Bank Soal Sekolahku Ukk Ipa Kelas 5 Sd/Mi Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolahku Ukk Ipa Kelas 5 Sd/Mi Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolahku Ukk Ipa Kelas 5 Sd/Mi Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolahku UKK IPA Kelas 5 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo Semuanya, pada kesempatan yang cerah ini kakak ingin mengembangkan lagi perihal soal UKK untuk kelas 5 SD/MI, Soal ini sudah kakak susun sedemikian rumah sehingga terkumpul menjadi 55 soal yang siap dijadikan sebagai materi latihan untuk adik adik sebelum UKK dari sekolah. Soal ini kakak bagikan juga dalam bentuk pilihan ganda dan Essay serta dengan kunci jawabannya.
Soal UKK IPA Kelas 5 SD/MI

Bank Soal Sekolahku UKK IPA Kelas 5 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru  - Bagi sobat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UKK IPA Kelas 5 SD/MI ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal UKK IPA Kelas 5 SD/MI Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal UKK IPA Kelas 5 SD/MI

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan tanggapan yang benar !


1. Bagian alat pernapasan yang ditunjuk anak panah disebut . . . .

a. rongga hidung
b. mulut
c. tenggorokan
d. paru-paru

2. Percabangan trakea disebut . . . .
a. bronkus
b. bronkiolus
c. alveolus
d. tenggorokan

3. Pada ketika bernapas, kita mengeluarkan udara yang mengandung banyak . . . .
a. oksigen
b. karbon dioksida
c. zat makanan
d. air

4. Bagian paru-paru yang menjadi tempat terjadinya pertukaran O2 dan CO2 yaitu . . . .
a. bronkus
b. bronkiolus
c. trakhea
d. alveolus

5. Makanan yang kita makan, secara berturut-turut melalui . . . .
a. lisan – usus halus – usus besar – kerongkongan – lambung – anus
b. lisan – kerongkongan – usus besar – usus halus – lambung – anus
c. lisan – kerongkongan – lambung – usus halus – usus besar – anus
d. lisan – kerongkongan – lambung – usus besar – usus halus – anus

6. Peradangan yang dialami kepingan usus yang ditunjuk anak panah disebut . . . .

a. sariawan
b. sembelit
c. apendisitis
d. mag

7.

Diagram di atas menggambarkan susunan masakan seimbang. Makanan yang terdapat pada tingkat 1 mengandung . . . .
a. protein
b. karbohidrat
c. vitamin
d. mineral

8. Jika tubuh kita kekurangan kalsium sanggup menjadikan . . . .
a. busung lapar
b. anemia
c. keropos tulang
d. sariawan

9.

Ruangan jantung yang diberi tanda aksara X yaitu . . . .
a. serambi kiri
b. bilik kiri
c. serambi kanan
d. bilik kanan

10. Pembuluh darah yang paling kecil disebut pembuluh . . . .
a. nadi
b. kapiler
c. vena
d. aorta

11. Bagian tubuh tumbuhan yang sanggup melaksanakan proses fotosintesis yaitu . . . .
a. daun hijau
b. benang sari
c. putik
d. buah

12. Tumbuhan yang menyimpan cadangan masakan di akar yaitu . . . .
a. tebu
b. singkong
c. mangga
d. padi

13.

Berdasarkan bentuk paruhnya, jenis masakan binatang di atas berupa . . . .
a. biji-bijian
b. cacing
c. nektar
d. ikan

14. Melindungi diri dengan cara memutuskan ekornya dilakukan binatang . . . .
a. komodo dan buaya
b. kadal dan katak
c. kadal dan cecak
d. ular dan cecak

15.

Tanaman pada gambar di atas melindungi diri dari musuh dengan cara . . . .
a. mengeluarkan wangi menyengat
b. menghasilkan racun
c. tubuh ditutup duri
d. mengeluarkan getah

16. Katun merupakan jenis kain yang terbuat dari . . . .
a. ulat
b. bulu domba
c. kapas
d. rami

17. Peristiwa yang memperlihatkan perubahan sifat benda yang bersifat tetap yaitu . . . .
a. es mencair
b. lilin meleleh
c. besi berkarat
d. air maritim menguap

18.

Perubahan wujud semen menyerupai gambar di atas disebabkan oleh . . . .
a. pembusukan
b. pembakaran
c. pemanasan
d. pencampuran dengan air

19. Di antara benda-benda berikut yang sanggup ditarik magnet yaitu . . . .
a. kain
b. peniti
c. kertas
d. gelas

20. Sifat magnet akan hilang apabila magnet . . . .
a. dipukul-pukul
b. digosok
c. dipotong
d. didinginkan

21. Keadaan tanpa gravitasi mengakibatkan
benda . . . .
a. mempunyai berat
b. akan jatuh jikalau dilepaskan dari ketinggian tertentu
c. melayang-layang di udara
d. melekat di tanah

22. Selembar kertas dan sebuah buku dijatuhkan dari ketinggian yang sama.
Peristiwa yang akan terjadi yaitu . . . .
a. kertas lebih dahulu mencapai tanah lantaran lebih berat
b. kertas lebih dahulu mencapai tanah lantaran lebih ringan
c. buku lebih dahulu mencapai tanah lantaran lebih berat
d. buku dan kertas hingga di tanah bersamaan

23. Benda akan menimbulkan gaya gesek yang besar jikalau mempunyai permukaan . . . .
a. halus
b. rata
c. kasar
d. licin

24. Contoh penerapan konsep memperkecil gaya gesek terdapat pada . . . .
a. pemasangan karet kampas pada rem
b. pembuatan alur pada ban kendaraan
c. penambahan karet pada setir mobil
d. derma oli pada rantai sepeda

25. Pembuatan alur pada sol sepatu sanggup mencegah pemakainya terpeleset lantaran . . . .
a. gaya gesek besar
b. gaya dorong berkurang
c. gaya gravitasi bertambah
d. berat tubuh bertambah

26. Gaya yang bekerja pada ban sepeda yang sedang direm yaitu . . . .
a. gesek
b. gravitasi
c. pegas
d. magnet

27.

Pembuka kaleng menyerupai gambar di atas temasuk . . . .
a. pengungkit
b. katrol
c. roda
d. bidang miring

28. Prinsip kerja bidang miring terdapat pada . . . .
a. jungkat-jungkit




Artikel Terkait
GUDANG SOAL LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) DAN KUNCI JAWABAN BABAK FINAL UNTUK SEKOLAH DASAR (SD) TINGKAT KECAMATAN TINGKAT KABUPATEN
Soal IPA Materi Bunyi SMP/MTS Kelas 8 Dan Kunci Jawaban Serta Kisi-Kisi Soal
Soal UKK IPA Kelas 5 SD/MI Dan Kunci Jawabannya 2018
Rangkuman IPA Kelas 4 SD/MI Semester 1 Lengkap Dengan Soal Latihan Dan Kunci Jawabannya
Bedah Materi IPA Kelas 4-6 Sesuai Kisi Kisi US/M SD/MI Lengkap
b. palu
c. tang
d. pisau

29.

Prinsip kerja alat pada gambar di atas memanfaatkan gaya tarik dan gaya . . . .
a. gravitasi
b. dorong
c. otot
d. gesek

30. Keuntungan memakai roda di antaranya . . . .
a. memperbesar gesekan
b. mengurangi laju
c. memperpendek jarak
d. mengurangi tenaga yang
dibutuhkan

31. Dasar kolam tampak lebih dangkal dari yang sesungguhnya merupakan akhir insiden . . . cahaya.
a. pemantulan
b. penguraian
c. pembiasan
d. perambatan

32.

Bayangan yang dibuat oleh cermin menyerupai gambar di atas bersifat . . . .
a. nyata, tegak, dan diperbesar
b. maya, tegak, dan diperkecil
c. nyata, terbalik, dan diperbesar
d. maya, terbalik, dan diperkecil

33. Kita sanggup melihat bayangan benda di depan cermin. Hal ini disebabkan cahaya mempunyai sifat . . . .
a. merambat lurus
b. sanggup dipantulkan
c. sanggup dibiaskan
d. sanggup diuraikan

34. Apabila cahaya merambat dari udara ke air maka cahaya tersebut akan dibiaskan dengan arah . . .
a. mendekati garis normal
b. menjauhi garis normal
c. sejajar dengan garis normal
d. tegak lurus dengan garis normal

35. Warna putih bahwasanya tersusun atas banyak warna. Hal ini sanggup dibuktikan dengan memakai . . . .
a. periskop
b. teleskop
c. cakram warna
d. lup

36. Kaleidoskop berfungsi untuk melihat benda-benda yang . . . .
a. kecil semoga tampak besar
b. jauh semoga tampak dekat
c. sedikit semoga tampak banyak
d. sempit semoga tampak luas

37. Periskop dipakai untuk mengamati keadaan di atas permukaan air. Alat tersebut memakai . . . .
a. 1 cermin datar
b. 2 cermin datar
c. 1 cermin cembung
d. 1 cermin cembung dan 1 cermin cekung

38. Lapisan tanah yang subur bagi tumbuhnya tumbuhan dinamakan . . . .
a. kerikil
b. pasir
c. humus
d. debu

39. Sifat tanah berpasir yaitu . . . .
a. butiran tanahnya paling lembut
b. gampang menyimpan air
c. gampang dilalui air
d. sulit dilalui air

40. Laut terletak pada lapisan bumi yang disebut . . . .
a. kerak bumi
b. mantel bumi
c. inti luar bumi
d. inti dalam bumi

41. Penebangan pohon di hutan sanggup mengakibatkan terjadinya peristiwa
alam . . . .
a. banjir
b. tsunami
c. angin topan
d. gunung meletus

42. Di antara kegiatan-kegiatan berikut ini yang sanggup memengaruhi absorpsi air yaitu . . . .
a. penggundulan hutan
b. pembuangan sampah di air
c. pencemaran maritim oleh limbah
d. pembuatan terasering pada lahan pertanian

43. Sumber daya alam yang sanggup diperbarui yaitu . . . .
a. minyak tanah
b. kerikil bata
c. tumbuhan
d. mineral

44. Penghijauan mempunyai kegunaan untuk . . . .
a. melindungi kelestarian tumbuhan saja
b. melestarikan kehidupan hewan
c. melestarikan tumbuhan dan hewan
d. menyimpan air dan melindungi tumbuhan serta hewan

45. Sikap yang perlu dilakukan untuk melindungi sumber daya alam yaitu . . . .
a. menebangi hutan
b. menciptakan terasering pada lahan miring
c. membuka lahan sawah gres dengan cara aben hutan
d. menanam satu jenis tumbuhan secara terus-menerus

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan akhir yang sanggup ditimbulkan dari penebangan hutan secara liar!

2. Pengolahan sayuran yang salah menjadikan kandungan zat gizinya hilang. Bagaimana cara mengolah sayuran yang benar?

3. Hipertensi merupakan gangguan pada alat peredaran darah.
a. Apa yang mengakibatkan hipertensi?
b. Jenis masakan apa yang memacu terjadinya hipertensi?

4.

Jelaskan cara proteksi diri dari musuh pada binatang menyerupai gambar di samping!

5. Sebutkan beberapa perubahan sifat pada benda akhir pemanasan!

6. Sebutkan beberapa cara memperkecil gaya gesek yang sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari!

7. Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sanggup diperbarui. Air akan senantiasa ada, meskipun kita gunakan untuk aneka macam aktivitas. Hal ini lantaran air mengalami siklus atau daur.
Jelaskan proses siklus air!

8. Bumi kita terdiri atas beberapa lapisan. Makhluk hidup menempati salah satu lapisan tersebut.
a. Sebutkan lapisan-lapisan bumi!
b. Di lapisan mana makhluk hidup tinggal? Mengapa?

9. Berdasarkan proses terbentuknya, terdapat tiga jenis batuan yang menyusun lapisan kerak bumi.
Sebutkan tiga jenis batuan tersebut!

10. Hewan dan tumbuhan merupakan sumber daya alam yang sanggup diperbarui. Namun demikian, pemanfaatan yang tidak sempurna menjadikan kepunahan.
Usaha-usaha apa yang sanggup dilakukan untuk melindungi binatang dan tumbuhan?


Kunci Jawaban

A
1.C  21.C  41.A
2.B  22.C  42.A
3.B  23.C  43.C
4.D  24.D  44.D
5.C  25.A  45.B
6.B  26.A
7.C  27.A
8.C  28.D
9.B  29.C
10.  30.D
11.A  31.C
12.B  32.B
13.D  33.B
14.C  34.A
15.C  35.C
16.C  36.C
17.C  37.B
18.D  38.C
19.B  39.C
20.D  40.A

B.
1.Akibat penggundulah hitan adalah:
lahan tandus dan gersang. Selain itu, penggundulan
hutan juga berdampak pada kehidupan makhluk hidup. Penggundulan hutan telah
membunuh ratusan ribu spesies tumbuhan dan hewan. Banyaknya pohon yang ditebangi
mengakibatkan hewan-hewan hutan kehilangan masakan dan tempat berlindung

2. Memasak sayuran jangan terlalu usang sehingga zat hijaunya hilang

3. Penyebab hipertensi adalah:
a. usia, ketrunan, merokok, obesitas, kurang olah raga, minuman keras, stress
Makanan yang bmemicu hipertensi adalah
b. lemak, gula, garam

4. Cumi-cumi, sotong, dan gurita hidup di laut.
Ketika diserang musuh, hewan-hewan ini mengeluarkan cairan hitam menyerupai tinta.

5. Beberapa perubahan sifat pada benda akhir pemanasan seperti: pemuaian, mencair, menguap

6. Cara memperkecil gaya gesek adalah:
-memberi pelumas
-memberi roda
-memperhalus permukaan benda

7. Proses siklus air/daur air sebagai berikut:
Air di laut, sungai, dan danau menguap lantaran dampak panas dari sinar matahari. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara.  Proses penguapan ini disebut evaporasi.

Uap air naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak sanggup lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan).

Jika suhunya turun, uap air akan bermetamorfosis titik-titik air.
Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).
Titik-titik air di awan kemudian akan turun menjadi hujan.

8. a. lapisan-lapisan bumi adalah: Kerak, Selubung atau mantel,  Inti luar , Inti dalam
b. Manusia tinggal di kerak bumi terluar

9. Tiga jenis batuan yang menyusun lapisan kerak bumi  yaitu: batuan granit, batuan  basal

10. Usaha yang sanggup dilakukan untuk melindungi binatang dan tumbuhan seperti:
1. Pelestarian In Situ yaitu pelestarian yang dilakukan pada tempat orisinil binatang atau tumbuhan tersebut  berada.
2. Pelestarian ex situ yaitu pelestarian yang dilakukan  di luar tempat tinggal aslinya.
3. Suaka marga satwa yaitu tempat melindungi binatang tertentu terutama binatang langka.
4. Cagar alam Sebagai tempat proteksi dan pelestarian hewan, tumbuhan, tanah dan air
5. Hutan lindung Sebgai tempat melindungi air / tempat resapan air lantaran di hutan dengan


Demikianlah isu yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Bank Soal Sekolahku UKK IPA Kelas 5 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru  ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 pada kesempatan yang cerah ini kakak ingin mengembangkan lagi perihal soal UKK untuk kelas   Bank Soal Sekolahku UKK IPA Kelas 5 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UKK IPA Kelas 5 SD/MI   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal IPA kelas 5 semester 2 pilihan ganda
    • soal ukk IPA kelas 5 ktsp
    • soal IPA kelas 5 semester 2 kurikulum 2013
    • soal ukk IPA kelas 5 sd
    • soal ukk kelas 5 sd semester 2 dan kunci jawaban
    • soal ukk IPA kelas5  semester 2 kurikulum 2013
    • soal uas IPA kelas 5 semester 2
    • kisi kisi soal ukk IPA kelas 5 sd semester 2
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022
    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser