Bank Soal Sekolahku UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai Shabat Bank Soal Sekolahku dimanapun berada, pada kesempatan yang baik ini admin ingin membagikan 70 Bank Soal Sekolahku untuk mata pelajaran SEJARAH bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 11 SMA/MA. Soal ini sudah admin sediakan dengan kunci jawabannya dan juga admin telah menyediakan fotmat doc. sehingga bisa di unduh pada link dibawah. Oiya Pengertian sejarah secara etimologi berasal dari kata Arab yaitu sajaratunyang berarti pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh yang berarti waktu atau penanggalan.
Kata Sejarah lebih erat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris bermetamorfosis history yang berarti masa kemudian manusia. Kata lain yang mendekati teladan tersebut ialah geschichte dalam bahasa Jerman yang berarti sudah terjadi.
Ahli sejarah dari Perancis memperkenalkan metode sejarah kuantitatif. Metode ini memakai sejumlah besar data dan informasi untuk menelusuri kehidupan orang-orang dalam sejarah.
Ahli sejarah dari Amerika, terutama mereka yang terilhami zaman gerakan hak asasi dan sipil, berusaha untuk lebih mengikutsertakan kelompok-kelompok etnis, suku, ras, serta kelompok sosial dan ekonomi dalam kajian sejarahnya.
Dalam beberapa tahun kebelakangan ini, ilmuwan posmodernisme dengan keras mempertanyakan keabsahan dan perlu tidaknya dilakukan kajian sejarah. Menurut mereka, sejarah semata-mata hanyalah interpretasi pribadi dan subjektif atas sumber-sumber sejarah yang ada. Dalam bukunya yang berjudul In Defense of History (terj: Pembelaan akan Sejarah), Richard J. Evans, seorang profesor bidang sejarah modern dari Universitas Cambridge di Inggris, membela pentingnya pengkajian sejarah untuk masyarakat.
Bank Soal Sekolahku UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Melalui akses perdagangan, raja dan aristokrat mendapatkan agama Islam. Hal itu lantaran ….
a. raja dan aristokrat sebagai pemilik saham dan kapal dalam pelayaran dan perdagangan
b. para aristokrat menguasai semua acara ekonomi
c. rakyat Indonesia sangat patuh dan taat kepada rajanya
d. para perdagangan absurd harus meminta izin kepada raja dan bangsawan
e. adaya hubungan antara raja dan aristokrat serta para perdagangan besar
Jawaban: e
2. Masuknya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana. Teori ini muncul lantaran kaum Brahmana ….
a. memerintahkan kepada ksatria untuk menduduki Indonesia
b. turut berlayar untuk menjaga keselamatan para pedagang
c. yang merintis jalan ke Indonesia
d. diundang oleh kepala suku untuk mengajarkan agama Hindu
e. berkewajiban mengajarkan agama Hindu
Jawaban: e
3. Bukti Purnawarman mempunyai perhatian yang besar terhadap kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya ialah prasasti ….
a. Tugu
b. Pasir Awi
c. Kebon Kopi
d. Ciaruteun
e. Muara Cianten
Jawaban: a
4. Proses percampuran dua kebudayaan yang saking memengaruhi dengan tidak meninggalkan corak aslinya disebut ….
a. integrasi kebudayaan
b. penemuan kebudayaan
c. asimilasi kebudayaan
d. akulturasi kebudayaan
e. semua balasan benar
Jawaban: d
5. Bidang yang memengaruhi perkembangan tradisi Hindu-Buddha di Indonesia akhir diperkenalkannya sistem kasta dalam masyarakat ialah bidang ….
a. kepercayaan
b. budaya
c. sosial
d. ekonomi
e. politik
Jawaban: c
6. Prasasti-prasasti yang ditinggalkan oleh Kerajaan Sriwijaya pada umumnya ditulis dalam bahasa ….
a. Indonesia Kuno
b. Jawa Kuno
c. Melayu Kuno
d. Sanskerta
e. Kawi
Jawaban: c
7. Kemunduran Sriwijaya ditunjau dari sisi politis lantaran ….
a. ditaklukkan Gajah Mada
b. tidak bisa bersaing menghadapi Singasari
c. serangan bangsa absurd yang terus-menerus
d. angkatan maritim Sriwijaya telah memperdalam ilmu agama
e. sering terjadi perpindahan ibu kota kerajaan
Jawaban: c
8. Yang disebut Pralaya ialah ….
a. terbunuhnya Airlangga dalam medan perang
b. terbunuhnya Dharmawangsa dan keluarganya
c. gugurnya Kertajaya dalam pertempuran di Banten melawan Ken Arok
d. hancurnya istana Singasari dalam menghadapi serangan kediri
e. hancurnya keluarga Kediri ketika melawan serangan Mongol
Jawaban: b
9. Prasasti Mantyasih sangat penting artinya untuk mengetahui ….
a. nama-nama raja Mataram
b. luas wilayah Mataram
c. susunan pemerintahan
d. agama yang dianut raja dan rakyat
e. sistem pemerintahan
Jawaban: a
10. Berdirinya Kerajaan Mataram Hindu diketahui menurut atas penemuan prasasti ….
a. Canggal
b. Mantyasih
c. Talang Tuo
d. Kebon Kopi
e. Dinoyo
Jawaban: a
11. Karya sastra kitab Baratayudha mengkisahkan perihal ….
a. perjuangan Airlangga mempersatukan bekas kekuasaan Dharmawangsa
b. perjuangan Jayabaya mempersatukan Jenggala dengan Panjalu
c. pemberontakan Jayakatwang terhadap Kertanegara
d. pemberontakan pada masa Jayanegara
e. perjuangan memeprsatukan kerajaan Sunda dengan Majapahit
Jawaban: b
12. Tujuan ekspedisi Pamalayu oleh Kertanegara ialah ….
a. memperoleh wilayah kekuasaannya ke Sriwijaya
b. meningkatkan hubungan persahabatan dengan melayu
c. menciptakan benteng pertahanan menghadapi Mongol
d. meningkatkan hubungan perdagangan dengan Sriwijaya
e. menghadang penyerangan yang dilakukan Kubilai Khan
Jawaban: e
13. Raja terbesar dari Kerajaan Singosari ialah ….
a. Kertanegara
b. Wisnu Wardhana
c. Tohjaya
d. Anusapati
e. Ken Arok
Jawaban: a
14. Asal-usul Ken Arok dan kehidupannya sanggup diketahui pada ….
a. kitab Negarakertagama
b. kitab Cerita Panji
c. kidung Kertagama
d. kidung Pararaton
e. kitab Usara Bali
Jawaban: d
15. Suku Bonang menerima dampak dari ….
a. Arab dan India
b. India dan Melayu
c. Arab dan Melayu
d. Melayu dan Cina
e. India
Jawaban: c
16. Keruntuhan Majapahit disebabkan oleh ….
a. perang saudara
b. meninggalnya Gajah Mada, tidak ada penggantinya yang sempurna
c. masuknya agama Islam
d. daerah-daerah melepaskan diri
e. semua balasan benar
Jawaban: e
17. Sumpah Palapa Gajah Mada pada hakikatnya merupakan ….
a. pernyataan setia kepada Raja Hayam Wuruk
b. luapan kegembiraan sehabis dinobatkan menjadi patih
c. perilaku cinta tanah air untuk berkorban demi negara
d. perjuangan untuk memperoleh simpati dan erat dengan raja
e. visi Gajah Mada untuk mengabdi kepada Hayam Wuruk
Jawaban: c
18. Keberadaan Kerajaan Aceh sanggup diketahui dari Kitab Bustanussalatin yang ditulis ….
a. Hamzah Fansuri
b. Syamsudin Pasai
c. Nuruddin ar Raniri
d. Abdurrahman
e. Amir Hamzah
Jawaban: c
19. Naziruddin al Kamil mendirikan Kerajaan Samudra Pasai bertujuan untuk ….
a. menguasai hasil perdagangan rempah-rempah dan lada
b. memperluas wilayah kekuasaan kerajaan Mesir
c. menyebarluaskan pedoman agama dan kebudayaan Islam
d. menguasai jalur perdagangan rempah-rempah
e. mengimbangi kekuasaan Kerajaan Majapahit
Jawaban: a
20. Sultan Ageng Tirtayasa tidak bersedia bekerja sama dagang dengan VOC lantaran adanya perbedaan….
a. alat tukar
b. prinsip perdagangan
c. mekanisme perdagangan
d. barang dagangan
e. proses dagang
Jawaban: b
21. Kesusastraan Aceh kuat terhadap perkambangan bahasa ….
a. Minangkabau
b. Melayu
c. Arab
d. Sanskerta
e. Parsi
Jawaban: b
22. Portugis menaklukkan Malaka tahun 1511 bertujuan ….
a. merebut jalur kemudian lintas pelayaran internasional
b. menguasai sentra perdagangan rempah-rempah
c. menguasai hasil bumi, lada, dan emas
d. menghancurkan sentra perdagangan rempah-rempah
e. menundukkan pemerintahan Sultan Mahmud Syah
Jawaban: a
23. Kerajaan Islam yang bercorak agraris ialah ….
a. Mataram
b. Demak
c. Makassar
d. Banten
e. Samudra Pasai
Jawaban: a
