Bank Soal Sekolah Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolah Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolah Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo sobat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada pada kesempatan yang baik ini admin ingin menyebarkan teladan soal untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 10 SMA/MA soal ini merupakan mata pelajaran dari Bahasa Indonesia, Admin telah menyediakan sebanyak 85 soal yang siap dijadikan sebagai materi latihan. Oiya Pemerintah kolonial Hindia Belanda menyadari bahwa bahasa Melayu sanggup digunakan untuk membantu manajemen bagi kalangan pegawai pribumi lantaran penguasaan bahasa Belanda para pegawai pribumi dinilai lemah. Dengan menyandarkan diri pada bahasa Melayu Tinggi (karena telah mempunyai kitab-kitab rujukan) sejumlah sarjana Belanda mulai terlibat dalam standardisasi bahasa. Promosi bahasa Melayu pun dilakukan di sekolah-sekolah dan didukung dengan penerbitan karya sastra dalam bahasa Melayu. Akibat pilihan ini terbentuklah "embrio" bahasa Indonesia yang secara perlahan mulai terpisah dari bentuk semula bahasa Melayu Riau-Johor.
 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas   Bank Soal Sekolah Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pada awal periode ke-20 perpecahan dalam bentuk baku goresan pena bahasa Melayu mulai terlihat. Pada tahun 1901, Indonesia (sebagai Hindia Belanda) mengadopsi ejaan Van Ophuijsen dan pada tahun 1904 Persekutuan Tanah Melayu (kelak menjadi pecahan dari Malaysia) di bawah Inggris mengadopsi ejaan Wilkinson. Ejaan Van Ophuysen diawali dari penyusunan Kitab Logat Melayu (dimulai tahun 1896) van Ophuijsen, dibantu oleh Nawawi Soetan Ma’moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim.

Intervensi pemerintah semakin kuat dengan dibentuknya Commissie voor de Volkslectuur ("Komisi Bacaan Rakyat" - KBR) pada tahun 1908. Kelak forum ini menjadi Balai Poestaka. Pada tahun 1910 komisi ini, di bawah pimpinan D.A. Rinkes, melancarkan kegiatan Taman Poestaka dengan membentuk perpustakaan kecil di banyak sekali sekolah pribumi dan beberapa instansi milik pemerintah. Perkembangan kegiatan ini sangat pesat, dalam dua tahun telah terbentuk sekitar 700 perpustakaan. Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai "bahasa persatuan bangsa" pada ketika Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional atas usulan Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, dan hebat sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta, Yamin mengatakan,

"Jika mengacu pada masa depan bahasa-bahasa yang ada di Indonesia dan kesusastraannya, hanya ada dua bahasa yang bisa diharapkan menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Jawa dan Melayu. Tapi dari dua bahasa itu, bahasa Melayulah yang lambat laun akan menjadi bahasa pergaulan atau bahasa persatuan."

Selanjutnya perkembangan bahasa dan kesusastraan Indonesia banyak dipengaruhi oleh sastrawan Minangkabau, menyerupai Marah Rusli, Abdul Muis, Nur Sutan Iskandar, Sutan Takdir Alisyahbana, Hamka, Roestam Effendi, Idrus, dan Chairil Anwar. Sastrawan tersebut banyak mengisi dan menambah perbendaharaan kata, sintaksis, maupun morfologi bahasa Indonesia.


Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA



Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sobat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan balasan yang benar !


1. Suatu penyajian singkat dengan mempertahankan urutan karangan orisinil disebut….
Jawaban: ringkasan atau rangkuman

2. Teknik membaca yang sempurna digunakan untuk mencari entri pada indeks adalah….
Jawaban: memindai

3. Buku yang menghimpun uraian wacana banyak sekali cabang ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam bentuk artikel-artikel terpisah dan biasanya tersusun berdasarkan huruf disebut….
Jawaban: Ensiklopedia

4. Peristiwa yang melibatkan orang-orang populer atau ternama merupakan gosip yang menarik. Hal ini berarti ciri gosip menonjolkan….
Jawaban: nama

5. Daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya pada pecahan final buku) disebut…
Jawaban: indeks

6. Jelaskan perbedaan antara ringkasan dan ikhtisar!
Jawaban:  Ringkasan merupakan penyajian yang lebih singkat dari suatu karangan orisinil dan tetap mempertahankan urutan isi serta sudut pandang pengarang asli. Sedangkan ikhtisar ialah pandangan secara ringkas terhadap hal-hal yang penting-penting saja.

7. Sebutkan dan jelaskan unsur 5W + 1H dalam berita!
Jawaban:
a. Apa yang terjadi dalam gosip tersebut?
b. Siapa yang terlibat dalam insiden itu?
c. Kapan insiden itu terjadi?
d. Di mana insiden itu terjadi?
e. Mengapa insiden itu bisa terjadi?
f. Bagaimana insiden itu terjadi?

8. Mengapa kita harus kritis dalam mendapatkan berita?
Jawaban: semoga kita tidak salah dalam memperoleh informasi

9. Apakah yang dimaksud dengan indeks?
Jawaban: Indeks ialah daftar kata atau istilah penting yang terdapat di buku cetakan (biasanya pada pecahan final buku), tersusun berdasarkan huruf yang memperlihatkan informasi mengena halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

10. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mendengarkan pembacaan berita!
Jawaban:
a. mencatat pokok-pokok informasi tersebut;
b. memilih fakta dan opini;
c. mengajukan pertanyaan;
d. memberikan informasi dan menyimpulkannya

11. Sebut dan jelaskan 7 sifat berita!
Jawaban:
a. Aktual (baru)
hal-hal yang gres lebih mempunyai nilai gosip dibandingkan dengan hal-hal yang terjadi sudah lama.
b. Jarak (jauh/dekat)
khalayak lebih tertarik terhadap insiden yang terjadi sekitar mereka dibandingkan dengan insiden di tempat yang lebih jauh.
c. Penting
Sesuatu menjadi gosip ketika dianggap penting, lantaran besar lengan berkuasa pada kehidupan langsung, contoh: UU larangan merokok.
d. Akibat
Sesuatu menjadi gosip lantaran mempunyai dampak yang besar, contoh: penangkapan gembong pengedar narkoba
e. Pertentangan/konflik
Situasi yang dramatik dan penuh misteri tergolong insiden yang mengandung konflik. Dengan adanya konflik, seseorang ingin mengetahui final dari insiden yang diberikan.
f. Kemajuan atau penemuan.
Inovasi gres atau perubahan dan inovasi sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak akan menjadi sebuah gosip yang menarik.
g. Emosi
Segala sesuatu yang apabila dikabarkan akan menciptakan marah, sedih, kecewa juga akan menjadi perhatian masyarakat. Contohnya: pemberitaan wacana penganiayaan terhadap anak kandung sendiri.

12. Jelaskan pengertian dari berita!
Jawaban: gosip ialah informasi gres atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet, atau dari verbal ke verbal kepada orang ketiga atau orang banyak.

13. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca memindai atau scanning!
Jawaban:
a. mencari padanan kata,
b. mencari jenis kata, dan
c. membandingkan

14. Jelaskan pengertian dari piramida terbalik dalam sebuah penulisan!
Jawaban: Piramida terbalik ialah sebuah struktur penulisan atau bentuk penyajian sebuah goresan pena yang umum dilakukan seorang wartawan.

15. Jelaskan tujuan penulisan piramida terbalik!
Jawaban: semoga para pembaca sanggup segera mengetahui inti dari gosip yang ingin diketahuinya.

16. Berita bersifat terkini dan sedang hangat dibicarakan masyarakat.
Pernyataan di atas merupakan salah satu ciri berita, yaitu….
Jawaban: aktual

17. Lukisan atau gambar pasang surutnya suatu keadaaan dengan garis disebut….
Jawaban: grafik

18. Kursus keterampilan dan belajar khusus termasuk jenis pendidikan….
Jawaban: nonformal

19. Masalah dan bahasa yang digunakan dalam gosip mendorong minat seseorang untuk membaca atau mendengarnya.
Hal ini merupakan ciri informasi yang bersifat….
Jawaban: menarik

20. Pernyataan sikap setuju, tidak menolak, dan pro terhadap suatu hal disebut….
Jawaban: dukungan

21. Mengapa memperoleh informasi dari membaca lebih gampang daripada mendengarkan?
Jawaban: lantaran memperoleh informasi melalui mendengarkan dibutuhkan kemampuan dalam mendengarkan secara seksama. Maksudnya, pendengar dituntut secara bersungguh-sungguh mengikuti jalna pikiran sang pembicara. Terlebih lagi, apabila informasi tersebut akan diteruskan kepada oran glain. Jadi, pendengar tidak sekedar mendapatkan informasi, tetapi juga dituntut menyusun kembali informasi tersebut ke dalam bentuk lain.

22. Sebutkan ciri-ciri informasi yang baik!
Jawaban: Ciri-ciri informasi yang baik ialah sebagai berikut.
a. Aktual, yaitu gosip terkini yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat.
b. Bahasa singkat, padat, dan akurat.
c. Menarik, artinya kasus dan bahasa yang digunakan dalam berita/infromasi mendorong minat baca atau dengar seseorang

23. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memperlihatkan pemberian terhadap suatu artikel!
Jawaban: hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memperlihatkan pemberian antara lain:
a. mendata judul artikel,
b. merumuskan pokok persoalan,
c. memperlihatkan pemberian disertai alasan, dan
d. memperlihatkan bukti pendukung dengan alasan.

24. Jelaskan pengertian dari artikel!
Jawaban: artikel ialah karya tulis lengkap, menyerupai laporan gosip atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Artikel biasanya memuat gagasan yang menarik dan positif dengan disertai bukti-bukti yang akurat.

25. Sebutkan 3 teladan membaca yang memakai teknik memindai (scanning)!
Jawaban: membaca tabel, kamus, buku telepon, dan sebagainya.

26. Paragraf yang isinya dimaksudkan untuk memengaruhi pembaca semoga mendapatkan inspirasi atau pernyataan yang dikemukakan berdasarkan pertimbangan logis disebut paragraf….
Jawaban: paragraf persuasif

27. Dalam paragraf argumentatif, semoga pembaca yakin terhadap hal yang dikemukakan, maka dalam penulisan perlu diberikan….
Jawaban: alasan dan bukti.

28. Dalam paragraf deduktif, kalimat topik berupa…
Jawaban: pernyataan umum

29. Paragraf yang disusun dengan menampilkan ide-ide khusus pada awal paragraf, kemudian disimpulkan dengan inspirasi yang bersifat umum pada final paragraf disebut paragraf….
Jawaban: paragraf induktif

30. Dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan inspirasi yang bersifat umum dan diletakkan pada….
Jawaban: pecahan awal

31. Nilai yang terkandung dalam dongeng rakyat salah satunya yaitu nilai moral. Pesan moral tersebut sanggup diketahui dari….
Jawaban: pelaku tokoh-tokohnya

32. Nilai estetika atau keindahan yaitu aspek-aspek keindahan yang menempel pada karya sastra. Nilai keindahan itu sanggup diamati melalui pilihan…..
Jawaban: gaya bahasanya

33. Cerita yang mempunyai latar belakang sejarah, dipercaya masyarakat sebagai dongeng yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal ajaib, dan umumnya ditokohi oleh tuhan disebut….
Jawaban: Mite

34. Gambaran angan dari tangkapan alat indra yang diungkapkan oleh penyair disebut…
Jawaban: pencitraan

35. Kegiatan mengubah puisi menjadi prosa dinamakan….
Jawaban: parafrasa

36. Jelaskan perbedaan antara paragraf argumentatif pola deduktif dan paragraf argumentatif pola induktif!
Jawaban: dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan inspirasi yang bersifat umum (premis mayor). Ide-ide tersebut diletakkan pada pecahan awal dan diikuti dengan inspirasi yang bersifat lebih khusus. Penataan ini sanggup direalisasikan dengan menampilkan kalimat topik (yang berupa pernyataan) lebih dahulu pada awal paragraf, kemudian dilanjutkan dengan kalimat penjelas.

Sedangkan paragraf induktif, penataan ini diperoleh dengan cara menyusun ide-ide khusus dan diikuti dengan inspirasi yang umum. Ide-ide khusus ditampilkan pada pecahan awal paragraf, kemudian disimpulkan dengan inspirasi yang lebih umum. Ide yang lebih umum itu biasanya berupa kalimat simpulan dan diikuti oleh suatu pernyataan pembenaran.

37. Jelaskan perbedaan jenis dongeng rakyat Sage dan Legenda! Dan berikan masing-masing contohnya!
Jawaban: Sage ialah dongeng yang berdasarkan insiden sejarah yang bercampur fantasi rakyat. Contoh: Ciung, Wanara, Lutung Kasarung.
Sedangkan Legenda ialah dongeng rakyat yang berisikan wacana asal mula terjadinya suatu gempat, gunung, dan sebagainya. Contoh: Sangkuriang dan Malin Kundang.

38. Jelaskan yang dimaksud dengan nilai moral, nilai estetika, dan nilai budaya yang terdapat dalam cerita
rakyat!
Jawaban:
a. Nilai moral, yaitu pesan moral. Pesan moral sanggup diketahui dari sikap tokoh-tokohnya
b. Nilai estetika/keindahan, yaitu aspek-aspek keindahan yang menempel pada karya sastra itu. Dalam dongeng rakyat ini sanggup diamati pada pilihan gaya bahasanya.
c. Nilai sosial budaya, yaitu suatu karya sastra akan mencerminkan aspek sosial budaya suatu tempat tertentu, contohnya settingnya, tokohnya (baik aspek fisik maupun psikologis), atau seni budaya, dan sebagainya.

39. Jelaskan perbedaan antara karya sastra puisi dengan prosa!
Jawaban: puisi ialah jenis karangan yang dalam penyajiannya sangat mengutamakan gaya bahasa. Sedangkan prosa ialah karangan bebas/tidak terikat oleh hukum tertentu.

40. Jelaskan perbedaan jenis dongeng rakyat Mite dan Fabel! Dan berikan masing-masing contohnya!
Jawaban:
Mite ialah dongeng yang mempunyai latar belakang sejarah, dipercaya masyarakat, sebagai dongeng yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal yang ajaib, dan umumnya ditokohi oleh dewa. Contoh: Nyi Roro Kidul dan Dewi Sri. Sedangkan Fabel ialah dongeng yang menggambarkan tabiat insan yang pelakunya diperankan oleh binatang. Contoh: Si Kancil dengan Buaya.

41. Paragraf yang bertujuan memengaruhi pembaca semoga melaksanakan tindakan sesuai dengan yang diharapkan penulisnya disebut paragraf....
Jawaban: persuasif

42. Langkah pertama menulis wacana persuasif adalah....
Jawaban: memilih topik

43. Unsur yang membangun sebuah karya sastra dibedakan atas unsur.... dan unsur....
Jawaban: intrinsik dan ekstrinsik

44. Pelaku cerita, alur, dan latar termasuk unsur...dalam karya sastra
Jawaban: intrinsik

45. Hubungan-hubungan yang mengatur suatu insiden dengan insiden lain atau antara satu adegan dengan adegan lain dalam suatu dongeng disebut....
Jawaban: alur/plot

46. Jenis alur/plot dalam suatu karya sastra sanggup berupa alur....
Jawaban: maju, mundur, dan campuran

47. Dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melaksanakan suatu tindakan dengan tujuan tertentu disebut....
Jawaban: motivasi

48. Cara pengarang menggambarkan karakter tokoh pada dongeng rakyat disebut....
Jawaban: penokohan

49. Kegiatan menguraikan makna puisi ke dalam bentuk prosa disebut....
Jawaban: parafrasa

50. Unsur-unsur yang terdapat di luar karya sastra, tetapi turut memengaruhi penciptaan suatu karya disebut unsur....
Jawaban: unsur ekstrinsik

51. Jelaskan perbedaan antara paragraf argumentatif dan paragraf persuasif!
Jawaban: Paragraf argumentatif ialah paragraf yang mengemukakan alasan, contoh, dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Sedangkan paragraf persuasif merupakan paragraf  yang berisi imbauan atau permintaan kepada orang lain untuk melaksanakan sesuatu menyerupai yang diharapkan penulisnya.

52. Tulislah paragraf persuasif dengan topik “Banyak pelajar yang putus sekolah lantaran narkoba”!
Jawaban: Banyak pelajar yang putus sekolah lantaran narkoba, bergotong-royong bukan hal yang baru. Pengunaan narkoba dikalangan pelajar intinya disebabkan mereka mempunyai banyak waktu luang yang tidak disalurkan dengan positif dan kurangnya pengetahuan wacana ancaman narkoba. Hal ini sesuai dengan sifat arif balig cukup akal yang selalu ingin mencoba sesuatu yang baru. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran waktu luangnya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai tugas yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melaksanakan kegiatan yang lebih berguna, menyerupai memperlihatkan penyuluhan wacana bahayanya penggunaan narkoba,  olahraga, musik, bakti sosial, tulis menulis, kegiatan keagamaan, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan waktu luang siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh lantaran itu, untuk memecahkan kasus banyak pelajar yang putus sekolah lantaran narkoba, sanggup disusun kegiatan kegiatan penyaluran waktu luang siswa selain kegiatan belajar-mengajar.

53. Jelaskan macam-macam latar dalam dongeng rakyat!
Jawaban:
a. Latar tempat, yaitu penggambaran tempat kejadian, menyerupai Bandung, Surabaya, dan sebagainya
b. Latar waktu, yaitu penggambaran waktu kejadian, menyerupai pagi hari pada tanggal 17 Agusuts 1945.
c. Latar sosial, yaitu penggambaran kehidupan sosial budya yang melatarbelakangi terjadinya adegan atau peristiwa, contohnya masyarakat Betawi, Melayu, dan Sunda.

54. Jelaskan yang dimaksud memprafrasakan puisi!
Jawaban: mengubah puisi menjadi kalimat-kalimat semoga gampang dalam memahami isi puisi itu.

55. Pahamilah penggalan puisi di bawah ini!
Orang bilang sayap kananku patah
Ketika Ayah dipangil Yang Maha Kuasa
Anugerah-Nya ialah kekuatan bagiku
Dalam mengarungi dunia fana ini

Tiada pilihan lain
Aku harus tetap berjalan
Karena berhenti berarti hancur

Biarlah saya sendiri
Menyusuri kehidupan dunia
Mencapai cita dan cinta
Tanpa seorang ayah, sebagai sayap kananku

Tuliskan makna penggalan puisi di atas!

Jawaban: Tetap optimis dalam menjalani kehidupan

56. Dalam melaksanakan wawancara kepada seorang tokoh, kita sanggup mengembangkan pertanyaan dasar wawancara, yaitu siapa, di mana, apa, mengapa, kapan, dan bagaimana. Unsur-unsur tersebut biasa dikenal dengan unsur....
Jawaban: 5w + 1h

57. Orang yang dijadikan narasumber dalam wawancara ialah orang yang....
Jawaban: hebat dibidangnya

58. Pengarang Melayu legendaris yang menulis buku Tuhfat al Nafis bernama....
Jawaban: Raja Ali Haji

59. Salah satu jenis karya sastra yang berkembang pada masa Kerajaan Melayu yang mengisahkan kehidupan para raja dan kehidupan para darah biru adalah....
Jawaban: Hikayat

60. Hikayat disebut juga dengan....
Jawaban: dongeng berbingkai

61. Tempat terjadinya insiden yang dikisahkan dalam hikayat merupakan salah satu unsur intrinsik dongeng yang disebut....
Jawaban: latar

62. Posisi diri yang dipilih pengarang ketika mengembangkan dongeng merupakan unsur intrinsik dongeng yang disebut....
Jawaban: sudut pandang

63. Berdasarkan perwatakannya, tokoh dalam cerpen dibagi menjadi dua, yaitu tokoh.... dan ....
Jawaban: protagonis dan antagonis

64. Tokoh dalam dongeng yang selalu menentang tokoh utama dan cenderung berbuat kejahatan disebut tokoh....
Jawaban: antagonis

65. Nasihat-nasihat yang ingin disampaikan penulis dongeng kepada para pembaca karya sastra biasa disebut....
Jawaban: pesan/amanat

66. Sebutkan langkah-langkah dalam melaksanakan wawancara!
Jawaban:
a. Menyusun kasus yang hendak ditanyakan
b. Menyusun rencana (skenario) wawancara secara cermat dengan memperhitungkan segala kemungkinan yang akan dihadapi.
c. Memilih orang yang bisa memperlihatkan informasi yang diperlukan
d. Melakukan kontak dengan sumber informasi. Jika memungkinkan, menetapkan waktu dan tempat pelaksanaan wawancara
e. Memulai wawancara dengan memperkenalkan diri dan memberitahukan tujuan wawancara
f. Memperhatikan persyaratan yang diajukan oleh sumber informasi dan bertindak secara jujur dan objektif
g. Meminta izin kepada sumber informasi bila hendak memakai alat perekam atau kamera
h. Mintalalah konfirmasi atas catatan yang telah dibuat pada final wawancara

67. Jelaskan laba dan kelemahan pelaksanaan wawancara memakai metode serta-merta!
Jawaban: keuntungannya, pelaksanaan wawancara tidak perlu mempersiapkan perangkat wawancara, contohnya daftar pertanyaan. Kekurangannya, pelaksanaan wawancara tidak akan berjalan dengan baik bila pewawancaranya belum profesional dan informasi yang diperoleh tidak lengkap.

68. Sebutkan unsur intrinsik hikayat!
Jawaban:
a. Plot (alur cerita), yakni rangkaian insiden yang saling berafiliasi dan membentuk kesatuan cerita
b. Tokoh, yakni sejumlah orang yang mengalami perubahan nasib berdasarkan keputusan, sikap, dan tindakan yang dipilihkan ketika menghadapi masalah
c. Setting, yakni tempat terjadinya insiden yang dikisahkan dalam hikayat.
d. Tema, yakni gagasan pokok pikiran yang digunakan pengarang untuk mengembangkan cerita
e. Sudut pandang pengarang (point of view), yakni posisi diri yang dipiih pengarang ketika mengembangkan cerita, apakah ia sekaligus sebagai salah satu pelaku (narrator acting), pengamat (narrator observer), ataukah berlaku sebagai pelaku dan sekaligus pengamat (narrator omnicient).
f. Bahasa yang digunakan pengarang untuk mengomunikasikan gagasan-gagasannya. Setiap orang yang mempunyai gaya (style) yang berbeda dalam pemilihan kata, simbol, dan gaya bahasa untuk mengungkapkan gagasannya.

69. Jelaskan yang dimaksud tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam sebuah cerita!
Jawaban: tokoh protagonis ialah tokoh yang mendukung cerita, sedangkan tokoh antagonis ialah tokoh dalam dongeng yang selalu menentang tokoh utama dan cenderung berbuat kejahatan.

70. Tulislah sebuah paragraf yang menceritakan kegiatanmu sehabis pulang sekolah!

71. Cara berpidato yang dilakukan dengan impulsif tanpa persiapan terlebih dahulu disebut berpidato dengan metode....
Jawaban: serta-merta

72. Orang yang berpidato dengan memakai pedoman catatan secara garis besar wacana isi pidato berarti berpidato memakai metode....
Jawaban: ekstemporan

73. Cara pengarang menggambarkan karakter tokoh dalam cepren disebut....
Jawaban: penokohan

74. Secara umum struktur pidato berisi....
Jawaban: pendahuluan, isi, dan penutup

75. Perbedaan yang paling menonjol antara cerpen dan novel terletak pada....
Jawaban: panjang ceritanya

76. Cerpen ialah dongeng yang selesai dibaca dalam sekali duduk...
Istilah sekali duduk dalam kalimat di atas sanggup diartikan....
Jawaban: proses memahami isinya

77. Pada umumnya para penulis cerpen menuliskan nilai-nilai dalam cerpennya secara....
Jawaban: eksplisif

78. Untuk sanggup mengetahui nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah cerpen, hal yang harus kita lakukan adalah....
Jawaban: membaca secara tuntas

79. Rangkaian insiden yang dijalin secara kronologis dengan dasar logika berupa kekerabatan alasannya ialah akhir merupakan unsur intrinsik dongeng yang disebut....
Jawaban: plot atau alur

80. Penggambaran tabiat tokoh dongeng dengan mengemukakan ciri fisik tokoh berarti penggambaran tabiat tokoh secara....
Jawaban: langsung

81. Sebutkan dan jelaskan empat metode berpidato!
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta-merta maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa memakai teks
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan dengan menghafalkan naskah
c. Metode naskah
Metode naskah maksudnya pidato dilakukan dengan membaca naskah.
d. Metode ekstemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan dengan menciptakan outline atau kerangka pidato terlebih dahulu.

82. Sebutkan lima ciri hikayat!
Jawaban:
a. Mengisahkan kehidupan para raja dan kalangan bangsawan
b. Berfungsi untuk memberikan nasihat
c. Hikayat juga disebut dongeng berbingkai
d. Struktur dongeng secara umum sama dengan kisah dongeng fiksi.
e. Ceritanya pralogis

83. Sebutkan dan jelaskan unsur intrinsik cerpen!
Jawaban:
a. Plot (alur cerita), yakni rangkaian insiden yang saling berafiliasi dan membentuk kesatuan cerita
b. Tokoh, yakni sejumlah orang yang mengalami perubahan nasib berdasarkan keputusan, sikap, dan tindakan yang dipilihkan ketika menghadapi masalah
c. Setting, yakni tempat terjadinya insiden yang dikisahkan dalam hikayat.
d. Tema, yakni gagasan pokok pikiran yang digunakan pengarang untuk mengembangkan cerita
e. Sudut pandang pengarang (point of view), yakni posisi diri yang dipiih pengarang ketika mengembangkan cerita, apakah ia sekaligus sebagai salah satu pelaku (narrator acting), pengamat (narrator observer), ataukah berlaku sebagai pelaku dan sekaligus pengamat (narrator omnicient).
f. Bahasa yang digunakan pengarang untuk mengomunikasikan gagasan-gagasannya. Setiap orang yang mempunyai gaya (style) yang berbeda dalam pemilihan kata, simbol, dan gaya bahasa untuk mengungkapkan gagasannya.

84. Jelaskan cara pengarang melaksanakan penokohan dalam cerpen!
Jawaban: klasifikasi tabiat tokoh dalam cerpen, sanggup dilakukan dengan cara menyebut langsung, melalui obrolan antarpelaku, menggambarkan tokoh secara langsung, atau monolog tokoh. Berdsarkan perwatakannya, tokoh dibagi menjadi dua, yaitu tokoh protagonis dan tokoh antagonis.

85. Buatlah paragraf pembuka dalam pidato sambutan untuk perayaan hari kemerdekaan RI!
Jawaban:

Yang terhormat,
Bapak Kepala Sekolah Menengan Atas Angkasa, Bapak dan Ibu Guru beserta karyawan Sekolah Menengan Atas Angkasa, dan rekan-rekan sekalian.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat yang dilimpahkan-Nya, sehingga kita sanggup berkumpul di sini untuk mengikuti perayaan hari kemerdekaan RI.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas   Bank Soal Sekolah Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal essay bahasa indonesia kelas 10 semester 1
    • contoh soal essay bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 10 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
    • soal essay dan balasan bahasa indonesia
    • soal bahasa indonesia kelas 10 smk dan kunci jawaban
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 beserta jawabannya
    • contoh soal essay bahasa indonesia kelas 11 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser