Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai sahabat Bank Soal Sekolahku.com, pada kesempatan yang baik ini, admin ingin membuatkan soal sebaanyak 105 soal yang berupa soal essay, soal ini sudah admin sediakan juga dengan kunci jawabannya yang di peruntukkan untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 11 SMA/MA khusus mata pelajaran bahasa indonesia yang bersifat soal essay. Oiya Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yaitu ejaan bahasa Indonesia yang berlaku semenjak tahun 2015 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 perihal Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Ejaan ini menggantikan Ejaan yang Disempurnakan. Tidak terdapat banyak perbedaan antara EYD dan EBI. Pada EBI, terdapat penambahan satu karakter Diftong, yaitu karakter ei sehingga karakter diftong dalam Bahasa Indonesia menjadi epat huruf, yakni ai, ei, au, dan oi. Selain itu terdapat juga penambahan hukum pada penggunaan karakter tebal dan karakter kapital.
 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas   Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Penggolongan

Indonesia termasuk anggota dari Bahasa Melayu-Polinesia Barat subkelompok dari bahasa Melayu-Polinesia yang pada gilirannya merupakan cabang dari bahasa Austronesia. Menurut situs Ethnologue, bahasa Indonesia didasarkan pada bahasa Melayu dialek Riau yang dituturkan di timur maritim Sumatra

Persebaran geografis

Bahasa Indonesia dituturkan di seluruh Indonesia, walaupun lebih banyak digunakan di area perkotaan (seperti di Jabodetabek dengan dialek Betawi serta logat Betawi).

Penggunaan bahasa di tempat biasanya lebih resmi, dan seringkali terselip dialek dan logat di tempat bahasa Indonesia itu dituturkan. Untuk berkomunikasi dengan sesama orang sedaerah, kadang bahasa daerahlah yang digunakan sebagai pengganti untuk bahasa Indonesia.

Kedudukan resmi

Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting menyerupai yang tercantum dalam:
  1. Ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 dengan bunyi, ”Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
  2. Undang-Undang Dasar RI 1945 Bab XV (Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan) Pasal 36 menyatakan bahwa ”Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”.

Dari kedua hal tersebut, maka kedudukan bahasa Indonesia sebagai:
  1. Bahasa kebangsaan, kedudukannya berada di atas bahasa-bahasa daerah.
  2. Bahasa negara (bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia)



Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Bank Soal Sekolahku dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Bank Soal Sekolahku dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Bank Soal Sekolahku memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan balasan yang benar !


1. Diskusi merupakan suatu aktivitas yang bersifat...
Jawaban: kelompok

2. Pertemuan para pakar/ahli yang berusaha mendapat kata setuju mengenai suatu dilema disebut....
Jawaban: seminar

3. Petugas yang menyiapkan makalah sebagai materi untuk diskusi adalah...
Jawaban: pemakalah

4. Tujuan menyampaiakn pendapat atau tanggapan dalam sebuah diskusi adalah....
Jawaban: membantu memecahkan masalah

5. Keputusan hasil diskusi hendaknya diambil secara....
Jawaban: mufakat

6. Peserta yang tanggapannya tidak diterima hendaknya..
Jawaban: berlapang dada

7. Petugas diskusi yang bertugas menciptakan rangkuman hasil diskusi adalah...
Jawaban: notulis

8. Rangkuman hasil diskusi dijadikan dasar untuk menyusun.....diskusi
Jawaban: laporan

9. Semua pendapat dalam aktivitas diskusi harus disertai...
Jawaban: fakta dan alasan

10. Petugas yang menutup aktivitas diskusi adalah....
Jawaban: moderator

11. Sebutkan syarat-syarat moderator yang baik!
Jawaban:
- Berpengalaman dan berwawasan luas
- Mampu memimpin jalannya diskusi
- Mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat
- Adil dan bijaksana dalam bersikap



12. Sebut dan jelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam suatu diskusi!
Jawaban:
- Moderator, yaitu orang yang mengatur dan memandu jalannya diskusi
- Pemakalah atau penyaji, yaitu orang yang bertugas menyusun makalah dan menyajikannya dalam diskusi.
- Makalah, yaitu karya ilmiah yang berisi yang berisi pembahasan suatu masalah
- Notulis, yaitu orang yan gmencatat inti pembicaraan dalam diskusi. Pembicaraan di sini mencakup inti makalah, tanggapan peserta, tanggapan penyaji, dan hasil diskusi.
- Peserta/audience, yaitu orang yang ikut aktif dalam diskusi atau hanya mendengar.

13. Mengapa dalam menawarkan tanggapan harus disertai alasan yang logis?
Jawaban: Alasan menawarkan tanggapan harus disertai alasan yang logis yaitu semoga tanggapan sanggup dipahami dan diterima, sehingga membantu dalam memecahkan masalah.

14. Hal-hal apa saja yang perlu dicantumkan dalam rangkuman hasil diskusi?
Jawaban: hal-hal yang perlu dicantumkan dalam rangkuman hasil diskusi adalah:
- Gagasan-gagasan pokok yang terdapat dalam makalah
- Tanggapan-tanggapan dari para peserta
- Tanggapan-tanggapan pembicara
- Kesimpulan yang dihasilkan

15. Buatlah sebuah kalimat tanggapan dalam diskusi yang membicarakan dilema kurangnya penyediaan buku fiksi di perpustakaan!
Jawaban: ( kebijaksanan guru) atau lihat sumber dari artikel paragraf pertama di atas.

16. Satuan waktu yang digunakan untuk membaca cepat adalah...
Jawaban: kpm

17. Membaca cepat mementingkan kecepatan dan juga....
Jawaban: pemahaman

18. Informasi yang dicari pembaca cepat berupa..
Gagasan pokok

19. Jumlah waktu yang digunakan dalam membaca cepat bergantung pada...
Jawaban:  kecepatan membaca

20. Kecepatan efektif membaca siswa Sekolah Menengan Atas kelas XI hendaknya minimal....... kpm
Jawaban: 120 kpm

21. Karya tulis lengkap berisi pemahaman suatu masalahsecara rinci disertai pandangan redaksi untuk mengatasi dilema yang tengah terjadi disebut....
Jawaban: editorial

22.Penulis editorial di surat kabar atau majalah disebut...
Jawaban: editor

23. Fungsi penulisan di surat kabar atau majalah disebut...
Jawaban: memperjelas berita

24. Hal yang sudah terjadi dan kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan disebut....
Jawaban: fakta

25. Bahasa yang digunakan untuk menulis editorial hendaknya komunikatif. Komunikatif artinya....
Jawaban: gampang dipahami

26. Jelaskan yang dimaksud membaca cepat!



Jawaban: membaca cepat yaitu aktivitas membaca yang menitikberatkan pada pemahaman gagasan pokok secara tepat dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat.

27. Tuliskan rumus untuk menghitung kecepatan membaca seseorang!
Jawaban: rumus untuk menghitung kecepatan membaca seseorang adalah
Jumlah kata /waktu baca dalam detik x 60

28. Sebutkan tiga cara meningkatkan kemampuan membaca cepat!
Jawaban: Diantara cara meningkatkan kemampuan membaca cepat adalah...
a. Meningkatkan perbendaharaan kosakata
b. Meningkatkan teknik membaca secara efisien
c. Meninggalkan kebiasaan yang sanggup menghambat membaca cepat, menyerupai vokalisasi, membaca mundur/regresi, dan membaca kata demi kata.

29. Sebutkan manfaat penulisan editorial bagi pembaca!
Jawaban: Manfaat penulisan editorial bagi pembaca adalah:
a. Memperjelas info dengan menyajikan bukti (fakta) berupa data, sehingga menjadi informasi yang lengkap, bukan sekedar kabar burung yang masih simpang siur.
b. Menambahkan keterangan perihal latar belakang dilema yang dibahas.
c. Menampilkan perkiraan/ramalan perihal imbas masalah-masalah yang dibahas terhadap masayarakat pada ketika itu dan untuk masa yang akan datang.
d. Menyajikan pertimbangan moral (opini) mencakup beberapa faktor manusiawi terhadap permasalahan maupun bagi korban permasalahan.

Artikel lain: Bank Soal Sekolahku dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 (Essay)

30. Sebutkan syarat yang harus dipenuhi oleh penulis editorial!
Jawaban: syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh penulis editorial adalah:
a. Mempunyai pengalaman luas dalam segala bidang
b. Mempunyai daya reaksi cepat terhadap suatu fenomena sosial
c. Mempunyai daya imajinasi berpengaruh dalam menghadapi suatu masalah.