24. Salah satu cara Sultan Agung untuk mempersatukan Jawa, terutama Surabaya ialah ….
a. menyerang dengan militer yang besar
b. mengadakan blokade ekonomi
c. tidak mengadakan derma beras ke Jawa Timur
d. memulangkan pegawai kerajaan ke Jawa Timur
e. mempersunting Putri Wandansari dengan Adipati Pekik
Jawaban: e
25. Kerajaan Makassar mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ….
a. Iskandar Muda
b. Sultan Hasanuddin
c. Sultan Abdullah
d. Alaudin
e. Sultan Haji
Jawaban: b
26. Kesultanan Banten mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ….
a. Fatahillah
b. Hasanuddin
c. Sultan Abdullah
d. Sultan Ageng Tirtayasa
e. Sultan Haji
Jawaban: d
27. Usaha Belanda dalam memperkuat posisinya di Sulawesi, maka Ujung Pandang dijadikan benteng dengan nama ….
a. Ford de Kock
b. Ford Rotterdam
c. Ford Vredenburg
d. Ford Stesel
e. Ford Spelman
Jawaban: b
28. Kekalahan Makassar atas VOC menimbulkan beberapa hal, kecuali ….
a. Belanda diizinkan mendirikan benteng Makassar
b. Makassar harus melepaskan jajahannya
c. Makassar terbuka untuk bangsa Eropa
d. Makassar harus membayar ongkos perang
e. VOC memperoleh hak monopoli di Makassar
Jawaban: c
29. Kerajaan Banten tumbuh dan berkembang menjadi bandar dagang yang sangat ramai lantaran ….
a. banyak menghasilkan lada dan cengkih
b. tempat transit perdagangan Islam dari barat dan timur
c. sebagai tujuan dagang Belanda dan Inggris
d. strategis dalam pelayaran perdagangan internasional
e. mempunyai pelabuhan berstandar internasional
Jawaban: d
30. Tujuan Belanda memecah belah kerajaan Mataram Islam ialah ….
a. mempermudah pengawasan
b. menghindari perang saudara
c. melakukan devide et impera
d. menghancurkan kekuatan Kerajaan Mataram Islam
e. mempermudah pelaksanaan manajemen kerajaan
Jawaban: c
31. Tujuan Sultan Agung menyerang Batavia tahun 1628 dan 1629 ialah ….
a. menguasai jalur perdagangan
b. mewujudkan keinginan mempersatukan Jawa
c. memusatkan pelayaran perdagangan di Demak
d. menolak/menentang sistem monopoli
e. mencegah penyebaran agama Kristen
Jawaban: b
32. Bentuk persaingan Kerajaan Ternate dan Tidore di Maluku ialah ….
a. pertahanan kerajaan makin kuat
b. terjadi perlombaan senjata
c. terjadi persaingan pemasaran hasil bumi
d. masing-masing membentuk komplotan kerajaan
e. gampang dipengaruhi pihak asing
Jawaban: d
33. Sultan Hasanuddin tidak bersedia bekerja sama dengan VOC lantaran ….
a. VOC bukan suatu pemerintahan negara
b. barang dagangan yang ditawarkan VOC terlalu mahal
c. alat tukar yang dipakai tidak seimbang
d. praktik monopoli dagang yang dilakukan
e. perbedaan agama yang dianut
Jawaban: d
34. Menurut Gillin dalam bukunya Cultural Sociologi memperlihatkan adanya proses saling memengaruhi mencakup ….
a. berhubungan
b. percampuran
c. asimilasi
d. integrasi
e. semua benar
Jawaban: e
35. Tujuan dibentuknya kasta ialah ….
a. untuk menjaga keturunan Arya
b. untuk membedakan status dalam masyarakat
c. membedakan warna kulit
d. membedakan bangsa pendatang
e. membedakan masyarakat keratin
Jawaban: a
36. Pembagian kasta masyarakat Hindu didasarkan atas ….
a. status perkawinan
b. pekerjaan
c. jenis kelamin
d. tempat tinggal
e. ciri-ciri fisik
Jawaban: b
37. Apabila akulturasi itu ternyata bertentangan, maka kata Gillin akan terjadi ….
a. perlombaan
b. pertentangan
c. permusuhan
d. disintegrasi
e. semua benar
Jawaban: e
38. Menurut Toynbee, aturan akulturasi itu tetap, alasannya ….
a. akulturasi diarahkan pada nalar sehat kebudayaan sendiri disehatikan dari luar
b. akulturasi kebudayaan luar disehatikan oleh kebudayaan sendiri
c. kebudayaan luar hancur sama sekali
d. kebudayaan sendiri hancur sama sekali
e. kebudayaan yang berakulturasi harus berstatus lebih tinggi
Jawaban: a
39. Akulturasi kebudayaan Hindu dan Islam sanggup dilihat dari bangunan sebuah masjid yang dibentuknya menyerupai kuil dan pintu-pintu gerbangnya menyerupai candi, yaitu di kota ….
a. Jepara
b. Kudus
c. Rembang
d. Gresik
e. Tuban
Jawaban: b
40. Berikut ini contoh bangunan yang menerima dampak Barat, kecuali ….
a. parit keraton
b. tembok berlapis
c. tempat meriam
d. asrama militer
e. atap tumpang
Jawaban: e
41. Dalam tradisi sejarah Jawa, silsilah raja adakalanya sanggup dirujuk hingga penguasa-penguasa supranatural, ini dimaksudkan untuk ….
a. mendatangkan kesejahteraan rakyat
b. melindungi keselamatan rakyat
c. menambah kebesaran raja
d. memperbesar kewibawaan raja
e. memperkuat kerajaan
Jawaban: d
42. Yang menjadi ciri khas bangunan masjid Indonesia ialah adanya tempat yang disebut pawastren, yaitu ….
a. tempat wudu bagi wanita
b. tempat khusus bagi laki-laki
c. tempat khusus bagi wanita
d. tempat khotib
e. tempat untuk mengimami salat
Jawaban: a
43. Tahun Jawa Islam dimulai para perhitungan bulan ….
a. Sura
b. Besar
c. Muharam
d. Ramadhan
e. Zulhijah
Jawaban: c
44. Serat wirit yang di dalamnya mengandung pedoman agama dikarang oleh ….
a. Sunan Bonang
b. Sunan Giri
c. Sunan Ampel
d. Ronggowarsito
e. Sunan Gunung Jati
Jawaban: a
45. Wali Songo yang terkenal dakwahnya memakai seni pewayangan ialah ….
a. Sunan Muria
b. Sunan Kudus
c. Sunan Giri
d. Sunan Bonang
e. Sunan Kalijaga
Jawaban: e
46. Kidung Ronggolawe berisi perihal ….
Jawaban: pemberontakan ronggolawe
47. Prasasti Kududa merupakan sumber sejarah Kerajaan ….
Jawaban: Majapahit
48. Makam orang Islam yang pertama, sebagai salah satu bentuk seni bangunan Islam di Indonesia adalam makam ….
Jawaban: Fatimah binti Maimun
49. Kerajaan Kutai terletak di ….
Jawaban: Kalimantan Timur
50. Seni wayang dipopulerkan oleh Sunan ….
Jawaban: Kalijaga
51. Iskandar Syah ialah raja pertama dari kerajaan ….
Jawaban: Malaka
52. Ajaran tasawuf di Indonesia diajarkan oleh ….
Jawaban: Syeh Siti Jenar
53. Serangan pertama Sultan Agung terhadap Belanda di Batavia dilakukan pada tahun ….
Jawaban: 1628
54. Baabullah berhasil mengusir Portugis dari ….
Jawaban: Maluku
55. Iskandar Muda ialah raja dari Kerajaan ….
Jawaban: Aceh
56. Kerajaan Singasari mencapai kejayaan pada masa pemerintahan raja….
Jawaban: Kertanegara
57. Perang Bubat ialah perang antara….
Jawaban: Majapahit dan Pajajaran
58. Bukti yang memperlihatkan bahwa dampak Hindu sudah masuk semenjak kurun ke-4 M ialah ….
Jawaban: prasasti yupa
59. Sistem penanggalan yang merupakan wujud akulturasi berupa tahun ….
Jawaban: Saka
60. Kerajaan Tarumanegara berdiri pada kurun ke ….
Jawaban: 5
61. Sebutkan faktor-faktor yang menimbulkan Kerajaan Banten cepat berkembang!
Jawaban: penyebab kerajaan Banten cepat berkembang:
a. Terletak di Teluk Banten
b. Kedudukan di Selat Sunda yang strategis
c. Memiliki materi ekspor penting
d. Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis
62. Tuliskan bukti bahwa masuknya dampak India sanggup memajukan di banyak sekali bidang!
Jawaban: Indonesia memasuki zaman aksara, terbentuk negara kerajaan dan memajukan perdagangan
63. Sebutkan dampak keruntuhan Kerajaan Demak di Jawa!
Jawaban: dampak keruntuhan Kerajaan Demak di Jawa:
a. Tidak ada Kerajaan maritim besar lagi yang bisa menguasai perdagangan nasional dan sanggup menghadapi bangsa asing
b. Pindahnya sentra kekuasaan ke tempat pedalaman
64. Apa yang dimaksud dengan Sriwijaya merupakan negara maritim dan sentra penyebaran agama Buddha?
Jawaban: Kerajaan Sriwijaya sangat tergantung pada maju mundurnya pelayaran perdagangan di Selat Malaka dan di Selat Sunda, kemudian Sriwijaya merupakan sentra pertemuan antara jemaah agama Buddha dari Cina ke India dan dari India ke Cina.
65. Sebutkan dua buah prasasti sebagai sumber sejarah Kerajaan Tarumanegara!
Jawaban: Prasasti Ciareteun dan prasasti Kebon Kopi
66. Sebutkan penyebaran runtuhnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di wilayah
Indonesia!
Jawaban: penyebab runtuhnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di wilayah Indonesia:
a. Terdesaknya kerajaan-kerajaan lain sebagai akhir munculnya kerajaan yang lebih besar dan lebih kuat.
b. Tidak ada peralihan kepemimpinan dan kaderisasi
c. Berlangsungnya perang saudara
d. Banyak tempat yang melepaskan diri
67. Sebutkan akses Islamisasi di Indonesia!
Jawaban: perdagangan, perkawinan, pendidikan, dan kesenian
68. Terangkan teori yang menyebutkan kurun atau tahun masuknya Islam di Indonesia! Kemukakan dasarnya!
a. Abad 7:
b. Abad 11:
c. Abad 13:
Jawaban:
a. Abad 7 diperoleh dari informasi Arab yang menyebut istilah Zabag untuk kerajaan Sriwijaya
b. Abad ke-11 diperoleh dari penemuan makam Fatimah binti Ma’mun (1028 M) di Leran Gresik
c. Abad ke-13 diperoleh dari penemuan Syekh Maulana Ibrahim di Gresik di Leran, Penganias 1419
69. Sebutkan sumber dari dalam negeri mengenai masuknya Islam ke Indonesia!
Jawaban:
a. Penemuan makam Fatimah binti Ma’mun (1028 M) di Leran, Gresik
b. Penemuan makam Sultan Malik al saleh di Sumatra Utara (1297 M).
c. Penemuan makam syekh Maulana Ibrahim di Gresik (1419 M).
70. Jelaskan bentuk-bentuk akulturasi di bidang teknologi pembangunan!
Jawaban: bentuk-bentuk akulturasi di bidang teknologi pembangunan ialah bentuk bangunan candi yang bertingkat-tingkat merupakan hasil budaya zaman Megalithikum, yakni punden berundak-undak.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Bank Soal Sekolahku UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Kata Sejarah lebih erat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris bermetamorfosis history yang berarti masa kemudian manusia. Kata lain yang mendekati teladan tersebut ialah geschichte dalam bahasa Jerman yang berarti sudah terjadi.
Bank Soal Sekolahku UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Metode kajian sejarah
Ahli-ahli sejarah terkemuka yang membantu berbagi metode kajian sejarah antara lain: Leopold von Ranke, Lewis Bernstein Namier, Geoffrey Rudolf Elton, G. M. Trevelyan, dan A. J. P. Taylor. Pada tahun 1960an, para mahir sejarah mulai meninggalkan narasi sejarah yang bersifat epik nasionalistik, dan menentukan memakai narasi kronologis yang lebih realistik.Ahli sejarah dari Perancis memperkenalkan metode sejarah kuantitatif. Metode ini memakai sejumlah besar data dan informasi untuk menelusuri kehidupan orang-orang dalam sejarah.
Ahli sejarah dari Amerika, terutama mereka yang terilhami zaman gerakan hak asasi dan sipil, berusaha untuk lebih mengikutsertakan kelompok-kelompok etnis, suku, ras, serta kelompok sosial dan ekonomi dalam kajian sejarahnya.
Dalam beberapa tahun kebelakangan ini, ilmuwan posmodernisme dengan keras mempertanyakan keabsahan dan perlu tidaknya dilakukan kajian sejarah. Menurut mereka, sejarah semata-mata hanyalah interpretasi pribadi dan subjektif atas sumber-sumber sejarah yang ada. Dalam bukunya yang berjudul In Defense of History (terj: Pembelaan akan Sejarah), Richard J. Evans, seorang profesor bidang sejarah modern dari Universitas Cambridge di Inggris, membela pentingnya pengkajian sejarah untuk masyarakat.
Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA
Bank Soal Sekolahku UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Melalui akses perdagangan, raja dan aristokrat mendapatkan agama Islam. Hal itu lantaran ….
a. raja dan aristokrat sebagai pemilik saham dan kapal dalam pelayaran dan perdagangan
b. para aristokrat menguasai semua acara ekonomi
c. rakyat Indonesia sangat patuh dan taat kepada rajanya
d. para perdagangan absurd harus meminta izin kepada raja dan bangsawan
e. adaya hubungan antara raja dan aristokrat serta para perdagangan besar
Jawaban: e
2. Masuknya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana. Teori ini muncul lantaran kaum Brahmana ….
a. memerintahkan kepada ksatria untuk menduduki Indonesia
b. turut berlayar untuk menjaga keselamatan para pedagang
c. yang merintis jalan ke Indonesia
d. diundang oleh kepala suku untuk mengajarkan agama Hindu
e. berkewajiban mengajarkan agama Hindu
Jawaban: e
3. Bukti Purnawarman mempunyai perhatian yang besar terhadap kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya ialah prasasti ….
a. Tugu
b. Pasir Awi
c. Kebon Kopi
d. Ciaruteun
e. Muara Cianten
Jawaban: a
4. Proses percampuran dua kebudayaan yang saking memengaruhi dengan tidak meninggalkan corak aslinya disebut ….
a. integrasi kebudayaan
b. penemuan kebudayaan
c. asimilasi kebudayaan
d. akulturasi kebudayaan
e. semua balasan benar
Jawaban: d
5. Bidang yang memengaruhi perkembangan tradisi Hindu-Buddha di Indonesia akhir diperkenalkannya sistem kasta dalam masyarakat ialah bidang ….
a. kepercayaan
b. budaya
c. sosial
d. ekonomi
e. politik
Jawaban: c
6. Prasasti-prasasti yang ditinggalkan oleh Kerajaan Sriwijaya pada umumnya ditulis dalam bahasa ….
a. Indonesia Kuno
b. Jawa Kuno
c. Melayu Kuno
d. Sanskerta
e. Kawi
Jawaban: c
7. Kemunduran Sriwijaya ditunjau dari sisi politis lantaran ….
a. ditaklukkan Gajah Mada
b. tidak bisa bersaing menghadapi Singasari
c. serangan bangsa absurd yang terus-menerus
d. angkatan maritim Sriwijaya telah memperdalam ilmu agama
e. sering terjadi perpindahan ibu kota kerajaan
Jawaban: c
8. Yang disebut Pralaya ialah ….
a. terbunuhnya Airlangga dalam medan perang
b. terbunuhnya Dharmawangsa dan keluarganya
c. gugurnya Kertajaya dalam pertempuran di Banten melawan Ken Arok
d. hancurnya istana Singasari dalam menghadapi serangan kediri
e. hancurnya keluarga Kediri ketika melawan serangan Mongol
Jawaban: b
9. Prasasti Mantyasih sangat penting artinya untuk mengetahui ….
a. nama-nama raja Mataram
b. luas wilayah Mataram
c. susunan pemerintahan
d. agama yang dianut raja dan rakyat
e. sistem pemerintahan
Jawaban: a
10. Berdirinya Kerajaan Mataram Hindu diketahui menurut atas penemuan prasasti ….
a. Canggal
b. Mantyasih
c. Talang Tuo
d. Kebon Kopi
e. Dinoyo
Jawaban: a
11. Karya sastra kitab Baratayudha mengkisahkan perihal ….
a. perjuangan Airlangga mempersatukan bekas kekuasaan Dharmawangsa
b. perjuangan Jayabaya mempersatukan Jenggala dengan Panjalu
c. pemberontakan Jayakatwang terhadap Kertanegara
d. pemberontakan pada masa Jayanegara
e. perjuangan memeprsatukan kerajaan Sunda dengan Majapahit
Jawaban: b
12. Tujuan ekspedisi Pamalayu oleh Kertanegara ialah ….
a. memperoleh wilayah kekuasaannya ke Sriwijaya
b. meningkatkan hubungan persahabatan dengan melayu
c. menciptakan benteng pertahanan menghadapi Mongol
d. meningkatkan hubungan perdagangan dengan Sriwijaya
e. menghadang penyerangan yang dilakukan Kubilai Khan
Jawaban: e
13. Raja terbesar dari Kerajaan Singosari ialah ….
a. Kertanegara
b. Wisnu Wardhana
c. Tohjaya
d. Anusapati
e. Ken Arok
Jawaban: a
14. Asal-usul Ken Arok dan kehidupannya sanggup diketahui pada ….
a. kitab Negarakertagama
b. kitab Cerita Panji
c. kidung Kertagama
d. kidung Pararaton
e. kitab Usara Bali
Jawaban: d
15. Suku Bonang menerima dampak dari ….
a. Arab dan India
b. India dan Melayu
c. Arab dan Melayu
d. Melayu dan Cina
e. India
Jawaban: c
16. Keruntuhan Majapahit disebabkan oleh ….
a. perang saudara
b. meninggalnya Gajah Mada, tidak ada penggantinya yang sempurna
c. masuknya agama Islam
d. daerah-daerah melepaskan diri
e. semua balasan benar
Jawaban: e
17. Sumpah Palapa Gajah Mada pada hakikatnya merupakan ….
a. pernyataan setia kepada Raja Hayam Wuruk
b. luapan kegembiraan sehabis dinobatkan menjadi patih
c. perilaku cinta tanah air untuk berkorban demi negara
d. perjuangan untuk memperoleh simpati dan erat dengan raja
e. visi Gajah Mada untuk mengabdi kepada Hayam Wuruk
Jawaban: c
18. Keberadaan Kerajaan Aceh sanggup diketahui dari Kitab Bustanussalatin yang ditulis ….
a. Hamzah Fansuri
b. Syamsudin Pasai
c. Nuruddin ar Raniri
d. Abdurrahman
e. Amir Hamzah
Jawaban: c
19. Naziruddin al Kamil mendirikan Kerajaan Samudra Pasai bertujuan untuk ….
a. menguasai hasil perdagangan rempah-rempah dan lada
b. memperluas wilayah kekuasaan kerajaan Mesir
c. menyebarluaskan pedoman agama dan kebudayaan Islam
d. menguasai jalur perdagangan rempah-rempah
e. mengimbangi kekuasaan Kerajaan Majapahit
Jawaban: a
20. Sultan Ageng Tirtayasa tidak bersedia bekerja sama dagang dengan VOC lantaran adanya perbedaan….
a. alat tukar
b. prinsip perdagangan
c. mekanisme perdagangan
d. barang dagangan
e. proses dagang
Jawaban: b
21. Kesusastraan Aceh kuat terhadap perkambangan bahasa ….
a. Minangkabau
b. Melayu
c. Arab
d. Sanskerta
e. Parsi
Jawaban: b
22. Portugis menaklukkan Malaka tahun 1511 bertujuan ….
a. merebut jalur kemudian lintas pelayaran internasional
b. menguasai sentra perdagangan rempah-rempah
c. menguasai hasil bumi, lada, dan emas
d. menghancurkan sentra perdagangan rempah-rempah
e. menundukkan pemerintahan Sultan Mahmud Syah
Jawaban: a
23. Kerajaan Islam yang bercorak agraris ialah ….
a. Mataram
b. Demak
c. Makassar
d. Banten
e. Samudra Pasai
Jawaban: a
