Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sobat Student Society, pada kesempatan kali ini kakak akan membuatkan referensi soal yang sanggup dijadikan sebagai materi latihan untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 12 SMA/MA, soal ini berbentuk essay yang dipersiapkan sebanyak 90 soal beserta dengan kunci jawabannya. Oiya menurut Charles A. Bucher mengemukakan bahwa pendidikan jasmani merupakan cuilan integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuromuskuler, interperatif, sosial, dan emosional.
Kata fisik dibedakan dengan jiwa atau fikiran (mind). Oleh sebab itu, kalau kata pendidikan (education) ditambahkan dalam kata fisik, maka membentuk frase atau susunan kata pendidikan fisik atau pendidikan jasmani (physical education), yakni memperlihatkan proses pendidikan ihwal aktivitas-aktivitas yang mengembangkan dan memelihara tubuh manusia.
Nixon and Cozens (1963: 51) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani didefinisikan sebagai fase dari seluruh proses pendidikan yang bekerjasama dengan kegiatan dan respons otot yang ulet dan berkaitan dengan perubahan yang dihasilkan individu dari respons tersebut.
Dauer dan Pangrazi (1989: 1) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani ialah fase dari acara pendidikan keseluruhan yang memperlihatkan kontribusi, terutama melalui pengalaman gerak, untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh untuk tiap anak. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan dan melalui gerak dan harus dilaksanakan dengan cara-cara yang sempurna biar mempunyai makna bagi anak. Pendidikan jasmani merupakan acara pembelajaran yang memperlihatkan perhatian yang proporsional dan memadai pada domain-domain pembelajaran, yaitu psikomotor, kognitif, dan afektif.
Bucher, (1979). Mengemukakan pendidikan jasmani merupakan cuilan integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan, ialah proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuromuskuler, interperatif, sosial, dan emosional
Ateng (1993) mengemukakan; pendidikan jasmani merupakan cuilan integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui aneka macam kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.
Definisi Pendidikan jasmani ialah suatu proses pendidikan melalui kegiatan jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan sikap hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Lingkungan berguru diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah, jasmani, psikomotorik, kognitif, dan afektif setiap siswa.
Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society memberikan Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Pemain penyerang dalam sepak bola disebut ....
Jawaban: striker
2. Pemain penjelajah dalam sepak bola disebut ....
Jawaban: libero
3. Pembantu wasit dalam sepak bola ialah ....
Jawaban: hakim garis
4. Organisasi sepak bola dunia ialah ....
Jawaban: FIFA
5. Pemain pengumpan dalam bola voli disebut ....
Jawaban: tosser
6. Organisasi bola voli di Indonesia ialah ....
Jawaban: PBVSI
7. Perbasi akronim dari ....
Jawaban: Persatuan bola basket seluruh Indonesia
8. Jumlah pemain bola basket ada ....
Jawaban: lima
9. Organisasi badminton seluruh Indonesia ialah ....
Jawaban: PBSI
10. Pukulan yang keras dan menjukik tajam dalam permainan badminton disebut pukulan ....
Jawaban: smes
11. Sebutkan tiga cara yang sanggup dilakukan dalam menerapkan pola pertahanan permainan sepak bola!
Jawaban: perthanan individu (man to man defence), pertahanan tempat (zone defence), pertahanan tempat (zone defence), dan pertahanan campuran
12. Sebutkan macam-macam pola penyerangan dalam permainan bola voli!
Jawaban:
a. Pola 4 Sm – 1 Su – 1U ( 4 smasher – 1 set-upper – 1 universaler).
b. Pola 4 Sm – 2 Su (4 smasher – 2 set-upper).
c. Pola 5 Sm – 1 Su( 5 Samsher – 1 set-upper)
13. Sebutkan cara-cara yang sanggup diterapkan dalam melaksanakan penyerangan pada permainan bola basket!
Jawaban:
a. Penyerangan bebas
b. Penyerangan cepat
c. Penyerangan berpola
14. Sebutkan tiga jenis pukulan sevis dalam permainan bulu tangkis!
Jawaban:
a. Servis pendek (short service)
b. Servis tinggi (lob service)
c. Drive service
15. Sebutkan macam-macam pukulan smes pada permainan bulu tangkis!
Jawaban:
a. Pukulan smes penuh
b. Pukulan smes potong
c. Pukulan smes melingkar (around the head smash)
d. Pukulan smes cambukan (flick smash).
16. Pergantian tongkat pada lari estafet atau sambung sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu ....
Jawaban: visual dan nonvisual
17. Penyusunan pelari estafet jarak 4 × 400 meter menempatkan pelari tercepat pertama atau kedua pada posisi .... dan ....
Jawaban: pelari pertama dan posisi pelari terakhir
18. Strat yang dipakai untuk pelari pertama baik pada lari estafet jarak 4 × 100 meter maupun hari 4 × 400 meter ialah ....
Jawaban: start jongkok
19. Gerakan yang ada dalam lompat jangkit terdiri atas tiga tahap gerakan, yaitu ....
Jawaban: berjingkat, melangkah, dan melompat
20. Rangkaian gerakan lompat jangkit apabila yang dipakai untuk bertumpu kaki kanan maka gerakan berikut ialah ....
Jawaban: kaki kanan dan kaki kiri
21. Jarak antara papan tumpu ke kolam pasir ialah ....
Jawaban: 11 meter
22. Pencak silat ialah salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari ....
Jawaban: Indonesia
23. Usaha untuk memasukan pakulan atau tendangan ke bidang sasaran (anggota tubuh lawan) dengan memakai tangan atau kaki disebut ....
Jawaban: serangan
24. Suatu perjuangan pembelaan diri dari serangan lawan dengan cara mengadakan kontak eksklusif terhadap pukulan atau tendangan lawan disebut ....
Jawaban: tangkisan
25. Tujuan dari tangkisan ialah untuk mengalihkan serangan dari lintasannya dan membendung atau menahan serangan kalau ....
Jawaban: terpaksa
26. Jelaskan yang dimaksud dengan lari sambung atau estafet!
Jawaban: lari sambung atau estafet ialah lari beregu yang terdiri atas 4 orang pelari dan pelari ini secara bersambung (estafet) bergantian membawa tongkat dari garis start hingga ke garis finish.
27. Sebut dan jelaskan teknik pergantian tongkat pada lari estafet!
Jawaban:
a. Pergantian tongkat nonvisual, dilakukan dengan cara peserta tongkat tanpa melihat (menoleh) kepada pelari pemberi tongkat.
b. Pergantian tongkat visual, dilakukan dengan cara peserta tongkat melihat (menoleh) kepada pelari pemberi tongkat.
28. Jelaskan cara menyusun pelari estafet jarak 4 × 400 meter!
Jawaban: penyusunan pelari estafet jarak 4 x 400 meter menempatkan pelari tercepat pertama atau kedua pada posisi pelari pertama dan terakhir.
29. Jelaskan yang dimaksud dengan serangan pada olahraga bela diri pencak silat!
Jawaban: serangan pada olahraga bela diri pencak silat ialah perjuangan untuk memasukkan pukulan atau tendangan ke bidang sasaran (anggota tubuh lawan) dengan memakai tangan atau kaki.
30. Jelaskan yang dimaksud dengan tangkisan pada olahraga bela diri pencak silat!
Jawaban: tangkisan pada olahraga bela diri pencak silat ialah suatu perjuangan pembelaan diri dari serangan lawan dengan cara mengadakan kontak eksklusif terhadap pukulan atau tendangan lawan.
31. Pencegahan penyakit jantung koroner dan diabetes melitus perlu peningkatan ....
Jawaban: kesejukan jasmani
32. Kemampuan otot di dalam melaksanakan kontraksi untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan disebut ....
Jawaban: kekuatan
33. Otot yang mengalami kontraksi eksentrik dan konsentrik disebut kontraksi ....
Jawaban: isotonik atau dinamik
34. Kemampuan gerak persendian seseorang dalam melaksanakan gerakan pada ruang gerak tertentu disebut....
Jawaban: kelenturan atau fleksibilitas
35. Kemampuan untuk mempertahankan keadaan seimbang dalam keadaan bergerak, contohnya berjalan dan berlari disebut ....
Jawaban: keseimbangan dinamis
36. Lari joging merupakan latihan untuk meningkatkan ....
Jawaban: daya tahan
37. Pada ketika melaksanakan pernapasan, menghirup oksigen dan mengeluarkan ....
Jawaban: karbondioksida
38. Tujuan utama dan latihan kondisi fisik ialah untuk meningkatkan ....
Jawaban: daya tahan tubuh
39. Sikap kapal, hanstand, dan meroda ialah bentuk latihan ....
Jawaban: keseimbangan
40. Rumus pengukur denyut jantung berdasarkan Karnoven ialah ....
Jawaban: THR = RHR + 0,6 (MHR – RHR)
41. Sebutkan manfaat dari latihan kebugaraan jasmani yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan!
Jawaban:
a. Dapat membangun kekuatan dan dayan tahan otot mirip kekuatan tulang dan persendian selain mendukung penampilan baik dalam olahraga maupun nonolahraga
b. Mampu meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru.
c. Dapat memperabukan kalori yang memungkinkan tubuh terhindar dari kegemukan
d. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
e. Memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan kadar gula darah.
42. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk latihan kekuatan!
Jawaban:
a. Kontraksi isomretik atau statis ialah kontraksi sekelompok otot yang dihasilkan tanpa menggerakkan anggota tubuh.
b. Kontraksi isotonik atau kontraksi dinamik sebab dalam latihan ini anggota tubuh mengalami gerak, yaitu sekolompok otot mengalami memanjang dan memendek.
c. Kontraksi isokineti, otot mendapat tahanan yang sama melalui seluruh ruang geraknya sehingga otot bekerja secara maksimal pada setiap sudut persendiannya.
d. Bentuk latihan kekuatan sederhana, dilakukan sehabis melaksanakan pemanasan-pemanasan.
43. Sebutkan bentuk latihan kekuatan sederhana yang dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani!
Jawaban:
a. Push up (latihan kekuatan otot lengan)
b. Sit up (latihan kekuatan otot perut)
c. Back lift (latihan kekuatan otot punggung)
d. Berjalan mirip gerobak dorong, yaitu berjalan dengan tangan dan kaki diangkat teman.
44. Sebutkan bentuk-bentuk latihan kelentukan (fleksiblilitas) dalam kebugaran jasmani!
Jawaban:
a. Peregangan dinamis
b. Peregangan statis
45. Jelaskan yang dimaksud dengan keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani!
Jawaban: keseimbangan dinamis ialah kemampuan untuk mempertahankan keadaan seimbang dalam keadaan bergerak, contohnya berjalan dan berlari
46. Cara memperlihatkan proteksi pada senam salto ke depan ialah dengan ....
Jawaban: mengaitkan kedua tangan ke tangan penolong
47. Olahraga senam mengandalkan kegiatan sendiri dibanding cabang olahraga lainnya. Oleh sebab itu, senam disebut juga ....
Jawaban: cabang olahraga dasar
48. Panjang dan lebar dan area floor exercise ialah ....
Jawaban: 12x12 m
49. Gerakan roll, yaitu gerakan berguling ke ....
Jawaban: depan atau belakang
50. Istilah lain dari guling ke belakang ialah ....
Jawaban: back roll
51. Gerakan salto sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu ....
Jawaban: salto ke depan dan belakang
52. Bentuk gerakan senam yang ibarat gerakan roda sedang berputar atau baling-baling adalah....
Jawaban: gerakan meroda atau radslag
53. Gerakan berdiri dengan tangan disebut ....
Jawaban: handstand
54. Gerakan meroda sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu ke ....
Jawaban: samping kiri dan kanan
55. Handspring ialah gerakan ....
Jawaban: lentingan tangan
56. Jelaskan yang dimaksud dengan gerakan salto pada senam lantai!
Jawaban: salto ialah gerakan senam lantai atau bentuk latihan yang kalau dilihat dari cara melakukannya merupakan gerakan berguling di udara
57. Jelaskan cara melaksanakan rangkaian gerakan dari awalan hingga dengan pendaratan pada salto!
Jawaban:
a. Gerakan pertama diawali dengan awalan lari langkah kecil-kecil dengan ujung jari kaki
b. Pada langkah terakhir awalan di atas, melaksanakan lompatan kecil yang diteruskan dengan loncatan ke atas sekuat-kuatnya dengan tumpuan kedua kaki secara serentak. Dibarengi dengan mengayunkan kedua lengan ke depan atas sekuat-kuatnya.
c. Pada ketika tubuh mencapai titik tertinggi, ayunkan lengan ke bawah, kepala ditundukkan, tungkai dilipat ke dada, tangan memegang tungkai bawah, dan tubuh berputar ke depan
d. Mendarat dengan kedua kaki rapat serta mengeper, kedua lengan lurus ke atas
58. Jelaskan yang dimaksud dengan gerakan meroda pada senam lantai!
Jawaban: gerakan meroda pada senam lantai ialah suatu bentuk gerakan senam yang ibarat gerakan roda sedang berputar atau baling-baling.
59. Jelaskan cara melaksanakan gerakan radleg pada senam lantai!
Jawaban:
a. Sambil mencondongkan tubuh ke samping kiri, letakkan telapak tangan kiri di samping kaki kiri. Kaki kanan terangkat lurus ke atas
b. Kemudian disusul dengan meletakkan telapak ajun di samping tangan kiri
c. Bersamaan dengan itu kaki kanan diayunkan dan kaki kiri ditolakkan dari lantai ke atas sehingga kedua kaki itu terbuka lurus ke atas
d. Kemudian dari atas letakkan kaki kanan di samping tangan kanan, tangan kiri terangkat disusul dengan meletakkan kaki kiri disamping kaki kanan dan kedua tangan terangkat ke atas
e. Kembali kepada sikap awal yaitu berdiri tegak dengan kaki dan tangan dibuka
60. Sebutkan beberapa variasi atau kombinasi gerakan pada senam lantai!
Jawaban:
a. Lompat harimau kemudian roll depan dan diteruskan guling lenting
b. Guling lenting kemudian roll depan dan dilanjutkan lompat harimau
c. Roll depan dilanjutkan guling lenting dan lompat harimau
61. Olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesejukan jasmani bukan termasuk....
Jawaban: olahraga prestasi
62. Kapasitas aerobik merupakan faktor utama untuk memelihara....
Jawaban: kesehatan dan kebugaran jasmani
63. Agar gerakan senam sanggup bermanfaat untuk tubuh maka harus dilakukan dengan ....
Jawaban: sungguh-sungguh
64. Proses pembentukan energi sanggup berlangsung secara anaerobik dan sanggup pula berlangsung secara ....
Jawaban: aerobik
65. Senam ialah latihan yang diciptakan secara berencana dan disusun secara sistematis dengan tujuan ....
Jawaban: membentuk dan mengembangkan pribadi yang harmonis
66. Olahraga untuk meningkatkan kesejukan jasmani bukan olahraga prestasi disebut ....
Jawaban: senam aerobik
67. Senam dalam bahasa gila dikenal dengan istilah ....
Jawaban: gymnastic
68. Cha-cha-cha, grapivine, mambo, triplet ialah cuilan dari gerakan ....
Jawaban: senam aerobik low impact
69. Gerakan yang berada di sekeliling sendi ialah ....
Jawaban: kelentukan
70. Twist, split, power movies, dan lompat sergap ialah gerakan dan senam ....
Jawaban: aerobik high impact
71. Apa yang dimaksud dengan senam aerobik?
Jawaban: aerobik ialah suatu bentuk latihan dalam perjuangan memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya
72. Jelaskan nilai-nilai dari kegunaan senam!
Jawaban:
a. Senam sanggup memperlihatkan rangsangan terhadap pertumbuhan badan
b. Senam sanggup membantu mengembangkan cara bersikap dan bergerak secara wajar
c. Dapat membantu memperbaiki dan mencegah efek jelek terhadap duduk di kursi yang terlalu lama
d. Dapat meningkatkan kesanggupan untuk bekerja sama dan mempertebal rasa kebangsaan
e. Mampu meningkatkan perasaan percaya diri dan keberanian
f. Mempunyai perasaan tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri dan masyarakat
73. Jelaskan ciri-ciri kaidah dari senam!
Jawaban:
a. Gerakan pada senam selalu diciptakan dengan sengaja
b. Gerakan senam diciptakan berkhasiat untuk mencapai tujuan tertentu contohnya meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan keindahan gerak, serta meningkatkan kesehatan badan.
c. Jika dilihat dari segi mental pesenam mempunyai pandangan gres yang sehat terhadap kehidupan, berpikir secara bebas dan konstruktif, dan selalu berada dalam keadaan segar.
d. Pesenam juga mempunyai emosi yang stabil dan sanggup mengendalikan diri menghadapi kenyataan secara jujur dengan adab istiadat yang baik.
74. Sebutkan macam-macam latihan aerobik!
Jawaban: berjalan, bersepeda, berenang, dan joging
75. Sebutkan dua macam keunggulan kalau melaksanakan aeobik!
Jawaban:
a. Terdapat aneka macam bentuk latihan yang banyak disukai, contohnya dalam memakai alat modern power fresdmil yang dipadukan dengan alat pengukur oksigen
b. Dapat menentukan sendiri bentuk latihan yang diubahsuaikan dengan lingkungan (aerobik berjalan, berlari, berenang, dan sebagainya).
76. Tahapan gerakan tangan renang gaya dada ada ….
Jawaban: empat tahap
77. Pengambilan napas dilakukan pada ketika siku berdekatan dan kedua tangan saling ….
Jawaban: mengapit
78. Renang gaya bebas pada awalnya gerakannya ibarat cara berenang seekor binatang, oleh sebab itu gaya ini disebut ….
Jawaban: gaya crawl
79. Gerakan renang gaya bebas yang pertama kali disebut ….
Jawaban: Australia crawl
80. Ada tiga fase dalam latihan gerakan lengan renang gaya bebas, yaitu ….
Jawaban: fase menarik, fase mendorong, dan fase istirahat
81. Renang gaya punggung bahwasanya gerakan-gerakannya hampir sama dengan renang ….
Jawaban: gaya bebas
82. Renang gaya punggung mulai dipertandingkan secara resmi pada tahun 1912, yaitu pada waktu diselenggarakan Olimpiade di ….
Jawaban: Stockholm
83. Dalam olahraga renang gaya bebas pada waktu melaksanakan pukulan ke bawah, kaki dalam posisi lurus dan kedalamnya kurang lebih …. di bawah permukaan air.
Jawaban: 20 cm
84. Gerakan menarik-menarik ketika lengan atas menyentuh badan, kemudian dilanjutkan dengan gerakan….
Jawaban: mendorong
85. Pengambilan napas pada renang gaya punggung sebaiknya dilakukan melalui ….
Jawaban: lisan dan hidung
86. Jelaskan cara melaksanakan gerakan meluncur pada renang gaya dada!
Jawaban:
a. Jongkok di bibir kolam menghadap ke dalam kolam
b. Bungkukkan tubuh dengan kedua lengan lurus ke depan
c. Doronglah tubuh dengan kedua kaki bertumpu pada bibir kolam hingga tubuh meluncur di ari.
d. Lakukan luncuran ini hingga pada dinding depan.
e. Setelah hingga di dinding, berpeganglah pada dinding
87. Jelaskan cara melalukan start pada olahraga renang!
Jawaban: posisi tubuh ketika berenang pada renang gaya punggung ialah posisi tubuh selalu telentang mendatar di permukaan air, kecuali cuilan muka yang selalu di atas permukaan air.
88. Jelaskan perbedaan antara gerakan kaki pada renang gaya punggung dengan gerakan kaki pada renang gaya bebas!
Jawaban: perbedaan antara gerakan kaki pada renang gaya punggung dengan kaki pada renang gaya bebas ialah pada renang gaya punggung kaki menghadap ke atas, sedangkan pada renang gaya bebas kaki menghadap ke bawah
89. Jelaskan gerakan tangan pada renang gaya punggung ketika melaksanakan gerakan mendorong!
Jawaban: dimulai sehabis lengah atas menyentuh atau mendekati badan, kemudian dengan cepat lengan bawah mendorong hingga telapak tangan mendekati paha.
90. Jelaskan cara pengambilan napas pada renang gaya punggung!
Jawaban: sebaiknya dilakukan melalui lisan dan hidung
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Pengertian Pendidikan Jasmani
Kata fisik atau jasmani (physical) memperlihatkan pada tubuh atau tubuh (body). Kata fisik seringkali dipakai sebagai referensi dalam aneka macam karakteristik jasmaniah, mirip kekuatan fisik (physical strenght), perkembangan fisik (physical development), kecakapan fisik (physical prowess), kesehatan fisik (physical health). dan penampilan fisik (physical appearance).Kata fisik dibedakan dengan jiwa atau fikiran (mind). Oleh sebab itu, kalau kata pendidikan (education) ditambahkan dalam kata fisik, maka membentuk frase atau susunan kata pendidikan fisik atau pendidikan jasmani (physical education), yakni memperlihatkan proses pendidikan ihwal aktivitas-aktivitas yang mengembangkan dan memelihara tubuh manusia.
Nixon and Cozens (1963: 51) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani didefinisikan sebagai fase dari seluruh proses pendidikan yang bekerjasama dengan kegiatan dan respons otot yang ulet dan berkaitan dengan perubahan yang dihasilkan individu dari respons tersebut.
Dauer dan Pangrazi (1989: 1) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani ialah fase dari acara pendidikan keseluruhan yang memperlihatkan kontribusi, terutama melalui pengalaman gerak, untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh untuk tiap anak. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan dan melalui gerak dan harus dilaksanakan dengan cara-cara yang sempurna biar mempunyai makna bagi anak. Pendidikan jasmani merupakan acara pembelajaran yang memperlihatkan perhatian yang proporsional dan memadai pada domain-domain pembelajaran, yaitu psikomotor, kognitif, dan afektif.
Bucher, (1979). Mengemukakan pendidikan jasmani merupakan cuilan integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan, ialah proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuromuskuler, interperatif, sosial, dan emosional
Ateng (1993) mengemukakan; pendidikan jasmani merupakan cuilan integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui aneka macam kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.
Definisi Pendidikan jasmani ialah suatu proses pendidikan melalui kegiatan jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan sikap hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Lingkungan berguru diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah, jasmani, psikomotorik, kognitif, dan afektif setiap siswa.
Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA
Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society memberikan Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Pemain penyerang dalam sepak bola disebut ....
Jawaban: striker
2. Pemain penjelajah dalam sepak bola disebut ....
Jawaban: libero
3. Pembantu wasit dalam sepak bola ialah ....
Jawaban: hakim garis
4. Organisasi sepak bola dunia ialah ....
Jawaban: FIFA
5. Pemain pengumpan dalam bola voli disebut ....
Jawaban: tosser
6. Organisasi bola voli di Indonesia ialah ....
Jawaban: PBVSI
7. Perbasi akronim dari ....
Jawaban: Persatuan bola basket seluruh Indonesia
8. Jumlah pemain bola basket ada ....
Jawaban: lima
9. Organisasi badminton seluruh Indonesia ialah ....
Jawaban: PBSI
10. Pukulan yang keras dan menjukik tajam dalam permainan badminton disebut pukulan ....
Jawaban: smes
11. Sebutkan tiga cara yang sanggup dilakukan dalam menerapkan pola pertahanan permainan sepak bola!
Jawaban: perthanan individu (man to man defence), pertahanan tempat (zone defence), pertahanan tempat (zone defence), dan pertahanan campuran
12. Sebutkan macam-macam pola penyerangan dalam permainan bola voli!
Jawaban:
a. Pola 4 Sm – 1 Su – 1U ( 4 smasher – 1 set-upper – 1 universaler).
b. Pola 4 Sm – 2 Su (4 smasher – 2 set-upper).
c. Pola 5 Sm – 1 Su( 5 Samsher – 1 set-upper)
13. Sebutkan cara-cara yang sanggup diterapkan dalam melaksanakan penyerangan pada permainan bola basket!
Jawaban:
a. Penyerangan bebas
b. Penyerangan cepat
c. Penyerangan berpola
14. Sebutkan tiga jenis pukulan sevis dalam permainan bulu tangkis!
Jawaban:
a. Servis pendek (short service)
b. Servis tinggi (lob service)
c. Drive service
15. Sebutkan macam-macam pukulan smes pada permainan bulu tangkis!
Jawaban:
a. Pukulan smes penuh
b. Pukulan smes potong
c. Pukulan smes melingkar (around the head smash)
d. Pukulan smes cambukan (flick smash).
16. Pergantian tongkat pada lari estafet atau sambung sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu ....
Jawaban: visual dan nonvisual
17. Penyusunan pelari estafet jarak 4 × 400 meter menempatkan pelari tercepat pertama atau kedua pada posisi .... dan ....
Jawaban: pelari pertama dan posisi pelari terakhir
18. Strat yang dipakai untuk pelari pertama baik pada lari estafet jarak 4 × 100 meter maupun hari 4 × 400 meter ialah ....
Jawaban: start jongkok
19. Gerakan yang ada dalam lompat jangkit terdiri atas tiga tahap gerakan, yaitu ....
Jawaban: berjingkat, melangkah, dan melompat
20. Rangkaian gerakan lompat jangkit apabila yang dipakai untuk bertumpu kaki kanan maka gerakan berikut ialah ....
Jawaban: kaki kanan dan kaki kiri
21. Jarak antara papan tumpu ke kolam pasir ialah ....
Jawaban: 11 meter
22. Pencak silat ialah salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari ....
Jawaban: Indonesia
23. Usaha untuk memasukan pakulan atau tendangan ke bidang sasaran (anggota tubuh lawan) dengan memakai tangan atau kaki disebut ....
Jawaban: serangan
24. Suatu perjuangan pembelaan diri dari serangan lawan dengan cara mengadakan kontak eksklusif terhadap pukulan atau tendangan lawan disebut ....
Jawaban: tangkisan
25. Tujuan dari tangkisan ialah untuk mengalihkan serangan dari lintasannya dan membendung atau menahan serangan kalau ....
Jawaban: terpaksa
26. Jelaskan yang dimaksud dengan lari sambung atau estafet!
Jawaban: lari sambung atau estafet ialah lari beregu yang terdiri atas 4 orang pelari dan pelari ini secara bersambung (estafet) bergantian membawa tongkat dari garis start hingga ke garis finish.
27. Sebut dan jelaskan teknik pergantian tongkat pada lari estafet!
Jawaban:
a. Pergantian tongkat nonvisual, dilakukan dengan cara peserta tongkat tanpa melihat (menoleh) kepada pelari pemberi tongkat.
b. Pergantian tongkat visual, dilakukan dengan cara peserta tongkat melihat (menoleh) kepada pelari pemberi tongkat.
28. Jelaskan cara menyusun pelari estafet jarak 4 × 400 meter!
Jawaban: penyusunan pelari estafet jarak 4 x 400 meter menempatkan pelari tercepat pertama atau kedua pada posisi pelari pertama dan terakhir.
29. Jelaskan yang dimaksud dengan serangan pada olahraga bela diri pencak silat!
Jawaban: serangan pada olahraga bela diri pencak silat ialah perjuangan untuk memasukkan pukulan atau tendangan ke bidang sasaran (anggota tubuh lawan) dengan memakai tangan atau kaki.
30. Jelaskan yang dimaksud dengan tangkisan pada olahraga bela diri pencak silat!
Jawaban: tangkisan pada olahraga bela diri pencak silat ialah suatu perjuangan pembelaan diri dari serangan lawan dengan cara mengadakan kontak eksklusif terhadap pukulan atau tendangan lawan.
31. Pencegahan penyakit jantung koroner dan diabetes melitus perlu peningkatan ....
Jawaban: kesejukan jasmani
32. Kemampuan otot di dalam melaksanakan kontraksi untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan disebut ....
Jawaban: kekuatan
33. Otot yang mengalami kontraksi eksentrik dan konsentrik disebut kontraksi ....
Jawaban: isotonik atau dinamik
34. Kemampuan gerak persendian seseorang dalam melaksanakan gerakan pada ruang gerak tertentu disebut....
Jawaban: kelenturan atau fleksibilitas
35. Kemampuan untuk mempertahankan keadaan seimbang dalam keadaan bergerak, contohnya berjalan dan berlari disebut ....
Jawaban: keseimbangan dinamis
36. Lari joging merupakan latihan untuk meningkatkan ....
Jawaban: daya tahan
37. Pada ketika melaksanakan pernapasan, menghirup oksigen dan mengeluarkan ....
Jawaban: karbondioksida
38. Tujuan utama dan latihan kondisi fisik ialah untuk meningkatkan ....
Jawaban: daya tahan tubuh
39. Sikap kapal, hanstand, dan meroda ialah bentuk latihan ....
Jawaban: keseimbangan
40. Rumus pengukur denyut jantung berdasarkan Karnoven ialah ....
Jawaban: THR = RHR + 0,6 (MHR – RHR)
41. Sebutkan manfaat dari latihan kebugaraan jasmani yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan!
Jawaban:
a. Dapat membangun kekuatan dan dayan tahan otot mirip kekuatan tulang dan persendian selain mendukung penampilan baik dalam olahraga maupun nonolahraga
b. Mampu meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru.
c. Dapat memperabukan kalori yang memungkinkan tubuh terhindar dari kegemukan
d. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
e. Memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan kadar gula darah.
42. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk latihan kekuatan!
Jawaban:
a. Kontraksi isomretik atau statis ialah kontraksi sekelompok otot yang dihasilkan tanpa menggerakkan anggota tubuh.
b. Kontraksi isotonik atau kontraksi dinamik sebab dalam latihan ini anggota tubuh mengalami gerak, yaitu sekolompok otot mengalami memanjang dan memendek.
c. Kontraksi isokineti, otot mendapat tahanan yang sama melalui seluruh ruang geraknya sehingga otot bekerja secara maksimal pada setiap sudut persendiannya.
d. Bentuk latihan kekuatan sederhana, dilakukan sehabis melaksanakan pemanasan-pemanasan.
43. Sebutkan bentuk latihan kekuatan sederhana yang dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani!
Jawaban:
a. Push up (latihan kekuatan otot lengan)
b. Sit up (latihan kekuatan otot perut)
c. Back lift (latihan kekuatan otot punggung)
d. Berjalan mirip gerobak dorong, yaitu berjalan dengan tangan dan kaki diangkat teman.
44. Sebutkan bentuk-bentuk latihan kelentukan (fleksiblilitas) dalam kebugaran jasmani!
Jawaban:
a. Peregangan dinamis
b. Peregangan statis
45. Jelaskan yang dimaksud dengan keseimbangan dinamis pada latihan kebugaran jasmani!
Jawaban: keseimbangan dinamis ialah kemampuan untuk mempertahankan keadaan seimbang dalam keadaan bergerak, contohnya berjalan dan berlari
46. Cara memperlihatkan proteksi pada senam salto ke depan ialah dengan ....
Jawaban: mengaitkan kedua tangan ke tangan penolong
47. Olahraga senam mengandalkan kegiatan sendiri dibanding cabang olahraga lainnya. Oleh sebab itu, senam disebut juga ....
Jawaban: cabang olahraga dasar
48. Panjang dan lebar dan area floor exercise ialah ....
Jawaban: 12x12 m
49. Gerakan roll, yaitu gerakan berguling ke ....
Jawaban: depan atau belakang
50. Istilah lain dari guling ke belakang ialah ....
Jawaban: back roll
51. Gerakan salto sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu ....
Jawaban: salto ke depan dan belakang
52. Bentuk gerakan senam yang ibarat gerakan roda sedang berputar atau baling-baling adalah....
Jawaban: gerakan meroda atau radslag
53. Gerakan berdiri dengan tangan disebut ....
Jawaban: handstand
54. Gerakan meroda sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu ke ....
Jawaban: samping kiri dan kanan
55. Handspring ialah gerakan ....
Jawaban: lentingan tangan
56. Jelaskan yang dimaksud dengan gerakan salto pada senam lantai!
Jawaban: salto ialah gerakan senam lantai atau bentuk latihan yang kalau dilihat dari cara melakukannya merupakan gerakan berguling di udara
57. Jelaskan cara melaksanakan rangkaian gerakan dari awalan hingga dengan pendaratan pada salto!
Jawaban:
a. Gerakan pertama diawali dengan awalan lari langkah kecil-kecil dengan ujung jari kaki
b. Pada langkah terakhir awalan di atas, melaksanakan lompatan kecil yang diteruskan dengan loncatan ke atas sekuat-kuatnya dengan tumpuan kedua kaki secara serentak. Dibarengi dengan mengayunkan kedua lengan ke depan atas sekuat-kuatnya.
c. Pada ketika tubuh mencapai titik tertinggi, ayunkan lengan ke bawah, kepala ditundukkan, tungkai dilipat ke dada, tangan memegang tungkai bawah, dan tubuh berputar ke depan
d. Mendarat dengan kedua kaki rapat serta mengeper, kedua lengan lurus ke atas
58. Jelaskan yang dimaksud dengan gerakan meroda pada senam lantai!
Jawaban: gerakan meroda pada senam lantai ialah suatu bentuk gerakan senam yang ibarat gerakan roda sedang berputar atau baling-baling.
59. Jelaskan cara melaksanakan gerakan radleg pada senam lantai!
Jawaban:
a. Sambil mencondongkan tubuh ke samping kiri, letakkan telapak tangan kiri di samping kaki kiri. Kaki kanan terangkat lurus ke atas
b. Kemudian disusul dengan meletakkan telapak ajun di samping tangan kiri
c. Bersamaan dengan itu kaki kanan diayunkan dan kaki kiri ditolakkan dari lantai ke atas sehingga kedua kaki itu terbuka lurus ke atas
d. Kemudian dari atas letakkan kaki kanan di samping tangan kanan, tangan kiri terangkat disusul dengan meletakkan kaki kiri disamping kaki kanan dan kedua tangan terangkat ke atas
e. Kembali kepada sikap awal yaitu berdiri tegak dengan kaki dan tangan dibuka
60. Sebutkan beberapa variasi atau kombinasi gerakan pada senam lantai!
Jawaban:
a. Lompat harimau kemudian roll depan dan diteruskan guling lenting
b. Guling lenting kemudian roll depan dan dilanjutkan lompat harimau
c. Roll depan dilanjutkan guling lenting dan lompat harimau
61. Olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesejukan jasmani bukan termasuk....
Jawaban: olahraga prestasi
62. Kapasitas aerobik merupakan faktor utama untuk memelihara....
Jawaban: kesehatan dan kebugaran jasmani
63. Agar gerakan senam sanggup bermanfaat untuk tubuh maka harus dilakukan dengan ....
Jawaban: sungguh-sungguh
64. Proses pembentukan energi sanggup berlangsung secara anaerobik dan sanggup pula berlangsung secara ....
Jawaban: aerobik
65. Senam ialah latihan yang diciptakan secara berencana dan disusun secara sistematis dengan tujuan ....
Jawaban: membentuk dan mengembangkan pribadi yang harmonis
66. Olahraga untuk meningkatkan kesejukan jasmani bukan olahraga prestasi disebut ....
Jawaban: senam aerobik
67. Senam dalam bahasa gila dikenal dengan istilah ....
Jawaban: gymnastic
68. Cha-cha-cha, grapivine, mambo, triplet ialah cuilan dari gerakan ....
Jawaban: senam aerobik low impact
69. Gerakan yang berada di sekeliling sendi ialah ....
Jawaban: kelentukan
70. Twist, split, power movies, dan lompat sergap ialah gerakan dan senam ....
Jawaban: aerobik high impact
71. Apa yang dimaksud dengan senam aerobik?
Jawaban: aerobik ialah suatu bentuk latihan dalam perjuangan memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya
72. Jelaskan nilai-nilai dari kegunaan senam!
Jawaban:
a. Senam sanggup memperlihatkan rangsangan terhadap pertumbuhan badan
b. Senam sanggup membantu mengembangkan cara bersikap dan bergerak secara wajar
c. Dapat membantu memperbaiki dan mencegah efek jelek terhadap duduk di kursi yang terlalu lama
d. Dapat meningkatkan kesanggupan untuk bekerja sama dan mempertebal rasa kebangsaan
e. Mampu meningkatkan perasaan percaya diri dan keberanian
f. Mempunyai perasaan tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri dan masyarakat
73. Jelaskan ciri-ciri kaidah dari senam!
Jawaban:
a. Gerakan pada senam selalu diciptakan dengan sengaja
b. Gerakan senam diciptakan berkhasiat untuk mencapai tujuan tertentu contohnya meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan keindahan gerak, serta meningkatkan kesehatan badan.
c. Jika dilihat dari segi mental pesenam mempunyai pandangan gres yang sehat terhadap kehidupan, berpikir secara bebas dan konstruktif, dan selalu berada dalam keadaan segar.
d. Pesenam juga mempunyai emosi yang stabil dan sanggup mengendalikan diri menghadapi kenyataan secara jujur dengan adab istiadat yang baik.
74. Sebutkan macam-macam latihan aerobik!
Jawaban: berjalan, bersepeda, berenang, dan joging
75. Sebutkan dua macam keunggulan kalau melaksanakan aeobik!
Jawaban:
a. Terdapat aneka macam bentuk latihan yang banyak disukai, contohnya dalam memakai alat modern power fresdmil yang dipadukan dengan alat pengukur oksigen
b. Dapat menentukan sendiri bentuk latihan yang diubahsuaikan dengan lingkungan (aerobik berjalan, berlari, berenang, dan sebagainya).
76. Tahapan gerakan tangan renang gaya dada ada ….
Jawaban: empat tahap
77. Pengambilan napas dilakukan pada ketika siku berdekatan dan kedua tangan saling ….
Jawaban: mengapit
78. Renang gaya bebas pada awalnya gerakannya ibarat cara berenang seekor binatang, oleh sebab itu gaya ini disebut ….
Jawaban: gaya crawl
79. Gerakan renang gaya bebas yang pertama kali disebut ….
Jawaban: Australia crawl
80. Ada tiga fase dalam latihan gerakan lengan renang gaya bebas, yaitu ….
Jawaban: fase menarik, fase mendorong, dan fase istirahat
81. Renang gaya punggung bahwasanya gerakan-gerakannya hampir sama dengan renang ….
Jawaban: gaya bebas
82. Renang gaya punggung mulai dipertandingkan secara resmi pada tahun 1912, yaitu pada waktu diselenggarakan Olimpiade di ….
Jawaban: Stockholm
83. Dalam olahraga renang gaya bebas pada waktu melaksanakan pukulan ke bawah, kaki dalam posisi lurus dan kedalamnya kurang lebih …. di bawah permukaan air.
Jawaban: 20 cm
84. Gerakan menarik-menarik ketika lengan atas menyentuh badan, kemudian dilanjutkan dengan gerakan….
Jawaban: mendorong
85. Pengambilan napas pada renang gaya punggung sebaiknya dilakukan melalui ….
Jawaban: lisan dan hidung
86. Jelaskan cara melaksanakan gerakan meluncur pada renang gaya dada!
Jawaban:
a. Jongkok di bibir kolam menghadap ke dalam kolam
b. Bungkukkan tubuh dengan kedua lengan lurus ke depan
c. Doronglah tubuh dengan kedua kaki bertumpu pada bibir kolam hingga tubuh meluncur di ari.
d. Lakukan luncuran ini hingga pada dinding depan.
e. Setelah hingga di dinding, berpeganglah pada dinding
87. Jelaskan cara melalukan start pada olahraga renang!
Jawaban: posisi tubuh ketika berenang pada renang gaya punggung ialah posisi tubuh selalu telentang mendatar di permukaan air, kecuali cuilan muka yang selalu di atas permukaan air.
88. Jelaskan perbedaan antara gerakan kaki pada renang gaya punggung dengan gerakan kaki pada renang gaya bebas!
Jawaban: perbedaan antara gerakan kaki pada renang gaya punggung dengan kaki pada renang gaya bebas ialah pada renang gaya punggung kaki menghadap ke atas, sedangkan pada renang gaya bebas kaki menghadap ke bawah
89. Jelaskan gerakan tangan pada renang gaya punggung ketika melaksanakan gerakan mendorong!
Jawaban: dimulai sehabis lengah atas menyentuh atau mendekati badan, kemudian dengan cepat lengan bawah mendorong hingga telapak tangan mendekati paha.
90. Jelaskan cara pengambilan napas pada renang gaya punggung!
Jawaban: sebaiknya dilakukan melalui lisan dan hidung
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Essay Penjaskes Kelas 12 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal essay penjaskes kelas xii dan jawabannya
- soal essay penjas kelas 12 semester 1
- soal penjas kelas 12 pilihan ganda
- soal penjas kelas 12 semester 2
- soal penjas essay dan jawaban
- soal uts penjas kelas 12 semester 1
- soal penjas kelas 12 ihwal sepak bola
- contoh soal penjaskes kelas 12 semester 2 pdf 2018,2019,2020,2021,2022