidak. Pagi tadi isterinya ke apotek membeli obat. Sakitkah Hasan?
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengonstruksi teks negoisasi!
Jawaban:
a. Menentukan tujuan
b. menentukan pihak-pihak yang berkaitan
c. menentukan konflik
d. menentukan solusi dalam penawaran
e. menentukan model kesepakatan
2. Sebutkan aneka macam tujuan yang dicapai dari teks negosisasi!
Jawaban:
a. Untuk memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak yang berkepentingan
b. Untuk mempersatukan perbedaan pendapat yang ada antara pihak-pihak yang berkepentingan
c. Untuk menghindari kerugian menyerupai memberatkan salah satu dari pihak-pihak yang berkepentingan.
3. Sebutkan ciri-ciri dari teks negoisasi kalau dilihat menurut isinya!
Jawaban:
a. Negoisasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling setuju ataupun kedua belah pihak setuju untuk tidak sepakat.
b. Tiap-tipa pihak yang bernegoisasi memperjuangkan kepentingannya masing-masing.
c. Negoisasi merupakan sarana untuk menapai penyelesaian
d. Negoisasi bertujuan praktis, yaitu mencapai kesepakatan yang sanggup diterima oleh kedua belah pihak.
4. Jelaskan perihal bagian-bagian dari struktur teks negoisasi!
Jawaban:
a. Pembukaan
Biasanya pembukaan ini berisi pengenalan diri, salam dan sapa yang bertujuan sebagai pengiring topik
b. Isi
Bagian isi teks negoisasi berisi mengenai inti pembahasan. Bagian isi dalam teks negoisasi ini terbagi menjadi dua yaitu penyampaian materi serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Sedangkan yang disebut dengan tawar-menawar dan penyelesaian persoalan yaitu penggalan yang berisi negoisasi atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.
c. Penutup
Bagian epilog ini merupakan penggalan terakhir dalam teks perundingan dan biasanya berisi perihal basa-basi yang mempunyai arti, menyerupai ucapan terima kasih dan sebagainya.
5. Bagian isi dalam teks negoisasi terdiri atas penyampaian materi, serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Jelaskan perihal pernyataan tersebut!
Jawaban: penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Adapun tawar-menawar dan penyelesaian persoalan yaitu penggalan yang berisi perundingan atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.
Baca juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib)
6. Sebutkan kaidah teks negoisasi yang baik!
Jawaban:
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu kata.
b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
d. Jelaskan pandanganmu, buat kesimpulan dari pandangan tersebut, kemudian kau sanggup menyampaikan kalau kau tidak oke dengan kawan negosiasi.
e. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak kawan perundingan untuk memperlihatkan bahwa kau telah mengerti.
f. Minta alasan dari pihak kawan perundingan (mengapa ya/mengapa tidak).
g. Jangan menyela argumentasi dari pihak kawan negosiasi, dengarkan, dan cari titik lemahnya.
7. Jelaskan perihal penggalan orientasi dari teks negoisasi kompleks!
Jawaban: orientasi merupakan struktur yang pertama kali muncul, dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi. Penggunaan kata dalam penggalan ini mengarah pada ucapan basa-basi menyerupai sapaan, salam dan sebagainya.
8. Jelaskan perihal inti dari teks negoisasi!
Jawaban: inti dari teks perundingan yaitu sebuah komunikasi yang dipakai ketika ada perbedaan kebutuhan/kepentingan yang mengakibatkan sebuah pertentangan. Pertentangan tersebut akan dilerai dan dipecahkan dengan sebuah perundingan (negoisasi), di mana kedua belah pihak sanggup merasa diuntungkan.
9. Apa yang dimaksud dengan mengevaluasi teks negoisasi!
Jawaban: mengevaluasi teks negoisasi artinya kegiatan melaksanakan perbaikan terhadap teks negoisasi yang telah ada. Dengan melaksanakan penilaian diharapkan teks negoisasi menjadi lebih baik. Untuk sanggup mengevaluasi sebuah teks tentunya diharapkan ketelitian yang tinggi.
10. Apa yang dimaksud dengan teks negoisasi?
Jawaban:
Teks negoisasi yaitu sebuah teks yang di dalamnya berisi interaksi sosial antara satu pihak dengan pihak lain yang disebabkan oleh adanya suatu kepentingan yang berbeda atau saling bertentangan dan hal ini mengharuskan adanya sebuah penyelesaian (keputusan) semoga sanggup tercapai suatu kesepakatan antara kedua belah pihak.
11. Jelaskan aneka macam metode yang sanggup dipakai dalam kegiatan debat!
Jawaban: ada beberapa metode yang sanggup diterapkan dalam debat, yaitu sebagai berikut.
a. Metode logika sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam memakai ilmu logika.
b. Metode dialektika sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam bertanya. Kegiatan debat dilakukan dengan menentukan penanya dan penjawab bergantaian.
12. Apa yang dimaksud dengan debat? Jelaskan memakai bahasamu sendiri!
Jawaban: debat merupakan kegiatan sabung argumentasi dalam mendiskusikan dan memutuskan persoalan atau perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok.
13. Jelaskan perbedaan antar debat antartim dan debat Lincoln-Douglas!
Jawaban:
a. Debat antartim merupakan salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim mempunyai dua segmen untuk menyajikan argumen bagi pihak mereka. Di babak kedua perdebatan, setiap tim mempunyai dua segmen untuk membantah argumen dari pihak lawannya dari babak pertama tadi.
b. Perdebatan Lincoln-Douglas merupakan jenis perdebatan yang dibuat untuk memungkinkan satu pihak menyajikan argumen mereka. Kemudian, tim lain menyelidiki silang argumen tersebut. Tim kedua menyajikan argumen mereka dan tim pertama yang akan menyelidiki silang argumen tersebut. Akhirnya, setiap tim diberi kesempatan untuk saling menawarkan sanggahan terakhir.
14. Jelaskan perihal peraturan dalam debat parlemen!
Jawaban: debat parlementer bukanlah debat kusir atau sabung argumen tanpa peraturan, sepeti yagn umum dikenal di Indonesia. Dalam sistem debat parlemen, setiap tim akan dterdiri atas beberapa pembicara (dua pada British, dan tiga pada Asian dan Australasian). Masing-masing tim akan berada di sisi yang berlawanan (Affirmative/Government dan Negative/Opposition) dengan stance-nya masin-masing terhadeap suatu topik yang dikenal dengan sebutan motion (yang berarti pergerakan, lantaran pada sistem debat parlementer, topik yang dibahas selalu berupa suatu perubahan yang akan diterapkan di dunia global, terutama negara-negara demokratis).
15. Bagaimana cara berdebat dengan benar? Jelaskan memakai bahasamu sendiri!
Jawaban: cara debat yang baik atau benar harus dilandasi dengan hukum yang berlaku. Misalnya, tidak ada penghinaan. Menyampaikan kritik dengan pedas yaitu sah, tetapi kalau hingga menghina pihak lawan (personally), itu tentu tidak dibenarkan. Untuk itu, dalam kegiatan debat sangat diharapkan seorang moderator yang bisa bertindak atau menengahi program debat tersebut, sehingga sanggup mencegah hal-hal jelek atau negatif yang terjadi dalam debat.
16. Sebutkan aneka macam alasan yang mendorong seseorang/sekelompok orang untuk melaksanakan debat!
Jawaban: ada aneka macam alasan yang mendorong orang untuk berdebat, antara lain sebagai berikut.
a. Meyakinkan orang lain bahwa opini beliau lebih baik
b. Mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu.
c. Menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah
17. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam menganalisis isi debat!
Jawaban:
a. Menuliskan 5W + 1H yang dibicarakan
b. Menentukan topik pembicaraan dalam debat
c. Menentukan tema debat
d. Menyimpulkan isi debat dengan alasan logis
18. Sebutkan cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik dalam suatu debat!
Jawaban:
a. Kuasailah topik yang akan diperdebatkan
b. Carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran
c. Kupaslah topik tersebut secara mendalam
d. Tangkaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang dibicarakan.
19. Sebutkan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk memberikan gagasan dalam debat!
Jawaban:
a. Sampaikanlah gagasan dengan terang dan dengan argumen yang masuk akal!
b. Gunakan bahasa yang baik dan benar
c. Sesuaikan gagasan dengan topik yang diperdebatkan
d. Gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas
20. Sebutkan aneka macam hal yang sanggup dilakukan untuk menciptakan kesimpulan pada tamat program debat!
Jawaban:
a. Kumpulkan semua hasil debat
b. Simpulkan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
c. Kesimpulan harus mewakili seluruh rangkaian debat.
d. Gunakan bahasa yang baik dan benar
e. Buatlah kalimat-kalimat yang bersifat persuasif.
21. Jelaskan pengertian biografi menurut kata dasarnya....
Jawaban: Biografi berasala dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya tersebut, biografi sanggup diartikan sebagai sebuah goresan pena yang membahas perihal kehidupan seseorang.
22. Sebutkan ciri-ciri dari teks biografi....
Jawaban:
a. Biografi mempunyai struktur yang terdiri atas orientasi, insiden atau masalah, serta reorientasi.
b. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
c. Fakualnya (fakta) menurut pengalaman hidup seseorang yang dicertakan dalam tokoh biografi tersebut.
23. Siapa saja yang sanggup diceritakan dalam teks biografi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri dengan singkat....
Jawaban: Biografi sanggup mengisahkan perihal kehidupan seseorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Namun, kebanyakan biografi bercerita perihal tokoh sejarah, tokoh idola, dan
Sebagainya.
24. Jelaskan perihal jenis-jenis biografi....
Jawaban: penulisan biografi sanggup berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Untuk jenis biografi singkat hanya menjelaskan perihal fakta-fakta daru kehidupan seseorang serta tugas pentingnya, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya dongeng yang baik.
25. Sebutkan manfaat yang diambil dari sebuah biografi.....
Jawaban: Manfaat biografi yaitu sanggup meneladani sikap dan sikap tokoh, mempelajari makna hidup, dan mencontoh keberhasilan hidup tokoh.
26. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan biografi.....
Jawaban:
a. Bahan utama berupa benda-benda, menyerupai buku harian, suarat-surat, kliping koran, dan sebagainya.
b. Bahan pendukung berupa biografi lain, buku rujukan atau sejarah yang memaparkan peranan orangdalam biogarfi tersebut, dan sebagainya.
27. Sebutkan aneka macam unsur kebahasaan yang aa dalam teks biografi....
Jawaban: Unsur- unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi, antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas, tempat, dan kata kerja.
28. Jelaskan perbedaan antara biografi singkat dengan biografi panjang....
Jawaban: untuk biografi singkat hanya menjelaskan perihal fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta tugas pentingnya. Adapun untuk biografi panjang meliputi aneka macam informasi bersifat penting, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya dongeng yang baik.
29. Mengapa ketika ini penyajian biografi ditulis secara kronologis....
Jawaban: penyajian biografi ketika ini, biasanya ditulis secara kronologis. Berdasarkan hal tersebut berarti teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks marko. Sebagai teks makro, teks biografi mempunyai struktur teks yang tidak harus sama, bergantung pada bagaimana penulis memberikan citra perihal tokoh dan pristiwa yang dialaminya.
30. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan teks biografi....
Jawaban: a. Mengandung keaslian (autentik) sesuai dengan insiden tolong-menolong dilengkapi bukti yang akurat.
b. Memberikan citra utuh perihal kepriadian tokoh dengan cara menguraikan secara seimbang antara kelebihan dan kekurangannya, meliputi prestasi yang pernah diraih, pengorbanan yang dilakukan, jasa yang pernah disumbangkan kepada bangsa dan negara, juga kebiasaan kurang baik yang dimiliki.
c. Disajikan dalam bentuk wacana yang indah berupa adonan antara narasi dan deksripsi.
d. Menggunakan pola penulisan utuh dan berkesinambungan meskipun di dalamnya terdiri atas bagian-bagian dongeng yang terpisah.
31. Apa yang dimaksud dengan antologi puisi....
Jawaban: buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair.
32. Sebutkan ciri-ciri antalogi puisi....
Jawaban:
a. Terdiri atas beberapa puisi.
b. Karya dari seorang penulis atau beberapa penulis.
33. Jelaskan perihal unsur intrinsik puisi....
Jawaban:
a. Tema, gagasan pokok atau ilham yang menjadi dasar suatu puisi.
b. suasana merupakan unsur pemikiran dan perasaan penyair yang bisa menciptakan suatu suasana terhadap pembaca atau pendengar sehabis membaca atau mendengar suatu puisi.
c. Imaji merupakan citra yang ditimbulkan ketika membaca puisi tersebut melalui indra manusia, pendengaran, pengelihatan, perabaan, dan sebagainya.
d. Simbol merupakan unsur puisi yang menyatakan bahwa kata-kata dalam puisi sebagai suatu lambang untuk maksud dan tujuan yang lain.
e. Musikalitas puisi (nada/bunyi), sebuah puisi disusun atas kata-kata tertentu yang penuh makna dan indah untuk didengar yang berfungsi terhadap keseluruhan makna yang terdapat dalam puisinya.
f. Gaya bahasa merupakan cara penyair memberikan pikiran dan perasaan ketika menciptakan puisi tersebut.
g. Amanat merupakan pesan dari penyair kepada pembaca atau pendengar sehabis memahami tema, bunyi, dan makna dalam puisi tersbut.
34. Sebutkan jenis-jenis puisi baru....
Jawaban: Belanda, Himne, Ode, Epigram, Romansa, Elegi, Soneta, dan sebagainya.
35. Jelaskan yang dimaksud dengan struktur fisik puisi dan struktur batin puisi....
Jawaban: struktur fisik puisi merupakan unsur pembangun puisi yang bersifat fisik atau nampak dalam bentuk susunan kata-kata. Adapun struktur batin puisi merupakan unsur pembangun puisi yang tidak tampak pribadi dalam penulisan kata-katanya.
36. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk memahami makna puisi....
Jawaban: a. Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau lirik karna kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut.
b. Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrasa.
c. Menafsirkan makan kata.
d. Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.
37. Mengapa puisi lebih bersifat konotaif kalau dibandingkan dengan karya sastra lain....
Jawaban: karna banyak dipakai makna hias dan makna lambang. Dibandingkan dengan bentuk dengan bentuk karya sastra lain, puisi lebih bersifat konotatif. Bahasanya lebih banyak mengandung kemungkinan makna. Hal ini disebabkan ternjadinya pengonsentrasian atau pemadatan segenap kekuatan bahasa dalam puisi. Apabila dilihat dari segi bentuk penulisannya, puisi mempunyai suatu tata wajah atau penampilan khusus diatas kertas, yang biasa disebut tipografi.
38. Mengapa setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda....
Jawaban: setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan pikiran dan perasaan ketika menciptakan puisitersebut. Ada beberapa hal yang mengakibatkan perbedaan pemilihan kata pada puisi, menyerupai bedanya zaman, pengalaman hidup penyair, perbedaan kawasan budaya, dan sebagainya.
39. Bagaimana cara mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban: Mendemonstrasikan antalogi puisi akan berbeda dengan membaca sebuah teks cerita. Penjiwaan dan penghayatan dalam demonstrasi atau musikalisasi antalogi puisi harus diperhatikan. Kita juga harus memperhatikan lafal dan intonasi yang jelas. Memahami isi puisi yaitu upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi semoga sanggup mengungkapkan makna tersirat dari untaian kata yang tersirat.
40. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban: a. Vokal merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi. Suara yang lantang, bersih, dan jernih akan sangat kuat dalam mendemonstrasikan puisi. Dalam hal ini, vokal mencangkup artikulasi, diksi, tempo, dinamika, modulasi, intonasi, jeda, dan pernapasaan.
b. Penampilan merupakan faktor lain untuk keberhasilan seseorang dalam membaca puisi. Penampilan ini berkaitan dengan kepribadian atau performance sesorang diatas pentas ketika mempersembahkan sebuah puisi.usahakan terkesan tenang, tak gelisa, tak gugup, berwibawa dan meyakinkan serta mengasyikan (tidak demam panggung). Hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penampilan ketika mendemonstrasikan antologi puisi, antara lain gerak, komunikasi, ekspresi, dan konsentrasi.
41. Jelaskan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi.....
Jawaban: Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau dongeng yan dibuat menurut imajinasi atau imajinasi pengarang.buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat bedasarkan fakta, realita, atau hal-hal, yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
42. Sebutkan jenis-jenis buku fiksi dan nonfiksi....
Jawaban: jenis-jenis buku fiksi, antara lain novel, cerpen, drama, puisi, dan sebagainya. Jenis-jenis buku nonfiksi antara lain buku biografi, buku motivasi, buku keterampilan, dan sebagainya.
43. Siapa saja biasanya yang menciptakan buku nonfiksi? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: dibuat oleh profesioanal di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pegetahuan yang dimilikinya. Misalnya, buku perihal bisnis yang dibuat oleh pembisnis sukses, buku motivasi yang dibuat oleh motivator, dan sebagainya.
44. Mengapa buku nonfiksi lebih terkenal di kalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan. Misalnya, buku sukses bertanam mangga. Buku ini akan laris di pasaran, lantaran kebutuhan orang yang ingin bertanam mangga dengan sukses. Dengan membeli buku ini, pembaca sanggup pribadi memperoleh informasi mengenai cara bertanam mengga yang baik tanpa berusaha payah harus bertanya pada ahlinya.
45. Apa yang dimaksud dengan resensi....
Jawaban: kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film, dengan cara memaparkan data-data, sipnosis, dan kritikan terhadap karya tersebut.
46. Sebutkan aneka macam tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Membantu pembaca mengetahui gembaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
b. Mengetahui kelebihan atau kelemahan buku yang diresensi.
c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
d. Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
e. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan subtansi buku.
47. Jelaskan unsur–unsur dalam pembuatan resensi....
Jawaban: a. Judul resensi harus memiiki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang menarik juga akan memberi nilai lebih dari oada sebuah resensi.
b. isi resensi buku memuat perihal sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan dan kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa.
C. Pada penggalan epilog biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.
48. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam meresensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Carilah dan tentukan buku fiksi dan buku nonfksi yang akan dibuat resensi.
b. Catatlah identitas buku yang akan diresensi, menyerupai jenis buku, judul buku, nema pengarang nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dan harga buku.
c. Catat dan pahami tujuan dana latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku. Buatlah daftar pokok-pokok isi buku secara keseluruhan.
d. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
e. Tulis ringkasan materi dari buku yang dibuat resensi secara terang dan sistematis.
f. Pada tamat resensi berilah saran dan kesimpulan, apakah buku yang kita resensi tersebut layak dibaca atau tidak.
49. Baik buku fiksi maupun nonfiksi mempunyai tujuan sendiri yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Jelaskan perihal pernyataan tersebut....
Jawaban: sebagaia pemabaca kita diberi kebebasan untuk menentukan jenis buku yang paling disukai untuk dibaca atau membaca buku untuk tujuan tertentu, menyerupai memberi motivasi pada diri sendiri dengan membaca buku motivasi atau buku budidaya yang akan menawarkan keterampilan khusus kepada pembacanya.
50. Apa yang dimaksud dengan menganalisis....
Jawaban: Menelaah yaitu kegiatan mengkaji sebuah teks untuk meneliti struktur dan bahasa teks tersebut secara mendalam.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Contoh :
Setelah dioberikan penilaian dari seluruh karangan bawah umur kelas XII, ternyata karangan Tomy, Iwan, Hera dan Susi mendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat nilai 7. Hanya Manaf yang mendapat nilai 6, dan tidak seorangpun yang mendapat nilai kurang. Boleh dikatan, bawah umur kelas XII cukup pintar mengarang.
Penalaran induksi terbagi menjadi tiga macam:
Generalisasi
Penalaran generalisasi dimulai dengan mengemukakan peristiwa-peristiwa khusus untuk mengambil kesimpulan secara umum.
Contoh sama dengan induksi.
Setelah diberikan penilaian dari seluruh karangan bawah umur kelas XII, ternyata karangan Tomy, Iwan, Hera dan Susi mendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat nilai 7. Hanya Manaf yang mendapat nilai 6, dan tidak seorangpun yang mendapat nilai kurang. Boleh dikatan, bawah umur kelas XII cukup pintar mengarang.
Analogi
Analogi yaitu budi sehat yang membandingkan dua hal yang berbeda, tetapi mempunyai aneka macam persmaan. Berdasarkan persamaan-persamaan tersebut, ditariklah suatu kesimpulan.
Contoh :
Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung. Sewaktu mendaki, ada saja rintangan menyerupai jalan yang licin,yang menciptakan seseorang jatuh. Ada pula semak belukar yang sukar dilalui. Dapatkah seseorang melaluinya? Begitu pula bila menuntut ilmu, seseorang akan mengalami rintangan menyerupai kesulitan ekonomi, kesulitan memahami pelajaran, dan sebagainya. Apakah beliau sanggup melaluinya? Jadi, menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung untuk mecapai puncaknya.
Sebab-akibat atau Akibat-Sebab
Sebab-akibat yaitu budi sehat yang dimulai dengan mengemukakan fakta berupa alasannya kemudian disusul dengan kesimpulan yang berupa akibat.
Contoh : sebab-akibat
Hujan berturut-turut mengguyur desa kami. Air sungai berangsur-angsur naik. Jalan dan halaman rumah kami pun mulai digenangi air. Akhirnya, banjir pun melanda desa kami.
Akibat-sebab yaitu budi sehat yang dimulai dengan mengemukakan fakta berupa tanggapan kemudian disusul dengan kesimpulan yang berupa sebab.
Contoh : akibat-sebab
Kemarin Hasan tidak masuk kantor. Hari ini pun tidak. Pagi tadi isterinya ke apotek membeli obat. Sakitkah Hasan?
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengonstruksi teks negoisasi!
Jawaban:
a. Menentukan tujuan
b. menentukan pihak-pihak yang berkaitan
c. menentukan konflik
d. menentukan solusi dalam penawaran
e. menentukan model kesepakatan
2. Sebutkan aneka macam tujuan yang dicapai dari teks negosisasi!
Jawaban:
a. Untuk memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak yang berkepentingan
b. Untuk mempersatukan perbedaan pendapat yang ada antara pihak-pihak yang berkepentingan
c. Untuk menghindari kerugian menyerupai memberatkan salah satu dari pihak-pihak yang berkepentingan.
3. Sebutkan ciri-ciri dari teks negoisasi kalau dilihat menurut isinya!
Jawaban:
a. Negoisasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling setuju ataupun kedua belah pihak setuju untuk tidak sepakat.
b. Tiap-tipa pihak yang bernegoisasi memperjuangkan kepentingannya masing-masing.
c. Negoisasi merupakan sarana untuk menapai penyelesaian
d. Negoisasi bertujuan praktis, yaitu mencapai kesepakatan yang sanggup diterima oleh kedua belah pihak.
4. Jelaskan perihal bagian-bagian dari struktur teks negoisasi!
Jawaban:
a. Pembukaan
Biasanya pembukaan ini berisi pengenalan diri, salam dan sapa yang bertujuan sebagai pengiring topik
b. Isi
Bagian isi teks negoisasi berisi mengenai inti pembahasan. Bagian isi dalam teks negoisasi ini terbagi menjadi dua yaitu penyampaian materi serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Sedangkan yang disebut dengan tawar-menawar dan penyelesaian persoalan yaitu penggalan yang berisi negoisasi atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.
c. Penutup
Bagian epilog ini merupakan penggalan terakhir dalam teks perundingan dan biasanya berisi perihal basa-basi yang mempunyai arti, menyerupai ucapan terima kasih dan sebagainya.
5. Bagian isi dalam teks negoisasi terdiri atas penyampaian materi, serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Jelaskan perihal pernyataan tersebut!
Jawaban: penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Adapun tawar-menawar dan penyelesaian persoalan yaitu penggalan yang berisi perundingan atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.
Baca juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Pilihan Ganda Wajib)
6. Sebutkan kaidah teks negoisasi yang baik!
Jawaban:
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu kata.
b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
d. Jelaskan pandanganmu, buat kesimpulan dari pandangan tersebut, kemudian kau sanggup menyampaikan kalau kau tidak oke dengan kawan negosiasi.
e. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak kawan perundingan untuk memperlihatkan bahwa kau telah mengerti.
f. Minta alasan dari pihak kawan perundingan (mengapa ya/mengapa tidak).
g. Jangan menyela argumentasi dari pihak kawan negosiasi, dengarkan, dan cari titik lemahnya.
7. Jelaskan perihal penggalan orientasi dari teks negoisasi kompleks!
Jawaban: orientasi merupakan struktur yang pertama kali muncul, dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi. Penggunaan kata dalam penggalan ini mengarah pada ucapan basa-basi menyerupai sapaan, salam dan sebagainya.
8. Jelaskan perihal inti dari teks negoisasi!
Jawaban: inti dari teks perundingan yaitu sebuah komunikasi yang dipakai ketika ada perbedaan kebutuhan/kepentingan yang mengakibatkan sebuah pertentangan. Pertentangan tersebut akan dilerai dan dipecahkan dengan sebuah perundingan (negoisasi), di mana kedua belah pihak sanggup merasa diuntungkan.
9. Apa yang dimaksud dengan mengevaluasi teks negoisasi!
Jawaban: mengevaluasi teks negoisasi artinya kegiatan melaksanakan perbaikan terhadap teks negoisasi yang telah ada. Dengan melaksanakan penilaian diharapkan teks negoisasi menjadi lebih baik. Untuk sanggup mengevaluasi sebuah teks tentunya diharapkan ketelitian yang tinggi.
10. Apa yang dimaksud dengan teks negoisasi?
Jawaban:
Teks negoisasi yaitu sebuah teks yang di dalamnya berisi interaksi sosial antara satu pihak dengan pihak lain yang disebabkan oleh adanya suatu kepentingan yang berbeda atau saling bertentangan dan hal ini mengharuskan adanya sebuah penyelesaian (keputusan) semoga sanggup tercapai suatu kesepakatan antara kedua belah pihak.
11. Jelaskan aneka macam metode yang sanggup dipakai dalam kegiatan debat!
Jawaban: ada beberapa metode yang sanggup diterapkan dalam debat, yaitu sebagai berikut.
a. Metode logika sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam memakai ilmu logika.
b. Metode dialektika sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam bertanya. Kegiatan debat dilakukan dengan menentukan penanya dan penjawab bergantaian.
12. Apa yang dimaksud dengan debat? Jelaskan memakai bahasamu sendiri!
Jawaban: debat merupakan kegiatan sabung argumentasi dalam mendiskusikan dan memutuskan persoalan atau perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok.
13. Jelaskan perbedaan antar debat antartim dan debat Lincoln-Douglas!
Jawaban:
a. Debat antartim merupakan salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim mempunyai dua segmen untuk menyajikan argumen bagi pihak mereka. Di babak kedua perdebatan, setiap tim mempunyai dua segmen untuk membantah argumen dari pihak lawannya dari babak pertama tadi.
b. Perdebatan Lincoln-Douglas merupakan jenis perdebatan yang dibuat untuk memungkinkan satu pihak menyajikan argumen mereka. Kemudian, tim lain menyelidiki silang argumen tersebut. Tim kedua menyajikan argumen mereka dan tim pertama yang akan menyelidiki silang argumen tersebut. Akhirnya, setiap tim diberi kesempatan untuk saling menawarkan sanggahan terakhir.
14. Jelaskan perihal peraturan dalam debat parlemen!
Jawaban: debat parlementer bukanlah debat kusir atau sabung argumen tanpa peraturan, sepeti yagn umum dikenal di Indonesia. Dalam sistem debat parlemen, setiap tim akan dterdiri atas beberapa pembicara (dua pada British, dan tiga pada Asian dan Australasian). Masing-masing tim akan berada di sisi yang berlawanan (Affirmative/Government dan Negative/Opposition) dengan stance-nya masin-masing terhadeap suatu topik yang dikenal dengan sebutan motion (yang berarti pergerakan, lantaran pada sistem debat parlementer, topik yang dibahas selalu berupa suatu perubahan yang akan diterapkan di dunia global, terutama negara-negara demokratis).
15. Bagaimana cara berdebat dengan benar? Jelaskan memakai bahasamu sendiri!
Jawaban: cara debat yang baik atau benar harus dilandasi dengan hukum yang berlaku. Misalnya, tidak ada penghinaan. Menyampaikan kritik dengan pedas yaitu sah, tetapi kalau hingga menghina pihak lawan (personally), itu tentu tidak dibenarkan. Untuk itu, dalam kegiatan debat sangat diharapkan seorang moderator yang bisa bertindak atau menengahi program debat tersebut, sehingga sanggup mencegah hal-hal jelek atau negatif yang terjadi dalam debat.
16. Sebutkan aneka macam alasan yang mendorong seseorang/sekelompok orang untuk melaksanakan debat!
Jawaban: ada aneka macam alasan yang mendorong orang untuk berdebat, antara lain sebagai berikut.
a. Meyakinkan orang lain bahwa opini beliau lebih baik
b. Mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu.
c. Menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah
17. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam menganalisis isi debat!
Jawaban:
a. Menuliskan 5W + 1H yang dibicarakan
b. Menentukan topik pembicaraan dalam debat
c. Menentukan tema debat
d. Menyimpulkan isi debat dengan alasan logis
18. Sebutkan cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik dalam suatu debat!
Jawaban:
a. Kuasailah topik yang akan diperdebatkan
b. Carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran
c. Kupaslah topik tersebut secara mendalam
d. Tangkaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang dibicarakan.
19. Sebutkan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk memberikan gagasan dalam debat!
Jawaban:
a. Sampaikanlah gagasan dengan terang dan dengan argumen yang masuk akal!
b. Gunakan bahasa yang baik dan benar
c. Sesuaikan gagasan dengan topik yang diperdebatkan
d. Gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas
20. Sebutkan aneka macam hal yang sanggup dilakukan untuk menciptakan kesimpulan pada tamat program debat!
Jawaban:
a. Kumpulkan semua hasil debat
b. Simpulkan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
c. Kesimpulan harus mewakili seluruh rangkaian debat.
d. Gunakan bahasa yang baik dan benar
e. Buatlah kalimat-kalimat yang bersifat persuasif.
21. Jelaskan pengertian biografi menurut kata dasarnya....
Jawaban: Biografi berasala dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya tersebut, biografi sanggup diartikan sebagai sebuah goresan pena yang membahas perihal kehidupan seseorang.
22. Sebutkan ciri-ciri dari teks biografi....
Jawaban:
a. Biografi mempunyai struktur yang terdiri atas orientasi, insiden atau masalah, serta reorientasi.
b. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
c. Fakualnya (fakta) menurut pengalaman hidup seseorang yang dicertakan dalam tokoh biografi tersebut.
23. Siapa saja yang sanggup diceritakan dalam teks biografi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri dengan singkat....
Jawaban: Biografi sanggup mengisahkan perihal kehidupan seseorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Namun, kebanyakan biografi bercerita perihal tokoh sejarah, tokoh idola, dan
Sebagainya.
24. Jelaskan perihal jenis-jenis biografi....
Jawaban: penulisan biografi sanggup berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Untuk jenis biografi singkat hanya menjelaskan perihal fakta-fakta daru kehidupan seseorang serta tugas pentingnya, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya dongeng yang baik.
25. Sebutkan manfaat yang diambil dari sebuah biografi.....
Jawaban: Manfaat biografi yaitu sanggup meneladani sikap dan sikap tokoh, mempelajari makna hidup, dan mencontoh keberhasilan hidup tokoh.
26. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan biografi.....
Jawaban:
a. Bahan utama berupa benda-benda, menyerupai buku harian, suarat-surat, kliping koran, dan sebagainya.
b. Bahan pendukung berupa biografi lain, buku rujukan atau sejarah yang memaparkan peranan orangdalam biogarfi tersebut, dan sebagainya.
27. Sebutkan aneka macam unsur kebahasaan yang aa dalam teks biografi....
Jawaban: Unsur- unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi, antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas, tempat, dan kata kerja.
28. Jelaskan perbedaan antara biografi singkat dengan biografi panjang....
Jawaban: untuk biografi singkat hanya menjelaskan perihal fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta tugas pentingnya. Adapun untuk biografi panjang meliputi aneka macam informasi bersifat penting, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya dongeng yang baik.
29. Mengapa ketika ini penyajian biografi ditulis secara kronologis....
Jawaban: penyajian biografi ketika ini, biasanya ditulis secara kronologis. Berdasarkan hal tersebut berarti teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks marko. Sebagai teks makro, teks biografi mempunyai struktur teks yang tidak harus sama, bergantung pada bagaimana penulis memberikan citra perihal tokoh dan pristiwa yang dialaminya.
30. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan teks biografi....
Jawaban: a. Mengandung keaslian (autentik) sesuai dengan insiden tolong-menolong dilengkapi bukti yang akurat.
b. Memberikan citra utuh perihal kepriadian tokoh dengan cara menguraikan secara seimbang antara kelebihan dan kekurangannya, meliputi prestasi yang pernah diraih, pengorbanan yang dilakukan, jasa yang pernah disumbangkan kepada bangsa dan negara, juga kebiasaan kurang baik yang dimiliki.
c. Disajikan dalam bentuk wacana yang indah berupa adonan antara narasi dan deksripsi.
d. Menggunakan pola penulisan utuh dan berkesinambungan meskipun di dalamnya terdiri atas bagian-bagian dongeng yang terpisah.
31. Apa yang dimaksud dengan antologi puisi....
Jawaban: buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair.
32. Sebutkan ciri-ciri antalogi puisi....
Jawaban:
a. Terdiri atas beberapa puisi.
b. Karya dari seorang penulis atau beberapa penulis.
33. Jelaskan perihal unsur intrinsik puisi....
Jawaban:
a. Tema, gagasan pokok atau ilham yang menjadi dasar suatu puisi.
b. suasana merupakan unsur pemikiran dan perasaan penyair yang bisa menciptakan suatu suasana terhadap pembaca atau pendengar sehabis membaca atau mendengar suatu puisi.
c. Imaji merupakan citra yang ditimbulkan ketika membaca puisi tersebut melalui indra manusia, pendengaran, pengelihatan, perabaan, dan sebagainya.
d. Simbol merupakan unsur puisi yang menyatakan bahwa kata-kata dalam puisi sebagai suatu lambang untuk maksud dan tujuan yang lain.
e. Musikalitas puisi (nada/bunyi), sebuah puisi disusun atas kata-kata tertentu yang penuh makna dan indah untuk didengar yang berfungsi terhadap keseluruhan makna yang terdapat dalam puisinya.
f. Gaya bahasa merupakan cara penyair memberikan pikiran dan perasaan ketika menciptakan puisi tersebut.
g. Amanat merupakan pesan dari penyair kepada pembaca atau pendengar sehabis memahami tema, bunyi, dan makna dalam puisi tersbut.
34. Sebutkan jenis-jenis puisi baru....
Jawaban: Belanda, Himne, Ode, Epigram, Romansa, Elegi, Soneta, dan sebagainya.
35. Jelaskan yang dimaksud dengan struktur fisik puisi dan struktur batin puisi....
Jawaban: struktur fisik puisi merupakan unsur pembangun puisi yang bersifat fisik atau nampak dalam bentuk susunan kata-kata. Adapun struktur batin puisi merupakan unsur pembangun puisi yang tidak tampak pribadi dalam penulisan kata-katanya.
36. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk memahami makna puisi....
Jawaban: a. Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau lirik karna kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut.
b. Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrasa.
c. Menafsirkan makan kata.
d. Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.
37. Mengapa puisi lebih bersifat konotaif kalau dibandingkan dengan karya sastra lain....
Jawaban: karna banyak dipakai makna hias dan makna lambang. Dibandingkan dengan bentuk dengan bentuk karya sastra lain, puisi lebih bersifat konotatif. Bahasanya lebih banyak mengandung kemungkinan makna. Hal ini disebabkan ternjadinya pengonsentrasian atau pemadatan segenap kekuatan bahasa dalam puisi. Apabila dilihat dari segi bentuk penulisannya, puisi mempunyai suatu tata wajah atau penampilan khusus diatas kertas, yang biasa disebut tipografi.
38. Mengapa setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda....
Jawaban: setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan pikiran dan perasaan ketika menciptakan puisitersebut. Ada beberapa hal yang mengakibatkan perbedaan pemilihan kata pada puisi, menyerupai bedanya zaman, pengalaman hidup penyair, perbedaan kawasan budaya, dan sebagainya.
39. Bagaimana cara mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban: Mendemonstrasikan antalogi puisi akan berbeda dengan membaca sebuah teks cerita. Penjiwaan dan penghayatan dalam demonstrasi atau musikalisasi antalogi puisi harus diperhatikan. Kita juga harus memperhatikan lafal dan intonasi yang jelas. Memahami isi puisi yaitu upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi semoga sanggup mengungkapkan makna tersirat dari untaian kata yang tersirat.
40. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban: a. Vokal merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi. Suara yang lantang, bersih, dan jernih akan sangat kuat dalam mendemonstrasikan puisi. Dalam hal ini, vokal mencangkup artikulasi, diksi, tempo, dinamika, modulasi, intonasi, jeda, dan pernapasaan.
b. Penampilan merupakan faktor lain untuk keberhasilan seseorang dalam membaca puisi. Penampilan ini berkaitan dengan kepribadian atau performance sesorang diatas pentas ketika mempersembahkan sebuah puisi.usahakan terkesan tenang, tak gelisa, tak gugup, berwibawa dan meyakinkan serta mengasyikan (tidak demam panggung). Hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penampilan ketika mendemonstrasikan antologi puisi, antara lain gerak, komunikasi, ekspresi, dan konsentrasi.
41. Jelaskan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi.....
Jawaban: Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau dongeng yan dibuat menurut imajinasi atau imajinasi pengarang.buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat bedasarkan fakta, realita, atau hal-hal, yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
42. Sebutkan jenis-jenis buku fiksi dan nonfiksi....
Jawaban: jenis-jenis buku fiksi, antara lain novel, cerpen, drama, puisi, dan sebagainya. Jenis-jenis buku nonfiksi antara lain buku biografi, buku motivasi, buku keterampilan, dan sebagainya.
43. Siapa saja biasanya yang menciptakan buku nonfiksi? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: dibuat oleh profesioanal di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pegetahuan yang dimilikinya. Misalnya, buku perihal bisnis yang dibuat oleh pembisnis sukses, buku motivasi yang dibuat oleh motivator, dan sebagainya.
44. Mengapa buku nonfiksi lebih terkenal di kalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan. Misalnya, buku sukses bertanam mangga. Buku ini akan laris di pasaran, lantaran kebutuhan orang yang ingin bertanam mangga dengan sukses. Dengan membeli buku ini, pembaca sanggup pribadi memperoleh informasi mengenai cara bertanam mengga yang baik tanpa berusaha payah harus bertanya pada ahlinya.
45. Apa yang dimaksud dengan resensi....
Jawaban: kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film, dengan cara memaparkan data-data, sipnosis, dan kritikan terhadap karya tersebut.
46. Sebutkan aneka macam tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Membantu pembaca mengetahui gembaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
b. Mengetahui kelebihan atau kelemahan buku yang diresensi.
c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
d. Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
e. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan subtansi buku.
47. Jelaskan unsur–unsur dalam pembuatan resensi....
Jawaban: a. Judul resensi harus memiiki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang menarik juga akan memberi nilai lebih dari oada sebuah resensi.
b. isi resensi buku memuat perihal sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan dan kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa.
C. Pada penggalan epilog biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.
48. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam meresensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Carilah dan tentukan buku fiksi dan buku nonfksi yang akan dibuat resensi.
b. Catatlah identitas buku yang akan diresensi, menyerupai jenis buku, judul buku, nema pengarang nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dan harga buku.
c. Catat dan pahami tujuan dana latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku. Buatlah daftar pokok-pokok isi buku secara keseluruhan.
d. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
e. Tulis ringkasan materi dari buku yang dibuat resensi secara terang dan sistematis.
f. Pada tamat resensi berilah saran dan kesimpulan, apakah buku yang kita resensi tersebut layak dibaca atau tidak.
49. Baik buku fiksi maupun nonfiksi mempunyai tujuan sendiri yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Jelaskan perihal pernyataan tersebut....
Jawaban: sebagaia pemabaca kita diberi kebebasan untuk menentukan jenis buku yang paling disukai untuk dibaca atau membaca buku untuk tujuan tertentu, menyerupai memberi motivasi pada diri sendiri dengan membaca buku motivasi atau buku budidaya yang akan menawarkan keterampilan khusus kepada pembacanya.
50. Apa yang dimaksud dengan menganalisis....
Jawaban: Menelaah yaitu kegiatan mengkaji sebuah teks untuk meneliti struktur dan bahasa teks tersebut secara mendalam.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 38Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
- 1 Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
- Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
- Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
- 1 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
- Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
- Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Pencarian yang paling banyak dicari
- contoh soal essay bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya
- soal essay bahasa indonesia kelas 10 semester 2
- soal bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
- soal bahasa indonesia kelas 10 smk dan kunci jawaban
- contoh soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 beserta jawabannya
- soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya
- soal bahasa indonesia kelas 10 beserta kunci jawaban kurikulum 2013
- soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya semester 2018,2019,2020,2021,2022