24. Salah satu cara Sultan Agung untuk mempersatukan Jawa, terutama Surabaya ialah ….
a. menyerang dengan militer yang besar
b. mengadakan blokade ekonomi
c. tidak mengadakan derma beras ke Jawa Timur
d. memulangkan pegawai kerajaan ke Jawa Timur
e. mempersunting Putri Wandansari dengan Adipati Pekik
Jawaban: e
25. Kerajaan Makassar mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ….
a. Iskandar Muda
b. Sultan Hasanuddin
c. Sultan Abdullah
d. Alaudin
e. Sultan Haji
Jawaban: b
26. Kesultanan Banten mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ….
a. Fatahillah
b. Hasanuddin
c. Sultan Abdullah
d. Sultan Ageng Tirtayasa
e. Sultan Haji
Jawaban: d
27. Usaha Belanda dalam memperkuat posisinya di Sulawesi, maka Ujung Pandang dijadikan benteng dengan nama ….
a. Ford de Kock
b. Ford Rotterdam
c. Ford Vredenburg
d. Ford Stesel
e. Ford Spelman
Jawaban: b
28. Kekalahan Makassar atas VOC menimbulkan beberapa hal, kecuali ….
a. Belanda diizinkan mendirikan benteng Makassar
b. Makassar harus melepaskan jajahannya
c. Makassar terbuka untuk bangsa Eropa
d. Makassar harus membayar ongkos perang
e. VOC memperoleh hak monopoli di Makassar
Jawaban: c
29. Kerajaan Banten tumbuh dan berkembang menjadi bandar dagang yang sangat ramai lantaran ….
a. banyak menghasilkan lada dan cengkih
b. tempat transit perdagangan Islam dari barat dan timur
c. sebagai tujuan dagang Belanda dan Inggris
d. strategis dalam pelayaran perdagangan internasional
e. mempunyai pelabuhan berstandar internasional
Jawaban: d
30. Tujuan Belanda memecah belah kerajaan Mataram Islam ialah ….
a. mempermudah pengawasan
b. menghindari perang saudara
c. melakukan devide et impera
d. menghancurkan kekuatan Kerajaan Mataram Islam
e. mempermudah pelaksanaan manajemen kerajaan
Jawaban: c
31. Tujuan Sultan Agung menyerang Batavia tahun 1628 dan 1629 ialah ….
a. menguasai jalur perdagangan
b. mewujudkan keinginan mempersatukan Jawa
c. memusatkan pelayaran perdagangan di Demak
d. menolak/menentang sistem monopoli
e. mencegah penyebaran agama Kristen
Jawaban: b
32. Bentuk persaingan Kerajaan Ternate dan Tidore di Maluku ialah ….
a. pertahanan kerajaan makin kuat
b. terjadi perlombaan senjata
c. terjadi persaingan pemasaran hasil bumi
d. masing-masing membentuk komplotan kerajaan
e. gampang dipengaruhi pihak asing
Jawaban: d
33. Sultan Hasanuddin tidak bersedia bekerja sama dengan VOC lantaran ….
a. VOC bukan suatu pemerintahan negara
b. barang dagangan yang ditawarkan VOC terlalu mahal
c. alat tukar yang dipakai tidak seimbang
d. praktik monopoli dagang yang dilakukan
e. perbedaan agama yang dianut
Jawaban: d
34. Menurut Gillin dalam bukunya Cultural Sociologi memperlihatkan adanya proses saling memengaruhi mencakup ….
a. berhubungan
b. percampuran
c. asimilasi
d. integrasi
e. semua benar
Jawaban: e
35. Tujuan dibentuknya kasta ialah ….
a. untuk menjaga keturunan Arya
b. untuk membedakan status dalam masyarakat
c. membedakan warna kulit
d. membedakan bangsa pendatang
e. membedakan masyarakat keratin
Jawaban: a
36. Pembagian kasta masyarakat Hindu didasarkan atas ….
a. status perkawinan
b. pekerjaan
c. jenis kelamin
d. tempat tinggal
e. ciri-ciri fisik
Jawaban: b
37. Apabila akulturasi itu ternyata bertentangan, maka kata Gillin akan terjadi ….
a. perlombaan
b. pertentangan
c. permusuhan
d. disintegrasi
e. semua benar
Jawaban: e
38. Menurut Toynbee, aturan akulturasi itu tetap, alasannya ….
a. akulturasi diarahkan pada nalar sehat kebudayaan sendiri disehatikan dari luar
b. akulturasi kebudayaan luar disehatikan oleh kebudayaan sendiri
c. kebudayaan luar hancur sama sekali
d. kebudayaan sendiri hancur sama sekali
e. kebudayaan yang berakulturasi harus berstatus lebih tinggi
Jawaban: a
39. Akulturasi kebudayaan Hindu dan Islam sanggup dilihat dari bangunan sebuah masjid yang dibentuknya menyerupai kuil dan pintu-pintu gerbangnya menyerupai candi, yaitu di kota ….
a. Jepara
b. Kudus
c. Rembang
d. Gresik
e. Tuban
Jawaban: b
40. Berikut ini contoh bangunan yang menerima dampak Barat, kecuali ….
a. parit keraton
b. tembok berlapis
c. tempat meriam
d. asrama militer
e. atap tumpang
Jawaban: e
41. Dalam tradisi sejarah Jawa, silsilah raja adakalanya sanggup dirujuk hingga penguasa-penguasa supranatural, ini dimaksudkan untuk ….
a. mendatangkan kesejahteraan rakyat
b. melindungi keselamatan rakyat
c. menambah kebesaran raja
d. memperbesar kewibawaan raja
e. memperkuat kerajaan
Jawaban: d
42. Yang menjadi ciri khas bangunan masjid Indonesia ialah adanya tempat yang disebut pawastren, yaitu ….
a. tempat wudu bagi wanita
b. tempat khusus bagi laki-laki
c. tempat khusus bagi wanita
d. tempat khotib
e. tempat untuk mengimami salat
Jawaban: a
43. Tahun Jawa Islam dimulai para perhitungan bulan ….
a. Sura
b. Besar
c. Muharam
d. Ramadhan
e. Zulhijah
Jawaban: c
44. Serat wirit yang di dalamnya mengandung pedoman agama dikarang oleh ….
a. Sunan Bonang
b. Sunan Giri
c. Sunan Ampel
d. Ronggowarsito
e. Sunan Gunung Jati
Jawaban: a
45. Wali Songo yang terkenal dakwahnya memakai seni pewayangan ialah ….
a. Sunan Muria
b. Sunan Kudus
c. Sunan Giri
d. Sunan Bonang
e. Sunan Kalijaga
Jawaban: e
46. Kidung Ronggolawe berisi perihal ….
Jawaban: pemberontakan ronggolawe
47. Prasasti Kududa merupakan sumber sejarah Kerajaan ….
Jawaban: Majapahit
48. Makam orang Islam yang pertama, sebagai salah satu bentuk seni bangunan Islam di Indonesia adalam makam ….
Jawaban: Fatimah binti Maimun
49. Kerajaan Kutai terletak di ….
Jawaban: Kalimantan Timur
50. Seni wayang dipopulerkan oleh Sunan ….
Jawaban: Kalijaga
51. Iskandar Syah ialah raja pertama dari kerajaan ….
Jawaban: Malaka
52. Ajaran tasawuf di Indonesia diajarkan oleh ….
Jawaban: Syeh Siti Jenar
53. Serangan pertama Sultan Agung terhadap Belanda di Batavia dilakukan pada tahun ….
Jawaban: 1628
54. Baabullah berhasil mengusir Portugis dari ….
Jawaban: Maluku
55. Iskandar Muda ialah raja dari Kerajaan ….
Jawaban: Aceh
56. Kerajaan Singasari mencapai kejayaan pada masa pemerintahan raja….
Jawaban: Kertanegara
57. Perang Bubat ialah perang antara….
Jawaban: Majapahit dan Pajajaran
58. Bukti yang memperlihatkan bahwa dampak Hindu sudah masuk semenjak kurun ke-4 M ialah ….
Jawaban: prasasti yupa
59. Sistem penanggalan yang merupakan wujud akulturasi berupa tahun ….
Jawaban: Saka
60. Kerajaan Tarumanegara berdiri pada kurun ke ….
Jawaban: 5
61. Sebutkan faktor-faktor yang menimbulkan Kerajaan Banten cepat berkembang!
Jawaban: penyebab kerajaan Banten cepat berkembang:
a. Terletak di Teluk Banten
b. Kedudukan di Selat Sunda yang strategis
c. Memiliki materi ekspor penting
d. Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis
62. Tuliskan bukti bahwa masuknya dampak India sanggup memajukan di banyak sekali bidang!
Jawaban: Indonesia memasuki zaman aksara, terbentuk negara kerajaan dan memajukan perdagangan
63. Sebutkan dampak keruntuhan Kerajaan Demak di Jawa!
Jawaban: dampak keruntuhan Kerajaan Demak di Jawa:
a. Tidak ada Kerajaan maritim besar lagi yang bisa menguasai perdagangan nasional dan sanggup menghadapi bangsa asing
b. Pindahnya sentra kekuasaan ke tempat pedalaman
64. Apa yang dimaksud dengan Sriwijaya merupakan negara maritim dan sentra penyebaran agama Buddha?
Jawaban: Kerajaan Sriwijaya sangat tergantung pada maju mundurnya pelayaran perdagangan di Selat Malaka dan di Selat Sunda, kemudian Sriwijaya merupakan sentra pertemuan antara jemaah agama Buddha dari Cina ke India dan dari India ke Cina.
65. Sebutkan dua buah prasasti sebagai sumber sejarah Kerajaan Tarumanegara!
Jawaban: Prasasti Ciareteun dan prasasti Kebon Kopi
66. Sebutkan penyebaran runtuhnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di wilayah
Indonesia!
Jawaban: penyebab runtuhnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di wilayah Indonesia:
a. Terdesaknya kerajaan-kerajaan lain sebagai akhir munculnya kerajaan yang lebih besar dan lebih kuat.
b. Tidak ada peralihan kepemimpinan dan kaderisasi
c. Berlangsungnya perang saudara
d. Banyak tempat yang melepaskan diri
67. Sebutkan akses Islamisasi di Indonesia!
Jawaban: perdagangan, perkawinan, pendidikan, dan kesenian
68. Terangkan teori yang menyebutkan kurun atau tahun masuknya Islam di Indonesia! Kemukakan dasarnya!
a. Abad 7:
b. Abad 11:
c. Abad 13:
Jawaban:
a. Abad 7 diperoleh dari informasi Arab yang menyebut istilah Zabag untuk kerajaan Sriwijaya
b. Abad ke-11 diperoleh dari penemuan makam Fatimah binti Ma’mun (1028 M) di Leran Gresik
c. Abad ke-13 diperoleh dari penemuan Syekh Maulana Ibrahim di Gresik di Leran, Penganias 1419
69. Sebutkan sumber dari dalam negeri mengenai masuknya Islam ke Indonesia!
Jawaban:
a. Penemuan makam Fatimah binti Ma’mun (1028 M) di Leran, Gresik
b. Penemuan makam Sultan Malik al saleh di Sumatra Utara (1297 M).
c. Penemuan makam syekh Maulana Ibrahim di Gresik (1419 M).
70. Jelaskan bentuk-bentuk akulturasi di bidang teknologi pembangunan!
Jawaban: bentuk-bentuk akulturasi di bidang teknologi pembangunan ialah bentuk bangunan candi yang bertingkat-tingkat merupakan hasil budaya zaman Megalithikum, yakni punden berundak-undak.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Bank Soal Sekolahku UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal sejarah kelas xi ipa semester 2 beserta jawabannya
- soal sejarah kelas xi semester 2 kurikulum 2013
- soal sejarah indonesia kelas xi semester 1 beserta jawabannya
- soal essay sejarah kelas 11 semester 2
- soal pilihan ganda sejarah indonesia kelas xi semester 2
- soal dan balasan sejarah indonesia kelas 11 semester 1
- soal uas sejarah kelas 11 semester 2
- soal sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum 2013 pdf 2018,2019,2020,2021,2022