Bank Soal Sekolahku UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Adik adik dimana saja berada, bagaimana kabarnya? pada kesempatan kali ini abang ingin menyebarkan lagi mengenai 45 pola soal UAS Penjaskes untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 12 SMA/MA Beserta dengan kunci jawabannya. Oiya Bucher, (1979). Mengemukakan pendidikan jasmani merupakan penggalan integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan, yaitu proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuromuskuler, interperatif, sosial, dan emosional
TUJUAN PENDIDIKAN JASMANI
Tujuan pendidikan jasmani. Sama halnya dengan pengertian pendidikan jasmani, tujuan pendidikan jasmani pun sering dituturkan dalam redaksi yang beragam. Namun, keragaman tujuan penuturan tujuan pendidikan jasmani tersebut intinya bermuara pada pengertian pendidikan jasmani itu sendiri.
Sebagaimana telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa intinya pendidikan jasmani merupakan proses pendidikan melalui acara jasmani dan sekaligus merupakan proses pendidikan untuk meningkatkan kemampuan jasmani.
Oleh alasannya yaitu itu, tujuan yang ingin dicapai melalui pendidikan jasmani pun meliputi pengembangan individu secara menyeluruh. Artinya, cakupan pendidikan jasmani tidak hanya terfokus pada aspek fisik saja, melainkan juga aspek mental, emosional, sosial dan spiritual.
Secara umum tujuan pendidikan jasmani sanggup diklasifikasikan ke dalam empat kategori, yaitu:
Bank Soal Sekolahku UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh bahan ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Pola yang diterapkan dalam permainan sepak bola dengan tujuan untuk menghalau dan mempertahankan gawang dari serangan lawan, sehingga tidak terjadi gol disebut pola ….
a. penyerangan
b. pertahanan
c. gerakan tersusun
d. pertahanan yang rapat
e. mencari ruang kosong
Jawaban: b
2. Sejak 500 tahun yang kemudian sepak bola dikenal di negara Cina dengan nama ….
a. epyskiros
b. choule
c. harpastrum
d. tsu chu
e. minonete
Jawaban: d
3. Pada permainan sepak bola pola pertahanan ini dilakukan dengan susunan pemain5:3:2, berarti angka 5, yaitu ….
a. pemain depan
b. pemain tengah
c. pemain gelandang
d. pemain sayap
e. pemain belakang
Jawaban: e
4. Suatu bentuk permainan yang dilakukan oleh tim dengan susunan pemain tertentu yang bertujuan untuk menghancurkan pertahanan lawan dan memenangkan permainan yaitu pola …. dalam permainan sepak bola.
a. pertahanan
b. penyerangan
c. campuran
d. individu
e. beregu
Jawaban: b
5. Teknik-teknik berikut yaitu teknik dalam permainan bola voli, kecuali ….
a. servis
b. passing
c. smes
d. membuang bola
e. blok
Jawaban: d
6. Pada permainan bola basket penyerangan yang dilakukan tanpa memakai pola tertentu, penyerangan ini tergantung pada penguasaan teknik, kemampuan individu, dan kesempurnaan fisik setap anggota regu disebut pola penyerangan ….
a. berpola
b. cepat
c. bebas
d. bervariasi
e. terprogram
Jawaban: c
7. Penyerangan pada permainan bola basket yang dilakukan syarat-syarat tertentu, merupakan penyerangan ….
a. berpola
b. cepat
c. bebas
d. bervariasi
e. terprogram
Jawaban: a
8. Sistem ini dalam permainan bola basket sangat baik untuk penyerangan terhadap pertahanan tempat maupun pertahanan satu lawan satu. Hal ini dilakukan kalau regu tersebut mempunyai dua orang pemain jangkung, yaitu sistem ….
a. ault mann
b. diamond
c. berpola
d. cepat
e. bebas
Jawaban: b
9. Pola pertahanan tempat ini berprinsip pada kiprah masing-masing pemain untuk menjaga daerahnya. Dalam bola basket disebut pertahanan ….
a. man to man
b. campuran
c. zone defence
d. ault mann
e. diamond
Jawaban: c
10. Permainan bola basket dimainkan selama …. dibagi dalam empat babak.
a. 2 × 15 menit
b. 2 × 20 menit
c. 2 × 25 menit
d. 2 × 30 menit
e. 2 × 35 menit
Jawaban: b
11. Organisasi bola basket seluruh Indonesia adalah
a. PBSI
b. Perbasasi
c. IBSI
d. Percasi
e. Perbasi
Jawaban: e
12. Pukulan bola yang dilakukan dari sebelah sisi kanan lapangan dengan arah diagonal ke lapangan lawan sebagai pembuka permainan dengan melewati atas net dalam permainan bulu tangkis, disebut pukulan ….
a. servis
b. lob
c. smes
d. drive
e. dropshot
Jawaban: a
13. Organisasi badminton seluruh Indonesia yaitu ….
a. PBSI
b. Percasi
c. PSIS
d. IPSI
e. PBVSI
Jawaban: a
14. Lari estafet atau lari sambung (lari beranting) yaitu lari beregu yang terdiri atas …. orang dalam satu regu.
a. tiga
b. empat
c. lima
d. enam
e. tujuh
Jawaban: b
15. Untuk pelari kedua, ketiga, dan keempat dalam lari estafet memakai start ….
a. jongkok
b. melayang
c. berdiri
d. jongkok pendek
e. jongkok panjang
Jawaban: b
16. Panjang tongkat yang dipakai untuk lari estafet yaitu ….
a. 20 cm
b. 25 cm
c. 30 cm
d. 35 cm
e. 40 cm
Jawaban: c
17. Gerakan yang ada dalam dipakai untuk lari estafet yaitu ….
a. berjingkat (hop)
b. melangkah (step)
c. melompat (jump)
d. a, b, dan c benar
e. mendarat
Jawaban: e
18. Agar sanggup melaksanakan lompat jangkit dengan benar maka harus menguasai teknik dasar lompat jangkit berikut ini, kecuali ….
a. jangkit
b. melangkah
c. melompat
d. melayang
e. hop dan step
Jawaban: d
19. Pada olahraga pencak silat perjuangan untuk memasukkan pukulan atau tendangan ke bidang sasaran (anggota tubuh lawan) dengan memakai tangan atau kaki disebut ….
a. serangan
b. pukulan
c. tendangan
d. pembelaan
e. a dan d benar
Jawaban: a
20. Suatu perjuangan pembelaan diri dari serangan lawan dengan cara mengadakan kontak pribadi terhadap pukulan atau tendangan lawan, dalam olahraga pencak silat disebut ….
a. hindaran/elakan
b. tangkisan
c. tangkapan
d. jatuhan
e. kuncian
Jawaban: a
21. Tujuan utama dari latihan kondisi fisik yaitu untuk meningkatkan ….
a. kebugaran jasmani
b. daya tahan tubuh
c. kelentukan persendian
d. kekuatan otot
e. meningkatkan kecepatan
Jawaban: a
22. Latihan ini tidak memerlukan alat-alat yang khusus dan berharga mahal, serta tidak memerlukan waktu yang usang yaitu laba latihan ….
a. isometrik
b. isokinetik
c. isotonik
d. kontraksi dinamis
e. kontraksi otot
Jawaban: a
23. Salah satu bentuk latihan aerobik yang khas, yaitu ….
a. judo
b. sepak bola
c. penahan
d. joging
e. fitness
Jawaban: d
24. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, dalam melaksanakan latihan aerobik harus ….
a. ada yang mengawasi
b. asal dilakukan
c. dilakukan dengan santai
d. rutin
e. dengan sungguh-sungguh
Jawaban: e
25. Gerakan renang gaya dada yang menghasilkan dorongan maju pada gerakan lengan yaitu ….
a. meluncur
b. mendayung
c. mendorong
d. mencambuk
e. recovery
Jawaban: e
26. Gerakan berputar di udara dalam senam disebut ….
Jawaban: salto
27. Gerakan berputar ke samping dalam senam disebut ….
Jawaban: meroda
28. Gerakan senam yang diikuti dengan irama disebut ….
Jawaban: senam irama
29. Renang gaya bebas posisi tubuh ….
Jawaban: telungkup
30. Renang gaya punggung posisi tubuh ….
Jawaban: telentang
31. Pemain penyerang dalam sepak bola disebut ….
Jawaban: striker
32. Pengumpan dalam bola voli disebut ….
Jawaban: tosser
33. Jumlah pelari estafet ada ….
Jawaban: empat
34. Pelari estafet membawa perlengkapan berupa ….
Jawaban: tongkat
35. Istilah tahan dalam kebugaran jasmani yaitu ….
Jawaban: endurance
36. Jelaskan nilai-nilai dari kegunaan senam!
Jawaban:
a. Senam sanggup memperlihatkan rangsangan terhadap pertumbuhan badan
b. Senam sanggup membantu mengembangkan cara bersikap dan bergerak secara wajar
c. Dapat membantu memperbaiki dan mencegah efek jelek terhadap duduk di kursi yang terlalu lama.
d. Dapat meningkatkan kesanggupan untuk bekerja sama dan mempertebal rasa kebangsaan
e. Mampu meningkatkan perasaan percaya diri dan keberanian
f. Mempunyai perasaan tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri dan masyarakat
37. Jelaskan cara mengambil napas pada renang gaya dada!
Jawaban:
a. Pengambilan napas dilakukan pada ketika siku berdekatan dan kedua tangan saling mengapit. Saat itulah secara serentak leher diangkat bersamaan dengan pundak untuk mengambil napas
b. Gerakan ini dilanjutkan dengan meluruskan lengan ke depan sambil mendorong bahu
c. Setelah itu, kepala dimasukkan ke dalam air untuk membuang udara.
38. Jelaskan cara mengambil napas pada renang gaya bebas!
Jawaban:
a. Gerakan tangan dilakukan dari bawah dada ke belakang lurus, kemudian ke atas depan dengan tangan lurus.
b. Pada ketika tangan lurus di atas kepala, muka diputar ke samping berlawanan dengan tangan yang lurus.
c. Pengambilan napas dilakukan tiap satu atau dua putaran lengan (satu kali mengambil napas).
d. Cara mengambil napas sanggup dilakukan melalui lisan dan hidung
39. Jelaskan gerakan tangan pada renang gaya punggung ketika melaksanakan gerakan mendorong!
Jawaban: gerakan tangan pada renang gaya punggung ketika melaksanakan gerakan mendorong yaitu dimulai sesudah lengan atas menyentuh atau mendekati badan, kemudian dengan cepat lengan bawah mendorong hingga telapak tangan mendekati paha.
40. Jelaskan cara pengambilan napas pada renang gaya punggung!
Jawaban: cara pengambilan napas pada renang gaya punggung sebaiknya dilakukan melalui lisan dan hidung.
41. Sebutkan tiga cara yang sanggup diterapkan dalam pola pertahanan permainan sepak bola!
Jawaban:
a. melaksanakan gerakan tersusun
b. pola bermain menghadapi pertahanan yang rapat
c. pola mencari ruang kosong
42. Sebutkan tiga jenis pemain kalau dilihat dari kemampuan dan keterampilan pada permainan bola voli!
Jawaban:
a. Pemain yang mempunyai keterampilan atau kemampuan sebagai seorang smasher (penyerang utama)
b. Pemain yang mempunyai kemampuan sebagai seorang set-uper (pengumpan smesher)
c. Pemain yang mempunyai kemampuan dan keterampilan sebagai smesher dan set-uper (pemain yang serba bisa).
43. Jelaskan yang dimaksud dengan lari sambung atau estafet!
Jawaban: lari sambung atau estafet yaitu lari beregu yang terdiri atas empat orang pelari dan pelari ini secara bersambung (estafet) bergantian membawa tongkat dari garis start sampi ke garis finis.
44. Jelaskan beberapa cara yang harus diperhatikan dalam melaksanakan lompat jangkit, semoga pelaksanaannya berhasil dengan baik!
Jawaban:
a. Kaki yang dipakai untuk menolak atau menumpu pada papan tumpu dipilih kaki yang paling kuat
b. Awalan dilakukan dengan cara berlari dengan jarak secukupnya
c. Setelah kaki tumpu (misalnya kaki kir) menolak tepat pada papan tumpuan, selanjutnya lakukan bertingkat dan mendarat dengan kaki yang sama dilanjutkan melangkahkan kaki kanan kemudian melompat dan mendarat dengan memakai dua kaki.
45. Jelaskan cara melaksanakan gerakan meroda (radslag) pada senam lantai!
Jawaban:
a. Sambil mencondongkan tubuh ke samping kiri, letakkan telapak tangan kiri di samping kaki kiri. Kaki kanan terangkat lurus ke atas.
b. Kemudian disusul dengan meletakkan telapak ajun di samping tangan kiri.
c. Bersamaan dengan itu kaki kanan diayunkan dan kaki kiri ditolakkan dari lantai ke atas sehingga kedua kaki itu terbuka lurus ke atas.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Bank Soal Sekolahku UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Bank Soal Sekolahku UAS Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
TUJUAN PENDIDIKAN JASMANI
Tujuan pendidikan jasmani. Sama halnya dengan pengertian pendidikan jasmani, tujuan pendidikan jasmani pun sering dituturkan dalam redaksi yang beragam. Namun, keragaman tujuan penuturan tujuan pendidikan jasmani tersebut intinya bermuara pada pengertian pendidikan jasmani itu sendiri.
Sebagaimana telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa intinya pendidikan jasmani merupakan proses pendidikan melalui acara jasmani dan sekaligus merupakan proses pendidikan untuk meningkatkan kemampuan jasmani.
Oleh alasannya yaitu itu, tujuan yang ingin dicapai melalui pendidikan jasmani pun meliputi pengembangan individu secara menyeluruh. Artinya, cakupan pendidikan jasmani tidak hanya terfokus pada aspek fisik saja, melainkan juga aspek mental, emosional, sosial dan spiritual.
Secara umum tujuan pendidikan jasmani sanggup diklasifikasikan ke dalam empat kategori, yaitu:
- Perkembangan fisik. Tujuan ini bekerjasama dengan kemampuan melaksanakan aktivitas-aktivitas yang melibatkan kekuatan fisik dari banyak sekali organ tubuh seseorang (physical fitness).
- Perkembangan gerak. Tujuan ini bekerjasama dengan kemampuan untuk melaksanakan gerak secara efektif, efisien, halus, indah, dan tepat (skillfull).
- Perkembangan mental. Tujuan ini bekerjasama dengan kemampuan berpikir dan menginterpretasikan keseluruhan pengetahuan wacana pendidikan jasmani ke dalam lingkungannya sehingga memungkinkan tumbuh dan berkembangnya pengetahuan, sikap, dan tanggung jawab siswa.
- Perkembangan sosial. Tujuan ini bekerjasama dengan kemampuan siswa dalam beradaptasi pada suatu kelompok atau masyarakat.
Soal UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA
Bank Soal Sekolahku UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh bahan ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Pola yang diterapkan dalam permainan sepak bola dengan tujuan untuk menghalau dan mempertahankan gawang dari serangan lawan, sehingga tidak terjadi gol disebut pola ….
a. penyerangan
b. pertahanan
c. gerakan tersusun
d. pertahanan yang rapat
e. mencari ruang kosong
Jawaban: b
2. Sejak 500 tahun yang kemudian sepak bola dikenal di negara Cina dengan nama ….
a. epyskiros
b. choule
c. harpastrum
d. tsu chu
e. minonete
Jawaban: d
3. Pada permainan sepak bola pola pertahanan ini dilakukan dengan susunan pemain5:3:2, berarti angka 5, yaitu ….
a. pemain depan
b. pemain tengah
c. pemain gelandang
d. pemain sayap
e. pemain belakang
Jawaban: e
4. Suatu bentuk permainan yang dilakukan oleh tim dengan susunan pemain tertentu yang bertujuan untuk menghancurkan pertahanan lawan dan memenangkan permainan yaitu pola …. dalam permainan sepak bola.
a. pertahanan
b. penyerangan
c. campuran
d. individu
e. beregu
Jawaban: b
5. Teknik-teknik berikut yaitu teknik dalam permainan bola voli, kecuali ….
a. servis
b. passing
c. smes
d. membuang bola
e. blok
Jawaban: d
6. Pada permainan bola basket penyerangan yang dilakukan tanpa memakai pola tertentu, penyerangan ini tergantung pada penguasaan teknik, kemampuan individu, dan kesempurnaan fisik setap anggota regu disebut pola penyerangan ….
a. berpola
b. cepat
c. bebas
d. bervariasi
e. terprogram
Jawaban: c
7. Penyerangan pada permainan bola basket yang dilakukan syarat-syarat tertentu, merupakan penyerangan ….
a. berpola
b. cepat
c. bebas
d. bervariasi
e. terprogram
Jawaban: a
8. Sistem ini dalam permainan bola basket sangat baik untuk penyerangan terhadap pertahanan tempat maupun pertahanan satu lawan satu. Hal ini dilakukan kalau regu tersebut mempunyai dua orang pemain jangkung, yaitu sistem ….
a. ault mann
b. diamond
c. berpola
d. cepat
e. bebas
Jawaban: b
9. Pola pertahanan tempat ini berprinsip pada kiprah masing-masing pemain untuk menjaga daerahnya. Dalam bola basket disebut pertahanan ….
a. man to man
b. campuran
c. zone defence
d. ault mann
e. diamond
Jawaban: c
10. Permainan bola basket dimainkan selama …. dibagi dalam empat babak.
a. 2 × 15 menit
b. 2 × 20 menit
c. 2 × 25 menit
d. 2 × 30 menit
e. 2 × 35 menit
Jawaban: b
11. Organisasi bola basket seluruh Indonesia adalah
a. PBSI
b. Perbasasi
c. IBSI
d. Percasi
e. Perbasi
Jawaban: e
12. Pukulan bola yang dilakukan dari sebelah sisi kanan lapangan dengan arah diagonal ke lapangan lawan sebagai pembuka permainan dengan melewati atas net dalam permainan bulu tangkis, disebut pukulan ….
a. servis
b. lob
c. smes
d. drive
e. dropshot
Jawaban: a
13. Organisasi badminton seluruh Indonesia yaitu ….
a. PBSI
b. Percasi
c. PSIS
d. IPSI
e. PBVSI
Jawaban: a
14. Lari estafet atau lari sambung (lari beranting) yaitu lari beregu yang terdiri atas …. orang dalam satu regu.
a. tiga
b. empat
c. lima
d. enam
e. tujuh
Jawaban: b
15. Untuk pelari kedua, ketiga, dan keempat dalam lari estafet memakai start ….
a. jongkok
b. melayang
c. berdiri
d. jongkok pendek
e. jongkok panjang
Jawaban: b
16. Panjang tongkat yang dipakai untuk lari estafet yaitu ….
a. 20 cm
b. 25 cm
c. 30 cm
d. 35 cm
e. 40 cm
Jawaban: c
17. Gerakan yang ada dalam dipakai untuk lari estafet yaitu ….
a. berjingkat (hop)
b. melangkah (step)
c. melompat (jump)
d. a, b, dan c benar
e. mendarat
Jawaban: e
18. Agar sanggup melaksanakan lompat jangkit dengan benar maka harus menguasai teknik dasar lompat jangkit berikut ini, kecuali ….
a. jangkit
b. melangkah
c. melompat
d. melayang
e. hop dan step
Jawaban: d
19. Pada olahraga pencak silat perjuangan untuk memasukkan pukulan atau tendangan ke bidang sasaran (anggota tubuh lawan) dengan memakai tangan atau kaki disebut ….
a. serangan
b. pukulan
c. tendangan
d. pembelaan
e. a dan d benar
Jawaban: a
20. Suatu perjuangan pembelaan diri dari serangan lawan dengan cara mengadakan kontak pribadi terhadap pukulan atau tendangan lawan, dalam olahraga pencak silat disebut ….
a. hindaran/elakan
b. tangkisan
c. tangkapan
d. jatuhan
e. kuncian
Jawaban: a
21. Tujuan utama dari latihan kondisi fisik yaitu untuk meningkatkan ….
a. kebugaran jasmani
b. daya tahan tubuh
c. kelentukan persendian
d. kekuatan otot
e. meningkatkan kecepatan
Jawaban: a
22. Latihan ini tidak memerlukan alat-alat yang khusus dan berharga mahal, serta tidak memerlukan waktu yang usang yaitu laba latihan ….
a. isometrik
b. isokinetik
c. isotonik
d. kontraksi dinamis
e. kontraksi otot
Jawaban: a
23. Salah satu bentuk latihan aerobik yang khas, yaitu ….
a. judo
b. sepak bola
c. penahan
d. joging
e. fitness
Jawaban: d
24. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, dalam melaksanakan latihan aerobik harus ….
a. ada yang mengawasi
b. asal dilakukan
c. dilakukan dengan santai
d. rutin
e. dengan sungguh-sungguh
Jawaban: e
25. Gerakan renang gaya dada yang menghasilkan dorongan maju pada gerakan lengan yaitu ….
a. meluncur
b. mendayung
c. mendorong
d. mencambuk
e. recovery
Jawaban: e
26. Gerakan berputar di udara dalam senam disebut ….
Jawaban: salto
27. Gerakan berputar ke samping dalam senam disebut ….
Jawaban: meroda
28. Gerakan senam yang diikuti dengan irama disebut ….
Jawaban: senam irama
29. Renang gaya bebas posisi tubuh ….
Jawaban: telungkup
30. Renang gaya punggung posisi tubuh ….
Jawaban: telentang
31. Pemain penyerang dalam sepak bola disebut ….
Jawaban: striker
32. Pengumpan dalam bola voli disebut ….
Jawaban: tosser
33. Jumlah pelari estafet ada ….
Jawaban: empat
34. Pelari estafet membawa perlengkapan berupa ….
Jawaban: tongkat
35. Istilah tahan dalam kebugaran jasmani yaitu ….
Jawaban: endurance
36. Jelaskan nilai-nilai dari kegunaan senam!
Jawaban:
a. Senam sanggup memperlihatkan rangsangan terhadap pertumbuhan badan
b. Senam sanggup membantu mengembangkan cara bersikap dan bergerak secara wajar
c. Dapat membantu memperbaiki dan mencegah efek jelek terhadap duduk di kursi yang terlalu lama.
d. Dapat meningkatkan kesanggupan untuk bekerja sama dan mempertebal rasa kebangsaan
e. Mampu meningkatkan perasaan percaya diri dan keberanian
f. Mempunyai perasaan tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri dan masyarakat
37. Jelaskan cara mengambil napas pada renang gaya dada!
Jawaban:
a. Pengambilan napas dilakukan pada ketika siku berdekatan dan kedua tangan saling mengapit. Saat itulah secara serentak leher diangkat bersamaan dengan pundak untuk mengambil napas
b. Gerakan ini dilanjutkan dengan meluruskan lengan ke depan sambil mendorong bahu
c. Setelah itu, kepala dimasukkan ke dalam air untuk membuang udara.
38. Jelaskan cara mengambil napas pada renang gaya bebas!
Jawaban:
a. Gerakan tangan dilakukan dari bawah dada ke belakang lurus, kemudian ke atas depan dengan tangan lurus.
b. Pada ketika tangan lurus di atas kepala, muka diputar ke samping berlawanan dengan tangan yang lurus.
c. Pengambilan napas dilakukan tiap satu atau dua putaran lengan (satu kali mengambil napas).
d. Cara mengambil napas sanggup dilakukan melalui lisan dan hidung
39. Jelaskan gerakan tangan pada renang gaya punggung ketika melaksanakan gerakan mendorong!
Jawaban: gerakan tangan pada renang gaya punggung ketika melaksanakan gerakan mendorong yaitu dimulai sesudah lengan atas menyentuh atau mendekati badan, kemudian dengan cepat lengan bawah mendorong hingga telapak tangan mendekati paha.
40. Jelaskan cara pengambilan napas pada renang gaya punggung!
Jawaban: cara pengambilan napas pada renang gaya punggung sebaiknya dilakukan melalui lisan dan hidung.
41. Sebutkan tiga cara yang sanggup diterapkan dalam pola pertahanan permainan sepak bola!
Jawaban:
a. melaksanakan gerakan tersusun
b. pola bermain menghadapi pertahanan yang rapat
c. pola mencari ruang kosong
42. Sebutkan tiga jenis pemain kalau dilihat dari kemampuan dan keterampilan pada permainan bola voli!
Jawaban:
a. Pemain yang mempunyai keterampilan atau kemampuan sebagai seorang smasher (penyerang utama)
b. Pemain yang mempunyai kemampuan sebagai seorang set-uper (pengumpan smesher)
c. Pemain yang mempunyai kemampuan dan keterampilan sebagai smesher dan set-uper (pemain yang serba bisa).
43. Jelaskan yang dimaksud dengan lari sambung atau estafet!
Jawaban: lari sambung atau estafet yaitu lari beregu yang terdiri atas empat orang pelari dan pelari ini secara bersambung (estafet) bergantian membawa tongkat dari garis start sampi ke garis finis.
44. Jelaskan beberapa cara yang harus diperhatikan dalam melaksanakan lompat jangkit, semoga pelaksanaannya berhasil dengan baik!
Jawaban:
a. Kaki yang dipakai untuk menolak atau menumpu pada papan tumpu dipilih kaki yang paling kuat
b. Awalan dilakukan dengan cara berlari dengan jarak secukupnya
c. Setelah kaki tumpu (misalnya kaki kir) menolak tepat pada papan tumpuan, selanjutnya lakukan bertingkat dan mendarat dengan kaki yang sama dilanjutkan melangkahkan kaki kanan kemudian melompat dan mendarat dengan memakai dua kaki.
45. Jelaskan cara melaksanakan gerakan meroda (radslag) pada senam lantai!
Jawaban:
a. Sambil mencondongkan tubuh ke samping kiri, letakkan telapak tangan kiri di samping kaki kiri. Kaki kanan terangkat lurus ke atas.
b. Kemudian disusul dengan meletakkan telapak ajun di samping tangan kiri.
c. Bersamaan dengan itu kaki kanan diayunkan dan kaki kiri ditolakkan dari lantai ke atas sehingga kedua kaki itu terbuka lurus ke atas.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Bank Soal Sekolahku UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal UAS Penjaskes Kelas 12 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal essay penjas kelas 12
- soal penjas kelas 12 pilihan ganda
- soal penjaskes kelas xii dan kunci jawaban
- kisi kisi soal penjaskes sma kelas xii
- soal essay penjas kelas 12 semester 1
- soal essay penjaskes kelas xii dan jawabannya
- soal usbn penjas kelas 12
- kunci tanggapan lks penjaskes kelas 12 semester 1 pdf 2018,2019,2020,2021,2022