31. Pemain laki-laki dalam pertunjukkan drama diistilahkan...
Jawaban: aktor

32. Orang yang menggeluti seni drama disebut...
Jawaban:  dramawan

33. Mengubah fisik seorang tokoh bisa dilkukan dengan pinjaman seni....
Jawaban: tata busana

34. Sikap badan atau perbuatan seseorang di atas pentas disebut....
Jawaban: ekspresi

35. Tokoh yang posisinya berada di antara tokoh protagonis dan tokoh antagonis disebut...
Jawaban: tokoh tritagonis

36. Kalimat-kalimat pengantar sebelum drama dimulai disebut...
Jawaban: prolog



37. Unsur-unsur yang harus ada ketika pertunjukan drama disebut...
Jawaban: panggung, pemain, sutradara, naskah

38. Kegiatan memerankan drama merupakan aktivitas yang bersifat....
Jawaban: visual

39. Berbagai alat pendukung pertunjukan drama disebut....
Jawaban: properti

40. Pengatur obrolan dan akting pemain drama disebut...
Jawaban: sutradara

41. Sebutkan persiapan yang harus dilakukan sebelum pertunjukkan drama!
Jawaban: persiapan yang harus dilakukan sebelum pertunjukkan drama yaitu naskah drama, pemain, sutradara, panggung, latihan akting, dll.

42. Jelaskan pengertian pantomimik!
Jawaban: pantomimik  yaitu gerakan badan tanpa kata-kata dalam suatu pentas

43. Jelaskan peranan gambaran musik dalam pertunjukkan drama!
Jawaban: peranan ilustrusi musik dalam pertunjukkan drama untuk memperkuat latar suasana yang sedang terjadi pada pentas drama

44. Sebutkan unsur-unsur artistik dalam seni drama!
Jawaban: unsur artistik dalam seni drama yaitu unsur seni sastra dan unsur sen pentas.

45. Jelaskan perbedaan istilah adegan dan babak!
Jawaban: perbedaan istilah adegan dan babak yaitu kalau adegan merupakan potongan dari babak dalam pentas drama atau pertunjukkan lainnya.

46. Naskah drama disusun dalam bentuk...
Jawaban: dialog

47. Drama yang berisi peristiwa-peristiwa menyedihkan disebut...
Jawaban: drama tragedi

48. Percakapan pada selesai pertunjukan drama diistilahkan...
Jawaban: epilog

49. Drama akan hidup kalau di dalamnya terdapat...
Jawaban: dialog

50. Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para penonton disebut...
Jawaban: amanat

51. Jelaskan pengertian drama satu babak!



Jawaban: drama satu babak yaitu drama yang hanya terdiri atas beberapa adegan.

52. Sebutkan langkah-langkah menarasikan pengalaman kedalam bentuk teks drama!
Jawaban: Langkah-langkah menarasikan pengalaman ke dalam bentuk teks drama adalah:
- Mendata pengalaman pribadi dan orang lain.
- Memilih salah satu pengalaman yang dianggap paling menarik
- Merancang plot dan latar cerita
- Merancang kalimat-kalimat untuk menyusun ringkasan cerita
- Mengubah ringkasan dongeng menjadi teks drama satu adegan
- Merivisi teks drama
- Menyempurnakan teks drama

53. Sebutkan secara urut potongan alur sebuah tempat!
Jawaban: Urutan potongan alur drama yaitu pengenalan, pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik, penyelesaian.

54. Sebutkan jenis-jenis percakapan dalam drama!
Jawaban: Jenis-jenis percakapan dalam drama yaitu percakapan seorang diri dan percakapan beberapa orang (dialog)

55. Jelaskan kaitan antara adegan dan babak dalam sebuah drama!
Jawaban: kaitan antara adegan dan babak dalam sebuah drama yaitu adegan merupakan potongan dari babak tersebut!

56. Cara berkomunikasi dengan memberikan informasi kepada seseorang alasannya yaitu tanggung jawab yang dibebankan disebut....
Jawaban: laporan

57. Rumusan dilema termasuk bagian....................laporan penelitian
Jawaban: pendahuluan

58. Bagian penutup laporan penelitian berisi...................dan ...................
Jawaban: kesimpulan dan saran

59. Penyampaian laporan hendaknya tidak ditambah atau dikurangi, berarti bersifat....
Jawaban: faktual

60. Bahasa yang digunakan dalam laporan penelitian adalah.................. dan ...................
Jawaban: bahasa baku dan ilmiah

61. Penelitian yang bersifat rasional, valid, dan sistematis. Hal ini berarti bahwa penelitian bersifat.....
Jawaban: ilmiah

62. Cara berpikir seorang peneliti adalah.......................... dan .....................
Jawaban: skeptis, analitis, dan kritis

63. Laporan penelitian sanggup berupa......................... dan ................
Jawaban: laporan lengkap dan rangkuman eksekutif

64. Seorang peneliti harus bersikap..........
Jawaban: objektif, yaitu tidak berat sebelah

65. Tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian harus terarah pada sasaran yang diinginkan, sehingga.....
Jawaban: menarik perhatian

66. Jelaskan perbedaan faktual, objektif, dan denotatif dalam penyampaian laporan penelitian!
Jawaban: perbedaan faktual, objektif, dan denotatif dalam penyampaian laporan adalah:
- Faktual (sesuai dengan keadaan yang sebenarnya)



- Objektif (tidak ditambah atau dikurangi)
- Denotatif (menggunakan bahasa yang bermakna lugas)

67. Sebutkan tiga manfaat presentasi hasil penelitian!
Jawaban: manfaat presentasi hasil penelitian adalah:
- Mengungkapkan aneka macam kemampuan yang dimiliki para peserta
- Memberikan kesempatan kepada para penerima untuk menyalurkan kemampuan masing-masing.
- Memperoleh umpan balik dari penerima mengenai sasaran laporan yang telah dan belum tercapai.

68. Jelaskan perbedaan antara cara berpikir skeptis, analitis, dan kritis yang harus dipenuhi seorang peneliti!
Jawaban: perbedaan skeptis, analitis, dan kritis adalah:
- Skeptis yaitu kurang percaya, ragu-ragu terhadap keberhasilan fatwa dan sebagainya.
- Analisis yaitu berisfat/menurut analisis
- Kritis yaitu tajam dalam penganalisaan.

69. Sebutkan empat hal yang perlu diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian!
Jawaban:  hal yang perlu diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian adalah:
- Tanggapan dikemukakan dalam uraian yang padat dan tersusun baik (rapi).
- Tanggapan yang dikemukakan harus berafiliasi atau sesuai dengan topik.
- Tanggapan terarah pada sasaran yang diinginkan, sehingga sanggup menarik perhatian. Tanggapan juga sanggup menjelaskan apa yang sesungguhnya hendak dijelaskan, merangsang, dan meyakinkan.
- Menggunakan kata yang tepat dan bersahaja (sederhana).

70. Sebutkan dan jelaskan dua langkah persiapan dalam menawarkan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian!
Jawaban: langkah persiapan dalam menawarkan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian adalah:
- Mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan dilema pokok melalui observasi, wawancara, atau membaca buku-buku yang sesuai dengan dilema yang ditanggapi.
- Tiap dilema pokok dikemukakan dengan kata-kata yang tepat dan disusun menjadi kalimat bersahaja.

71. Mencari informasi letak buku di perpustakaan sanggup dilakukan dengan cara...
Jawaban: membaca kartu katalog

72. Pengungkapan kembali sebuah karangan dalam bentuk yang lebih kecil/singkat disebut...
Jawaban: ringkasan/rangkuman

73. Karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan pendidikan S1 disebut....
Jawaban: skripsi

74. Bagian lampiran dalam notulen diletakkan pada bagian...
Jawaban: nama penerima rapat

75. Daftar hadir penerima rapat pada notulen diletakkan pada bagian...
Jawaban: lampiran

76. Sebutkan enam informasi singkat yang sanggup ditemukan dalam kartu katalog!
Jawaban: informasi yagn sanggup ditemukan dalam kartu katalog adalah:
- Nama Pengarang
- Judul buku
- Edisi
- Data publikasi (tempat terbit, penerbit, tahun terbit).
- Ukuran buku (tebal buku, jumlah halaman, bab, jilid, data ulang cetak)
- Deskripsi isi buku

77. Jelaskan format menulis ringkasan isi buku nonfiksi!
Jawaban: format menulis ringkasan isi buku nonfiksi yaitu sebagai berikut:
- Identitas buku          : ......
  Judul buku               : ......
  Pengarang                : ......



  Penerbit                   : ......
  Tebal buku              : ......   halaman
- Jumlah bab             : ......
  Bab I                       : ......
  Ringkasan isi          : ......
  Bab II                      : ......
  Ringkasan isi           : ......
  dan seterusnya
- Komentar atas isi buku          : ......

78. Sebutkan empat syarat notulis!
Jawaban: syarat notulis yaitu harus bisa mendengar, mengutip/meringkas, mencatat pokok-pokok pembicaraan dari penerima rapat. Dengan demikian, catatan yang dibentuk akan bersifat objektif. Diusahakan orang yang dijadikan notulis yaitu orang yang paham mengenai hal-hal yang dibicarakan dalam rapat. Notulis harus sanggup menulis hal-hal yang dianggap penting dan harus sanggup mengikhtisarkan pembicaraan seseorang yang panjang menjadi ringkas. Selain itu, notulis harus bisa bekerja dengan cepat dan rapi.

79. Sebutkan tiga fungsi notulen rapat!
Jawaban: fungsi notulen rapat adalah:
- sebagai dokumen autentik jalannya rapat
- sebagai sumber informasi
- alat bukti pelaksanaan rapat

80. Jelaskan cara penulisan daftar pustaka dalam karya tulis ilimiah!
Jawaban: cara penulisan daftar pustaka karya tulis ilmiah yaitu daftar pustaka disusun berdasarkan urutanbad. Secara urut daftar pustaka memuat nama pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat penerbit, dan nama penerbit. Nama pengarang yang lebih dari dua kata susunannya dibalik. Antara potongan yang satu dengan potongan yang lain dipisahkan dengan tanda baca koma, kecuali antara kota penerbit dengan nama penerbit memakai titik dua. Judul buku dicetak miring/tebal, atau digarisbawahi. Contoh: Rosidi, Ajip, 1976. Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia. Bandung: Bina Cipta.

81. Cerpen mempunyai ciri habis dibaca dalam sekali duduk, maksudnya...
Jawaban:  habis dibaca dalam waktu 1,5 – 2 jam

82. Inti atau pokok dilema yang mendominasi dongeng disebut...
Jawaban: tema

83. Penyelesaian yang berakhir senang dalam cerpen dinamakan...
Jawaban: happy ending

84. Penggambaran perihal tabiat atau karakter tokoh disebut...
Jawaban:penokohan

85. Alur maju sering disebut dengan istilah...
Jawaban: progresif

86. Tokoh yang berperan menengahi tokoh utama dengan tokoh penentang disebut...
Jawaban: tritagonis

87. Cerpen kebanyakan bersumber dari...
Jawaban: kehidupan sehari-hari

88. Penyajian tema cerpen sanggup dilakukan secara...
Jawaban: tersurat dan tersirat

89. Secara kualitatif ada dua jenis plot dalam cerpen, yaitu.... dan ....
Jawaban: akrab dan longgar

90. Pengarang berada di luar cerita, ia menuturkan tokoh-tokoh dari luar, sudut pandang pengarang sebagai...
Jawaban: pengamat

91. Jelaskan perbedaan antara tema minor dengan tema mayor!



Jawaban: tema mayor yaitu permasalahan yang paling mayoritas dan menjiwai cerita, sedangkan tema minor yaitu cabang permasalahan pokok, yang wujudnya sanggup berupa akhir lebih lanjut yang ditimbulkan oleh tema mayor

92. Jelaskan pengertian karakteristik dalam cerpen!
Jawaban: cerpen yaitu karangan pendek yang berbentuk prosa, yang mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, insiden yang mengharukan dan menyenangkan, dan mengandung pesan yang tidak gampang dilupakan.

93. Sebutkan lima langkah yang perlu ditempuh semoga aktivitas mendengarkan cerpen sanggup berhasil!
Jawaban: Langkah yang perlu ditempuh semoga aktivitas mendengarkan cerpen sanggup berhasil adalah:
- mendengarkan dan menyimak pembacaan cerpen dengan seksama
- mencatat tema, penokohan, dan pesan/amanatnya.
- mencatat pokok-pokok isi cerpen
- menulis kembali cerpen berdasarkan pokok-pokok isi dan tokoh/penokohannya.

94. Jelaskan perbedaan antara cara analitik dengan dramatik dalam penggambaran tabiat tokoh!
Jawaban: perbedaan antara cara analitik dengan dramatik dalam penggambaran tabiat tokoh yaitu secara analitik/langsung (pengarang eksklusif menggambarkan keadaan bentuk lahir seorang tokoh, menyerupai bentuk wajah, hidung, mata, dan sebagainya). Dramatik/tidak eksklusif (pengarang mengungkapkan tabiat tokoh dengan hal-hal yang berafiliasi dengan tokoh melalui penggambaran sikap tokoh, lingkungan kehidupan tokoh, tata kebahasaan, jalan pikiran tokoh, dan oleh tokoh lain.

95. Jelakan perbedaan antara plot akrab dengan plot longgar dalam cerpen!
Jawaban: perbedaan plot akrab dengan plot longgar dalam cerpen yaitu plot erat, hubungan insiden satu dengan yang lainnya sangat erat, padu, sehingga mustahil ada potongan dongeng yang bisa diambil. Adapun pada plot longgar, ada kemungkinan potongan dongeng diambil dari dongeng itu.

96. Riwayat hidup tokoh yang ditulis oleh tokoh itu sendiri disebut...
Jawaban: autobiografi

97. Biografi termasuk jenis karangan....
Jawaban: Prosa

98. Isi biografi seorang tokoh harus sesuai dengan kenyataan/fakta. Hal tersebut diistilahkan...
Jawaban: Faktual

99. Hikayat mempunyai ciri komunal yang berarti....
Jawaban: milik rakyat/umum

100. Menumbuhkan rasa besar hati kepada tokoh/pahlawan di bidang apap pun mereka salah satu manfaat dari...
Jawaban: membaca biografi

101. Jelaskan perbedaan antara biografi dan autobiografi!
Jawaban: perbedaan antara biografi dan autobiografi adalah
 - biografi, yaitu riwayat hidup tokoh yang ditulis oleh orang lain. Karangan yang tergolong biografi contohnya buku yang berjudul “Ayahku” yang ditulis oleh HAMKA, dan buku yang berjudul Ir. Soekarno yang ditulis oleh M. Yunan Nasution.

102.Sebutkan empat hal yang perlu diperhatikan apabila menawarkan ulasan biografi!
Jawaban: empat hal yang perlu diperhatikan dalam menawarkan ulasan biografi, yaitu:
a. mengarah tepat pada apa yang akan diulas;
b. memakai bahasa/kalimat yang efektif dan gampang dipahami;
c. memakai data-data dan bukti dalam aneka macam bentuk;
d. memakai kata (istilah dan kalimat yang tepat dan koheren); dan
e. diuraikan secara logis dan sistematis



103. Jelaskan perbedaan antara cara tersirat dan tersurat dalam pengembangan tema novel!
Jawaban: perbedaan antara cara tersirat dan tersurat dalam pembangan tema novel:
a. cara tersirat (tidak langsung), yaitu dengan cara menggambarkan kehidupan pelakunya saja, pembaca harus mengambil kesimpulan sendiri.
b. cara tersurat (langsung), yaitu dengan:
- lisan pengarang: yang tampak terang pada kalimat-kalimatnya;
- teknik renungan: pelaku dongeng seakan-akan berbicara dengan diri sendiri;
- dialog/percakapan dari para pelaku ceritanya.

104. Sebut dan jelaskan masing-masing empat unsur instrinsik dan ekstrinsik hikayat!
Jawaban: hikayat sanggup dipahami isinya melalui unsur instrik dan unsur ekstrinsik.
a. Unsur instrinsik hikayat, meliputi:
1) Tema, yaitu pola pikiran yang menjadi dasar cerita.
2) Alur/plot, yaitu rangkaian dongeng yang dijalin dengan saksama sehingga membentuk dongeng yang menarik.
3) Penokohan, yaitu pelukisan tabiat para pelaku dalam cerita.
4) Latar/setting, yaitu tempat, waktu, dan suasana terjadinya insiden dalam cerita.
5) Amanat, yaitu pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.
6) Sudut pandang, yaitu kedudukan pengarang dalam cerita.

Adapun unsur ekstrinsik hikayat, mencakup sebagai berikut.
1) Biografi pengarang: agama, paham/aliran, dan psikologi
2) Lingkungan budaya: latar belakang budaya yang mendasari cerita.
3) Lingkungan sosial: berkaitan dengan tempat/masyarakat sekitar di mana dongeng itu disusun.
4) Keadaan zaman: berkaitan dengan waktu/sejarah penyusunan cerita.

105. Sebutkan ciri-ciri dan jenis-jenis hikayat  (masing-masing 5)!
Jawaban:
a. Hikayat mempunyai ciri-ciri
- bersifat istana sentris;
- bersifat anonim
- bersifat khayal/fantastis;
- bersifat statis (baik bentuk maupun tema);
- berbahasa melayu

b. Jenis-jenis hikayat
- Hikayat Hang Tuah;
- Hikayakat si Miskin;
- Hikayat 1001 malam;
- Hikayat Abu Nawas;
- Hikayat Sri Rama;




Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas   Bank Soal Sekolahku Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 1
    • contoh soal essay bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013
    • soal essay dan balasan bahasa indonesia
    • soal bahasa indonesia kelas 11 smk dan kunci jawaban
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 beserta jawabannya
    • contoh soal essay bahasa indonesia kelas 11 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser