Bank Soal Sekolahku USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai sobat Bank Soal Sekolahku. Bagaimana kabarnya? agar selalu sehat ya, pada kesempatan yang baik ini admin ingin menyebarkan lagi nih soal mata pelajaran SEJARAH, kali ini untuk soal Latihan USBN kelas 12 SMA/MA beserta dengan kunci jawabannya. Soal ini sudah admin susun untuk dijadikan sebagai materi latihan untuk itu soal ini berisikan pilihan ganda dan essay sebanyak 45 soal. Oiya Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة, šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih yakni waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih bersahabat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa kemudian manusia. Kata lain yang mendekati contoh tersebut yakni Geschichte yang berarti sudah terjadi.
Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang digunakan dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.
Istilah ini masuk dalam bahasa Inggris pada tahun 1390 dengan makna "hubungan kejadian, cerita". Pada Bahasa Inggris Pertengahan, artinya yakni "cerita" secara umum. Pembatasan terhadap arti "catatan insiden masa lalu" muncul pada simpulan kala ke-15. Saat itu masih dalam arti Yunani yang pada ketika itu juga Francis Bacon memakai istilah tersebut pada simpulan kala ke-16, ketika ia menulis wacana "Sejarah Alam". baginya, historia yakni "pengetahuan wacana objek yang ditentukan oleh ruang dan waktu", sehingga jenis pengetahuan disediakan oleh Ingatan (sementara Ilmu disediakan oleh akal, dan puisi disediakan oleh fantasi).
Menilik pada makna secara kebahasaan dari aneka macam bahasa di atas sanggup ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh lantaran itu problem waktu penting dalam memahami satu peristiwa, maka para sejarawan cenderung mengatasi problem ini dengan menciptakan periodisasi.
Dalam sebuah ekspresi linguistik sintetik vs. analitik / isolasi dikotomi, (史 vs. 诌) kini menunjuk kata yang berbeda untuk sejarah insan atau bercerita secara umum. Di Jerman, Perancis, dan sebagian bahasa Jermanik dan Romantis, kata yang sama masih digunakan untuk pemakaian kata "sejarah" dan "cerita".
kata sifat historical dibuktikan dari tahun 1661, dan historic dari tahun 1669.
Historian dalam pengartian sebuah "Peneliti sejarah" dibuktikan dari tahun 1531. dalam semua bahasa Eropa, "sejarah" masih digunakan untuk pemakaian kata "apa yang terjadi dengan laki-laki", dan "studi ilmiah yang terjadi", arti yang terakhir kadang kala dibedakan dengan huruf kapital, "Sejarah", atau kata historiografi.
Bank Soal Sekolahku USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sobat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Secara etimologi kata Sejarah berasal dari Bahasa Arab Syajaratun yang berarti pohon. Adapun pengertian sejarah secara isitilah dijelaskan dalam pernyataan berikut ini, kecuali ... .
A. ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa pada masa lampau
B. sejumlah perubahan/kejadian dan peristiwa-peristiwa di sekitar kita
C. kisah-kisah pada masa lampau yang tidak terkait dengan kehidupan masa kini
D. insiden – insiden yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia
E. catatan-catatan wacana insiden masa lampau yang disusun menurut peninggalan- peninggalannya
Jawaban: D
2. Berdasarkan tingkat penyampaiannya, sumber sejarah dibagi menjadi sumber primer, sekunder dan tersier. Adapun sumber primer adalah…
A. informasi yang diperoleh dari prantara
B. informasi yang dituturkan oleh pihak ketiga
C. informasi yang diperoleh dari pelaku atau saksi sejarah
D. informasi yang diperoleh dari sumber rekaman
E. informasi yang diperoleh dari benda sejarah
Jawaban: C
3. Contoh periodisasi insiden sejarah Indonesia yang tersusun secara kronologis adalah….
A. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
B. Masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang
C. Masa kemerdekaan – masa pendudukan Jepang – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda
D. Masa pendudukan Jepang – masa Kolonial Belanda – masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa kemerdekaan
E. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
Jawaban: E
4. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dijelaskan dengan menguraikan aneka macam aspek menyerupai sosial, ekonomi, dan politik dikenal dengan cara berfikir ... .
A. sinkronik
B. kausalitas
C. monokausalitas
D. kronologis
E. periodisasi
Jawaban: A
5. Perhatikan data di bawah ini :
1) Bandung Lautan Api
2) Wayang Kulit
3) Supersemar
4) G 30 S/PKI
5) Ondel - ondel
Dari data diatas yang termasuk contoh sejarah sebagai insiden ditunjukan pada nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 3, 4
E. 2, 3, 5
Jawaban: D
6. Sejarah sebagai sebuah konsep dinilai sebagai ilmu pengetahuan lantaran bersifat empiris, yang berarti ....
A. disusun menurut perenungan yang mendalam
B. mempunyai sasaran dan obyek insan dalam sudut pandang waktu
C. disusun menurut pengalaman atau peninggalan
D. mempunyai kaidah tertentu yang bersifat ilmiah
E. sejarahwan menyatukan diri dengan obyek yang ditelitinya
Jawaban: B
7. Tahap simpulan dalam penelitian sejarah dilakukan oleh seorang peneliti yakni menuangkan daya pikir kritis dan analisis ke dalam suatu penulisan yang utuh. Tahap ini disebut ….
A. interpretasi
B. verifikasi
C. pengolahan
D. historiografi
E. analisis
Jawaban: D
8.
Gambar di atas yakni orang-orang yang berasal dari suku bangsa Dayak dan Toraja, yang merupakan keturunan suku bangsa Proto Melayu. Pernyataan di bawah ini yang bukan ciri Proto Melayu adalah….
A. tiba dari Cina penggalan selatan (Yunan) pada 1500-500 SM
B. berkebudayaan kerikil muda (Neolitikum)
C. berambut lurus, kulit kuning kecoklatan, bermata sipit
D. mendiami tempat Indonesia penggalan Timur (Dayak, Toraja, Mentawai)
E. hasil Budaya berupa kapak lonjong
Jawaban: B
9.
Gambar diatas merupakan hasil – hasil kebudayaan peninggalan insan pra-aksara pada masa ….
A. berburu dan mengumpulkan makanan
B. beternak dan bercocok tanam
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Perundagian
Jawaban: E
10. Berdasarkan Teori Brahmana, ekspansi budaya India dilakukan dengan cara ….
A. kolonisasi oleh orang – orang India di Indonesia
B. perkawinan antara golongan Brahmana dan orang Indonesia
C. melaksanakan kekerabatan dagang antara orang Indonesia dengan India
D. penyerbuan oleh Kerajaan India ke Kerajaan Indonesia
E. mengundang golongan Brahmana untuk melegitimasi penguasa
Jawaban: A
11. Salah satu ciri kehidupan yang menonjol pada masyarakat zaman mesolithikum atau zaman kerikil madya yakni hidup dari meramu dan berburu. Kebanyakan dari mereka hidup di gua-gua di tepi pantai. Hal ini terbukti dengan banyak ditemukannya ….
A. mata tombak dan mata panah di dasar-dasar sungai di Indonesia
B. peninggalan berupa menhir, sarkofagus dan pundek berundak
C. alat-alat rumah tangga berupa periuk belanga dan manik-manik
D. sampah dapur yang dikenal dengan sebutan kjokkenmoddinger
E. peninggalan yang berupa manik-manik dan komplemen lainnya Jawaban: D
12. Agama Islam masuk ke Indonesia selain dibawa oleh pedagang muslim ternyata ada yang secara sengaja disebarkan oleh para ulama atau mubalig. Cara penyebaran Islam ini dilakukan melalui ....
A. dakwah
B. politik
C. kesenian
D. pendidikan
E. tasawuf
Jawaban: A
13. Pengaruh Hindu masuk ke wilayah Indonesia dalam segala bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Contoh berkembangnya dampak India dalam tradisi pemerintahan bangsa Indonesia yakni ….
A. kepala suku menentukan kelompok sukunya
B. pengangkatan raja di lingkungan rakyat
C. raja menentukan kerajaan mutlak
D. munculnya pemerintahan berbentuk kerajaan
E. dikenalkannya kasta dalam masyarakat
Jawaban: D
14. Sultan Iskandar Muda berkuasa di Kerajaan Aceh pada tahun 1607-1636. Pada masa pemerintahannya terjadi banyak penaklukan di wilayah yang berdekatan dengan Aceh. Wilayah berikut ini termasuk kekuasaan Aceh, kecuali ....
A. Deli, Bintan, dan Kampar
B. Pariaman, Minangkabau dan Perak
C. Pahang, Bintan, dan Kedah
D. Palembang, Johor, dan Minangkabau
E. Pariaman, Kampar, dan Pahang
Jawaban: C
15. Perhatikan pernyataan dibawah ini :
1) Jarak yang terlalu jauh
2) Portugis dibantu oleh pihak lain
3) Peralatan perang yang kurang seimbang
4) Lemahnya semangat pasukan Kerajaan Demak
5) Strategi perang yang kurang jitu
Dari pernyataan di atas, manakah yang menjadi faktor kegagalan Adipati Unus ketika menyerang Portugis di Malaka ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 4, 5
C. 1, 3, 5
D. 3, 4, 5
E. 2, 3, 4
Jawaban: C
16. Kesultanan Banten mengalami kemakmuran pada masa pemerintahan ....
A. Sultan Hasanudin
B. Sultan Maulana Yusuf
C. Sultan Ageng Tirtayasa
D. Sultan Abul Ma'ali Ahmad Kenari
E. Sultan Abdul Mufachir Mamud Abdul Kadir Kenari
Jawaban: E
17. Di wilayah Banten banyak ditemukan sejumlah artefak masa pra-aksara zaman megalitikum yang terpusat di sekitar Gunung Pulosari. Salah satunya yakni Situs Citaman yang terletak di ... .
A. Kabupaten Serang
B. Kabupaen Lebak
C. Kabupaten Pandeglang
D. Kota Serang
E. Kota Cilegon
Jawaban: B
18. Penjelajah asal Belanda yang tiba di pelabuhan Banten pada tahun 1596 dan melaksanakan kontak dagang dengan kesultanan Banten yakni …
A. Christoper Columbus
B. Cornelies de Houtman
C. Alfonso de Albuquerque
D. Vasco da Gama
E. Bhartolomeus Dhiaz
Jawaban: B
19. Munculnya pergerakan rakyat Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908. Tujuan Pergerakan Nasional Indonesia yakni ....
A. mencapai kemerdekaan bangsa dari penindasaan kaum penjajah
B. memperoleh laba di bidang perdagangan
C. memajukan pendidikan dan pengajaran di Indonesia
D. meningkatkan kesejahteraan sosial Indonesia
E. mengembangkan kebudayaan nasional Indonesia
Jawaban: A
20. Pada masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, para tokoh pergerakan nasional bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal ini terbukti dengan dibentuknya organisasi Pusat Tenaga Rakyat (Putera) oleh Jepang yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Jepang berharap organisasi tersebut sanggup dijadikan alat untuk mendukung perang Jepang di Pasifik. Namun kenyataan sebaliknya, para tokoh memanfaatkan organisasi tersebut untuk ….
A. menerima simpati dalam upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah
B. melaksanakan gerakan di bawah tanah untuk berbalik menyerang Jepang
C. mempelajari taktik yang dilakukan Jepang dalam menghadapi Sekutu
D. menduduki posisi dalam pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia
E. menanamkan semangat nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia merdeka Jepang
Jawaban: E
21. Organisasi pergerakan tidak hanya didirikan di Indonesia, tetapi juga di negeri Belanda tempat pelajar-pelajar Indonesia menimba ilmu. Nama organisasi pergerakan yang didirikan oleh para mahasiswa Indonesia di Belanda adalah....
A. PNI
B. PNI Baru
C. Indische Vereeniging
D. Perhimpunan Indonesia
E. Indische Partij
Jawaban: D
22. Perkembangan organisasi pergerakan nasional dibagi ke dalam 3 (tiga) periode yaitu periode awal, periode radikal dan periode moderat. Pada periode radikal, organisasi pergerakan yang muncul mempunyai asas usaha yang bersifat nonkooperatif. Pernyataan berikut yang merupakan faktor umum yang mendorong lahirnya aneka macam organisasi pergerakan yang bersifat nonkooperatif adalah....
A. Kekecewaan yang besar terhadap kiprah organisasi-organisasi pergerakan yang ada
B. Keyakinan kaum pencetus pergerakan bahwa Belanda akan takluk kepada Jepang
C. Belanda tidak memberi sinyal apapun wacana kemungkinan Indonesia Merdeka
D. Merajalelanya aliran kapitalisme dalam kebijakan perekonomian Indonesia
E. Belanda tidak tegas terhadap masuknya paham Marxisme-komunisme ke Indonesia
Jawaban: C
23. Perkembangan pers Indonesia pada awal kala 20 memperlihatkan andil besar dalam pergerakan nasional. Dalam sejarah pergerakan nasional ada beberapa surat kabar yang sangat memengaruhi munculnya kesadaran berbangsa di Indonesia, menyerupai Bintang Hindia dan Medan Priyayi. Pers mempunyai peranan penting dalam usaha kebangsaan Indonesia, yaitu ….
A. merupakan media komunikasi di antara masyarakat dalam rangka mencapai kemerdekaan
B. sebagai sarana untuk menyatukan para tokoh pejuang dalam rangka menggalang persatuan
C. merupakan sarana bagi para elite politik dalam rangka memberikan gagasan-gagasannya
D. menjadi tonggak awal dari kebebasan menyatakan pendapat dan hak untuk memperoleh informasi
E. mendorong suatu bangsa untuk berfikir kritis dalam memperoleh identitas bangsa
Jawaban: A
24. Pada tanggal 16 Agustus 1945, golongan muda mengamankan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Latar belakang terjadinya insiden tersebut yakni ….
A. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan renta mengenai waktu proklamasi Indonesia
B. tidak sependapat antara golongan renta dan muda mengenai tempat dilaksanakan proklamasi Indonesia
C. ketidaksepakatan antargolongan renta dan muda wacana bagaimana prosedur pelaksanaan kemerdekaan Indonesia
D. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan renta mengenai konsep teks proklamasi
E. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan renta mengenai siapa yang akan membacakan teks proklamasi
Jawaban: C
25. "Pemindahan kekuasaan d.l.l. dilaksanakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya", merupakan sebagian dari isi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Makna dari pernyataan tersebut yakni ….
A. dalam waktu yang singkat bangsa Indonesia harus mengambil alih semua aset Jepang yang ada di Indonesia
B. pemerintah pendudukan Jepang hanya merupakan salah satu mata rantai lahirnya negara gres Indonesia
C. kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan usaha bangsa Indonesia sendiri tanpa pertolongan negara lain
D. dimulainya revolusi Indonesia lantaran dengan proklamasi perlu dilakukan perubahan fundamental terhadap ketatanegaraan
E. Indonesia sebagai negara merdeka harus segera meminta akreditasi internasional Jawaban: D
26. Tokoh yang beropini bahwa Soekarno-Hatta yang harus menandatangani naskah proklamasi atas nama bangsa Indonesia, yaitu ... .
A. Ahmad Soebardjo
B. Chaerul Saleh
C. B.M. diah
D. Wikana
E. Soekarni
Jawaban: E
27. Sebagai negara yang gres merdeka kehidupan ekonomi nasional Indonesia masih sangat terbelakang. Upaya untuk mengubah struktur ekonomi kolonial menjadi ekonomi nasional berjalan tersendat-sendat. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut yakni ....
A. tidak ada ukuran yang niscaya dalam perekonomian
B. belum mempunyai tenaga mahir dan dana yang memadai
C. belum adanya negara luar yang mau membantu
D. adanya persaingan antar para pengusaha pribumi
E. perekonomian masih sangat tergantung dunia luar
Jawaban: B
28. Setelah bangsa Indonesia berhasil mencapai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak berarti bangsa Indonesia terbebas dari penguasaan bangsa asing. Negara RI dibagi-bagi menjadi negara-negara penggalan dan daerah-daerah otonom atau satuan kenegaraan oleh Belanda dengan tujuan memperkecil wilayah kekuasaan RI. Hal ini memicu timbulnya pertempuran di aneka macam tempat di Indonesia, sebagai misalnya yakni pertempuran di Surabaya. Terjadinya pertempuran ini disebabkan lantaran Belanda ….
A. tidak menghendaki berdirinya negara Republik Indonesia
B. masih merasa berkuasa atas wilayah negara Indonesia
C. ingin menanam kembali kekuasaannya di Indonesia
D. tidak mau mengakui Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
E. beranggapan proklamasi kemerdekaan tidak sah secara hukum
Jawaban: C
29. Setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 ternyata Indonesia memasuki masa Demokrasi Terpimpin, salah satu dari cirinya yaitu ….
A. kedudukan dewan perwakilan rakyat kuat
B. MPR forum tertinggi Negara
C. MPR forum tinggi Negara
D. kekuasaan terpusat pada Presiden
E. kekuasaan Presiden sejalan dengan Undang-Undang Jawaban: D
30. Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat yang dipimpin oleh Sekarmadji Marijan Kartosuwiryo mempunyai impian ….
A. untuk menjadi gubernur Jawa Barat
B. mendirikan Negara Islam Indonesia
C. menjadi Panglima TII
D. menjadi Panglima APRIS
E. menjadi Gubernur Sulawesi Selatan
Jawaban: B
31. Gerakan Pemerintah Revolusioner Rakyat Indonesia (PRRI) merupakan gerakan ingin memisahkan dari negara Indonesia merdeka. Munculnya gerakan tersebut disebabkan lantaran adanya….
A. persaingan dalam jabatan di daerah
B. konflik Tentara Nasional Indonesia dengan mantan KNIL
C. kesenjangan antara sentra dan daerah
D. konflik antarpartai politik setempat
E. ketidakpuasan Tentara Nasional Indonesia terhadap pemerintah
Jawaban: C
32. Pada tanggal 5 Oktober 1945 terjadi perubahan dalam organisasi militer di Indonesia. Pemerintahan Republik Indonesia secara resmi mendirikan sebuah organisasi tentara nasional yang pertama berjulukan ... .
A. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia
B. Tentara Keamanan Rakyat
C. Tentara Nasional Indonesia
D. Tentara Rakyat Indonesia
E. Tentara Republik Indonesia
Jawaban: B
33. ”Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Makna penggalan pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut bagi bangsa Indonesia yakni ….
A. masyarakat sanggup mengambil alih seluruh persenjataan Jepang di Indonesia
B. saatnya membangun kehidupan gres yang merdeka, bersatu, dan berdaulat
C. Jepang telah memenuhi janji kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia
D. Indonesia segera menyusun pemerintahan dan ketatanegaraan yang baru
E. proklamasi kemerdekaan merupakan puncak usaha bangsa Indonesia Jawaban: B
34. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Melemahnya mata uang Indonesia terhadap dollar Amerika
(2) Hutang luar negeri Indonesia mencapai 137 milliar dollar Amerika
(3) Sembilan materi pokok di pasaran semakin menipis
(4) Menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap menurun
(5) Kekuasaan kehakiman ditentukan oleh para eksekutif
Penyebab terjadinya krisis ekonomi pada simpulan tahun 1997 yakni ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A
35. Bukti bahwa Indonesia sebagai anggota ASEAN telah melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif antara lain turut serta berpartisipasi dalam meredakan pertikaian antarfaksi di Kamboja pada tahun 1988 dengan cara ….
A. memberi pertolongan senjata kepada kelompok independen
B. mengirim pasukan Garuda sebagai pasukan Dewan Keamanan PBB
C. memberi pertolongan ekonomi dan obat-obatan bagi rakyat Kamboja
D. menyediakan tempat untuk pelaksanaan Jakarta Informal Meeting
E. menjadi penengah antara keempat faksi yang sedang bertikai Jawaban: D
36. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Melikuidasi beberapa bank bermasalah
(2) Mengimplementasikan hal-hal yang ditentukan IMF
(3) Melaksanakan pemilihan presiden secara langsung
(4) Memberi peluang berdirinya partai-partai politik
(5) Memberi ruang kepada siapapun untuk memberikan pendapat
Upaya-upaya pemerintah dalam melaksanakan aktivitas reformasi yakni ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (1), (2), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: E
37. Gerakan reformasi di Indonesia tahun 1998 merupakan gerakan untuk memperbaiki tatanan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Penyebab utama terjadinya gerakan ini yakni ….
A. presiden yang terlalu usang berkuasa
B. utang luar negeri yang semakin banyak
C. ketidakadilan di aneka macam bidang kehidupan
D. keinginan mengganti kedudukan presiden
E. munculnya golongan-golongan oposisi Jawaban: C
38. Tujuan gerakan Reformasi yang dipelopori mahasiswa pada tahun 1998 yakni ... .
A. memperbarui tatanan bernegara sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
B. mengembalikan kiprah kontrol masyarakat terhadap rezim Orde Baru
C. mengembalikan kekayaan negara yang telah diambil pejabat Orde Baru
D. memberdayakan forum tinggi negara lebih peduli kepada rakyat
E. merampungkan permasalahan aturan yang pernah diselewengkan Jawaban: B
39. Dampak negatif pemilihan kepala tempat secara eksklusif yakni ... .
A. rakyat bisa menentukan pemimpinnya sendiri
B. berlangsungnya praktek politik uang
C. putra tempat bisa memimpin wilayahnya sendiri
D. masyarakat dibiasakan hidup berdemokrasi
E. penghargaan terhadap hak politik warga
Jawaban: B
40. Sejak masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono hingga ketika ini, Indonesia dihadapkan pada aneka macam permasalahan yang teramat kompleks. Permasalahan utama yang dihadapi dalam konteks menjaga persatuan Indonesia yakni ... .
A. gerakan separatisme
B. agresi demonstrasi
C. kerusuhan sosial
D. konflik antaretnis
E. tragedi alam
Jawaban: A
41. Seorang sejarawan akan melaksanakan penelitian wacana lahirnya gerakan reformasi di Indonesia. Untuk melaksanakan penelitian tersebut maka sejarawan tersebut melalui tahapan-tahapan. Sebutkan dan jelaskan 3 tahapan dalam penelitian sejaarah tersebut!
Jawaban: Tahapan pertama yakni heuristik yaitu kegiatan mencari dan mengumpulkan sumber sejarah baik dokumen tertulis maupun ekspresi dengan cara mewawancarai pelaku sejarah. Tahap kedua yakni verifikasi atau kritik sumber dengan menilai kebenaran dan keaslian sumber yang didapat. Tahap ketiga yaitu interpretasi dengan menafsirkan segala sumber yang didapat untuk mendapatkan objektifitas sejarah sehingga diperoleh sejarah yang benar.
42. Kesultanan Banten mempunyai seorang tokoh pemimpin paling dikenal dalam sejarah dan menerima akreditasi sebagai satria nasional yaitu Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1682). Selama ia berkuasa, Banten mengalami kemajuan yang sangat pesat. Jelaskan kiprah Sultan Ageng Tirtayasa dalam memajukan Kesultanan Banten!
Jawaban: Sultan Ageng Tirtayasa sangat berperan memajukan pertanian dengan sistem irigasi yang ia buat di wilayah Banten utara. Ia juga berhasil menyusun angkatan perang yang sangat disegani di wilayah Pulau Jawa. Sebagai bandar, pelabuhan Banten menempatkan dirinya secara aktif dalam dunia perdagangan dan bisa meningkatkan volume perniagaan sehingga berdampak pula pada luasnya kekerabatan diplomatik.
43. Golongan profesional mempunyai peranan penting dalam pergerakan nasional. Salah satunya yakni guru. Berilah klarifikasi mengenai kiprah guru pada periode pergerakan nasional!
Jawaban: Peran guru pada periode pergerakan nasional yakni sebagai ujung tombak usaha memajukan bangsa Indonesia dari keterbelakangan. Guru mempunyai kiprah dalam menanamkan rasa kebangsaan dan nasionalisme kepada anak didiknya. Melalui kiprah inilah lahir para pemimpin nasional yang sanggup mendapatkan amanah dalam usaha kemerdekaan.
44. Identifikasikan empat taktik PKI untuk menyebarkan ideologi komunis hingga berhasil menjadi salah satu pemenang PEMILU 1955!
Jawaban:
(1) Membentuk organisasi masyarakat dengan aneka macam latar belakang
(2) Membangun konspirasi dalam pembubaran lawan politiknya menyerupai Masyumi dan PSI
(3) Membangun jaringan komunisme di pemerintahan, angkatan bersenjata, universitas dan pemerintahan
(4) Menggalang dukungan melalui kampanye revolusi agraria, membagi-bagikan tanah kepada para petani
45. Terpilihnya Soeharto sebagai Presiden melalui Sidang Umum MPR 1998 ternyata tidak sanggup memulihan kondisi krisis ekonomi yang melanda Indonesia semenjak 1997. Hal ini menjadikan agresi mahasiswa yang menyuarakan tuntutan gerakan Reformasi. Sebutkan 6 (enam) aktivitas Reformasi 1998!
Jawaban:
(1) Adili Soeharto dan krooni – kroninya
(2) Amandemen Undang-Undang Dasar 1945
(3) Penghapusan Dwi fungsi ABRI
(4) Otonomi tempat seluas – luasnya
(5) Supermasi Hukum
(6) Pemerintahan yang higienis dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN)
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Bank Soal Sekolahku USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang digunakan dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.
Istilah ini masuk dalam bahasa Inggris pada tahun 1390 dengan makna "hubungan kejadian, cerita". Pada Bahasa Inggris Pertengahan, artinya yakni "cerita" secara umum. Pembatasan terhadap arti "catatan insiden masa lalu" muncul pada simpulan kala ke-15. Saat itu masih dalam arti Yunani yang pada ketika itu juga Francis Bacon memakai istilah tersebut pada simpulan kala ke-16, ketika ia menulis wacana "Sejarah Alam". baginya, historia yakni "pengetahuan wacana objek yang ditentukan oleh ruang dan waktu", sehingga jenis pengetahuan disediakan oleh Ingatan (sementara Ilmu disediakan oleh akal, dan puisi disediakan oleh fantasi).
Menilik pada makna secara kebahasaan dari aneka macam bahasa di atas sanggup ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh lantaran itu problem waktu penting dalam memahami satu peristiwa, maka para sejarawan cenderung mengatasi problem ini dengan menciptakan periodisasi.
Dalam sebuah ekspresi linguistik sintetik vs. analitik / isolasi dikotomi, (史 vs. 诌) kini menunjuk kata yang berbeda untuk sejarah insan atau bercerita secara umum. Di Jerman, Perancis, dan sebagian bahasa Jermanik dan Romantis, kata yang sama masih digunakan untuk pemakaian kata "sejarah" dan "cerita".
kata sifat historical dibuktikan dari tahun 1661, dan historic dari tahun 1669.
Historian dalam pengartian sebuah "Peneliti sejarah" dibuktikan dari tahun 1531. dalam semua bahasa Eropa, "sejarah" masih digunakan untuk pemakaian kata "apa yang terjadi dengan laki-laki", dan "studi ilmiah yang terjadi", arti yang terakhir kadang kala dibedakan dengan huruf kapital, "Sejarah", atau kata historiografi.
Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA
Bank Soal Sekolahku USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sobat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Secara etimologi kata Sejarah berasal dari Bahasa Arab Syajaratun yang berarti pohon. Adapun pengertian sejarah secara isitilah dijelaskan dalam pernyataan berikut ini, kecuali ... .
A. ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa pada masa lampau
B. sejumlah perubahan/kejadian dan peristiwa-peristiwa di sekitar kita
C. kisah-kisah pada masa lampau yang tidak terkait dengan kehidupan masa kini
D. insiden – insiden yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia
E. catatan-catatan wacana insiden masa lampau yang disusun menurut peninggalan- peninggalannya
Jawaban: D
2. Berdasarkan tingkat penyampaiannya, sumber sejarah dibagi menjadi sumber primer, sekunder dan tersier. Adapun sumber primer adalah…
A. informasi yang diperoleh dari prantara
B. informasi yang dituturkan oleh pihak ketiga
C. informasi yang diperoleh dari pelaku atau saksi sejarah
D. informasi yang diperoleh dari sumber rekaman
E. informasi yang diperoleh dari benda sejarah
Jawaban: C
3. Contoh periodisasi insiden sejarah Indonesia yang tersusun secara kronologis adalah….
A. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
B. Masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang
C. Masa kemerdekaan – masa pendudukan Jepang – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda
D. Masa pendudukan Jepang – masa Kolonial Belanda – masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa kemerdekaan
E. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
Jawaban: E
4. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dijelaskan dengan menguraikan aneka macam aspek menyerupai sosial, ekonomi, dan politik dikenal dengan cara berfikir ... .
A. sinkronik
B. kausalitas
C. monokausalitas
D. kronologis
E. periodisasi
Jawaban: A
5. Perhatikan data di bawah ini :
1) Bandung Lautan Api
2) Wayang Kulit
3) Supersemar
4) G 30 S/PKI
5) Ondel - ondel
Dari data diatas yang termasuk contoh sejarah sebagai insiden ditunjukan pada nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 3, 4
E. 2, 3, 5
Jawaban: D
6. Sejarah sebagai sebuah konsep dinilai sebagai ilmu pengetahuan lantaran bersifat empiris, yang berarti ....
A. disusun menurut perenungan yang mendalam
B. mempunyai sasaran dan obyek insan dalam sudut pandang waktu
C. disusun menurut pengalaman atau peninggalan
D. mempunyai kaidah tertentu yang bersifat ilmiah
E. sejarahwan menyatukan diri dengan obyek yang ditelitinya
Jawaban: B
7. Tahap simpulan dalam penelitian sejarah dilakukan oleh seorang peneliti yakni menuangkan daya pikir kritis dan analisis ke dalam suatu penulisan yang utuh. Tahap ini disebut ….
A. interpretasi
B. verifikasi
C. pengolahan
D. historiografi
E. analisis
Jawaban: D
8.
Gambar di atas yakni orang-orang yang berasal dari suku bangsa Dayak dan Toraja, yang merupakan keturunan suku bangsa Proto Melayu. Pernyataan di bawah ini yang bukan ciri Proto Melayu adalah….
A. tiba dari Cina penggalan selatan (Yunan) pada 1500-500 SM
B. berkebudayaan kerikil muda (Neolitikum)
C. berambut lurus, kulit kuning kecoklatan, bermata sipit
D. mendiami tempat Indonesia penggalan Timur (Dayak, Toraja, Mentawai)
E. hasil Budaya berupa kapak lonjong
Jawaban: B
9.
Gambar diatas merupakan hasil – hasil kebudayaan peninggalan insan pra-aksara pada masa ….
A. berburu dan mengumpulkan makanan
B. beternak dan bercocok tanam
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Perundagian
Jawaban: E
10. Berdasarkan Teori Brahmana, ekspansi budaya India dilakukan dengan cara ….
A. kolonisasi oleh orang – orang India di Indonesia
B. perkawinan antara golongan Brahmana dan orang Indonesia
C. melaksanakan kekerabatan dagang antara orang Indonesia dengan India
D. penyerbuan oleh Kerajaan India ke Kerajaan Indonesia
E. mengundang golongan Brahmana untuk melegitimasi penguasa
Jawaban: A
11. Salah satu ciri kehidupan yang menonjol pada masyarakat zaman mesolithikum atau zaman kerikil madya yakni hidup dari meramu dan berburu. Kebanyakan dari mereka hidup di gua-gua di tepi pantai. Hal ini terbukti dengan banyak ditemukannya ….
A. mata tombak dan mata panah di dasar-dasar sungai di Indonesia
B. peninggalan berupa menhir, sarkofagus dan pundek berundak
C. alat-alat rumah tangga berupa periuk belanga dan manik-manik
D. sampah dapur yang dikenal dengan sebutan kjokkenmoddinger
E. peninggalan yang berupa manik-manik dan komplemen lainnya Jawaban: D
12. Agama Islam masuk ke Indonesia selain dibawa oleh pedagang muslim ternyata ada yang secara sengaja disebarkan oleh para ulama atau mubalig. Cara penyebaran Islam ini dilakukan melalui ....
A. dakwah
B. politik
C. kesenian
D. pendidikan
E. tasawuf
Jawaban: A
13. Pengaruh Hindu masuk ke wilayah Indonesia dalam segala bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Contoh berkembangnya dampak India dalam tradisi pemerintahan bangsa Indonesia yakni ….
A. kepala suku menentukan kelompok sukunya
B. pengangkatan raja di lingkungan rakyat
C. raja menentukan kerajaan mutlak
D. munculnya pemerintahan berbentuk kerajaan
E. dikenalkannya kasta dalam masyarakat
Jawaban: D
14. Sultan Iskandar Muda berkuasa di Kerajaan Aceh pada tahun 1607-1636. Pada masa pemerintahannya terjadi banyak penaklukan di wilayah yang berdekatan dengan Aceh. Wilayah berikut ini termasuk kekuasaan Aceh, kecuali ....
A. Deli, Bintan, dan Kampar
B. Pariaman, Minangkabau dan Perak
C. Pahang, Bintan, dan Kedah
D. Palembang, Johor, dan Minangkabau
E. Pariaman, Kampar, dan Pahang
Jawaban: C
15. Perhatikan pernyataan dibawah ini :
1) Jarak yang terlalu jauh
2) Portugis dibantu oleh pihak lain
3) Peralatan perang yang kurang seimbang
4) Lemahnya semangat pasukan Kerajaan Demak
5) Strategi perang yang kurang jitu
Dari pernyataan di atas, manakah yang menjadi faktor kegagalan Adipati Unus ketika menyerang Portugis di Malaka ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 4, 5
C. 1, 3, 5
D. 3, 4, 5
E. 2, 3, 4
Jawaban: C
16. Kesultanan Banten mengalami kemakmuran pada masa pemerintahan ....
A. Sultan Hasanudin
B. Sultan Maulana Yusuf
C. Sultan Ageng Tirtayasa
D. Sultan Abul Ma'ali Ahmad Kenari
E. Sultan Abdul Mufachir Mamud Abdul Kadir Kenari
Jawaban: E
17. Di wilayah Banten banyak ditemukan sejumlah artefak masa pra-aksara zaman megalitikum yang terpusat di sekitar Gunung Pulosari. Salah satunya yakni Situs Citaman yang terletak di ... .
A. Kabupaten Serang
B. Kabupaen Lebak
C. Kabupaten Pandeglang
D. Kota Serang
E. Kota Cilegon
Jawaban: B
18. Penjelajah asal Belanda yang tiba di pelabuhan Banten pada tahun 1596 dan melaksanakan kontak dagang dengan kesultanan Banten yakni …
A. Christoper Columbus
B. Cornelies de Houtman
C. Alfonso de Albuquerque
D. Vasco da Gama
E. Bhartolomeus Dhiaz
Jawaban: B
19. Munculnya pergerakan rakyat Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908. Tujuan Pergerakan Nasional Indonesia yakni ....
A. mencapai kemerdekaan bangsa dari penindasaan kaum penjajah
B. memperoleh laba di bidang perdagangan
C. memajukan pendidikan dan pengajaran di Indonesia
D. meningkatkan kesejahteraan sosial Indonesia
E. mengembangkan kebudayaan nasional Indonesia
Jawaban: A
20. Pada masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, para tokoh pergerakan nasional bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal ini terbukti dengan dibentuknya organisasi Pusat Tenaga Rakyat (Putera) oleh Jepang yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Jepang berharap organisasi tersebut sanggup dijadikan alat untuk mendukung perang Jepang di Pasifik. Namun kenyataan sebaliknya, para tokoh memanfaatkan organisasi tersebut untuk ….
A. menerima simpati dalam upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah
B. melaksanakan gerakan di bawah tanah untuk berbalik menyerang Jepang
C. mempelajari taktik yang dilakukan Jepang dalam menghadapi Sekutu
D. menduduki posisi dalam pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia
E. menanamkan semangat nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia merdeka Jepang
Jawaban: E
21. Organisasi pergerakan tidak hanya didirikan di Indonesia, tetapi juga di negeri Belanda tempat pelajar-pelajar Indonesia menimba ilmu. Nama organisasi pergerakan yang didirikan oleh para mahasiswa Indonesia di Belanda adalah....
A. PNI
B. PNI Baru
C. Indische Vereeniging
D. Perhimpunan Indonesia
E. Indische Partij
Jawaban: D
22. Perkembangan organisasi pergerakan nasional dibagi ke dalam 3 (tiga) periode yaitu periode awal, periode radikal dan periode moderat. Pada periode radikal, organisasi pergerakan yang muncul mempunyai asas usaha yang bersifat nonkooperatif. Pernyataan berikut yang merupakan faktor umum yang mendorong lahirnya aneka macam organisasi pergerakan yang bersifat nonkooperatif adalah....
A. Kekecewaan yang besar terhadap kiprah organisasi-organisasi pergerakan yang ada
B. Keyakinan kaum pencetus pergerakan bahwa Belanda akan takluk kepada Jepang
C. Belanda tidak memberi sinyal apapun wacana kemungkinan Indonesia Merdeka
D. Merajalelanya aliran kapitalisme dalam kebijakan perekonomian Indonesia
E. Belanda tidak tegas terhadap masuknya paham Marxisme-komunisme ke Indonesia
Jawaban: C
23. Perkembangan pers Indonesia pada awal kala 20 memperlihatkan andil besar dalam pergerakan nasional. Dalam sejarah pergerakan nasional ada beberapa surat kabar yang sangat memengaruhi munculnya kesadaran berbangsa di Indonesia, menyerupai Bintang Hindia dan Medan Priyayi. Pers mempunyai peranan penting dalam usaha kebangsaan Indonesia, yaitu ….
A. merupakan media komunikasi di antara masyarakat dalam rangka mencapai kemerdekaan
B. sebagai sarana untuk menyatukan para tokoh pejuang dalam rangka menggalang persatuan
C. merupakan sarana bagi para elite politik dalam rangka memberikan gagasan-gagasannya
D. menjadi tonggak awal dari kebebasan menyatakan pendapat dan hak untuk memperoleh informasi
E. mendorong suatu bangsa untuk berfikir kritis dalam memperoleh identitas bangsa
Jawaban: A
24. Pada tanggal 16 Agustus 1945, golongan muda mengamankan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Latar belakang terjadinya insiden tersebut yakni ….
A. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan renta mengenai waktu proklamasi Indonesia
B. tidak sependapat antara golongan renta dan muda mengenai tempat dilaksanakan proklamasi Indonesia
C. ketidaksepakatan antargolongan renta dan muda wacana bagaimana prosedur pelaksanaan kemerdekaan Indonesia
D. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan renta mengenai konsep teks proklamasi
E. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan renta mengenai siapa yang akan membacakan teks proklamasi
Jawaban: C
25. "Pemindahan kekuasaan d.l.l. dilaksanakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya", merupakan sebagian dari isi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Makna dari pernyataan tersebut yakni ….
A. dalam waktu yang singkat bangsa Indonesia harus mengambil alih semua aset Jepang yang ada di Indonesia
B. pemerintah pendudukan Jepang hanya merupakan salah satu mata rantai lahirnya negara gres Indonesia
C. kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan usaha bangsa Indonesia sendiri tanpa pertolongan negara lain
D. dimulainya revolusi Indonesia lantaran dengan proklamasi perlu dilakukan perubahan fundamental terhadap ketatanegaraan
E. Indonesia sebagai negara merdeka harus segera meminta akreditasi internasional Jawaban: D
26. Tokoh yang beropini bahwa Soekarno-Hatta yang harus menandatangani naskah proklamasi atas nama bangsa Indonesia, yaitu ... .
A. Ahmad Soebardjo
B. Chaerul Saleh
C. B.M. diah
D. Wikana
E. Soekarni
Jawaban: E
27. Sebagai negara yang gres merdeka kehidupan ekonomi nasional Indonesia masih sangat terbelakang. Upaya untuk mengubah struktur ekonomi kolonial menjadi ekonomi nasional berjalan tersendat-sendat. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut yakni ....
A. tidak ada ukuran yang niscaya dalam perekonomian
B. belum mempunyai tenaga mahir dan dana yang memadai
C. belum adanya negara luar yang mau membantu
D. adanya persaingan antar para pengusaha pribumi
E. perekonomian masih sangat tergantung dunia luar
Jawaban: B
28. Setelah bangsa Indonesia berhasil mencapai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak berarti bangsa Indonesia terbebas dari penguasaan bangsa asing. Negara RI dibagi-bagi menjadi negara-negara penggalan dan daerah-daerah otonom atau satuan kenegaraan oleh Belanda dengan tujuan memperkecil wilayah kekuasaan RI. Hal ini memicu timbulnya pertempuran di aneka macam tempat di Indonesia, sebagai misalnya yakni pertempuran di Surabaya. Terjadinya pertempuran ini disebabkan lantaran Belanda ….
A. tidak menghendaki berdirinya negara Republik Indonesia
B. masih merasa berkuasa atas wilayah negara Indonesia
C. ingin menanam kembali kekuasaannya di Indonesia
D. tidak mau mengakui Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
E. beranggapan proklamasi kemerdekaan tidak sah secara hukum
Jawaban: C
29. Setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 ternyata Indonesia memasuki masa Demokrasi Terpimpin, salah satu dari cirinya yaitu ….
A. kedudukan dewan perwakilan rakyat kuat
B. MPR forum tertinggi Negara
C. MPR forum tinggi Negara
D. kekuasaan terpusat pada Presiden
E. kekuasaan Presiden sejalan dengan Undang-Undang Jawaban: D
30. Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat yang dipimpin oleh Sekarmadji Marijan Kartosuwiryo mempunyai impian ….
A. untuk menjadi gubernur Jawa Barat
B. mendirikan Negara Islam Indonesia
C. menjadi Panglima TII
D. menjadi Panglima APRIS
E. menjadi Gubernur Sulawesi Selatan
Jawaban: B
31. Gerakan Pemerintah Revolusioner Rakyat Indonesia (PRRI) merupakan gerakan ingin memisahkan dari negara Indonesia merdeka. Munculnya gerakan tersebut disebabkan lantaran adanya….
A. persaingan dalam jabatan di daerah
B. konflik Tentara Nasional Indonesia dengan mantan KNIL
C. kesenjangan antara sentra dan daerah
D. konflik antarpartai politik setempat
E. ketidakpuasan Tentara Nasional Indonesia terhadap pemerintah
Jawaban: C
32. Pada tanggal 5 Oktober 1945 terjadi perubahan dalam organisasi militer di Indonesia. Pemerintahan Republik Indonesia secara resmi mendirikan sebuah organisasi tentara nasional yang pertama berjulukan ... .
A. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia
B. Tentara Keamanan Rakyat
C. Tentara Nasional Indonesia
D. Tentara Rakyat Indonesia
E. Tentara Republik Indonesia
Jawaban: B
33. ”Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Makna penggalan pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut bagi bangsa Indonesia yakni ….
A. masyarakat sanggup mengambil alih seluruh persenjataan Jepang di Indonesia
B. saatnya membangun kehidupan gres yang merdeka, bersatu, dan berdaulat
C. Jepang telah memenuhi janji kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia
D. Indonesia segera menyusun pemerintahan dan ketatanegaraan yang baru
E. proklamasi kemerdekaan merupakan puncak usaha bangsa Indonesia Jawaban: B
34. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Melemahnya mata uang Indonesia terhadap dollar Amerika
(2) Hutang luar negeri Indonesia mencapai 137 milliar dollar Amerika
(3) Sembilan materi pokok di pasaran semakin menipis
(4) Menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap menurun
(5) Kekuasaan kehakiman ditentukan oleh para eksekutif
Penyebab terjadinya krisis ekonomi pada simpulan tahun 1997 yakni ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A
35. Bukti bahwa Indonesia sebagai anggota ASEAN telah melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif antara lain turut serta berpartisipasi dalam meredakan pertikaian antarfaksi di Kamboja pada tahun 1988 dengan cara ….
A. memberi pertolongan senjata kepada kelompok independen
B. mengirim pasukan Garuda sebagai pasukan Dewan Keamanan PBB
C. memberi pertolongan ekonomi dan obat-obatan bagi rakyat Kamboja
D. menyediakan tempat untuk pelaksanaan Jakarta Informal Meeting
E. menjadi penengah antara keempat faksi yang sedang bertikai Jawaban: D
36. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Melikuidasi beberapa bank bermasalah
(2) Mengimplementasikan hal-hal yang ditentukan IMF
(3) Melaksanakan pemilihan presiden secara langsung
(4) Memberi peluang berdirinya partai-partai politik
(5) Memberi ruang kepada siapapun untuk memberikan pendapat
Upaya-upaya pemerintah dalam melaksanakan aktivitas reformasi yakni ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (1), (2), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: E
37. Gerakan reformasi di Indonesia tahun 1998 merupakan gerakan untuk memperbaiki tatanan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Penyebab utama terjadinya gerakan ini yakni ….
A. presiden yang terlalu usang berkuasa
B. utang luar negeri yang semakin banyak
C. ketidakadilan di aneka macam bidang kehidupan
D. keinginan mengganti kedudukan presiden
E. munculnya golongan-golongan oposisi Jawaban: C
38. Tujuan gerakan Reformasi yang dipelopori mahasiswa pada tahun 1998 yakni ... .
A. memperbarui tatanan bernegara sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
B. mengembalikan kiprah kontrol masyarakat terhadap rezim Orde Baru
C. mengembalikan kekayaan negara yang telah diambil pejabat Orde Baru
D. memberdayakan forum tinggi negara lebih peduli kepada rakyat
E. merampungkan permasalahan aturan yang pernah diselewengkan Jawaban: B
39. Dampak negatif pemilihan kepala tempat secara eksklusif yakni ... .
A. rakyat bisa menentukan pemimpinnya sendiri
B. berlangsungnya praktek politik uang
C. putra tempat bisa memimpin wilayahnya sendiri
D. masyarakat dibiasakan hidup berdemokrasi
E. penghargaan terhadap hak politik warga
Jawaban: B
40. Sejak masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono hingga ketika ini, Indonesia dihadapkan pada aneka macam permasalahan yang teramat kompleks. Permasalahan utama yang dihadapi dalam konteks menjaga persatuan Indonesia yakni ... .
A. gerakan separatisme
B. agresi demonstrasi
C. kerusuhan sosial
D. konflik antaretnis
E. tragedi alam
Jawaban: A
41. Seorang sejarawan akan melaksanakan penelitian wacana lahirnya gerakan reformasi di Indonesia. Untuk melaksanakan penelitian tersebut maka sejarawan tersebut melalui tahapan-tahapan. Sebutkan dan jelaskan 3 tahapan dalam penelitian sejaarah tersebut!
Jawaban: Tahapan pertama yakni heuristik yaitu kegiatan mencari dan mengumpulkan sumber sejarah baik dokumen tertulis maupun ekspresi dengan cara mewawancarai pelaku sejarah. Tahap kedua yakni verifikasi atau kritik sumber dengan menilai kebenaran dan keaslian sumber yang didapat. Tahap ketiga yaitu interpretasi dengan menafsirkan segala sumber yang didapat untuk mendapatkan objektifitas sejarah sehingga diperoleh sejarah yang benar.
42. Kesultanan Banten mempunyai seorang tokoh pemimpin paling dikenal dalam sejarah dan menerima akreditasi sebagai satria nasional yaitu Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1682). Selama ia berkuasa, Banten mengalami kemajuan yang sangat pesat. Jelaskan kiprah Sultan Ageng Tirtayasa dalam memajukan Kesultanan Banten!
Jawaban: Sultan Ageng Tirtayasa sangat berperan memajukan pertanian dengan sistem irigasi yang ia buat di wilayah Banten utara. Ia juga berhasil menyusun angkatan perang yang sangat disegani di wilayah Pulau Jawa. Sebagai bandar, pelabuhan Banten menempatkan dirinya secara aktif dalam dunia perdagangan dan bisa meningkatkan volume perniagaan sehingga berdampak pula pada luasnya kekerabatan diplomatik.
43. Golongan profesional mempunyai peranan penting dalam pergerakan nasional. Salah satunya yakni guru. Berilah klarifikasi mengenai kiprah guru pada periode pergerakan nasional!
Jawaban: Peran guru pada periode pergerakan nasional yakni sebagai ujung tombak usaha memajukan bangsa Indonesia dari keterbelakangan. Guru mempunyai kiprah dalam menanamkan rasa kebangsaan dan nasionalisme kepada anak didiknya. Melalui kiprah inilah lahir para pemimpin nasional yang sanggup mendapatkan amanah dalam usaha kemerdekaan.
44. Identifikasikan empat taktik PKI untuk menyebarkan ideologi komunis hingga berhasil menjadi salah satu pemenang PEMILU 1955!
Jawaban:
(1) Membentuk organisasi masyarakat dengan aneka macam latar belakang
(2) Membangun konspirasi dalam pembubaran lawan politiknya menyerupai Masyumi dan PSI
(3) Membangun jaringan komunisme di pemerintahan, angkatan bersenjata, universitas dan pemerintahan
(4) Menggalang dukungan melalui kampanye revolusi agraria, membagi-bagikan tanah kepada para petani
45. Terpilihnya Soeharto sebagai Presiden melalui Sidang Umum MPR 1998 ternyata tidak sanggup memulihan kondisi krisis ekonomi yang melanda Indonesia semenjak 1997. Hal ini menjadikan agresi mahasiswa yang menyuarakan tuntutan gerakan Reformasi. Sebutkan 6 (enam) aktivitas Reformasi 1998!
Jawaban:
(1) Adili Soeharto dan krooni – kroninya
(2) Amandemen Undang-Undang Dasar 1945
(3) Penghapusan Dwi fungsi ABRI
(4) Otonomi tempat seluas – luasnya
(5) Supermasi Hukum
(6) Pemerintahan yang higienis dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN)
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Bank Soal Sekolahku USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 209Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal usbn sejarah sma 2017 pdf
- download soal usbn sejarah sma
- download soal usbn sejarah sma 2017
- soal usbn sejarah indonesia sma 2017
- soal usbn sejarah pdf
- soal usbn sejarah sma 2018
- bank soal sejarah sma dan kunci jawaban
- soal ujian sekolah sejarah dan pembahasannya 2018,2019,2020,2021,2022