105+  Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

105+ Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

105+ Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

105+ Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat Student Society yang baik hati, abang ada kabar bangga , pada kesempatan kali ini abang ingin berbagsi soal Essay Seni Budaya sebanyak 105 soal yang siap dijadikan sebagai materi latihan adik adik sebelum ujian sekolah berlangsung. Oiya Seni berdasarkan Drs. Popo Iskandar digambarkan dengan sebagai sarana komunikasi yang diungkapkan dalam sebuah karya sehingga sanggup memperlihatkan suatu bentuk pengalaman berupa kesadaran sosial bagi insan dalam menjalani kehidupanya baik di skala kelompok maupun masyarakat luas.
 pada kesempatan kali ini abang ingin berbagsi soal Essay Seni Budaya sebanyak  105+  Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
105+ Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pengertian Seni Menurut Drs. Suwaji Bastomi

Prof. Drs. Suwaji bastomi menjelaskan bahwa menurutnya seni merupakan acara batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub & haru.

Penjelasan:
Prof. Drs. Bastomi menyatakan bahwa seni merupakan sebuah kegiatan atau aktifitas batin bagi seseorang yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika berupa karya yang agung dan mempunyai daya tarik yang membuat orang lain merasa takjub dan haru.

Pengertan Seni Menurut Schopenhaur

Seni berdasarkan Schopenhauer merupakan segala perjuangan untuk membuat bentuk-bentuk yang sangat menyenangkan. Menurut tiap orang bahagia dengan fungsi seni musik meskipun seni musik ialah seni yang paling abstrak

Penjelasan:
Schopenhaur menjelaskan bahwa seni merupakan kegiatan yang menyenangkan melalui penciptaan sesuatu bentuk (Hasil karya). Sebagai pola Schopenhaur menyatakan bahwa semisal seni musik akan sangat dicintai oleh semua orang dari banyak sekali kalangan walaupun seni musik dianggap sebaia sebuah seni yang paling abnormal akan tetapi selalu menjadi seni yang sanggup dinikmati.




Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA



105+ Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sobat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !


1. Pameran selesai semester di sekolah merupakan jenis pameran….
Jawaban: rutin

2. Bahan kain yang dipakai dalam membatik harus….
Jawaban: polos

3. keramik dibentuk dibahan….
Jawaban: tanah liat

4. Pameran yang hanya menampilkan satu jenis karya seni saja disebut pameran….
Jawaban: homogen

5. Undangan merupakan media untuk….
Jawaban: Mempublikasikan program pameran.

6. Pameran yang dilakukan di lapangan merupakan festival jenis
Jawaban: terbuka

7. Batik merupakan jenis karya senirupa berbentuk….
Jawaban: dua dimensi

8. Rangkaian kegiatan festival diakhiri oleh kegiatan….
Jawaban: evaluasi

9. Suatu festival sanggup dikatakan berhasil jika….
Jawaban: mempunyai banyak pengunjung

10. Melakukan perizinan penyelenggaraan festival sanggup dilakukan dengan menunjukan….
Jawaban: proposal

11. Sebutkan lima tujuan dari penyelenggara pameran!
Jawaban:
a. Guna menerangkan dan membuatkan bakat-bakat seni pada semua kalangan, sehingga mendapat legalisasi akan prestasi yang dimiliki.
b. Guna menigkatkan perilaku aspresiatif seni pada setiap pengunjung
c. Guna menghibur (rekreasi), baik bagi para penikmat seni maupun masyarakat pada umumnya.
d. Guna membangun motivasi pada para pengunjung untuk bisa mengambil tindakan yang bermanfaat dari pesan yang terkandung dalam karya-karya yang terdapat dalam pameran
e. Memupuk dan meningkatkan kecintaan pada seni rupa terutama karya anak bangsa
f. Mewujudkan hasil praktik dari mempelajari seni rupa dalam sebuah forum pendidikan
g. Memupuk semangat kekeluargaan, kegotongroyongan, dan kerjasama (komunikasi antar sesame panitia)
h. Memperluas cakrawala (informasi dan edukasi dibidang kesenian)

12. Jelaskan jenis-jenis festival berdasarkan tempat berlangsungnya!
Jawaban:
a. Pameran terbuka, yaitu festival yang dilakukan secara terbuka diluar ruangan (outdoor exhibition).
b. Pameran tertutup, yaitu festival yang dilakukan didalam ruangan.
c. Pameran bergerak, yaitu festival yang dilakukan dengan memakai alat yang
bergerak (mobile exhibition), contohnya mobil

13. Apa saja yang harus dilaksanakan dalam perencanaan pameran
Jawaban:
a. Membentuk kepanitiaan
b. Menentukan tema dan tujuan pameran
c. Menentukan waktu penyelenggaraan pameran
d. Menentukan planning kegiatan

14. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat pameran!
Jawaban:
a. asumsi kapasitas gedung untuk menampung para pengunjung
b. Pilihlah tempat yang letaknya strategis atau gampang dijangkau oleh banyak sekali transportasi umum, juga yang banyak dikenal atau populer.
c. Usaha tempat tersebut mempunyai sarana dan prasarana yang memadai.
d. Biaya murah dan kualitas terjamin.
e. Terjamin situasi yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
f.  Memiliki tempat parker yang sanggup menampung jumlah pengunung yang telah ditentukan.

15. Sebutkan fungsi festival berdasarkan pendapatmu!
Jawaban: sebagai sarana apresiasi, sarana edukasi, sarana komunikasi, sarana prestasi, dan sarana rekreasi.

16. Karya seni rupa terapan yang dipakai sebagai alat berburu pada zaman….
Jawaban: prasejarah.

17. Campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder menghasilkan warna….
Jawaban:  tersier.

18. Teknik pembuatan batik yang dilakukan dengan mengambil dan menarik penggalan kain yang tidak ingin terkena warna, yaitu teknik….
Jawaban:  jumputan.

19. Alat teknik manual dan tradisional disebut….
Jawaban: tustel.

20. Teknik pembuatan keramik dengan alat bantu alat cetak merupakan teknik....
Jawaban: cor.

21. Seorang apresiator harus mempunyai kemampuan mengnal dan memahami….
Jawaban: Niai-nilai seni.

22. Salah satu hasil kerajinan menganyam adalah….
Jawaban: tikar, tas, dompet, dan lain-lain.

23. Kota yang dikenal sebagai penghasil kerajinan kulit adalah….
Jawaban: Cibaduyut, Jawa Barat.

24. Hal yang paling diutamakan dalam karya seni rupa terapan adalah….
Jawaban: daya pakai (fungsinya).

25. Kritik seni merupakan salah sau bentuk dari kegiatan….
Jawaban: apresiasi.

26. Jelaskan tahapan-tahanpan pada kegiatan apresiasi!
Jawaban:
a. Kegiatan mengamati
Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dalam mengapresiasikan sebuah karya seni, dimana terjadinya beberapa proses, yaitu:
- Proses pengamatan yang dilakukan dengan mata, yaitu proses rangsangan dari objek karya seni yang diamati.
- Proses penyaluran rangsangan dari hasil pengamatan ke otak syaraf, proses ini sanggup disebut juga dengan proses fisiologis.
- Proses psikologis berupa aktifitas jiwa dan rasa pada objek tersebut, hingga pengamat bisa memperlihatkan tanggapan dan citra berdasarkan pemahamannya.
b. Kegiatan menghayati

Kegiatan ini merupakan proses terjadinya pembiasaan dan penerimaan akan nilai-nilai estetis yang terkandung dalam karya seni yang dihayatinya.
c. Kegiatan mengevakuasi.
Kegiatan mengevakuasi dilakukan dengan kegiatan penilaian karya berdasarkan kaidah, norma, dan estetika yang berlaku.
d. Kegiatan berapresiasi
Pada tahapan ini, apresiator mulai menikmati dan mencicipi maksud dari pembuatan karya seni tersebut.

27. Sebutkan lima prinsip seni yang perlu dipenuhi dalam sebuah karya seni rupa!
Jawaban:
a. kesatuan (unity),
b. keseimbangan (balance),
c. irama (rytme),
d. proporsi, dan
e. aksentuasi.

28. Sebutkan lima jenis karya seni rupa terapan nusantara!
Jawaban:
a. kerajinan anyaman,
b. kerajinan keramik,
c. kerajinan ukiran,
d. kerajinan tenun,
e. kerajinan batik,
f. kerajinan bordir, dan
g. kerajinan kuliit

29. Jelaskan tiga pendekatan yang sanggup dilakukan dalam melaksanakan apresiasi!
Jawaban:
a. Pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan mengamati dan memaparkan karya seni apa adanya, yaitu dengan berdasarkan bentuk fisik karya seni yang dilihatnya.
b. Pendekatan analitik merupakan pendekatan yang dilakukan dengan mengamati karya seni berdasarkan fatwa keindahan dari karya seni rupa, menyerupai pemenuhan unsur-unsur dan prinsip seninya.
c. pendekatan interperatif merupakan pendekatan yang dilakukan dengan cara melaksanakan interprestasi pada karya seni, dengan berdasarkan sudut pandang pengamat yang baik, berdasarkan pemahamannya terhadap seni rupa maupun berdasarkan pengalaman dalam karyanya di bidang seni rupa.
d. Pendekatan penilaian merupakan pendekatan yang dilakukan dengan proses pengukuran. Adapun caranya sanggup dilakukan secara objektif maupun subjektif.
e. Pendekatan interdisipllin merupakan pendekatan yang diakukan dalam menilai sebuah karya seni yang diihubungkan dengan banyak sekali keilmuan, menyerupai ilmu psikologis, antropologi, kebudayaan, filsafat, ekonomi, dan kesastraan.

30.  Sebutkan lima teknik yang dipakai untuk membuat keramik!
Jawaban:
a. teknik lempeng,
b. teknik cetak tekan,
c. teknik cor
d. teknik butsir,
e. teknik pijit.
f. teknik pilin,
g. teknik putar, dan
h. teknik plester.

31. Acara yang berisikan banyak sekali musik yang ditampilkan dengan tujuan-tujuan tertentu yaitu pengertian dari….
Jawaban: musik.

32. Keberhasilan sebuah pertunjukan sanggup ditandai dengan….
Jawaban: banyaknya penonton.

33. Guna memperoleh perizinan penyelenggaraan pergelaran sanggup menggunakan….
Jawaban: proposal.

34. Pergelaran musik sanggup menjadi media atau sebagai sarana yang bisa memperlihatkan kesempatan bagi para musisi untuk sanggup menerangkan dan mengekspresikan banyak sekali gagasan yang dimilikinya dalam karya-karya seni musik yang dibuatnya. Hal tersebut merupakan fungsi pergelaran seni musik, yaitu sebagai….
Jawaban: sebagai media aktualisasi diri.

35. Kegiatan yang dilakukan peserta pergelaran pada selesai persiapan adalah….
Jawaban: geladi bersih.

36. Terdapat beberapa mekanisme yang harus dilakukan secara sedikit demi sedikit dalam melaksanakan kegiatan pergelaran karya seni musik, yaitu….
Jawaban: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

37. Hal utama dalam merencanakan pergelaran seni musik adalah….
Jawaban: membentuk kepanitiaan.

38. Pergelaran musik yang dilakukan didalam gedung disebut….
Jawaban: indoor.

39. Kegiatan memperlihatkan perhiasan atau mengolah pola permainan musik dalam susunan yang sesuai, dengan tujuan untuk menambah keindahan dari karya musik tersebut disebut….
Jawaban: aransemen.

40. Penentuan segi harmoni dalam mengaransemen lagu sanggup dilakukan dalam penulisan….
Jawaban: akor dan instrumen secara keseluruhan.

41. Sebutkan unsur-unsur penunjang pergelaran musik!
Jawaban:
a. Materi sajian,
b. pemain,
c. sarana,
d. penonton.

42. Sebutkan hal-hal yang perlu dipersiapkan panitia dalam pergelaran karya seni musik!
Jawaban:
a. Mempersiapkan lagu.
b. Menentukan penyanyinya.
c. Menentukan iringannya.
d. Melakukan iringannya.
e. Mempersiapkan panggung.
f.  Mempersiapkan sound system.
g. Mempersiapkan kostum.

43. Sebutkan hal-hal yang harus dipersiapkan dalam memilih tempat pergelaran musik!
Jawaban:
a. Disesuaikan dengan jenis dan bentuk karya musik yang akan disajikan.
b. Mampu mencapai tujuan diselenggarakannya pergelaran musik tersebut.
c. Mampu memenuhi sasaran kegiatan pergelaran musik tersebut.
d. Memenuhi kapasitas penonton sesuai undangan.

44. Apa saja yang harus dibahas dalam penilaian pergelaran musik?
Jawaban:
a. Kinerja panitia
b. Kekurangan dari banyak sekali peserta
c. Hasil penampilan dari banyak sekali peserta
d. kecukupan dana
e. Hasil dan tanggapan
f. Laporan dari masing-masing seksi

45. Jelaskan tiga fungsi dari pergelaran musik!
Jawaban:
a. Media membangun bakat
Semua orang mempunyai bakat, termasuk pada siswa sekolah. Salah satu talenta yang dimiliki sanggup berkaitan dengan seni musik.
b. Media aktualisasi diri
Pergelaran musik sanggup menjadi media atau sarana yang bisa memperlihatkan kesempatan bagi musisi untuk menerangkan dan mengekspresikan banyak sekali gagasan yang dimilikinya dalam karya-karya seni musik yang dibuatnya.
c. Sebagai apresiasi
Pergelaran karya seni bisa menampilkan banyak sekali karya seni musik yang sanggup didengar dan dinikmati para pengunjungnya.

46. Musik tradisional Jawa Barat …. mengutamakan vokal atau gending.
Jawaban: celempungan.

47. Vokalis perempuan pada musik gamelan disebut….
Jawaban: sinden.

48. Alat musik yang berupa dawai-dawai yang direntangkan pada kotak kayu yang sekaligus berfungsi sebagai resonator adalah….
Jawaban: kecapi.

49. Kelompok …. dalam gamelan terdiri atas alat musik bonang, barung, bonang penerus, kethuk atau kempyang, kenong, kenong pekuk, kempul, dan gong.
Jawaban: pencon.

50. Instrumen gesek yang menjadi salah satu penggalan dari alat musik gamelan disebut….
Jawaban: rebab.

51. Musik tradisional merupakan warisan seni budaya leluhur yang bernilai tinggi sehingga musik ini selalu …. dan …. oleh masyarakat.
Jawaban: dicintai dan dilestarikan.

52. Musik sebagai media …. sehingga  sanggup dijadikan alat bermain bagi anak-anak.
Jawaban: hiburan.

53. Musik …. merupakan adonan antara gamelan dengan musik instrumen biola, rebab, bonang, kecrek, gendang, gong, dan gambang yang berasal dari betawi.
Jawaban: gambang kromong.

54. Gamelan, laras, slendro, memakai tangga nada….
Jawaban: pentatonik.

55. Rebab dengan dua dawai yang digesek dan berasal dari Makasar disebut….
Jawaban: keso-keso.

56. Jelaskan empat fungsi musik tradisional!
Jawaban:
a. sebagai media ekspresi
b. sebagai media komersil
c. sebagai iringan tari
d. sebagai media upacara
e. sebagai media hiburan

57. Sebukan empat pola lagu tradisional setempat yang sanggup dipakai untuk permainan!
Jawaban:
a. Cublak-Cublak Suweng
b. Es Lilin
c. Jamuran
d. Ayo Mama
e. Tokecang

58. Apa yang dimaksud musik sebagai media ekspresi!
Jawaban: Media ekspresi yaitu media untuk mengungkapkan ekspresi isi hati, ide, dan gagasan.

59. Sebutkan empat alat musik yang berasal dari Jawa Barat!
Jawaban:
a. celempungan,
b. angklung,
c. kliningan, dan
d. calung.

60. Sebutkan jenis-jenis alat musik tradisional nonvokal berdasarkan materi dan cara memainkannya! Berikan pola masing-masing!
Jawaban:
a. Membranofon = gendang, tifa, dogdog
b. Idiofon = calung, kolintang, bonang
c. Aerofon = serunai, seruling
d. Kardofon = sasando, rebab, kapetom, kecapi, dan sampek

61. Tahapan kreatifitas yang dilakukan dengan proses mencari yang sanggup dilakukan dengan cara berpikir, berimajinasi, merasakan, dan merespon merupakan tahapan….
Jawaban: eksplorasi.

62. Gerakan  mengagguk, mendongak, dan menggeleng merupakan penggalan dasar dari gerakan….
Jawaban: kepala dan leher.

63. Gerakan dasar tangan merupakan gerakan dasar yang dilakukan oleh bagian….
Jawaban: lengan atas dan bawah, serta telapak tangan.

64. Gerakan mumi sanggup dikenal juga dalam istilah Jawa dengan sebutan….
Jawaban: gerak wantah.

65. Dasar pijakan yang dipakai dalam seni tari meliputi….
Jawaban: pijakan tradisional dan pijakan gaya.

66. Tari yang lahir, tumbuh, dan berkembang dilingkungan masyarakat, yang kemudian diturunkan dan diwariskan pada generasi-generasi berikutnya, disebut tari….
Jawaban: tradisional.

67. Pergelaran tari tunggal, tari berpasangan, dan pergelaran tari kelompok merupakan pergelaran tari berdasarkan….
Jawaban: jumlah penarinya.

68. Fungsi pergelaran sebagai sarana dalam membuatkan talenta dengan gerakan tari merupakan fungsi….
Jawaban: pengembangan bakat.

69. Proses untuk tetapkan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya dilakukan pada tahap….
Jawaban: perencanaan.

70. Berbagai perencanaan yang dibentuk perlu dicatat dalam bentuk….
Jawaban: proposal.

71. Sebutkan lima tari tradisional diindonesia!
Jawaban:
a. Tari tor-tor dari Sumatra Utara.
b. Tari baris dari Bali.
c. Tari ketuk tilu dari Jawa Barat.
d. Tari saman dari Aceh.
e. Tari bedhaya dari Yogyakarta.

72. Prinsip apa saja yang sanggup menjadi fatwa dalam penyelenggaraan karya seni tari?
Jawaban:
a. planning (perencanaan).
b. organizing (pengaturan).
c. acting (pelaksanaan).
d. controlling(pengawasan).

73. Sebutkan gerakan dasar kepala dalam tarian Sunda!
Jawaban: godeg, gilek, dan godeg oray meuntas.

74. Tuliskan isi dari proposal!
Jawaban:
a. Jenis kegiatan: Pergelaran
b. Tempat penyelenggaraan: Aula sekolah
c. Pelaksanaan pergelaran: Awal semester 2
d. karya yang dipergelarkan: Seni tari klasik dan modern
e. Materi pergelaran: Karya tari siswa
f. Jumlah karya: Tarian klasik 2 buahhh dan tari modern 8 buah
g. Peserta pergelaran: Tunggal, berpasangan, dan kelompok
h. Anggaran dana: Siswa dan donator
i. Kepanitiaan: Siswa
j. Penentuan rapat panitia: Lampiran penentuan tema dan planning kegiatan

75. Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menari?
Jawaban: Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menari yaitu wiraga, wirama, wirasa, dan wirupa.

76. Membantu pengaturan waktu dalam penggunaan irama sebagai hitungan dalam melaksanakan gerakan tari merupakan fungsi dari….
Jawaban: musik iringan.

77. Sarana seni tari yang bisa membantu peranan gerak dalam bentuk koreografi secara utuh adalah….
Jawaban: kostum.

78. Keunikan simbol pada karya seni tari kawasan sanggup merupakan imbas budaya dan….
Jawaban: filosofi yang terdapat pada kawasan asalnya.

79. Ekspresi pengaturan rasa, pengalaman jiwa, dan perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Hal tersebut merupakan nilai….
Jawaban: nilai estetik.

80. Bagian dari kegiatan apresiasi yang dilakukan pada karya seni tari adalah….
Jawaban: kritik seni tari.

81. Pada zaman Indonesia Hindu, seni tari mulai digarap dan dipengaruhi oleh kebudayaan….
Jawaban: India.

82. Kedua kerajaan dizaman Indonesia islam membuatkan identitas seni tari kerajaannya menjadi dua jenis tari, yaitu….
Jawaban: kasunanan dan kasultanan.

83. Peran atau fungsi tertua dari seni tari diindonesia yaitu fungsi sebagai sarana….
Jawaban: upacara.

84. Tari piring dari Sumatra Utara dan tari merak dari Jawa Barat merupakan pola jenis tari yang berperan sebagai….
Jawaban: hiburan dan pertunjukan.

85. Tarian Jawa jenis putri yang banyak memeragakan langkah-langkah kecil, tungkai tertutup, dan lengan tidak terangkat tinggi, merupakan keunikan karya seni tari berdasarkan….
Jawaban: gerakannya.

86. Jelaskan sejarah perkembangan tari nusantara!
Jawaban:
a. Zaman prasejarah.
Zaman prasejarah yaitu zaman sebelum lahirnya kerajaan diindonesia. Bangsa-bangsa primitif percaya pada daya magis dari tari.
b. Zaman Indonesia Hindu.
Pada zaman Indonesia hindu, seni tari digarap dan banyak dipengaruhi oleh kebudayaan India.
c. Zaman Indonesia Islam.
Seni tari pada permulaan islam berbentuk sederhana dan hanya dllakukan oleh orang-orang pendatang dari Jazirah Arab.
d. Zaman penjajahan.
Pada zaman penjajahan tarian mengalami kesuraman, lantaran berada suasana penjajahan.
e. Zaman modern
Di zaman modern kiprah tari difungsikan untuk keagamaan ataupun banyak sekali hiburan dan muncul kreasi-kreasi gres ataupun penemuan terhadap seni tari klasik.

87. Sebutkan jenis, peran, dan fungsi seni tari di lingkungan masyarakat!
Jawaban:
a. tari upacara,
b. tari hiburan,
c. tari pertunjukan,
d. tari pergaulan, dan
e. tari pendidikan.

88. Sebutkan ciri-ciri dari tarian upacara!
Jawaban:
a. Tempat pertunjukan tidak sembarang tempat, biasanya pertunjukan dilakukan ditempat yang dianggap sakral menyerupai pura, candi, hutan, atau tanah lapang.
b. Pemilihan waktu atau dikala pertunjukan biasanya dkaitkan dengan sesuatu yang dianggap sakral, menyerupai dikala bulan purnama atau tengah malam.
c. Penarinya dipilih, yang berada dalam keadaan higienis secara spiritual dan dianggap suci.
d. Dalam pertunjukannya, tari tidak terlepas dari sesaji yang jenisnya banyak dan bermacam-macam.
e. Pertunjukan selalu dikaitkan dengan penyelenggaraan tertentu.
f. Dalam pertunjukan penari memakai buasana khusus.

89. Sebutkan keunikan yang terdapat pada seni tari daerah!
Jawaban:
a. keunikan gerak,
b. keunikan iringan,
c. keunikan kostum, dan
d. keunikan Simbol.

90. Sebutkan isi dari data pengamatan pada karya seni tari!
Jawaban:
a. judul/nama tarian,
b. penciptanya/koreografernya,
c. synopsis,
d. jumlah penari,
e.tata rias dan kostum yang digunakan,
f. Iringan yang digunakan,
g. bentuk dan setting panggung,
h. tata pencahayaan,
i. lamanya pementasan,
j. properti yang digunakan, dan
k. keunikan-keunikan yang dijumpai selama pertunjukan.

91. Untuk sanggup menampilkan sebuah pertunjukan seni teater sangat memerlukan….
Jawaban: perencanaan.

92. Teknik membina puncak dalam bermain teater perlu dilakukan dengan….
Jawaban: intonasi/suara.

93. Orang yang pertama kali harus sanggup menafsirkan naskah kisah yang akan dibawakan dalam seni teater adalah….
Jawaban: sutradara.

94. Petugas yang mengatur banyak sekali bunyi yang dibutuhkan dalam menggambarkan kisah yang digambarkan adalah….
Jawaban: penata suara.

95. Kegiatan inti dalam latihan teater merupakan kegiatan yang dilakukan guna….
Jawaban: meningkatkan kemampuan dalam memainkan seni peran.

96. Contoh teater tradisional dari Kalimantan Selatan adalah….
Jawaban: mamanda.

97. Ludruk merupakan teater tradisional dari….
Jawaban: Jawa Timur

98. Teater tradisional dari Minangkabau adalah….
Jawaban: randai.

99. Pementasan lenong Betawi diiringi musik….
Jawaban: gambang kromong.

100. Pementasan ketoprak diiringi musik….
Jawaban: gamelan Jawa.

101. Sebutkan lima staf artistik yang bertugas dalam persiapan pertunjukan seni teater!
Jawaban:
a. sutradara,
b. stage manager,
c. property master,
d. penata setting,
e. penata cahaya,
f. penata suara,
g. penata kostum,
h. penata rias.

102. Sebutkan lima latihan inti pada persiapan pertunjukan teater!
Jawaban:
a. laihan membaca,
b. latihan blocking,
c. latihan karya,
d. latihan pelican, dan
e. latihan umum.

103. Apa saja yang dibutuhkan dalam tahap persiapan berdasarkan D.Djajakusuma dan Tarigan!
Jawaban:
a. memilih kisah (naskah drama),
b. Menentukan sutradara,
c. Menentukan pembantu sutradara, dan
d. Menentukan pemain.

104. Berikan pola susunan program pementasan teater!
Jawaban:
a. pembukaan.
b. sambutan.
c. pelaksanaan pementasan.
d. penutup.

105. Sebutkan tujuan dari penataan cahaya!
Jawaban:
a. Penunjuk suasana kisah dalam teater.
b. Penerangan pentas.
c. Memberikan imbas pada penunjukan waktu.
d. Membantu melukis dekor dalam menambah nilai warna, hingga terdapat imbas sinar bayangan.
e. Melambungkan maksud dengan memperkuat kejiwaannya.
f. sebagai ekspresi mood dan atmosfer dari lakon.
g. Memberikan banyak sekali variasi, sehingga adegan-adegan tidak statis.


Demikianlah isu yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 105+ Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 pada kesempatan kali ini abang ingin berbagsi soal Essay Seni Budaya sebanyak  105+  Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal seni budaya kelas 10 semester 1
    • soal uts seni budaya kelas 10 semester 1
    • soal seni budaya kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
    • soal ukk seni budaya kelas 10 semester 2
    • soal essay seni budaya beserta jawaban
    • contoh soal seni budaya dan jawabannya
    • soal uts seni budaya kelas 10 semester 2
    • soal ukk seni budaya kelas 10 kurikulum 2013
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser