Bank Soal Sekolahku UKK SBK Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat Bank Soal Sekolahku yang duduk dikelas 6 SD/MI. Nah kakak ada kabar baik ini, bagi adik adik yang ingin mempunyai pola soal UKK SBK kakak telah menyediakan soal tersebut sebanyak 50 soal yang didalamnya termasuk pilihan ganda dan essay, soal ini sudah mencangkup kunci tanggapan yang akan memudahkan adik adik dalam mengerjakannya. Selalu dan tetap semangat yaa.
Soal UKK SBK Kelas 6 SD/MI
Bank Soal Sekolahku UKK SBK Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UKK SBK Kelas 6 SD/MI ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal UKK SBK Kelas 6 SD/MI Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal UKK SBK Kelas 6 SD/MI
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Gambang kromong merupakan salah satu musik kawasan ....
a. Sumatera
b. Sunda
c. Sulawesi
d. Betawi
2. Sebelum mengenal kain, nenek moyang kita menciptakan motif hias pada . . . .
a. tembok
b. badan dan kulit kayu
c. tempurung kelapa
d. kerikil cadas
3. Dalam batik Jawa motif garis-garis disebut motif . . . .
a. abstrak
b. lurik
c. truntum
d. jumputan
4. Salah satu keunikan motif sulaman kasab timbul yaitu . . . .
a. bab dalam motif sulaman diisi potongan karton
b. sulaman disusun secara teratur dan berulang-ulang
c. disulam dari benang jahit warna-warni
d. motif sulaman berupa motif geo metris
5. Keunikan motif poleng terdapat pada makna simboliknya.
Motif kotak-kotak hitam dan putih secara berselang-seling mengandung makna . . . .
a. api dan air
b. dingin dan asin
c. pria dan perempuan
d. baik dan buruk
6. Gambar ilustrasi disebut juga gambar . . . .
a. drama
b. dekorasi
c. cerita
d. karikatur
7. Alat menggambar berikut yang tidak memerlukan pengencer yaitu . . . .
a. cat poster
b. cat air
c. konte
d. tinta
8. Dalam menggambar ilustrasi suasana alam sekitar, bingkai pemandang berfungsi untuk . . . .
a. menentukan sudut pandang suasana alam yang paling menarik
b. membidik gambar suasana alam dalam bentuk foto
c. membingkai gambar suasana alam yang telah dibuat
d. menciptakan skema garang suasana alam yang diamati
9. Sampek berasal dari kawasan . . . .
a. Jawa Barat
b. Jawa Tengah
c. Kalimantan
d. Papua
10. Jenis gendang yang terdapat di Papua, Kalimantan Tengah, dan Maluku disebut gendang . . . .
a. Jawa
b. tifa
c. melayu
d. karo
11. Musik Thek-Thek atau Kentungan berasal dari kawasan . . . .
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur
c. Jawa Tengah
d. Papua
12. Tangga nada yang dipakai dalam lagu ”Soleram” yaitu . . . .
a. diatonik mayor
b. diatonik minor
c. pentatonik
d. septatonik
13. Lagu yang isi syairnya menggambarkan kegagahan burung garuda yang menja di lambang negara kita yaitu lagu . . . .
a. Apuse
b. Manuk Dadali
c. Gundhul Pacul
d. Soleram
14. Musik Thek-Thek atau Kentungan dimainkan oleh . . . orang.
a. 10 hingga 20
b. 20 hingga 30
c. 30 hingga 40
d. 30 hingga 50
15. Garis-garis di lantai yang dibuat oleh deretan penari disebut . . . .
a. properti
b. pola lantai
c. pola tari
d. ekspresi
16. Tarian yang hidup dan berkembang di kalangan rakyat jelata disebut tari . . . .
a. klasik
b. rakyat
c. modern
d. kreasi baru
17. Bentuk pola lantai dalam karya tari diubahsuaikan dengan . . . .
a. jumlah penari, gerak tari, dan tempat pertunjukan
b. busana, tata rias, dan panggung
c. panggung, properti, dan tata rias
d. tata lampu, busana, dan gerak
18. Koreografer sanggup memperlihatkan kemampuannya dalam mencipta karya tari melalui . . . .
a. ekspresi
b. wawasan
c. apresiasi
d. pergelaran
19. Tari Kuda Kepang diperagakan secara . . . .
a. berpasangan
b. duet
c. berkelompok
d. perseorangan
20. Tari Kuda Gepang Putri berasal dari kawasan . . . .
a. Sumatra Selatan
b. Kalimantan Selatan
c. NTB
d. Maluku
21. Karya tari yang berasal dari kawasan Surakarta yaitu tari . . . .
a. Lengger
b. Srimpi
c. Jaipongan
d. Remo
22. Seksi-seksi khusus dalam pergelaran karya seni tari yaitu . . . .
a. penata tari, penata rias, penata busana, penata panggung, dan penata iringan
b. sekretaris, bendahara, penang gung jawab, dan penata tari
c. penanggung jawab, ketua, penata tari, penata panggung, dan penata iringan
d. pengumpul karya tari, pelaksana, penanggung jawab, koordinator, dan penata tari
23. Saat pertama kali diciptakan, roda berupa . . . .
a. logam berlapis karet
b. kayu gelondongan
c. bulatan dari tanah liat
d. bulatan dari semen
24. Di antara jenis kereta di bawah ini yang bukan sebagai alat transportasi yaitu . . . .
a. kereta uap
b. kereta api
c. kereta mini
d. kereta belanja
25. Tujuan santunan roda pada aneka macam perabot yaitu untuk . . . .
a. memudahkan dalam memindahkannya
b. memudahkan dalam menjualnya
c. memudahkan dalam membelinya
d. mengamankan perabot dari pencuri
26. Komponen utama otopet yaitu . . . .
a. papan pijakan, sabuk pengaman, roda
b. kayuh, tempat duduk, tangkai kemudi
c. papan pijakan, tangkai tegak, tangkai kemudi, roda
d. rem, roda, tangkai kemudi, jeruji
27. Pembuatan gambar rancangan sebelum berkarya benda kerajinan selalu dianjurkan alasannya yakni sanggup . . . .
a. memberi citra bentuk benda yang akan dibuat
b. menghemat biaya pem buatan
c. mempercepat proses pembuatan
d. merangsang timbulnya wangsit baru
28. Gambar rancangan yang baik yaitu . . . .
a. berupa skema kasar
b. skema yang diperhalus, diwarnai, disertai nama bagian-bagiannya
c. dibuat dalam ukuran besar
d. diwarnai dengan warna-warna terang
29. Ekspresi jiwa insan yang dituangkan melalui gerak badan disebut…
a. Seni musik
b. Seni Tari
c. Seni rupa
d. Seni Teater
30. Seni tari yang dijadikan sebagai warisan bebuyutan dikenal dengan tari…
a. Kreasi
b. Tradisi
c. Modern
d. Kontemporer
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan singkat dan benar!
1. Tanda untuk menyatakan keras lembutnya lagu disebut ….
2. Lagu wajib Gugur Bunga merupakan lagu yang bertanda tempo andante. Maka lagu tersebut bertempo ….
3. Watak dari tari Serimpi yakni ….
4. Gambar di bawah yakni tarian dari
Tari Srimpi dari Jawa Tengah
5.
Gambar tarian di samping memakai properti….
6. Lagu wajib sanggup menanamkan perilaku ….
7. Pianika termasuk alat musik ….
8. Tata rias wajah harus diubahsuaikan dengan.....
9. Tari Kecak berasal dari daerah.....
10. Sebutkan pola benda yang sanggup dibuat anyaman....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Motif hias adalah....
2. Batik yang populer berasal dari.....
3. Sebutkan 4 pola lagu wajib !
4. Sebutkan 3 pola alat musik ritmis!
5. Apa manfaat pembuatan mainan dari barang bekas?
IV. Praktik
1. Buatlah lukisan dengan tema keindahan, pekerjaan, kerjasama, kesehatan, keluarga (pilih salah satu). Kemudian,
nilaikan kepada gurumu!
2. Siapkan satu lagu daerah. Mainkan memakai alat musik melodis yang ada di lingkunganmu.
Kemudian, pentaskan di depan kelas.
3. Pilih salah satu karya tari yang kau kuasai. Jika kau menentukan bentuk tari berpasangan
maka tentukan pasanganmu. Jika kau menentukan bentuk tari kelompok maka tentukan anggota
kelompok. Siapkan karya tari yang telah kau pilih untuk diperagakan di depan kelas. Persiapan
yang kau lakukan mencakup latihan gerak dan mempersiapkan unsur-unsur pendukungnya.
Unsur-unsur pendukung yang kau siapkan antara lain iringan, busana, tata rias, dan properti
tari. Setelah semua kau padukan, tampilkan di depan kelas.
4. Ciptakan sebuah mainan beroda. Mainan beroda tersebut contohnya mobil-mobilan, kereta api,
pesawat terbang, dan becak.Kamu bebas menentukan materi yang akan digunakan. Hiaslah
mainan tersebut sebaik-baiknya. Kemudian, nilaikan kepada Bapak atau Ibu guru
KUNCI JAWABAN UKK SBK KELAS 6
1. D
2. B
3. B
4. A
5. D
6. C
7. D
8. C
9. C
10. B
11. C
12. A
13. B
14. B
15. B
16. B
17. A
18. A
19. C
20. B
21. B
22. A
23. B
24. D
25. A
26. C
27. A
28. B
29. B
30. B
II
1. tanda dinamik
2. lambat
3. lemah lembut
4. Jawa tengah
5. panah
6. kebangsaan, patriotisme
7. melodis
8. karakter tokoh
9. Bali
10. janur, pandan, bambu, daun pisang
III
1. corak dari sebuah bidang/senirupa sehingga terlihat lebih indah
2. Solo, Cirebon, Yogyakarta, Pekalongan
3. Indonesia Raya, Dari Sabang Sampai Merauke, Halo Halo Bandung, Indonesia Pusaka
4. gong, kempul, rebana, kendang, drum, tifa
5. ekonomis biaya, menambah kraetifitas, mengurangi pencemaran lingkungan
IV. Praktik
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Bank Soal Sekolahku UKK SBK Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Bank Soal Sekolahku UKK SBK Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UKK SBK Kelas 6 SD/MI ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal UKK SBK Kelas 6 SD/MI Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal UKK SBK Kelas 6 SD/MI
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Gambang kromong merupakan salah satu musik kawasan ....
a. Sumatera
b. Sunda
c. Sulawesi
d. Betawi
2. Sebelum mengenal kain, nenek moyang kita menciptakan motif hias pada . . . .
a. tembok
b. badan dan kulit kayu
c. tempurung kelapa
d. kerikil cadas
3. Dalam batik Jawa motif garis-garis disebut motif . . . .
a. abstrak
b. lurik
c. truntum
d. jumputan
4. Salah satu keunikan motif sulaman kasab timbul yaitu . . . .
a. bab dalam motif sulaman diisi potongan karton
b. sulaman disusun secara teratur dan berulang-ulang
c. disulam dari benang jahit warna-warni
d. motif sulaman berupa motif geo metris
5. Keunikan motif poleng terdapat pada makna simboliknya.
Motif kotak-kotak hitam dan putih secara berselang-seling mengandung makna . . . .
a. api dan air
b. dingin dan asin
c. pria dan perempuan
d. baik dan buruk
6. Gambar ilustrasi disebut juga gambar . . . .
a. drama
b. dekorasi
c. cerita
d. karikatur
7. Alat menggambar berikut yang tidak memerlukan pengencer yaitu . . . .
a. cat poster
b. cat air
c. konte
d. tinta
8. Dalam menggambar ilustrasi suasana alam sekitar, bingkai pemandang berfungsi untuk . . . .
a. menentukan sudut pandang suasana alam yang paling menarik
b. membidik gambar suasana alam dalam bentuk foto
c. membingkai gambar suasana alam yang telah dibuat
d. menciptakan skema garang suasana alam yang diamati
9. Sampek berasal dari kawasan . . . .
a. Jawa Barat
b. Jawa Tengah
c. Kalimantan
d. Papua
10. Jenis gendang yang terdapat di Papua, Kalimantan Tengah, dan Maluku disebut gendang . . . .
a. Jawa
b. tifa
c. melayu
d. karo
11. Musik Thek-Thek atau Kentungan berasal dari kawasan . . . .
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur
c. Jawa Tengah
d. Papua
12. Tangga nada yang dipakai dalam lagu ”Soleram” yaitu . . . .
a. diatonik mayor
b. diatonik minor
c. pentatonik
d. septatonik
13. Lagu yang isi syairnya menggambarkan kegagahan burung garuda yang menja di lambang negara kita yaitu lagu . . . .
a. Apuse
b. Manuk Dadali
c. Gundhul Pacul
d. Soleram
14. Musik Thek-Thek atau Kentungan dimainkan oleh . . . orang.
a. 10 hingga 20
b. 20 hingga 30
c. 30 hingga 40
d. 30 hingga 50
15. Garis-garis di lantai yang dibuat oleh deretan penari disebut . . . .
a. properti
b. pola lantai
c. pola tari
d. ekspresi
16. Tarian yang hidup dan berkembang di kalangan rakyat jelata disebut tari . . . .
a. klasik
b. rakyat
c. modern
d. kreasi baru
17. Bentuk pola lantai dalam karya tari diubahsuaikan dengan . . . .
a. jumlah penari, gerak tari, dan tempat pertunjukan
b. busana, tata rias, dan panggung
c. panggung, properti, dan tata rias
d. tata lampu, busana, dan gerak
18. Koreografer sanggup memperlihatkan kemampuannya dalam mencipta karya tari melalui . . . .
a. ekspresi
b. wawasan
c. apresiasi
d. pergelaran
19. Tari Kuda Kepang diperagakan secara . . . .
a. berpasangan
b. duet
c. berkelompok
d. perseorangan
20. Tari Kuda Gepang Putri berasal dari kawasan . . . .
a. Sumatra Selatan
b. Kalimantan Selatan
c. NTB
d. Maluku
21. Karya tari yang berasal dari kawasan Surakarta yaitu tari . . . .
a. Lengger
b. Srimpi
c. Jaipongan
d. Remo
22. Seksi-seksi khusus dalam pergelaran karya seni tari yaitu . . . .
a. penata tari, penata rias, penata busana, penata panggung, dan penata iringan
b. sekretaris, bendahara, penang gung jawab, dan penata tari
c. penanggung jawab, ketua, penata tari, penata panggung, dan penata iringan
d. pengumpul karya tari, pelaksana, penanggung jawab, koordinator, dan penata tari
23. Saat pertama kali diciptakan, roda berupa . . . .
a. logam berlapis karet
b. kayu gelondongan
c. bulatan dari tanah liat
d. bulatan dari semen
24. Di antara jenis kereta di bawah ini yang bukan sebagai alat transportasi yaitu . . . .
a. kereta uap
b. kereta api
c. kereta mini
d. kereta belanja
25. Tujuan santunan roda pada aneka macam perabot yaitu untuk . . . .
a. memudahkan dalam memindahkannya
b. memudahkan dalam menjualnya
c. memudahkan dalam membelinya
d. mengamankan perabot dari pencuri
26. Komponen utama otopet yaitu . . . .
a. papan pijakan, sabuk pengaman, roda
b. kayuh, tempat duduk, tangkai kemudi
c. papan pijakan, tangkai tegak, tangkai kemudi, roda
d. rem, roda, tangkai kemudi, jeruji
27. Pembuatan gambar rancangan sebelum berkarya benda kerajinan selalu dianjurkan alasannya yakni sanggup . . . .
a. memberi citra bentuk benda yang akan dibuat
b. menghemat biaya pem buatan
c. mempercepat proses pembuatan
d. merangsang timbulnya wangsit baru
28. Gambar rancangan yang baik yaitu . . . .
a. berupa skema kasar
b. skema yang diperhalus, diwarnai, disertai nama bagian-bagiannya
c. dibuat dalam ukuran besar
d. diwarnai dengan warna-warna terang
29. Ekspresi jiwa insan yang dituangkan melalui gerak badan disebut…
a. Seni musik
b. Seni Tari
c. Seni rupa
d. Seni Teater
30. Seni tari yang dijadikan sebagai warisan bebuyutan dikenal dengan tari…
a. Kreasi
b. Tradisi
c. Modern
d. Kontemporer
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan singkat dan benar!
1. Tanda untuk menyatakan keras lembutnya lagu disebut ….
2. Lagu wajib Gugur Bunga merupakan lagu yang bertanda tempo andante. Maka lagu tersebut bertempo ….
3. Watak dari tari Serimpi yakni ….
4. Gambar di bawah yakni tarian dari
Tari Srimpi dari Jawa Tengah
5.
Gambar tarian di samping memakai properti….
6. Lagu wajib sanggup menanamkan perilaku ….
7. Pianika termasuk alat musik ….
8. Tata rias wajah harus diubahsuaikan dengan.....
9. Tari Kecak berasal dari daerah.....
10. Sebutkan pola benda yang sanggup dibuat anyaman....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Motif hias adalah....
2. Batik yang populer berasal dari.....
3. Sebutkan 4 pola lagu wajib !
4. Sebutkan 3 pola alat musik ritmis!
5. Apa manfaat pembuatan mainan dari barang bekas?
IV. Praktik
1. Buatlah lukisan dengan tema keindahan, pekerjaan, kerjasama, kesehatan, keluarga (pilih salah satu). Kemudian,
nilaikan kepada gurumu!
2. Siapkan satu lagu daerah. Mainkan memakai alat musik melodis yang ada di lingkunganmu.
Kemudian, pentaskan di depan kelas.
3. Pilih salah satu karya tari yang kau kuasai. Jika kau menentukan bentuk tari berpasangan
maka tentukan pasanganmu. Jika kau menentukan bentuk tari kelompok maka tentukan anggota
kelompok. Siapkan karya tari yang telah kau pilih untuk diperagakan di depan kelas. Persiapan
yang kau lakukan mencakup latihan gerak dan mempersiapkan unsur-unsur pendukungnya.
Unsur-unsur pendukung yang kau siapkan antara lain iringan, busana, tata rias, dan properti
tari. Setelah semua kau padukan, tampilkan di depan kelas.
4. Ciptakan sebuah mainan beroda. Mainan beroda tersebut contohnya mobil-mobilan, kereta api,
pesawat terbang, dan becak.Kamu bebas menentukan materi yang akan digunakan. Hiaslah
mainan tersebut sebaik-baiknya. Kemudian, nilaikan kepada Bapak atau Ibu guru
KUNCI JAWABAN UKK SBK KELAS 6
1. D
2. B
3. B
4. A
5. D
6. C
7. D
8. C
9. C
10. B
11. C
12. A
13. B
14. B
15. B
16. B
17. A
18. A
19. C
20. B
21. B
22. A
23. B
24. D
25. A
26. C
27. A
28. B
29. B
30. B
II
1. tanda dinamik
2. lambat
3. lemah lembut
4. Jawa tengah
5. panah
6. kebangsaan, patriotisme
7. melodis
8. karakter tokoh
9. Bali
10. janur, pandan, bambu, daun pisang
III
1. corak dari sebuah bidang/senirupa sehingga terlihat lebih indah
2. Solo, Cirebon, Yogyakarta, Pekalongan
3. Indonesia Raya, Dari Sabang Sampai Merauke, Halo Halo Bandung, Indonesia Pusaka
4. gong, kempul, rebana, kendang, drum, tifa
5. ekonomis biaya, menambah kraetifitas, mengurangi pencemaran lingkungan
IV. Praktik
Soal UKK SBK Kelas 6 SD/MI File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal sbk kelas 6 download
- soal uas sbk kelas 6 dan kunci jawaban
- soal ujian sekolah sbk kelas 6
- soal uts sbk kelas 6 sd semester 2
- soal sbk kelas 6 semester 2 pilihan ganda
- soal uas sbk kelas 6 semester 2 dan kunci jawaban
- kisi-kisi soal uas sbk kelas 6
- soal ujian sbk kelas 6 dan kunci jawaban pdf 2018,2019,2020,2021,2022