Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat Student-Society dimana saja berada, pada kesempata yang baik ini admin ingin membagikan Soal Essay Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi adik adik yang duduk dikelas 11 SMA/MA Pada pembahan kurikulum 2013. Soal ini sudah admin sediakan juga dengan kunci jawabannya sekalian, Sehingga adik adik sanggup menjadikan sebagai latihan pembelajaran. Oiya Membacakan informasi sanggup menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan bagi sang pembaca dan pendengarnya jikalau pembacaan dilakukan dengan baik. Untuk sanggup menjadi pembaca informasi yang baik perlu berlatih:
Dalam memberikan berita, intonasi sanggup menjadikan bermacam arti. Keras lambatnya bunyi atau pengubahan nada, dan cepat lambatnya pembacaan sanggup dipakai sebagai penegasan, peralihan waktu, perubahan suasana, maupun perenungan.
Dalam membacakan informasi hendaknya diutamakan pelafalan yang tepat. Gerak-gerik terbatas pada gerak tangan, lengan atau kepala. Segala gerak tersebut lebih banyak bersifat mengisyaratkan (bernilai sugestif) dan jangan berlebihan. Untuk menjadikan suasana khusus yang diharapkan dalam pembacaan, bunyi lebih efektif dengan didukung oleh ekspresi wajah. Air muka (mimik) dan alunan bunyi yang pas lebih efektif untuk meningkatkan suasana. Senyum atau kerutan kening juga sanggup membantu penafsiran teks.
Perhatikan pula kontak pandangan Anda dengan pendengar (penonton), terutama bila membacakan informasi melalui media televisi atau kontak eksklusif dengan pendengarnya.Jadi, membaca informasi yaitu memberikan suatu informasi atau informasi melalui membaca teks informasi dengan lafal, intonasi, dan perilaku secara benar
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Bagian-bagian pidato/sambutan terdiri atas....
Jawaban: pembuka, isi, penutup
2. Orang yang jago berpidato disebut....
Jawaban: orator
3. Kerangka karangan mempunyai kegunaan untuk....
Jawaban: panduan menyusun karangan
4. Paragraf yang gagasan pokoknya berada di final paragraf disebut....
Jawaban: induktif
5. Hal yang telah benar-benar terjadi disebut...
Jawaban: fakta
6. Pokok sambutan terdapat di bagian...
Jawaban: isi
7. Pidato atau ceramah berisi uraian wacana anutan agama disebut...
Jawaban: khotbah
8. Dalam sebuah uraian ada serpihan yang berisi harapan penulis disebut....
Jawaban: opini
9. Uraian wacana planning kegitan/program disebut...
Jawaban: proposal
10. Dalam paragraf, contoh-contoh, ilustrasi, dan gambaran-gambaran parsial merupakan ciri...
Jawaban: kalimat penjelas
11. Suatu khotbah yang baik apabila temanya baik, memakai bahasa yang baik, penyampaiannya juga baik dan komunikatif. Karena itulah seseorang yang akan berkhotbah terlebih dahulu harus mengadakan persiapan-persiapan. Sebutkan persiapan-persiapan tersebut!
Jawaban: persiapan-persiapan khotbah antara lain:
a. Menganalisis pendengar
b. Menentukan dan membatasi topik
c. Mengumpulkan bahan
d. Membuat kerangka sambutan atau khotbah
e. Menguraikan kerangka sambutan atau khotbah
f. Melatih dengan bunyi nyaring
12. Buatlah sebuah teladan kesimpulan ceramah yang bertemakan ancaman rokok!
Jawaban: Hadirin yang saya hormati, dari uraian yan telah saya sampaikan di depan sanggup saya simpulkan (1) kebiasaan merokok yaitu tidak baik lantaran merokok sanggup merusak kesehatan bagi orang yang merokok aktif dan pasif, (2) Dengan merokok sanggup menambah keborosan keuangan. (3) Orang yang merokok akan terlihat lebih bau tanah dan membuat kulit pucat.
13. Apakah yang dimaksud gagasan utama?
Jawaban: Gagasa utama yaitu gagasan yagn menjadi dasar pengembangan paragraf
14. Apakah yang dimaksud dengan paragraf deduktif?
Jawaban: paragraf deduktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya di awal paragraf
Baca juga: teladan soal essay bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas xi semester 1
15. Buatlah teladan paragraf yang berpola pengembangan korelasi perbandingan!
Jawaban: Agus telah melaksanakan srangkaian uji coba di pelabagai kawasan pada ekspresi dominan tanam 2004/2005. Pada eksperimen di Soreang Kabupaten Bandung, sawah percobaan Agus yang dipupuk takaran normal ditambah semprotan Bioreg memperlihatkan hasil gabah kering panen (GKP) sebesar 14 toan. Tanpa Bioreg dengan takaran memupuk N-K normal, akhirnya hanya 7,5 ton. Jadi, ada kenaikan produksi 52%.
16. Orang yang diwawancarai dalam acara wawancara disebut....
Jawaban: narasumber
17. Sebelum melaksanakan wawancara pewawancara perlu mempersiapkan....
Jawaban: daftar pertanyaan
18. Pemeran tokoh dalam drama disebut....
Jawaban: aktor
19. Tujuan pembuatan anjuran adalah....
Jawaban: sebagai perencanaan dalam pencarian dana
20. Surat yang berkaitan dengan duduk kasus jual beli disebut....
Jawaban: surat niaga
21. Jelaskan yang dimaksud dengan wawancara!
Jawaban: wawancara yaitu tanya jawab antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai/narasumber dengan tujuan untuk memperoleh data untuk keperluan tertentu.
22. Alat-alat apakah yang dipakai dalam wawancara?
Jawaban: materi wawancara yaitu daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan. Alat wawancara yaitu alat tulis dan perekam.
23. Apakah tujuan memilih topik sebelum melaksanakan wawancara?
Jawaban: supaya acara wawancara sanggup berjalan dengan lancar, contohnya akan memudahkan memilih narasumber dan pembuatan perntanyaan yang terfokus pada topik yang telah ditentukan.
24. Apabila kelompok kau akan melaksanakan wawancara dengan narasumber, persiapan apa yang diharapkan supaya memperoleh informasi yang memuaskan?
Jawaban: persiapan wawancara:
a. memilih topik
b. Menentukan narasumber
c. mengadakan perjanjian dengan narasumber
d. membuat daftar pertanyaan
e. melaksanakan wawancara dengan alat tulis dan perekam yang memadai
25. Artikan istilah dalam wawancara berikut ini!
a. Narasumber
b. Moderator
c. Partisipan
Jawaban:
a. Narasumber yaitu orang yang menjadi sumber/permasalahan dalam acara diskusi
b. Moderator yaitu pemimpin diskusi
c. Partisipan yaitu penerima diskusi
26. Macam-macam konflik dalam drama meliputi....
Jawaban: internal dan eksternal
27. Gagasan pokok dalam naskah drama disebut....
Jawaban: tema
28. Macam-macam karya prosa usang adalah....
Jawaban: hikayat
29. Tema pokok karya sastra prosa usang adalah....
Jawaban: istana sentris
30. Latar kawasan pada karya prosa usang yaitu sekitar....
Jawaban: istana
31. Jelaskan pengertian dari drama!
Jawaban: drama yaitu tiruan kehidupan yang dipentaskan
32. Persiapan-persiapan apa sajakah yang harus dikerjakan dalam pementasan drama?
Jawaban:
a. tahap persiapan
1) Menghafal teks
2) Memahami pengucapan dan lagu kalimat
3) Memahami tabiat pelaku yang diperankan
4) Memahami kisah secara keseluruhan
5) Mempersiapkan panggung
b. tahap pelaksanaan:
1) Memerhatikan pengucapan dan lagu kalimat, serta teknik pernapasan
2) Berakting sesuai dengan tuntutan karakter dan cerita
33. Melalui apa saja tabiat tokoh dalam drama sanggup terungkap?
Jawaban:
a. Tindakan atau lakuan
b. ujaran/ucapan
c. pikiran, perasaan, dan kehendak
d. penampilan fisik
34. Dilihat dari fungsi penampilannya, tokoh dalam drama dibedakan menjadi berapa? Jelaskan!
Jawaban:
a. Tokoh protagonis yaitu tokoh yang merupakan pengejawantahan norma-norma atau nilai-nilai yang ideal. Tokoh protagonis yaitu tokoh yang memperlihatkan simpati dan tenggang rasa kepada penonton atau pembaca sehingga penonton atau pembaca melibatkan diri secara emosional terhadap tokoh tersebut.
b. Tokoh antagonis, yaitu tokoh yang menjadi penyebab terjadinya konflik. Tokoh antagonis merupakan lawan dari tokoh protagonis. Konflik itu sendiri tidak harus disebabkan oleh protagonis seorang atau beberapa orang, namun sanggup disebabkan oleh hal lain, contohnya lingkungan alam, lingkungan sosial, tragedi alam, aturan-aturan, norma-norma.
35. Berdasarkan jumlahnya, plot sanggup dibedakan menjadi berapa? Jelaskan!
Jawaban:berdasarkan jumlahnya, plot dibedakan menjadi 2, yaitu:
a. Plot tunggal
Plot tunggal biasanya dipakai dalam kisah yang hanya menampilkan seorang tokoh utama. Ceritanya hanya mengisahkan kehidupan seorang tokoh tersebut.
b. Plot sub-subplot
Plot ini dipakai jikalau kisah yang dikisahkan menampilkan kehidupan dari seorang tokoh.
36. Jelaskan pengertian novel!
Jawaban: karangan yang mengisahkan sisi utuh atas problematika kehidupan seseorang atau beberapa orang tokoh
37. Sebut dan jelaskan unsur ekstrinsik novel!
Jawaban: unsur ekstrinsik novel berkaitan dengan latar belakang pengarang dan kepengarangannya.
a. Latar belakang pengarang, seperti: pendidikan, kondisi keluarga, jenis kelamin, dan usia.
b. Waktu dan kawasan penulisan karya sastra itu, menyerupai sekolah, rumah kantor, dan sebagainya.
c. Unsur budaya, sosial, pendidikan, ekonomi, politik, moral dan agama
38. Sebutkan hal-hal yang ditulis dalam penulisan daftar pustaka dan berilah contohnya!
Jawaban:
a. nama pengarang
b. tahun terbit
c. judul buku
d. kota terbit
e. penerbit
Contoh: Jassin, H.B. 1981. Angkatan 66 Prosa dan Puisi. Jakarta: Gunung Agung.
39. Bagaimanakah cara memilih tema cerita?
Jawaban: cara memilih tema ceria yaitu sebagai berikut.
a. Kata-kata dan kalimat dalam kisah harus kita resapi benar
b. Setiap paragraf kisah itu kita ambil intinya
c. Hubungan alasannya dan akhir antara inti paragraf yang satu dengan inti paragraf yang lainnya kita kaji benar-benar, sehingga sanggup mengambil kesimpulan yang menjadi pokok duduk kasus (tema).
40. Jelaskan pengertian hikayat!Apakah kau mengenal bentuk lainnya? Sebutkan!
Jawaban: hikayat yaitu bentuk sastra usang yang berisikan kisah kehidupan para dewa, peri, pangeran, putri kerajaan, serta raja-raja yang mempunyai kehidupan yang luar biasa dan ajaib. Contoh hikayat antara Hang Tuah, Sabai Nan Aluih, 1001 malam.
41. Sebut dan jelaskan unsur instrinsik dalam novel!
Jawaban: unsur instrinsik mencakup tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, dan amanat.
a. tema merupakan gagasan yang menjalin struktur isi cerita
b. Alur/plot yaitu pola pengembangan kisah yang terbentuk oleh korelasi alasannya akibat
c. Latar atau setting merupakan tempat, waktu, dan suasana yang dipakai dalam cerita
d. Penokohan yaitu cara pengarang menggambarkan dan menyebarkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita
e. Sudut pandang (point of view) yaitu posisi pengarang dalam membawakan cerita
f. Amanat merupakan anutan moral atau pesan dikdaktis yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karyanya itu.
42. Perlengkapan apa yang diharapkan dalam pementasan drama?
Jawaban:
a. Tata rias dan tata busana
b. Perlengkapan panggung
43. Jelaskan fungsi dari tata rias dan tata busana dalam pementasan drama!
Jawaban: tujuan penggunaan tata rias yaitu untuk membuat wajah tugas sesuai dengan tuntutan lakon. Fungsinya, mengubah tabiat seseorang, baik dari segi fisik, psikis, maupun sosial serta memperlihatkan tekanan dalam perannya. Tata rias sangat mendukung karakter yang diperankan. Sedangkan tata busana juga mempunyai fungsi sama dengan tata rias, yaitu membantu pemain film membawakan kiprahnya sesuai dengan tuntutan lakon. Tata busana dalam pementasan drama bertujuan sebagai berikut.
a. Membantu mengidentifikasi periode ketika lakon dilaksanakan
b. Membantu mengidividualisasikan pemain
c. Menunjukkan asal seruan dan status sosial tokoh yang diperankan
d. Menunjukkan waktu insiden itu terjadi
e. Mengekspresikan usia seseorang
f. Mengekspresikan gaya pemain
g. Membantu gerak-gerik pemain film di pentas serta membantu pemain film mengekspresikan wajahnya.
44. Apa yang kau ketahui wacana perlengkapan panggung?
Jawaban: perlengkapan panggung mencakup hal-hal berikut:
a. Tata lampu
Tujuan penggunaan tata lampu sebagai berikut
1) Sebagai penerangan di pangung dan terhadap aktor
2) Memberikan imbas alamiah dari waktu, menyerupai jam, musim, cuaca, dan suasana
3) Membantu melukis dekor sehingga terdapat imbas sinar bayangan
4) Melambangkan maksud dengan memperkuat kejiwaannya
5) Mendukung pengungkapan gaya dan tema lakon
6) Memberikan variasi-variasi
b. Tata pentas dan dekorasi
Tata pentas berkaitan dengan bentuk dan kontruksi pentas dari banyak sekali kurun waktu
c. Ilustrasi musik/tata suara
Ilustrasi musik sangat mendukung suasana. Di panggung dipasang pengeras bunyi dengan microphone yang cukup memadai, sehigga obrolan dalam drama sanggup terdengar.
45. Sebutkan 4 hal yang dipakai untuk memperbaiki atau menyunting karya tulis!
Jawaban: memperbaiki atau menyunting karya tulis sanggup dilakukan dengan menganalisis berikut ini.
a. Keaslian dan ketetapan gagasan (ide asli, mutakhir, aktual)
b. Kelayakan duduk kasus untuk dibahas (terlalu sederhana, terlalu rumit, penting, tidak penting, bermanfaat, tidak bermanfaat)
c. Ketepatan pengembangan gagasan dalam sistematika goresan pena (kelogisan, keruntutan, kelancaran)
d. Ketetapan penggunaan bahasa (diksi, rumusan kalimat, susunan paragraf, tanda baca, dan ejaan).
Demikianlah informasi yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
- lafal dan pengucapan yang jelas;
- intonasi yang benar;
- sikap yang benar.
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Dalam memberikan berita, intonasi sanggup menjadikan bermacam arti. Keras lambatnya bunyi atau pengubahan nada, dan cepat lambatnya pembacaan sanggup dipakai sebagai penegasan, peralihan waktu, perubahan suasana, maupun perenungan.
Dalam membacakan informasi hendaknya diutamakan pelafalan yang tepat. Gerak-gerik terbatas pada gerak tangan, lengan atau kepala. Segala gerak tersebut lebih banyak bersifat mengisyaratkan (bernilai sugestif) dan jangan berlebihan. Untuk menjadikan suasana khusus yang diharapkan dalam pembacaan, bunyi lebih efektif dengan didukung oleh ekspresi wajah. Air muka (mimik) dan alunan bunyi yang pas lebih efektif untuk meningkatkan suasana. Senyum atau kerutan kening juga sanggup membantu penafsiran teks.
Perhatikan pula kontak pandangan Anda dengan pendengar (penonton), terutama bila membacakan informasi melalui media televisi atau kontak eksklusif dengan pendengarnya.Jadi, membaca informasi yaitu memberikan suatu informasi atau informasi melalui membaca teks informasi dengan lafal, intonasi, dan perilaku secara benar
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Bagian-bagian pidato/sambutan terdiri atas....
Jawaban: pembuka, isi, penutup
2. Orang yang jago berpidato disebut....
Jawaban: orator
3. Kerangka karangan mempunyai kegunaan untuk....
Jawaban: panduan menyusun karangan
4. Paragraf yang gagasan pokoknya berada di final paragraf disebut....
Jawaban: induktif
5. Hal yang telah benar-benar terjadi disebut...
Jawaban: fakta
6. Pokok sambutan terdapat di bagian...
Jawaban: isi
7. Pidato atau ceramah berisi uraian wacana anutan agama disebut...
Jawaban: khotbah
8. Dalam sebuah uraian ada serpihan yang berisi harapan penulis disebut....
Jawaban: opini
9. Uraian wacana planning kegitan/program disebut...
Jawaban: proposal
10. Dalam paragraf, contoh-contoh, ilustrasi, dan gambaran-gambaran parsial merupakan ciri...
Jawaban: kalimat penjelas
11. Suatu khotbah yang baik apabila temanya baik, memakai bahasa yang baik, penyampaiannya juga baik dan komunikatif. Karena itulah seseorang yang akan berkhotbah terlebih dahulu harus mengadakan persiapan-persiapan. Sebutkan persiapan-persiapan tersebut!
Jawaban: persiapan-persiapan khotbah antara lain:
a. Menganalisis pendengar
b. Menentukan dan membatasi topik
c. Mengumpulkan bahan
d. Membuat kerangka sambutan atau khotbah
e. Menguraikan kerangka sambutan atau khotbah
f. Melatih dengan bunyi nyaring
12. Buatlah sebuah teladan kesimpulan ceramah yang bertemakan ancaman rokok!
Jawaban: Hadirin yang saya hormati, dari uraian yan telah saya sampaikan di depan sanggup saya simpulkan (1) kebiasaan merokok yaitu tidak baik lantaran merokok sanggup merusak kesehatan bagi orang yang merokok aktif dan pasif, (2) Dengan merokok sanggup menambah keborosan keuangan. (3) Orang yang merokok akan terlihat lebih bau tanah dan membuat kulit pucat.
13. Apakah yang dimaksud gagasan utama?
Jawaban: Gagasa utama yaitu gagasan yagn menjadi dasar pengembangan paragraf
14. Apakah yang dimaksud dengan paragraf deduktif?
Jawaban: paragraf deduktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya di awal paragraf
Baca juga: teladan soal essay bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas xi semester 1
15. Buatlah teladan paragraf yang berpola pengembangan korelasi perbandingan!
Jawaban: Agus telah melaksanakan srangkaian uji coba di pelabagai kawasan pada ekspresi dominan tanam 2004/2005. Pada eksperimen di Soreang Kabupaten Bandung, sawah percobaan Agus yang dipupuk takaran normal ditambah semprotan Bioreg memperlihatkan hasil gabah kering panen (GKP) sebesar 14 toan. Tanpa Bioreg dengan takaran memupuk N-K normal, akhirnya hanya 7,5 ton. Jadi, ada kenaikan produksi 52%.
16. Orang yang diwawancarai dalam acara wawancara disebut....
Jawaban: narasumber
17. Sebelum melaksanakan wawancara pewawancara perlu mempersiapkan....
Jawaban: daftar pertanyaan
18. Pemeran tokoh dalam drama disebut....
Jawaban: aktor
19. Tujuan pembuatan anjuran adalah....
Jawaban: sebagai perencanaan dalam pencarian dana
20. Surat yang berkaitan dengan duduk kasus jual beli disebut....
Jawaban: surat niaga
21. Jelaskan yang dimaksud dengan wawancara!
Jawaban: wawancara yaitu tanya jawab antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai/narasumber dengan tujuan untuk memperoleh data untuk keperluan tertentu.
22. Alat-alat apakah yang dipakai dalam wawancara?
Jawaban: materi wawancara yaitu daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan. Alat wawancara yaitu alat tulis dan perekam.
23. Apakah tujuan memilih topik sebelum melaksanakan wawancara?
Jawaban: supaya acara wawancara sanggup berjalan dengan lancar, contohnya akan memudahkan memilih narasumber dan pembuatan perntanyaan yang terfokus pada topik yang telah ditentukan.
24. Apabila kelompok kau akan melaksanakan wawancara dengan narasumber, persiapan apa yang diharapkan supaya memperoleh informasi yang memuaskan?
Jawaban: persiapan wawancara:
a. memilih topik
b. Menentukan narasumber
c. mengadakan perjanjian dengan narasumber
d. membuat daftar pertanyaan
e. melaksanakan wawancara dengan alat tulis dan perekam yang memadai
25. Artikan istilah dalam wawancara berikut ini!
a. Narasumber
b. Moderator
c. Partisipan
Jawaban:
a. Narasumber yaitu orang yang menjadi sumber/permasalahan dalam acara diskusi
b. Moderator yaitu pemimpin diskusi
c. Partisipan yaitu penerima diskusi
26. Macam-macam konflik dalam drama meliputi....
Jawaban: internal dan eksternal
27. Gagasan pokok dalam naskah drama disebut....
Jawaban: tema
28. Macam-macam karya prosa usang adalah....
Jawaban: hikayat
29. Tema pokok karya sastra prosa usang adalah....
Jawaban: istana sentris
30. Latar kawasan pada karya prosa usang yaitu sekitar....
Jawaban: istana
31. Jelaskan pengertian dari drama!
Jawaban: drama yaitu tiruan kehidupan yang dipentaskan
32. Persiapan-persiapan apa sajakah yang harus dikerjakan dalam pementasan drama?
Jawaban:
a. tahap persiapan
1) Menghafal teks
2) Memahami pengucapan dan lagu kalimat
3) Memahami tabiat pelaku yang diperankan
4) Memahami kisah secara keseluruhan
5) Mempersiapkan panggung
b. tahap pelaksanaan:
1) Memerhatikan pengucapan dan lagu kalimat, serta teknik pernapasan
2) Berakting sesuai dengan tuntutan karakter dan cerita
33. Melalui apa saja tabiat tokoh dalam drama sanggup terungkap?
Jawaban:
a. Tindakan atau lakuan
b. ujaran/ucapan
c. pikiran, perasaan, dan kehendak
d. penampilan fisik
34. Dilihat dari fungsi penampilannya, tokoh dalam drama dibedakan menjadi berapa? Jelaskan!
Jawaban:
a. Tokoh protagonis yaitu tokoh yang merupakan pengejawantahan norma-norma atau nilai-nilai yang ideal. Tokoh protagonis yaitu tokoh yang memperlihatkan simpati dan tenggang rasa kepada penonton atau pembaca sehingga penonton atau pembaca melibatkan diri secara emosional terhadap tokoh tersebut.
b. Tokoh antagonis, yaitu tokoh yang menjadi penyebab terjadinya konflik. Tokoh antagonis merupakan lawan dari tokoh protagonis. Konflik itu sendiri tidak harus disebabkan oleh protagonis seorang atau beberapa orang, namun sanggup disebabkan oleh hal lain, contohnya lingkungan alam, lingkungan sosial, tragedi alam, aturan-aturan, norma-norma.
35. Berdasarkan jumlahnya, plot sanggup dibedakan menjadi berapa? Jelaskan!
Jawaban:berdasarkan jumlahnya, plot dibedakan menjadi 2, yaitu:
a. Plot tunggal
Plot tunggal biasanya dipakai dalam kisah yang hanya menampilkan seorang tokoh utama. Ceritanya hanya mengisahkan kehidupan seorang tokoh tersebut.
b. Plot sub-subplot
Plot ini dipakai jikalau kisah yang dikisahkan menampilkan kehidupan dari seorang tokoh.
36. Jelaskan pengertian novel!
Jawaban: karangan yang mengisahkan sisi utuh atas problematika kehidupan seseorang atau beberapa orang tokoh
37. Sebut dan jelaskan unsur ekstrinsik novel!
Jawaban: unsur ekstrinsik novel berkaitan dengan latar belakang pengarang dan kepengarangannya.
a. Latar belakang pengarang, seperti: pendidikan, kondisi keluarga, jenis kelamin, dan usia.
b. Waktu dan kawasan penulisan karya sastra itu, menyerupai sekolah, rumah kantor, dan sebagainya.
c. Unsur budaya, sosial, pendidikan, ekonomi, politik, moral dan agama
38. Sebutkan hal-hal yang ditulis dalam penulisan daftar pustaka dan berilah contohnya!
Jawaban:
a. nama pengarang
b. tahun terbit
c. judul buku
d. kota terbit
e. penerbit
Contoh: Jassin, H.B. 1981. Angkatan 66 Prosa dan Puisi. Jakarta: Gunung Agung.
39. Bagaimanakah cara memilih tema cerita?
Jawaban: cara memilih tema ceria yaitu sebagai berikut.
a. Kata-kata dan kalimat dalam kisah harus kita resapi benar
b. Setiap paragraf kisah itu kita ambil intinya
c. Hubungan alasannya dan akhir antara inti paragraf yang satu dengan inti paragraf yang lainnya kita kaji benar-benar, sehingga sanggup mengambil kesimpulan yang menjadi pokok duduk kasus (tema).
40. Jelaskan pengertian hikayat!Apakah kau mengenal bentuk lainnya? Sebutkan!
Jawaban: hikayat yaitu bentuk sastra usang yang berisikan kisah kehidupan para dewa, peri, pangeran, putri kerajaan, serta raja-raja yang mempunyai kehidupan yang luar biasa dan ajaib. Contoh hikayat antara Hang Tuah, Sabai Nan Aluih, 1001 malam.
41. Sebut dan jelaskan unsur instrinsik dalam novel!
Jawaban: unsur instrinsik mencakup tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, dan amanat.
a. tema merupakan gagasan yang menjalin struktur isi cerita
b. Alur/plot yaitu pola pengembangan kisah yang terbentuk oleh korelasi alasannya akibat
c. Latar atau setting merupakan tempat, waktu, dan suasana yang dipakai dalam cerita
d. Penokohan yaitu cara pengarang menggambarkan dan menyebarkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita
e. Sudut pandang (point of view) yaitu posisi pengarang dalam membawakan cerita
f. Amanat merupakan anutan moral atau pesan dikdaktis yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karyanya itu.
42. Perlengkapan apa yang diharapkan dalam pementasan drama?
Jawaban:
a. Tata rias dan tata busana
b. Perlengkapan panggung
43. Jelaskan fungsi dari tata rias dan tata busana dalam pementasan drama!
Jawaban: tujuan penggunaan tata rias yaitu untuk membuat wajah tugas sesuai dengan tuntutan lakon. Fungsinya, mengubah tabiat seseorang, baik dari segi fisik, psikis, maupun sosial serta memperlihatkan tekanan dalam perannya. Tata rias sangat mendukung karakter yang diperankan. Sedangkan tata busana juga mempunyai fungsi sama dengan tata rias, yaitu membantu pemain film membawakan kiprahnya sesuai dengan tuntutan lakon. Tata busana dalam pementasan drama bertujuan sebagai berikut.
a. Membantu mengidentifikasi periode ketika lakon dilaksanakan
b. Membantu mengidividualisasikan pemain
c. Menunjukkan asal seruan dan status sosial tokoh yang diperankan
d. Menunjukkan waktu insiden itu terjadi
e. Mengekspresikan usia seseorang
f. Mengekspresikan gaya pemain
g. Membantu gerak-gerik pemain film di pentas serta membantu pemain film mengekspresikan wajahnya.
44. Apa yang kau ketahui wacana perlengkapan panggung?
Jawaban: perlengkapan panggung mencakup hal-hal berikut:
a. Tata lampu
Tujuan penggunaan tata lampu sebagai berikut
1) Sebagai penerangan di pangung dan terhadap aktor
2) Memberikan imbas alamiah dari waktu, menyerupai jam, musim, cuaca, dan suasana
3) Membantu melukis dekor sehingga terdapat imbas sinar bayangan
4) Melambangkan maksud dengan memperkuat kejiwaannya
5) Mendukung pengungkapan gaya dan tema lakon
6) Memberikan variasi-variasi
b. Tata pentas dan dekorasi
Tata pentas berkaitan dengan bentuk dan kontruksi pentas dari banyak sekali kurun waktu
c. Ilustrasi musik/tata suara
Ilustrasi musik sangat mendukung suasana. Di panggung dipasang pengeras bunyi dengan microphone yang cukup memadai, sehigga obrolan dalam drama sanggup terdengar.
45. Sebutkan 4 hal yang dipakai untuk memperbaiki atau menyunting karya tulis!
Jawaban: memperbaiki atau menyunting karya tulis sanggup dilakukan dengan menganalisis berikut ini.
a. Keaslian dan ketetapan gagasan (ide asli, mutakhir, aktual)
b. Kelayakan duduk kasus untuk dibahas (terlalu sederhana, terlalu rumit, penting, tidak penting, bermanfaat, tidak bermanfaat)
c. Ketepatan pengembangan gagasan dalam sistematika goresan pena (kelogisan, keruntutan, kelancaran)
d. Ketetapan penggunaan bahasa (diksi, rumusan kalimat, susunan paragraf, tanda baca, dan ejaan).
Demikianlah informasi yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
- soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
- soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
- contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
- soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
- soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban
- soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
- soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1 2018,2019,2020,2021,2022