Soal Pts Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 Sd/Mi Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Pts Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 Sd/Mi Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Pts Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 Sd/Mi Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat Student Society semuanya, pada kesempatan yang baik ini abang ingin membuatkan beberapa soal perihal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya pada pembahasan tema 1 untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 4 SD/MI, soal ini sudah abang susun dengan kunci jawabannya sehingga memudahkan adik adik dalam mengerjakan latihan dari guru yang nantinya.
 Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema    Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru



Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI


Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi teman Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 3 SD/MI ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 3 SD/MI  Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 3 SD/MI

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan balasan yang benar !


1. Kita harus menghargai keberagaman yang ada di Indonesia. Menghargai keberagaman merupakan wujud semangat  ....
a. saling membantu
b.  persatuan dan kesatuan
c. menghindari perbedaan
d. meningkatkan ibadah

2. Di bawah ini perilaku yang mengutamakan persatuan dan kesatuan yakni ....
a. hidup rukun dengan tetangga
b. menolong tetangga supaya dipuji
c. bekerja bakti jarang berangkat
d. ikut rapat jika ada imbalan

3. Semangat kolaborasi sebaiknya diitanamkan semenjak ....
a. dewasa
b. sekolah
c. kecil
d. remaja

4 Salah satu hari raya umat beragama Hindui yakni hari raya  ....
a. Nyepi
b. Waisak
c. Natal
d. Idul Fitri

5. Di bawai ini bukan merupakan rujukan menghargai keberagaman suku bangsa di Indonesia yakni ....
a. berguru bersama walaupun berbeda suku bangsa
b. bermain bersama dengan teman yang berbeda suku bangsa
c. menjenguk teman dari suku lain yang sakit
d. bermain hanya dengan teman yang berasal dari suku yang sama

6. Kewajiban kita terhadap teman yang beragama lain di sekolah yakni .........

7. Pekerjaan yang berat sebaiknya dikerjakan secara bahu-membahu supaya ...........

8. Kamu sedang bermain dan melihat ayah sedang membersihkan rumput di halaman rumah. Sikap  kau yang baik yakni ..............

9. Negara  Indonesia dianugerahi banyak keberagaman.
Sebutkan 3 (tiga) rujukan keberagaman yang ada di Indonesia tersebut!

 Untuk soal nomor 10, 11, 12
      Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi untuk melaksanakan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan. Mereka setuju ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
      Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.
10 Ide pokok dari paragraf pertama pada bacaan di atas yakni ....
a. Warga desa mengambil sampah dan meletakkan di gerobag sampah
b. Mereka berencana membersihkan selokan
c. Pagi itu, semua warga bersemangat membersihkan selokan
d. Musim hujan hampir tiba

11. Ide pokok paragraf kedua ada pada ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. final paragraf
d. awal dan final paragraf

12. Ide pokok pada paragraf kedua berjumlah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

13 Congklak
      Congklak yakni permainan tradisional yang ada di Indonesia. Di masing-masing kawasan permainan ini mempunyai nama yang berbeda. Ada yang menyebut congklak, ada juga yang mengenalnya dengan permainan dakon. Dalam permainan ini terdapat unsur persaingan yang sportif, kejujuran, dan interaksi antar pemain.
      Permainan congklak dimainkan dengan cara pemain yang menang suit terlebih dahulu mengambil biji dari lobang yang dipilihnya, kemudian diisikan satu persatu ke lubang-lubang sebelah kanannya.
....................................................................................................................
Permainan dianggap berhenti, apabila sudah tidak ada papan yang terisi biji congklak.
Menurut bacaan di atas, unsur yang tidak terdapat dalam permainan congklak yakni ....
a. sportif
b. jujur
c. bermain curang
d. interaksi antar pemain

14 Berikut ini cara bermain congklak yaitu ....
a. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kiri satu persatu
b. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kanan satu persatu
c. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kiri secara bersamaan
d. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kanan secara bersamaan

Dodol Betawi Mak Salmah
      Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mak Salmah mendapatkan banyak pesanan. Mak Salmah yakni pembuat dodol tradisional Betawi di kampungnya. Biasanya, ketika menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festifal Betawi. Makanan Betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona makanan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.
      Sudah semenjak seminggu yang kemudian Mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya menciptakan gabungan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol Betawi membutuhkan kerja sama. Tidak  hanya perempuan. Laki-laki pun terlibat dalam pembuatannya. Biasanya, Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras  ketan. Adonan dituang kawa, kemudian diaduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh sebab itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.

15. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi paragraf pertama yakni ....
a. Jajanan tradisional Betawi hanya dodol Betawi
b. Mak Salmah mendapatkan banyak pesanan dodol
c. Mak Salmah bekerja keras selama seminggu
d. Membuat dodol Betawi membutuhkan kerja sama

16. Pembuatan dodol betawi membutuhkan kolaborasi sebab ....
a. wanita dan pria bekerja sama
b. wanita harus memarut kelapa dan menyiapkan bahan
c. harus dimasak dalam kawa besar
d. pembuatannya berat dan memakan waktu lama

17. Gagasan pokok disebut juga ......................

18. Pada permainan congklak dianggap selesai apabila .................

19. Makanan tradisional betawi yang ada pada pameran Betawi misalnya.........., ...........

20. Tuliskan Ide pokok paragraf pertama bacaan Dodol Betawi Mak Salmah!
....................................................................................................................
21. Sebutkan 3 manfaat permainan congklak!
a. ...................................
b. ....................................
c. ....................................

22. Saat ibu menelepon memakai ponsel (HP), bunyi merambat melalui ....
a. benda cair
b. benda gas
c. benda padat
d. ruang hampa

23. Benda yang sanggup menghasilkan bunyi disebut ....
a. sumber bunyi
b. frekuensi
c. amplitudo
d. gaung

24. Frekuuensi bunyi yang sanggup didengar oleh insan yakni ....
a. 40.000 – 50.000 hz
b. 30.000 – 40.000 hz
c. 20.000 – 30.000 hx
d. 20 – 20.000 hz

25. Karpet atau spons yang dipasang pada gedung pertemuan atau gedung bioskop berfungsi sebagai ....
a. pemantul suara
b. peredam suara
c. pengeras suara
d. pelemah suara

26. Bunyi tidak sanggup merambat melalui ....................
27. Sebutkan 3 sifat bunyi!
a. ...................................
b. ...................................
c. ...................................

28. Salah satu suku yang berasal dari Jawa Barat yakni ....
a. Badui
b. Tengger
c. Sasak
d. Betawi

29. Alat musik Tanjidor berasal dari ....
a. Bandung
b. Jakarta
c. Banten
d. Semarang

30. Hubungan timbal balik antar insan baik perorangan ataupun kelompok yang saling memengaruhi satu sama lain disebut ....
a. pekerjaan sosial
b. apresiasi sosial
c. pengetahuan sosial
d. interaksi sosial

31. Tumpeng merupakan makanan rujukan makanan tradisional Indonesia. Salah satu rujukan upacara moral yang memakai tumpeng yakni ....
a. Ngaben
b. Nyeruwit
c. Grebeg
d. Sepintu

32.  Permainan tradisional ini dimainkan oleh 2 kelompok. Satu kelompok sebagai tertawan dan satu kelompok sebagai penawan. Nama permainan tersebut adalah  .....................
33. Sebutkanlah 3 (tiga) manfaat gotong royong!

34. Tarian Bungong Jeumpa dibagi ke dalam dua gerakan, yaitu gerakan dikala bangkit dan gerakan dikala ....
a. lari
b. duduk
c. melompat
d. membungkuk

35. Dalam bahasa Indonesia Bungong Jeumpa berarti ....
a. bunga melati
b. bunga mawar
c. bunga cempaka
d. bunga matahari

36. Formasi penari bentuk lengkung para penari berbaris membentuk deretan ....
a. deretan aksara U
b. lurus ke samping
c. lurus ke belakang
d. deretan aksara I

37. Dalam sebuah tari, gerak merupakan unsur ....
a. pelengkap
b. tambahan
c. bebas
d. utama

38. Gerak dasar  tari Bungong Jeumpa dibagi menjadi  2 macam yaitu gerakan............. dan gerakan ...............
39.   Salah satu aksesoris dalam tarian yakni sangggul. Sanggul dipasang pada potongan ..........................
40.   Sebutkan 3 (tiga) rujukan tari tradisional yang dipentaskan dalam bentuk kelompok!


KUNCI JAWABAN Perguruan Tinggi Swasta KELAS IV
TEMA 1

1 B
2 A
3 C
4 A
5 D
6 Menghormati
7 Menjadi ringan 
8 membanbtu 
9 agama, suku, budaya, (kebijakan guru)
10 D
11 A
12 A
13 C
14 B
15 B 
16 D 
17 Pikiran pokok/ pikiran utama
18 Tidak ada papan yang berisi biji congklak
19 Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi
20 Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun
21 a. sportif
 b. kejujuran
 c. interaksi antar pemain

22 B
23 A
24 D
25 B
26 Ruang hampa
27
a. sanggup merambat melaui zat padat, cair, dan gas
b. sanggup diserap dan dipantulkan
c. mempunyai getaran
28 A
29 B
30 D
31 C
32 bentengan
33.
a. pekerjaan cepat selesai
b. pekerjaan menjadi lebih ringan
c. menumbuhkan perilaku persatuan dan kesatuan (kebijakan guru)
34. B
35 C
36 A
37 D
38 bangkit dan duduk
39. kepala
40 a. Bungong Jeumpa
 b. Pakarena
 c. Kecak (kebijakan Guru)


Demikianlah isu yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema    Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Perguruan Tinggi Swasta Keberagaman Budaya Tema 1 Kelas 4 SD/MI   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal tema 1 kelas 4
    • soal tematik kelas 4 tema 1 subtema 3
    • soal tematik kelas 4 tema 1 indahnya kebersamaan
    • kunci balasan buku tematik kelas 4 tema 1 indahnya kebersamaan
    • soal ulangan harian kelas 4 tema 1 subtema 1
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser